Author Topic: Pengajaran Doa dalam Kitab YAKOBUS  (Read 6129 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 29, 2008, 11:33:50 AM
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
Pengajaran DOA dalam Kitab YAKOBUS.


Didalam nama TUHAN YESUS menyampaikan kebenaran Firman.

Pernahkah kita membaca kitab Yakobus?

Mungkin letaknya aja masih bingung yah? (Maklum 1 minggu sekali Alkitab baru dibuka)

kitab Yakobus terletak di Perjanjian Baru, letaknya diantara kitab Ibrani dan surat Petrus.

jadi susunan-nya Ibrani -- YAKOBUS -- 1-2petrus


Latar Belakang Kitab Yakobus

Yakobus yang menulis surat Yakobus bukanlah murid Yesus, melainkan Yakobus saudara Yesus. (lha... benarkah demikian?)

kita liat di...

Matius 13:55
13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

dikatakan bahwa Yesus mempunyai saudara-saudara (adik) salah satunya adalah Yakobus.

Dibandingkan dengan kitab-kitab yang lain kitab Yakobus menuliskan maksud suratnya dengan sederhana. itu disebabkan Yakobus tidak mempunyai pendidikan yang tinggi (dibandingkan surat-surat yang ditulis oleh Paulus.) dan kitab Yakobus lebih menekankan pentingnya berdoa dan beriman kepada Tuhan.


Apa saja yang diajarkan didalam kitab Yakobus? (dalam hal berdoa)



1. Berdoa harus dengan iman dan jangan bimbang

Yakobus 1:6-7
1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.


apa yang dimaksud dengan bimbang?
bimbang adalah orang yang tidak percaya terhadap sesuatu/memikirkan benar salah sesuatu hal.

kita liat murid Yesus yang pernah bimbang dalam hal percaya. (biar dapat mengerti)

Matius 14:28-31
14:28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air."
14:29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.
14:30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!"
14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"

Disana Alkitab memberitahukan bagaimana seorang murid yesus (Petrus) percaya namun bimbang untuk mengampiri Yesus yang pada saat itu berjalan diatas Air. dan akhirnya dengan kebimbangannya Petrus-pun terperosok kedalam lautan.

Lebih baik jika percaya kepada Tuhan Yesus maka kita harus memutuskan kepercayaan-kepercayaan lain. percaya dan bersandar penuh kepada Tuhan Yesus.

Iman itu adalah percaya meskipun belum melihat/mendapatkan.










2. Berdoa haruslah menyingkirkan keinginan daging / hawa nafsu / ambisi pribadi

Yakobus 4:3
4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

dalam berdoa hendaklah jangan mencampurkan hawa nafsu / tidak sesuai dengan kehendak Allah.

kadang-kadang kita berdoa memohon sesuatu, ada baiknya kita memikirkan dahulu sebab dan akibat doa yang kita panjatkan kepada Yesus. seperti contoh : kita mendoakan musuh agar tidak berhasil dalam usaha. (ini doa tidak benar, dan jangan harap dikabulkan oleh Tuhan. sebab ambisi pribadi si pendoa adalah untuk menjatuhkan musuh/lawan menurut ambisi pribadi si pendoa.)

dan jika doa tidak terjawab, maka kita harus mengintrospeksi diri apakah doa yang kita panjatkan berkenan dengan kehendak Allah?










3. Jika orang bersusah / menderita haruslah ia berdoa.

Yakobus 5:13
5:13 Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!


Tuhan adalah sumber segalanya. (sumber sukacita, sumber jalan keluar, sumber kasih, sumber berkat, dsb.) jadi baiknya orang menderita berdoa kepada Tuhan untuk meminta bantuan.

kita melihat contoh dalam Alkitab seorang yang menderita tetapi selalu berdoa dan bersandar penuh kepada Tuhan kala dia mendapat kesusahan


1 Samuel 1:9-11
1:9 Pada suatu kali, setelah mereka habis makan dan minum di Silo, berdirilah Hana, sedang imam Eli duduk di kursi dekat tiang pintu bait suci TUHAN,
1:10 dan dengan hati pedih ia berdoa kepada TUHAN sambil menangis tersedu-sedu.
1:11 Kemudian bernazarlah ia, katanya: "TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya."


