Author Topic: 9 Karunia ROH KUDUS  (Read 13565 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 03, 2008, 05:19:00 PM
Reply #20
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 159
Thanks buat masukannya, karena tadinya kalau teringat kejadian itu jadi berpikir, apa mungkin yang waktu itu memang ROH KUDUS atau bukan, kalau iya berarti waktu itu saya sudah menolak ROH KUDUS, dosa ngak ya? gitu lho :) Buktinya pada saat saya berdoa; "Tuhan lindungi aku".
June 04, 2008, 12:59:35 PM
Reply #21
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 159
  • Gender: Female
Hi e_my76 saya rasa kamu gak menolak ROH KUDUS kog....kata FT, ujilah setiap roh. Kamu belum mengenal siapakah ROH KUDUS itu, jd wajar kamu belum bisa mengundang Dia utk masuk dlm hatimu. Dan saat ROH KUDUS ingin masuk ke hati kamu gak sembarangan juga kog. Di saat org itu tdk mengundang Dia, maka Dia gak pake dobrak pintu hatimu.

JBU
June 04, 2008, 02:22:26 PM
Reply #22
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 159
Thanks buat commentnya..
Kalau yang pake dobrak itu kayaknya roh jahat ya? karena saya pernah lihat roh jahat yang maksa masukin seseorang sampai orang tersebut berteriak dan bicara sembarangan.
July 09, 2008, 02:19:59 PM
Reply #23
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 20
  • Gender: Female
Salam buat semuanya.
Di kesempatan ini, saya ingin share mengenai 9 karakteristik karunia ROH KUDUS.
Semoga bisa menambah wawasan dari rekan-rekan semuanya.

Pertama, kita lihat janji Tuhan :

Kis 2 : 16-18
tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoel: Akan terjadi pada hari-hari terakhir--demikianlah firman Allah--bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.

Kis 2 : 38-39
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia ROH KUDUS. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."


Siapa yang merasa dipanggil oleh Tuhan Allah?
Bagi yang merasa dipanggil, janji ini berlaku bagi kamu.

Kedua, apa aja sih karunia roh itu?

1 Kor 12: 7-11
Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.


Karunia roh adalah :

1. Pemberian ROH KUDUS
Tentu saja Roh hanya memberi bagi mereka yang dimiliki oleh ROH KUDUS, yaitu mereka yang percaya pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya

2. Diberikan pada orang-orang tertentu secara khusus
Tidak semua mendapatkan dan masing2 beda-beda sesuai pemilihan Allah

3. Sifatnya supranatural
Semua yang tertera disini melibatkan alam roh, bukan pikiran mental sehingga tidak ada satupun yang dapat dipelajari maupun dilatih

4. Dikerjakan ROH KUDUS
Yang mengerjakan adalah ROH KUDUS, bukan manusia. Jadi tidak bisa tuh seseorang mengaktifkan begitu saja karunia tersebut dengan keinginannya. Ini harus dengan keinginan dan perintah dan kesediaan ROH KUDUS. Jadi tidak bisa ada karunia yang bekerja by request manusia.

Misal, "Tolong dong liatin rumah saya ada hantunya ga?" Lalu si hamba Tuhan bilang, "Baik, akan saya lihat." Lalu dia bisa lihat begitu saja.
Bila Roh tidak membuka matanya, maka dia tidak akan bisa melihat ke alam roh. Bedakan dong antara dukun dan hamba Tuhan (namanya juga hamba..)

