Author Topic: Definisi Perbuatan Baik  (Read 8724 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

November 18, 2010, 01:13:44 PM
Reply #140
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4539
Hai Sobat @ BABY BENZ..
Sebelum kita membuat definisi " berbuat baik " COBA KITA mengambil contoh contoh dari Aliktab Injil, mengenai hal tsb,
Ap sih dasar alasannya,  sehingga orang/ manusia sanggup dan mampu berbuat baik..?? Apa motivasi di balik dari kesangupannya tsb..??

Contoh Ayat Alkitab yang mewacanai perbuatan baik tsb , sbb :

1).Pkh. 12:14   Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.

2).Mat. 19:16   Ada seorang datang kepada YESUS, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

3).Mat. 26:10   Tetapi YESUS mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

4).Mrk. 14:6   Tetapi YESUS berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

5).Rm. 9:11   Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, --supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya--

6).1Tim. 2:10   tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.

7).1Tim. 5:25   Demikianpun perbuatan baik itu segera nyata dan kalau tidak demikian, ia tidak dapat terus tinggal tersembunyi.

8).2Tim. 3:17   Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

9).Tit. 1:16   Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

10).Tit. 3:5   pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh ROH KUDUS,

Mungkin ayat ayat diatas bisa jadi renungan dulu..Terimakasih

Salam GBU.


..Melanjutkan  saja..ya broo@ Baby baenz..

Jadi menurut saya " Perbuatan baik" tsb banyak sekali maknanya, dan dasarnya kenapa dan mengapanya adalah di ayat ayat seperti diatas. Dimana pengertian ayat ayat tsb diatas sbb :

1). Allah selalu memonitor setiap motivasi yang ada dalam diri manusia (
     di hati & di pikiran )..saat manusia tsb mau/ akan melakukan tindakan yang baik maupun yang jahat. Tindakan tsb bisa berupa produk dari mulut ( ucapan); tindakan pola tingkah/prilaku; cara berpikir; cara berpakaian, cara mencari nafkah; dst..dst nya. Berdasarkan itu semua maka manusia
diminta pertanggungjawabannya di Pengadilan Tuhan nantinya. (Pkh 12:14).
Note : segala sesuatu yang tersembunyi = motivasi manusia dalam
          hati/pikiran.

2). Setiap Motivasi yang timbul dalam diri manusia, pasti mempunyai tujuan tentuinya dan ada sangsinya juga. Jika manusia tsb sudah didasari oleh Iman percaya kep Tuhan kita Yesus Kristus, alhasil Tujuan perbuatannya pasti baik ( menurut pandangan Tuhan ALLAH ),, akan tetapi JIKA IMAN PERCAYANYA  DI LUAR TUHAN YESUS, maka dapat juga hasil perbuatannya baik ( tapi menurut pandangan manusia /pandangan dunia ). namun sepertinya perbuatan yang jahatlah yang dihasilkannya.lebih banyak. Tuhan Yesus selalu mengingatkan kepada kita manusia, bahwa supaya apa saja yang kamu perbuat dalam hidupmu..adalah demi memulyakan Nama ALLAH BAPA YANG ADA DI SORGA. Tujuannya tidak lain untulk memperoleh hidup yang kekal. jADI JIKA BERBUAT JAHAT..?? YA SUDAH TENTU TIDAK MEMULYAKAN NAMA ALLAH  kan..??..pasti sangsinya adalah maut. (MAT 19:16)

3). Setiap perbuatan Baik Yang sudah dilakukan oleh Manusia dengan
     dasar demi Kemulyaan Nama Tuhan YESUS /ALLAH..??!!, Maka
     mendapat  pembelaan dari Tuhan Yesus sendiri, jika ada manusia lain
     yang akan menyangsikan / menggugat perbuata baik yang sudah
     dilakukan oleh manusia ybs (yang percaya akan Tuhan Allah.).
     Kalau manusia ts sdah berbuat jahat , tidak mungkin di bela oleh
     Tuhan Yesus. ( Mat 26:10)

4). Orang yang sudah melakukan perbuatan baik, demi kemulyaan nama
     Tuhan Yesus, selalu di bela dan dilindungi-NYA , dari tangan tangan si
    Jahat ( iblis / temannya iblis yang berujud manusia )..(Mrk 14:6).

5). Janin dalam kandungan pun sudah menjadi penglihatan Allah yang
    serius mengenai perihal perbuatan baik dan perbuatan jahat, apalagi di
    dunia orang dewasa..?? Dimana intinya orang dapat melakukan
    perbuatan baik tsb bukan karena motivasi dalam dirinya si manusia tsb
    dengan segala existensi yang dimilikinya, melainkan Karena panggilan
    Allah semata. (Rom 9 :11 ).

