Author Topic: pembinaan pemain muda  (Read 6052 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 15, 2010, 03:18:22 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
Quote

Berlin - Salah satu negara yang layak dijadikan kiblat sebagai pembinaan pemain muda adalah Jerman. Pembinaan yang teratur dan terstruktur bermuara kepada kualitas timnas negeri industri tersebut.

Sejauh ini kompetisi sepakbola di Jerman memang masih kalah gemerlap dibanding Liga Spanyol, Liga Inggris, atau Liga Italia. Memang tidak banyak pemain bintang dunia yang bermain di Bundesliga.

Meski begitu Jerman juga layak untuk bangga karena mereka menjadi tempat di mana bintang-bintang dilahirkan.

Lihat saja di Piala Dunia 2010, di mana 19 dari 23 anggota skuad Der Panzer adalah pemain muda dengan rata-rata usia sekitar 25 tahun. Ini menjadikan tim besutan Joachim Loew menjadi tim kedua dengan skuad termuda di Afrika Selatan 2010.

Thomas Mueller, Mesut Ozil, Sami Khedira, Jerome Boateng, Holger Badstuber dan Manuel Neuer, adalah contoh dari para youngsters tersebut. Pemain muda identik dengan mental yang masih naik turun serta minim pengalaman. Namun Mueller dkk. membuktikan diri mampu menghadirkan gelar juara ketiga kepada negara yang beribukota di Berlin itu.

Pembinaan pemain muda yang terstruktur dan teratur merupakan kunci sukses Jerman sejauh ini. "Perlunya mewajibkan klub memiliki akademi dengan sistem latihan yang seragam semakin mendesak pasca kegagalan Jerman di Piala Dunia 1998 dan Euro 200. Kami harus melakukan sesuatu agar kami tak mendapatkan hasil seperti itu lagi," ujar Reinhard Rauball, presiden dari liga Jerman (DFL) yang membawahi Bundesliga dan Bundesliga 2, seperti dikutip dari Reuters.

Sejak Juli 2002, klub-klub di Bundesliga dan Bundesliga 2 diwajibkan untuk memiliki akademi pembinaan pemain muda untuk mendapatkan lisensi. Sejak itu lebih dari setengah miliar euro telah dialokasikan untuk mengembangkan akademi. Ada pun musim lalu biaya tersebut mencatat angka sebesar 83 juta euro.

"Ya mungkin itu memang harga yang mahal, tapi ini jalan yang tepat," ujar Rauball.

Setiap akademi diwajibkan memenuhi persyaratan seperti harus memiliki lapangan yang memiliki lampu yang bisa digunakan untuk pertandingan malam, pelatih dan pemandu bakat yang bonafid, dan juga memiliki filosfi yang pasti dan jelas.

"Kami bermain dengan sistem 4-2-3-1 atau 4-3-3. Ini merupakan dasar dari sepakbola menyerang dan selalu maju. Ini merupakan sistem yang sangat populer di sini dan bisa dimodifikasi menjadi skema lain," tandas Lars Ricken, koordinator akademi pemain muda Borussia Dortmund.

Dengan adanya persyaratan tersebut, maka tidak heran bila meski materi pemain timnas masih muda dan minim pengalaman internasional namun mereka bisa menerapkan dengan baik pola permainan yang diinginkan pelatih.

Jerman telah memetik hasil dari pembinaan pemain muda di klub. Tiga tahun lalu, 88 pemain yang berlaga di Bundesliga merupakan produk akademi. Sedang untuk musim lalu, jumlahnya naik menjadi 110 pemain.

Jerman bisa menerima kenyataan apabila kompetisi domestik mereka bukanlah yang paling gemerlap di Benua Biru. Meski begitu mereka tetap akan berjalan dengan caranya sendiri, sebuah cara yang telah menghasilkan manfaat cukup besar bagi tim nasional, yang merupakan muara dari suatu kompetisi.

"Bagi kami, aspek olahraga adalah inti dari semuanya dan bukan yang lain. Sistem ini merupakan salah satu penemuan yang telah diciptakan oleh persepakbolaan Jerman. Kami tidak memikirkan apa yang dilakukan liga di negara lain. Kami berjalan dengan cara kami sendiri," tukas CEO DFL Christian Seifert.