Keluh kesah Hana dijawab oleh Tuhan. karena Hana berdoa kepada Tuhan dan memohon dengan sungguh-sungguh.

1 Samuel 1:20
1:20 Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia menamai anak itu Samuel, sebab katanya: "Aku telah memintanya dari pada TUHAN."


kadang-kadang juga kita harus dapat membedakan Hamba Tuhan yang benar dan Hamba Tuhan yang salah. (kasus ini terjadi apabila seorang jemaat datang konseling ke gereja)

Ciri-ciri Hamba Tuhan yang kurang berkenan dimata Tuhan :
1. Menonjolkan sifat keakuan. (Masalah kamu selesai karena aku (hamba Tuhan), dsb. )
2. Mencari jalan keluar tanpa berdasarkan landasan Alkitab. (pikirian hamba Tuhan)
3. Membuat orang tidak bersandar kepada Tuhan (kembali mencari hamba Tuhan jika terjadi masalah).


Ciri-ciri Hamba Tuhan yang benar :
1. Merendahkan diri dan menasihatkan untuk bersandar penuh kepada Tuhan.
2. Dapat menyelesaikan masalah dengan ayat-ayat Alkitab.
3. Membuat/mengarahkan orang bersandar kepada Tuhan jika ada masalah baru.










4. Jika ada jemaat yang sakit, ada baiknya meminta bantuan doa kepada Penatua, Diaken, Pendeta untuk mendoakan.

Yakobus 5:14
5:14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.


Eits... Tunggu dulu...
jangan salah mengartikan (apaan sih?)
disana ada tertulis "... serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan."

mengoles dengan minyak yang dimaksud adalah kebiasaan orang Yahudi. bukan berarti kita harus mengambil minyak (goreng) dan mengoleskan kepada si penderita. melainkan yang dimaksud mengoles minyak adalah lambang ROH KUDUS. (jadi doa orang yang sudah mendapat kasih karunia ROH KUDUS lebih besar kuasanya.)

Yang diajarkan oleh Tuhan Yesus adalah

Markus 16:17-18
16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Jadi cukup dengan menumpangkan tangan orang sakit pun dapat sembuh. bukan dengan "memberhalakan minyak".

dan ingat!
catatan penting :
tidak semuanya orang dapat melakukan (ada paham bahwa percaya dengan iman, berdoa dan menumpangkan tangan maka orang itu akan sembuh). saya tekankan sekali lagi tidak semuanya dapat melakukan.

(jadi siapa yang dapat melakukan?)
orang yang sudah menerima ROH KUDUS yang dapat melakukannya. (Karunia menyembuhkan)

1 Korintus 12:28
12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.











5. Berdoa kepada Tuhan maka Tuhan akan menyembuhkan dari penyakit yang disebabkan oleh Dosa.

Yakobus 5:15
5:15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.


Mengakui dosa dihadapan Tuhan sangatlah penting. jadi jika ada kerabat, saudara, dan orang tua anda sakit (yang tidak jelas) maka ada baiknya mereka di beritahukan tentang berita keselamatan ini. (sebab dosa telah meliputi seluruh tubuhnya) ajaklah mereka berdoa dan memohon ampun akan kesalahannya (ada baiknya jika meminta bantuan kepada Hamba Tuhan).

contoh penyakit yang disebabkan oleh dosa dalam Alkitab.

Matius 9:2
9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."

Lukas 5:18-25
5:18 Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus.
5:19 Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus.
5:20 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."
5:21 Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: "Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"
5:22 Akan tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu?
5:23 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah?
5:24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"
5:25 Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah.


Dua catatan diatas menceritakan orang yang sama. (percaya? percayalah, sebab tidak ada yang mustahil dihadapan Tuhan).










6. Hendaklah baik jika saling mendoakan.

Yakobus 5:16-20
5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.
5:17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.
5:18 Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumi pun mengeluarkan buahnya.
5:19 Saudara-saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang dari kebenaran dan ada seorang yang membuat dia berbalik,
5:20 ketahuilah, bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa.