5. Untuk kepentingan bersama
Jadi karunia ini tidak digunakan untuk diri pribadi, melainkan untuk bersama. Jadi biasanya ini ditujukan bagi orang lain, khususnya jemaat. Makanya jangan heran kalo ada hamba Tuhan punya karunia menyembuhkan tapi dia sendiri sakit. Ya iyalah, kan bukan buat dirinya sendiri.. Untuk dirinya sendiri, dia harus doa khusus pribadi pada Tuhan

Karunia roh terdiri dari :
1. Karunia berkata dengan hikmat
2. Karunia berkata dengan pengetahuan
3. Karunia iman supranatural
4. Karunia untuk menyembuhkan
5. Karunia untuk mengadakan mujizat
6. Karunia untuk bernubuat
7. Karunia untuk membedakan bermacam-macam roh
8. Karunia untuk berkata-kata dalam bahasa roh
9. Karunia untuk menafsirkan bahasa roh

Penjabaran sederhananya :

1. Karunia berkata dengan hikmat.
Pernah mendengar ada orang yang begitu tepat menafsirkan suatu mimpi atau penglihatan, seperti Yusuf dan Daniel? Pernah mendengar ada orang yang begitu cepat menemukan perumpamaan untuk menyimbolkan suatu situasi maupun cepat memecahkan teka-teki perumpamaan?
Karunia hikmat adalah kemampuan supranatural untuk menjelaskan atau menjabarkan rencana Tuhan melalui tanda-tanda / simbol-simbol. Jadi, Tuhan memberi tanda dan dia diberi hikmat untuk menjelaskan maupun membongkarnya.

Karunia hikmat ini berbeda dari hikmat biasa.
Hikmat dapat dipelajari (misal, baca kitab amsal, banyak baca buku untuk menambah pengetahuan, belajar dari pengalaman hidup), tapi karunia hikmat tidak dapat dipelajari dan tidak dapat ditebak dengan otak manusia (meski manusia yang bijaksana sekalipun).
Makanya jangan heran bila ada orang pandai bijak yang gagal menebak rencana Allah.

2. Karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
Orang yang memiliki karunia ini bisa mengetahui kejadian masa lampau yang rahasia atau keadaan aktual seseorang yang tidak pernah diberitahukan kepadanya. Misalnya, ia bisa memberitahukan dengan tepat usia, pekerjaan, apa yang dipikirkan seseorang, apa yang sedang direncanakan seseorang dan penyakit apa yang sedang menyerang seseorang tanpa diberitahukan sebelumnya.

Tentu saja karunia pengetahuan berbeda dengan pengetahuan biasa. Karunia pengetahuan itu supranatural, seakan Tuhan sendiri yang memberitahukan mengenai keadaan seseorang yang rahasia. Ini tidak bisa dipelajari. Kita mungkin bisa peka secara logis membaca tanda-tanda namun tidak akan bisa mengetahui persis, kecuali Tuhan memberitahukan.

3. Karunia iman supranatural.
Ketika karunia ini bekerja, seseorang akan mendapat iman yang begitu kuat dan besar sehingga ia bisa melakukan perbuatan ajaib atau mengatakan sesuatu yang tidak dipikirkan sebelumnya dan hal tersebut bekerja dengan efektif secara nyata. Ini biasanya berlangsung tiba-tiba di luar keinginan. Iman jenis ini akan mampu memindahkan gunung bahkan secara harafiah.

Tentu saja karunia iman ini berbeda dengan iman biasa. Semua orang percaya pasti memiliki iman kepada Yesus Kristus, karena tanpa iman tidak mungkin seseorang berkenan pada Allah. Tapi karunia iman ini hanya diberikan pada orang tertentu saja.

4. Karunia untuk menyembuhkan.
Orang yang diberi karunia ini akan dipanggil untuk melayani orang-orang sakit. ROH KUDUS akan bekerja melalui orang ini untuk menyalurkan kesembuhan hingga taraf yang ekstrim (misal, menumbuhkan mata, memanjangkan kaki yang cacat, dll). Tapi tetap saja, karunia ini baru bisa aktif ketika Roh mengijinkannya. Jadi jangan heran kenapa tidak semua orang sakit pasti sembuh ketika dilayani. Tuhan punya waktu yang berbeda dan tujuan yang berbeda untuk orang per orang (hamba Tuhan kan bukan Tuhan itu sendiri).
Biasanya orang yang memiliki karunia menyembuhkan memiliki spesialisasinya masing-masing (ada yang spesialis di kanker, ada yang tulang, dll)

Tentu saja semua orang Kristen diperbolehkan menumpangkan tangan atas orang sakit dan orang itu akan sembuh. Kita boleh berdoa dan sesuai kehendak Tuhan, orang yang kita doakan akan disembuhkan. Tapi tidak berarti orang ini memiliki karunia menyembuhkan. Hanya yang terpanggil di ladang ini yang akan Tuhan perlengkapi.

