Author Topic: Hubungan beda agama Hindu Bali - Kristen....Need HELP !!!  (Read 10591 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 12, 2010, 08:07:16 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7905
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
Hallo...Minta advice nya dong....>.<
Boleh ga sbnrnya nikah sm org yg beda agama?
Case ini Hindu Bali sm Kristen..

Aku knal dia mmg baru2...tp dr pertama ketemu uda merasa cocok...
Orgnya baik, trus cara dia smua cara2 sayang dia cocok sm aku..
Kita uda mau jalanin serius..
Tp yg jadi masalah dia org Bali asli..Dan mau ga mau kalo menikah harus mengikuti kewajiban dia buat nerusin agama dan budaya Bali...

Sbnrnya boleh apa ga kalo kita nikah sm org yg beda agama..?
Kalo kita ikut membantu dlm upacara2 nya boleh ato tidak?

Tolong bantuannya yaa...>.<
GOD BLESS YOU
wah sorry bro... pertanyaan anda sangat... sangat... sulit buat saya..
karena saya juga mengalaminya sekarang... hehehe

tapi lebih baik memegang "iman" daripada pegang cewek ...
(kata ortu DOSA)
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
October 12, 2010, 08:24:18 PM
Reply #21
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Walah, bro...saya cewe koq...
Cowo saya yg hindu bali...Hehehe...
Nah klo bro sndiri gmn tuh ngejalaninnya?
Apa ga  berniat mau serius?
October 12, 2010, 08:37:49 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7905
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
nah saya cowok... ceweknya hindu bali gimana tuch...?
hayo...

karena masalah kita sama, apa mungkin tuker pasangan aja yach? ;D
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
October 12, 2010, 08:40:28 PM
Reply #23
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Wahahahaa...
Aduh bro...saya sayang banget sm cowo saya ini...
Kalo pasangan bro cewe kayanya masi ada kemgknan...
Tp kalo saya agak lebih rumit...berhubung cowo saya anak pertama..
Tanggung jawabnya lebih dr orang2 bali biasanyaa...

Bro serius ga tuh bro jalaninnya???
October 12, 2010, 08:43:34 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7905
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
Wahahahaa...
Aduh bro...saya sayang banget sm cowo saya ini...
Kalo pasangan bro cewe kayanya masi ada kemgknan...
Tp kalo saya agak lebih rumit...berhubung cowo saya anak pertama..
Tanggung jawabnya lebih dr orang2 bali biasanyaa...

Bro serius ga tuh bro jalaninnya???
yach saya kan uda bilang di atas...

lebih baik pegang "iman" daripada pegang cewek..
berarti yach "ga seriuslah" krn "terpaksa putus" hanya sebagai temen skrg tapi mesra ^_^
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
October 12, 2010, 08:45:20 PM
Reply #25
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
Ooh...ya bro...hehehe...
Ya kalo bro memilih begitu smoga lancar smuanya bro... :afro:
October 12, 2010, 08:49:04 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 956
@sanlicia

Sis, menikah beda agama jika dipaksakan, tentu bisa saja, namanya juga maksa, maka konsekuensi yang terjadi tentu akan sangat rumit kelak.

Yang paling utama yang harus jadi pertimbangan adalah masalah agama anak anak anda kelak, akan diajar dalam agama apakah dia nanti? Apakah anda rela melepaskan anak anak anda kelak menjadi tumbuh tanpa agama?

Memngusahakan suami pindah ke agama anda bukanlah hal mudah. Karena orang Bali sangat toleran terhadap beda agama, suami anda menjadi Kristen pun tidak masalah, tetapi, upacara adat adalah suatu keharusan. Dan meninggalkan upacara adat akan berakibat pengucilan sosial oleh masyarakat Bali. Ini yang akan terjadi, dan saya jamin itu akan sangat berat dirasakan oleh calon suami anda itu.