Orang benar yang dimaksud adalah orang yang dipandang benar dihadapan Tuhan.
jika orang yang dipandang benar dihadapan Tuhan maka lebih berkhasiat doanya dibandingkan dengan orang yang tidak benar.

bagaimana caranya agar dipandang benar dihadapan Tuhan?
1. Mendapat kasih karunia dari Tuhan
2. Banyak berkomunikasi dengan Tuhan (berdoa)
3. Banyak membaca Firman
4. Banyak melakukan Firman.






Kiranya secuil kebenaran Firman ini dapat menyegarkan hati dan iman orang yang percaya kepadaNya.

Amin.
August 29, 2008, 03:31:46 PM
Reply #1
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 74
  • Salomoku, kumencintai-Mu, Sang Kekasih-ku
Enak juga ya, menguatkan lagi imanku di dalam doa

Matius 24:28  Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."

Di mana ada sifat kedagingan mati, di situlah Roh Allah hadir dengan luar biasa.

GBU
Wahyu 12:1
Aku tidak mahu cuma mengenal Yesus sebagai juruselamat tapi aku mahu kenal Yesus sebagai bakal suami-ku dan dan kahwin di dalam pesta Anak Domba.
August 29, 2008, 05:37:21 PM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Quote
dan ingat!
catatan penting :
tidak semuanya orang dapat melakukan (ada paham bahwa percaya dengan iman, berdoa dan menumpangkan tangan maka orang itu akan sembuh). saya tekankan sekali lagi tidak semuanya dapat melakukan.

(jadi siapa yang dapat melakukan?)
orang yang sudah menerima ROH KUDUS yang dapat melakukannya. (Karunia menyembuhkan)

1 Korintus 12:28
12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

Berarti tidak semua orang percaya akan dapat mengusir setan di dalam nama Yesus.
Begitukah?
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
August 29, 2008, 08:59:53 PM
Reply #3
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
Quote
dan ingat!
catatan penting :
tidak semuanya orang dapat melakukan (ada paham bahwa percaya dengan iman, berdoa dan menumpangkan tangan maka orang itu akan sembuh). saya tekankan sekali lagi tidak semuanya dapat melakukan.

(jadi siapa yang dapat melakukan?)
orang yang sudah menerima ROH KUDUS yang dapat melakukannya. (Karunia menyembuhkan)

1 Korintus 12:28
12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

Berarti tidak semua orang percaya akan dapat mengusir setan di dalam nama Yesus.
Begitukah?


Bukan demikian maksudnya...


pada saat Yesus berada ditengah manusia. sudah ada orang yang melakukan pengusiran setan didalam nama Yesus.


Markus 9:38
9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."


Namun Tuhan Yesus berkata bahwa jangan dicegah, karena mereka berada dipihak yang sama dengan Yesus.


Markus 9:39-40
9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorang pun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.
9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.




Dalam ayat diatas kuasa Allah itu dikaruniakan kepada bangsa-bangsa lain. dan bukan berarti semua orang dapat melakukan hal yang sama pula.

Kenapa demikian?
sebab tingkatan iman seseorang dengan yang lain berbeda-beda pula. ada yang tingkat rohaninya lebih dari yang lain, adapula yang tingkatan rohaninya dibawah yang lain. jadi, jangan sampai kita doakan orang sakit/orang kerasukan tidak terjadi sesuatu apapun, dan akhirnya kita kecewa dan mundur dari pelayanan.

maka dari itu Rasul Paulus menjelaskan karunia yang diberikan Tuhan kepada orang percaya berbeda-beda. (bukan berarti tidak dapat melakukan)

1 Korintus 12:4-13
12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.



mudah-mudahan anda mengerti mengapa saya mengatakan tidak semuanya dapat melakukan hal yang sama satu dengan yang lain.
August 30, 2008, 08:48:42 AM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Terima kasih atas tanggapannya Bro. Labbats 19xx.

Saya punya pertanyaan lagi.
Boleh ya Bro??

