Author Topic: Hubungan beda agama Hindu Bali - Kristen....Need HELP !!!  (Read 10598 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 14, 2010, 06:11:34 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Hallo...Minta advice nya dong....>.<
Boleh ga sbnrnya nikah sm org yg beda agama?
Case ini Hindu Bali sm Kristen..

Aku knal dia mmg baru2...tp dr pertama ketemu uda merasa cocok...
Orgnya baik, trus cara dia smua cara2 sayang dia cocok sm aku..
Kita uda mau jalanin serius..
Tp yg jadi masalah dia org Bali asli..Dan mau ga mau kalo menikah harus mengikuti kewajiban dia buat nerusin agama dan budaya Bali...

Sbnrnya boleh apa ga kalo kita nikah sm org yg beda agama..?
Kalo kita ikut membantu dlm upacara2 nya boleh ato tidak?

Tolong bantuannya yaa...>.<
GOD BLESS YOU
September 14, 2010, 07:28:04 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2236
  • Gender: Male
Kalo sy sih msh bisa toleran thd pernikahan antara Kristen - Katolik - Islam. Tapi kalo dng Hindu...hmm...Bukankah di Hindu masih sgt kental unsur animisme dan dinamismenya ? Sy yakin km dah tahu siapa yg disembah oleh pacarmu. Kalo boleh atau tidaknya membantu dlm upacara agamanya, sy tdk berhak utk melarang atau mengijinkan. Apa kata hatimu ttg hal ini ?
September 14, 2010, 07:33:01 PM
Reply #2
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Kata hati?
Aku ngerasa dia yg trakhir....
Aku uda ngebahas ini smua sm dia...Dan kita mmg stuck...
Stuck krn dia harus menjalankan kewajiban dia...
Dan mau ga mau dia jg harus mencari org yg sejalan..karena dia ga mau ada "dua nahkoda kapal" di keluarganya nti...

Tp kita berdua saling sayang..dan itu terbukti...
Dia serius dan uda bertemu dgn ortu pihak ku...
Pengorbanan dia besar sekali...

Kalo kita sekedar ikut dalam upacara dia dan membantu apa itu boleh?
Apa itu sudah melanggar?
September 14, 2010, 07:54:56 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2236
  • Gender: Male
Memang tidak baik utk 2 nahkoda dlm 1 kapal.
Saling sayang boleh saja, tapi utk sampai ke jenjang pernikahan harus bertimbang masak2. Di dalam unsur animisme dan dinamisme yg msh kental banyak terdapat entity yg terdapat di alam, laut, udara, batu, pohon yg dpt diajak kolaborasi utk suatu niatan. Nah apakah km sbg seorg Kristen akan rela bila suami km membawa masuk entity tsb ke dalam kehidupan rumah tangga kalian ? Pada umumnya entity tsb akan bertentangan dng iman & kepercayaan km. Yg dikawatirkan scr tdk sadar km telah membiarkan masuk aura negatif ke dlm keluarga, dan saat km tengking di dalam nama Yesus, suami km marah krn "tuhannya" km usik.

Melanggar atau tidaknya bila km membantu upacara dia, sy serahkan ke diri km. Sy tdk berhak utk utk itu. Namun, sy dpt informasikan bahwa orang yg menontonnya saja bisa dimasuki entity yg hadir saat upacara berlangsung.
September 14, 2010, 07:59:41 PM
Reply #4
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Ya... smuanya bs dimengerti =)
Mgkn mmg jalannya ga bs sampai ke jenjang pernikahan...
Itu yg bs saya simpulkan...
Utk dia sndiri berat...jadi mgkn mmg sejelek2 nya ga akan sampai ke pernikahan...

Kalo seaandainya sampai saya yg harus berpindah agama apa itu ssuatu yg buruk?
Terkadang mmg tlalu mengandalkan perasaan, ga mengutamakan logika...
Disitu kelemahan saya...

Terima kasih sarannya berguna sekali...^^
September 14, 2010, 08:20:50 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2236
  • Gender: Male
Km pindah ke agama dia ? lho koq km malah mau berjalan mundur ? Agama dia khan agama ketiga tertua setelah animisme dan dinamisme...agak2 purbakala  :cheesy:  piiisss  :happy0025:

Dpt dimengerti km terhanyut perasaan. wong km lg bingung. Makanya inilah gunanya sharing di forum ini  :happy0062:

Mumpung hubungan km dng dia masih baru, yah tinjau ulang saja, dan let him go.
September 14, 2010, 08:59:35 PM
Reply #6
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Ya...bakal dipertimbangkan dulu...
Mmg lg bingung bangeet...>.<
Soalnya mmg ga prnh ada cowo yg seperti dia...
Mmg uda ngerasa cocok satu sm lain...jadi agak susah...
Masi ada jalan ato ga, saya uda pasrah aja... =)
Tp mgkn masi mau saya jalanin dl sm dia...Toh jalan saya masi panjang...
Mgkn nti di tengah2 Tuhan mmg berkata lain...kita ga pernh tau...
Cm mgkn buat menikah uda ga bs....

Sekali lagi makasi sarannya yaa...^^
September 15, 2010, 12:31:45 PM
Reply #7
  • Guest
Pertimbangkan masak masak... :coolsmiley:

Di sana adatnya sangat kental, 
pasti suatu saat san akan mengalami dilema yang ketika harus mengikuti upacara adat ..minum air ini  dan itu...

kenapa dilema...?
mau mengikuti upacara ... hati nurani menolak , ngga ngikuti koq ngga enak dengan keluarga besar yang disana..


Tuhan pasti sediakan ...jangan kuatir, saat san cari Kebenaran Tuhan ... semuane akan ditambahkan




September 15, 2010, 04:12:43 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
nikah beda agama jelas tidak boleh sis...

coba doakan terus, bukan doakan "apakah dia jodoh saya atau bukan?"krn dia uda ga masuk kriteria Tuhan yaitu yg seiman dan sepadan kok(maap gw agak keras)..tp berdoalah utk Tuhan brikan org sesuai dengan kriteriaNya..

dan jgn bpikir utk menobatkan dia ya..hehe..
September 15, 2010, 08:23:18 PM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Pertimbangkan masak masak... :coolsmiley:

Di sana adatnya sangat kental, 
pasti suatu saat san akan mengalami dilema yang ketika harus mengikuti upacara adat ..minum air ini  dan itu...

kenapa dilema...?
mau mengikuti upacara ... hati nurani menolak , ngga ngikuti koq ngga enak dengan keluarga besar yang disana..


Tuhan pasti sediakan ...jangan kuatir, saat san cari Kebenaran Tuhan ... semuane akan ditambahkan






Iya...Smuanya uda kita omongin sbnrnya...
Itu yg jd pertimbangan cowoku...
Dia mikir ke depan, ga mau nti ada mslh di kluarganya gara2 begini...
ini yg buat cowo ku bersikeras buat nyari cewe hindu...
Tp kenyataannyaa dr dl dia ga prnh dpt cewe yg seagama...
Di sisi lain kita uda ngerasa cocok banget...uda sayang satu sm lain...
Jadi ada sdikit perdebatan disana...

Mengikuti upacara itu apa ssuatu yg bnr2 ga boleh ya?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)