Akan menjadi lain jika dalam hal ini, anda yang rela melepaskan iman Kristen anda sis. Anda menjadi beragama Hindu. Hindu tidaklah buruk. Tetapi jelas berarti anda mencampakan kasih Jesus, berarti anda menyia nyiakan pengorbananNya di kayu salib demi cinta eros. Tetapi tentu keputusan akhirnya ada di tangan anda.

Kalau anda tanya saya, maka jawaban saya adalah, lepaskan dia dengan rela, jadikan kisah cinta anda menjadi kenangan manis, untuk dikisahkan kelak ke anak dan cucu anda. Carilah yang baru, dan seiman. Itu akan menjadi keluarga yang bahagia dan tetap berada dalam naungan kasih Tuhan.

Salam kasih.

October 12, 2010, 08:49:20 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7905
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
Ooh...ya bro...hehehe...
Ya kalo bro memilih begitu smoga lancar smuanya bro... :afro:
loh kalau sis sanlicia sendiri gimana? apakah sudah ada yg lain?
Karena saya yakin jawaban FKers di atas pasti "lebih baik cari yang lain" ;D

ga usa lihat quote mereka aq uda tahu... kan iman mereka sudah tinggi2 semua.. :D
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
October 12, 2010, 09:08:50 PM
Reply #28
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
 :ashamed0004: Waduh bro...Maaf skali...ga ada yg lain bro..
Saya niat setia sm cowo saya yg ini...mecoba dl, gmn jalannya nti...
Ya, saya sndiri sejujurnya tidak terlalu beriman bagaimana...saya akui...
Jadinya kalo dipasangkan sama org yg lebih beriman mgkn tidak singkron...
Ya, saya disini cm bs menunggu dan berusaha...
Toh smua nya di tangan Tuhan jg... ya bro? :happy0025:
October 12, 2010, 09:13:05 PM
Reply #29
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
@sanlicia

Sis, menikah beda agama jika dipaksakan, tentu bisa saja, namanya juga maksa, maka konsekuensi yang terjadi tentu akan sangat rumit kelak.

Yang paling utama yang harus jadi pertimbangan adalah masalah agama anak anak anda kelak, akan diajar dalam agama apakah dia nanti? Apakah anda rela melepaskan anak anak anda kelak menjadi tumbuh tanpa agama?

Memngusahakan suami pindah ke agama anda bukanlah hal mudah. Karena orang Bali sangat toleran terhadap beda agama, suami anda menjadi Kristen pun tidak masalah, tetapi, upacara adat adalah suatu keharusan. Dan meninggalkan upacara adat akan berakibat pengucilan sosial oleh masyarakat Bali. Ini yang akan terjadi, dan saya jamin itu akan sangat berat dirasakan oleh calon suami anda itu.


Akan menjadi lain jika dalam hal ini, anda yang rela melepaskan iman Kristen anda sis. Anda menjadi beragama Hindu. Hindu tidaklah buruk. Tetapi jelas berarti anda mencampakan kasih JESUS, berarti anda menyia nyiakan pengorbananNya di kayu salib demi cinta eros. Tetapi tentu keputusan akhirnya ada di tangan anda.

Kalau anda tanya saya, maka jawaban saya adalah, lepaskan dia dengan rela, jadikan kisah cinta anda menjadi kenangan manis, untuk dikisahkan kelak ke anak dan cucu anda. Carilah yang baru, dan seiman. Itu akan menjadi keluarga yang bahagia dan tetap berada dalam naungan kasih Tuhan.

Salam kasih.




Ya, makasi banget sarannya...^^
saya bs trima dengan baik skali...
Ya, banyak yg saya mesti pertimbangkan...

Tp berhubung saya masi muda...saya mau jalankan saja dl...
Yg saya pikir skrg, mmg harus rela...apapun ada nya...
Krn satu yg saya slalu pikirkan..."smua hal di dunia ini tidak ada yg permanen, nantinya jg akan hilang..."
Jadi saya akan blajar untuk melepaskan...Sampai waktu dmn saya bnr2 siap utk itu...
Trima kasih sarannyaa...Bnr2 bagus...saya bs trima...^^
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)