Quote
1 Korintus 12:4-13
12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Yang saya bold di atas,
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang bisa berhikmat?
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang berpengetahuan?
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang diberikan iman?

Karena Bro katakan hanya kepada orang Kristen tertentu diberikan kemampuan bermujizat.

Mohon pencerahannya Bro.
Syalom.
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
August 30, 2008, 11:29:47 AM
Reply #5
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
Terima kasih atas tanggapannya Bro. Labbats 19xx.

Saya punya pertanyaan lagi.
Boleh ya Bro??

Quote
1 Korintus 12:4-13
12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Yang saya bold di atas,
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang bisa berhikmat?
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang berpengetahuan?
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang diberikan iman?

Karena Bro katakan hanya kepada orang Kristen tertentu diberikan kemampuan bermujizat.

Mohon pencerahannya Bro.
Syalom.



Quote
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang bisa berhikmat?

Alangkah baiknya kita berhikmat dengan meminta dari yang Empunya hikmat. yaitu Tuhan Yesus sendiri.

Yakobus mencatat perbedaaan Hikmat yang ROH KUDUS beritahukan kepada manusia. (supaya umat pilihan tidak terkecoh dengan tipuan Iblis)


Yakobus 3:14-16
3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
3:15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.
3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.


yang tercatat diatas adalah ciri-ciri hikmat dari dunia.


Yakobus 3:17-18
3:17 Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
3:18 Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.



yang tercatat diatas adalah ciri-ciri hikmat dari Tuhan.

maka dari itu tidak semuanya orang diberikan hikmat dari Tuhan, akan tetapi banyak orang merasa dirinya mendapat hikmat dari Tuhan. sebab merasa diri benar dihadapan Tuhan dan akhirnya Terkecoh dengan tipuan Iblis.




Quote
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang berpengetahuan?

Semua orang diciptakan oleh Tuhan lengkap menggunakan Otak. akan tetapi apakah otak itu di isi dengan Firman Tuhan atau tidak. jadi jika orang mengerti Firman Tuhan maka ia berpengetahuan, sebab mengetahui mana yang baik dan yang jahat. mana yang benar atau yang salah.

sebab awal mengetahuan dan hikmat dikarenakan Takut akan Tuhan.

Amsal 9:10
9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.


apakah banyak orang Kristen berpengetahuan? jawabnya bisa ya dan tidak. hanya perbedaannya apakah mereka takut akan Tuhan atau tidak.





Quote
Apakah hanya orang Kristen tertentu yang diberikan iman?

Tidak demikian.
semua orang Kristen diberikan Iman, namun yang membedakan apakah iman itu bertumbuh atau tidak.
Banyak orang Kristen mengatakan Iman mereka bertumbuh, akan tetapi langkah iman mereka mati (Yakobus 2:20 ; Yakobus 2:26).

sebab banyak orang Kristen tidak Taat kepada perintahNya. seperti contoh : Basuh Kaki. (apakah banyak gereja-gereja sekarang melakukan hal yang kecil tersebut yang diperintahkan Tuhan untuk melakukan?) ---> lihat perintah Tuhan (Yohanes 13:14-15)



saya hanya manusia terbatas, maaf jika ada jawaban yang kurang memuaskan. mudah2an bisa mengerti maksud dari tulisan saya.  :)
« Last Edit: September 01, 2008, 10:30:51 AM by labbats19xx »
September 01, 2008, 09:33:35 AM
Reply #6
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Quote
saya hanya manusia terbatas, maaf jika ada jawaban yang kurang memuaskan. mudah2an bisa mengerti maksud dari tulisan saya.

It's OK Bro.
Terima kasih atas jawabannya.

Tuhan Yesus memberkati.
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
September 28, 2010, 05:38:39 AM
Reply #7
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 291
Pengajaran DOA dalam Kitab YAKOBUS.

Didalam nama TUHAN YESUS menyampaikan kebenaran Firman.
.................................................................................
Kiranya secuil kebenaran Firman ini dapat menyegarkan hati dan iman orang yang percaya kepadaNya.
Amin.
Ulasan yg SANGAT INDAH Bro ! Excellent and Interesting !  :afro: :) :afro:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)