5. Karunia mengadakan mujizat.
Karunia untuk mengadakan tanda-tanda heran dan ajaib di luar logika serta di luar usaha manusia. Yesus melakukannya dengan mengubah air menjadi anggur, membelah laut teberau, dll. Tujuannya tentu bukan untuk pamer tapi untuk kepentingan bersama.

6. Karunia untuk bernubuat.
Karunia untuk mengucapkan atau menyampaikan pikiran dan isi hati Tuhan mengenai suatu hal atau keadaan di masa depan yang sifatnya strategis untuk kepentingan bersama. Agabus pernah menubuatkan kelaparan yang akan terjadi pada suatu kota.

Paulus pernah menyampaikan pada jemaat Korintus :

1 Kor. 14:5
Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.


1Kor. 14:31
Sebab kamu semua boleh bernubuat seorang demi seorang, sehingga kamu semua dapat belajar dan beroleh kekuatan.


Paulus menyiratkan bahwa semua orang dapat bernubuat. Ini sekilas kontradiktif dengan karunia nubuat yang hanya diberi pada orang tertentu saja.
Tapi, sebenarnya tidak.
Semua orang dapat bernubuat karena sebagai anak Tuhan, kita dapat mendengar suara Tuhan mengenai satu dan lain hal untuk diri sendiri maupun orang lain (bukan dibuat-buat). Tapi, karunia bernubuat adalah untuk kepentingan jemaat dan bersifat strategis (menyangkut lebih banyak orang) dan ini hanya diberikan pada orang tertentu saja.

7. Karunia untuk membedakan bermacam-macam roh.
Orang yang memiliki karunia ini dimampukan melihat ke alam roh. Dia bisa melihat malaikat, roh jahat hingga Tuhan. Inilah yang tercantum dalam kitab Yoel sebagai penglihatan. Mata rohani dibuka oleh Tuhan. Kalau sekadar merasakan kehadiran roh jahat, ini belum jadi karunia (misal bulu kuduk berdiri atau kulit terasa dingin). Orang Kristen yang telah mengalami pertumbuhan demi pertumbuhan rohani akan mempunyai kepekaan terbatas terhadap alam roh, tapi karunia membedakan roh ini (yang berupa penglihatan - vision) hanya diberikan pada orang tertentu saja.

8. Karunia untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
Bahasa roh ini muncul dari hati (bukan pikiran) dan diucapkan oleh lidah sehingga tidak dapat dipelajari dan tidak dapat dilatih apalagi ditiru. Bahasa roh yang merupakan karunia biasanya 'unik' bunyinya dan muncul dalam suara yang kuat. Karunia bahasa roh pasti diikuti oleh karunia menafsirkan bahasa roh. Kenapa? Karena ini untuk kepentingan bersama dan membangun jemaat. Jika jemaat yang lain tidak mengerti, maka tidak bisa untuk kepentingan bersama bukan?

Paulus menulis :

1 Kor. 14:5
Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.


Lagi :

1 Kor. 14:4
Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.


Jadi, ada bahasa roh yang untuk membangun diri sendiri, ada juga yang untuk kepentingan bersama. Yang untuk kepentingan bersama itu adalah yang berupa karunia dan pasti ada penafsirannya.

9. Karunia untuk menafsirkan bahasa roh.
Udah jelas karunia ini adalah untuk menafsirkan bahasa roh. Tiba2 seseorang mempunyai pengertian mengenai isi bahasa roh yang diungkapkan orang lain maupun dirinya sendiri dan isinya adalah untuk kepentingan bersama.