Sistem ini juga memberikan keuntungan secara finansial bagi Bundesliga. "Kita berada di dunia industri di mana kami juga harus berpikir efek jangka panjang dari keputusan yang diambil saat ini. Kami tidak bisa hanya memikirkan kesepakatan besar yang ada di depan mata. Kami harus melakukan segala hal guna menjaga agar roda terus berputar untuk tahun depan, dua tahun ke depan, dan seterusnya," tutup Seifert.

http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2010/09/15/142700/1441014/73/jerman-kiblat-pembinaan-pemain-muda?b99110270


gw demen waktu maen FM itu pake pemain muda, cari2 pemain muda yg bertalenta utk dikembangkan di klub...

gw pengen deh dalam real life lakukan ini..mengembangkan bakat bola sejak dini dan melahirkan pemain2 muda Indonesia yg berbakat...tp gmn caranya ya..

ada yg punya visi yg sama?
serious only!!!
September 16, 2010, 11:02:09 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
ayoo, yg punya visi yg sama..be the history maker..
December 13, 2011, 08:58:46 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
wah sepi neh yah.
FKers gak ada visi yg sama..hehe
padahal skrg pemerintah jg lg mengembangkan hal yg ini ne..
December 19, 2011, 09:09:17 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2767
  • Gender: Male
hehehehe... sepi ya bro ;P
yaudah gw isi...setuja, setuja...seeeetuuujaaaa.....
selain gw fans timnas jerman gw suka karena emang jerman itu lebih disiplin dalam menerapkan strategi
mangkanya jerman disebut juga teksbook (klo gak salah ya gw wkwkwkwkk) tp gw pernah dengar gitu sih...

eh ada si citra scholastika...di RCTI gw suka bgt suaranya :D (maap iklan dikit ya..hihihihi)
lanjut...

emang sebaiknya tiap klub itu membawa 1-3 young playernya ikut di tim utama.
klo gw jd pengurus PSSI gw bakal bikin peraturan wajib utk itu tiap klub...

gimana...??? ada pendapat lain??

December 19, 2011, 09:18:05 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
hehehehe... sepi ya bro ;P
yaudah gw isi...setuja, setuja...seeeetuuujaaaa.....
selain gw fans timnas jerman gw suka karena emang jerman itu lebih disiplin dalam menerapkan strategi
mangkanya jerman disebut juga teksbook (klo gak salah ya gw wkwkwkwkk) tp gw pernah dengar gitu sih...

eh ada si citra scholastika...di RCTI gw suka bgt suaranya :D (maap iklan dikit ya..hihihihi)
lanjut...

emang sebaiknya tiap klub itu membawa 1-3 young playernya ikut di tim utama.
klo gw jd pengurus PSSI gw bakal bikin peraturan wajib utk itu tiap klub...

gimana...??? ada pendapat lain??


mksd gw itu,yg mesti kita lakukan dan yg bisa kita lakukan..utk jadi anggota PSSI itu masih jauh lah..hahaha
December 19, 2011, 11:01:32 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2767
  • Gender: Male
yoi bro... tp kayaknya tiap2 klub blom berani ya, dianggap spekulasi trus bisa merugikan klub krn yg dibutuhkan klub kemenangan...pemikirannya pendek.
December 20, 2011, 08:14:55 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
yoi bro... tp kayaknya tiap2 klub blom berani ya, dianggap spekulasi trus bisa merugikan klub krn yg dibutuhkan klub kemenangan...pemikirannya pendek.

adakan pelatihan futsal di gereja..dari sekolah minggu kl perlu..hehe
December 20, 2011, 10:47:32 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2767
  • Gender: Male
ide yg berlian..eh brilian bro...hahahaha koq gw gak kpikiran ya
tp...klo sekedar hobby gak bakal berlanjut lama bro...biasanya sering ilang anggotanya
December 21, 2011, 08:45:41 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3443
  • Gender: Male
ide yg berlian..eh brilian bro...hahahaha koq gw gak kpikiran ya
tp...klo sekedar hobby gak bakal berlanjut lama bro...biasanya sering ilang anggotanya

iya gt deh lama2 mulai ilang, gw jg alami kok... tp itu namanya process..hanya yg suka bola lah yg keliatan..
December 22, 2011, 09:07:23 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2767
  • Gender: Male
waktu jamannya arifin..gw pernah dengar dia mau adakan kerja sama dgn real madrid... adain SS klo gak salah...
tau deh skrg gmn perkembangannya...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)