WARNING!!!

Iblis bisa memalsukan semua karunia ini.
Seperti 2 sisi mata uang, ada yang asli dan ada yang palsu.
Keberadaan yang palsu memang harus dihindari, tapi yang asli jangan langsung dihilangkan.
Kita sambut yang asli tapi menolak yang palsu.

Bagaimana membedakannya?
Dari sumber, apakah berasal dari Yesus Kristus.
Dari buah, apakah membawa kebaikan dan cara hidup si pelaku memberi kesaksian mengenai kebenaran
Dari tujuan, apakah membawa orang lain makin dekat dan mengenal Yesus Kristus.

Untuk karunia yang tidak memenuhi salah satu atau semua kriteria itu, berarti karunianya tidak berasal dari ROH KUDUS.

Lalu dari mana?
Tebak aja sendiri.



saya masi bingung sama yang no.2 (karunia berkata dgn pengetahuan).
ini apa bedanya dgn karunia bernubuat??
July 09, 2008, 03:21:13 PM
Reply #24
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Quote
saya masi bingung sama yang no.2 (karunia berkata dgn pengetahuan).
ini apa bedanya dgn karunia bernubuat??

Sepengetahuan saya aja yah...

Contohnya deh :

Karunia pengetahuan :
'Tuhan beritahu pada saya bahwa kamu baru saja mengalami ini...ini...ini... dan sekarang kamu sedang bingung apakah akan ini...atau ini... Apa yang sebenarnya sedang kamu alami adalah ini...ini...'

Karunia bernubuat :
'Tuhan katakan pada saya bahwa pada tahun ini... akan terjadi peristiwa ini... di sini.'

Karunia hikmat :
'Saya bermimpi dan di dalam mimpi saya melihat ini... Arti dari mimpi itu adalah bahwa Tuhan sedang merencanakan ini...'

*****

Karunia pengetahuan, bernubuat dan hikmat bisa bekerja secara bersamaan. Coba saja gabungkan ke-3 contoh tersebut.

Dalam pembahasan ini saya pisahkan agar lebih mudah dimengerti.

Semoga memberkati...
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
July 10, 2008, 11:10:36 AM
Reply #25
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 20
  • Gender: Female
ooo...ya ya skrg sudah paham.. tengkyu yah :angel:
July 17, 2009, 06:01:47 PM
Reply #26
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 34
tapi gimana jg memastikan itu dari Yesus ??

Setiap ada manifestasi roh (termasuk 9 karunia yang menyertai) satu-satunya perbedaan untuk kita tahu apakah (baik itu orang yang bisa bangkitkan orang mati, worship leader, pendeta, ngaku-ngaku nabi, rasul, dsb) itu benar2 adalah ALLAH ROH KUDUS atau bukan adalah : apakah dia mempermuliakan ANAK ALLAH yaitu TUHAN YESUS KRISTUS atau TIDAK!
Sebab setiap manifestasi yang dari ALLAH pasti mempermulikan Yesus

roh lain tidak dapat mengakui bahwa "YESUS adalah TUHAN dan JURUSELAMAT dunia, yang telah mati dan bangkit dan mengalahkan maut dan yang menebus dosa dunia", roh lain tidak akan bisa mengakui hal ini.


Ika,

Saya setuju dengan Tulisan saudari.

ROH KUDUS akan senantiasa Meninggikan,Memuliakan,Memuji Yesus Kristus.
Bukan meninggikan,memuliakan dan memuji diri sendiri,hamba Tuhan atau pun pribadi dan nama nama yang lain.

GBU

September 25, 2010, 09:54:03 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1615
  • Gender: Male
Dalam menyembah sampi berbahasa Roh, itu ada persiapan ..
kita harus mengosongkan segala pikiran kita terhadap hal2 lain, mempersiapkan hati dan berdoa sampai berbahasa Roh..

saya pernah melihatdalam suatu ibadah.. baru mulai tanpa persiapan, pimpinan mengatakan mari kita berbahasa Roh dan langsung semua berbahasa Roh..KOK BISA YA?

orang yg pada waktu berbahasa Roh itu hatinya PENUH dengan ROH KUDUS sehingga hubungan dengan Tuhan begitu dekat sampi kita secara hati bisa memangdang yesus, sikap pada waktu bisa memandang Yesus adalah "tersungkur" menyembah Yesus seperti memandang kemuliaan Allah, kita akan merasa siapa diri kita sampai bisa Tuhan berhadirat di dalam hati kita, sampai kita meresa hancur hati BENAR2 MERASA KASIH ALLAH YG BEGITU NIKMAT.
sedang kalau kita banyak pikiran (memikirkan perkara yang dibawah) sulit untuk doa penyembahan kita dapat naik ke hadiratNya apalagi berbahasa Roh..

Kadang ROH KUDUS tidak tetap dijaga penuh dalam hati kita, kita pernah penuh dengan ROH KUDUS tetapi sekarang tidak, maka bahasa Rohnya jangan2 sudah merupakan kebiasaan/hafalan..
maka coba periksa kita masing2 adakah setiap menyembah Tuhan hati kita PENUH DENGAN ROH KUDUS..?
Segala Pujian, Kehormatan, Kemuliaan hanya bagi Yesus sampai selama-lamanya
September 25, 2010, 05:41:21 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7905
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
@ "Guru" manusia biasa: :D

mau tanya nich... memang ada ayat yang mengatakan "Ujilah setiap Roh.." (maksudnya supaya tahu Asli atau Aspal) :D

Tapi ada juga yang meragukan ... lalu dihukum bisu (Zakaria)
nah... gimana nich...

contoh:

si A mendapat suatu "pengelihatan" sesosok "orang Kudus"
Lalu si A ... bagaimana??

Jawaban yang pasti si A "meragukan" sesosok itu dahulu... lalu menguji...

Jika datang dari Allah (meragukan) bisa bisu kaya Zakaria donk.. :D

Tetapi Kalau langsung di Percayai.... (klo itu dari Iblis gimana? )
           

Intinya meragukan... salah... dan mempercayai langsung salah...

Gimana nich "guru" ... ??? culit2...

Btw... "guru" manusia biasa ini, sudah memiliki jurus apa aja?? :D
(karunia apa?)



salam :)




Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
September 27, 2010, 09:15:49 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1615
  • Gender: Male
I Yohanes 4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Waktu zakaria masuk ke bait Suci, ia bertugas tugas imamat, zaman dulu Tuhan berfirman di bait suci..dia melhat malaikat yg mengabarkan kelahiran Yohanes Pembabtis, karena berita kelahiran Yohanes pembabtis penting.. maka karena Zakaria tidak percaya karena ia sudah sangat tua tidak mungkin punya anak, nah ia bisa hanya sebagai tanda bahwa berita itu benar..begitu ia bisu, ia pasti lgs percaya bahwa yg dikatakan semua itu benar..ini special Case karena kelahiran Yohanes Pembabtis ternasuk dalam rencana Allah dalam mempersiapkan datangnya Kelahiran Yesus sang Mesias yang ditunggu-tunggu.


kalau menguji roh tetapi dia belum penuh roh ya susah, karena sebenarnya yang menguji setiap roh itu adalah ROH KUDUS sendiri yang diam dalam kita..

tetapi paling tidak untuk orang awam, kalau dia banyak mengerti/membaca Alkitab, kalau roh itu bertentangan dengan Firman Tuhan pasti bukan berasal dari Tuhan karena tidak mungkin Roh yang dari Tuhan bertentangan dengan Firman, Firman dan ROH KUDUS adalah KEBENARAN.
Segala Pujian, Kehormatan, Kemuliaan hanya bagi Yesus sampai selama-lamanya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)