6). Dalam hal (penampilan lahiriah) berpakaian dan berdandan (
     khususnya perempuan ), di wajibkan utuk berlaku secara layak /
     pantas, jika akan beribadah, sehingga dapat dinilai telah melakukan
     perbuatan baik. (1 Tim 2 :10)

7). Jikalau mau melakukan perbuatan baik , ya langsung dilaksanakan
     segera, jangan di tahan tahan lagi atau di tunggu tung lagi dengan
     alasan yang tidak mendukung. (1 Tim 5 :25)

8). Setiap manusia yang percaya akan Allah maka Allah melengkapinya
     dengan perangkat untuk manusia tsb supaya manusia sanggup
     berbuat baik. Dimana ROH KUDUS YANG BERTAKHTA  dalam diri kita
     (pikiran & jiwa )...(2Tim 3 :17 )

9). Apabila manusia dari mulutnya mengatakan Percaya akan Allah, tetapi
     bukti perilakunya jauh/ berlainan dari kaidah kaidah Ajaran KEBENARAN
     dari ALLAH, manalah mungkin dia dapat melakukan Perbuatan baik.
     Karena pikiran dan hatinya tsb sudah penuh dengan kenajisan.
     (Tit 1:16).

10). Jangan dikira bahwa karena kita manusia telah berbuat baik ( dalam  
       hal apapun ), Sehingga Tuhan Yesus jatuh terpesona kepada manu
       sia dan Lantas MENYELAMATKAN KITA MANUSIA DNG  PENEBUSAN
       DOSA.MANUSIA TSB..?? HAAH.. SAMA SEKALI BUKAN...!!! Melainkan
       karena KASIH KARUNIANYA LAH KITA DISELAMATKAN DENGAN CARA
       DIBABTIS DALAM NAMA ALLAH BAPA, ANAK DAN ROH KUDUS..

      MAKANYA JANGAN LAH KITA MANUSIA MERASA BERMEGAH DAN SANGAT SOMBONG DAHULUN AKAN SEGALA USAHA YANG KITA PERBUAT DALAM DUNIA INI, MENGENAI HAL HAL MELAKUKAN PERBUATAN BAIK. Karena tidak ada artinya bagi Tuhan Jika perangkat untuk menjadi mampu berbuat baik itu bukan karunia dari ALLAH..Melainkan dari Dunia ini maupun Iblis / setan penipu.

Kiranya point 1-10 adalah gambaran yang minimal ssaja mengenai makna berbuat/ perbuatan baik..( Dari beberapa ayat Alkitab menurut pandangan saya pribadi ), Terimakasih .

SALAM ..GBU
November 18, 2010, 04:44:41 PM
Reply #141
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4539
Saya ulangi pertanyaan saya

Bagaimana membedakan perbuatan baik yg berdasarkan iman dan perbuatan baik yg berdasarkan usaha kita semata2? Berikan contoh contoh yang nyata dalam kehidupan kita sehari hari?


Salam

Broo@Baby benz..contoh contoh yang anda maksudkan tsb jika implikasinya di kehidupan kita sehari hari, konkritnya jelas ada, misalnya sbg contohnya , Kita ambil saja peran utamnya broo@ beby benz sendere ya..??..begini :

1) Yang berdasarkan iman.

** Broo@ bbZ berkeinginan ( bermotivasi ) memberi sedekah/beramal
     kepada fakir miskin ( kaum duafa lah ). di suatu yayasan panti
     asuhan.Jika melihat dari segi kemampuan finansial oke lah ( ARTINYA
     DARI JERIH PAYAH ANDA MENGUMPULKAN REJEKI DENGAN CARA YANG
     BAIK DAN HALAL ). Kemudian
     dilihat dari segi teknis pelaksannannya gimana bantuan tsb nantinya
     bisa sampai kesasaran..?? Masih ada kendala kayanya. Oleh karena
     itu perlu sarana atau fasilitas pendukung lainnya.
     
    *Disini perlu diingat dahulu, bahwa dalam DASAR IMAN Kristen ada
      tertulis dalam Alkitab yang merupakan suatu prinsip dasar yang harus
      dipatuhi dalam hal memberi bantuan/ sedekah/ beramal : yaitu" "JIKA
      TANGAN KANAN MEMBERI, MAKA TANGAN KIRI TIDAK BOLEH
      MENGETAHUINYA ( DI SEMBUNYIKAN ) "" Artinya jika Engkau berbuat baik ( misalnya bersedekah ), jangan engkau mencari pujian dari orang lain atau engkau bercerita menyombongkan diri bahwa engkau sudah bersedekah..dengan tujuan orang akan memuji muji kamu dan kamu di mulyakan dan dihormati orang sekeliling kamu. Disitu nama nya engkau mencuri KEMULYAAN ALLAH Yang sudah mengaruniakan REZEKI BAGI KAMU, PADAHAL SEMUANYA ITU ADALAH MILIK TUHAN..BUKAN MILIK KAMU MANUSIA ( @BROO@BABYBENZ )

Jadi kendala yang menghambat tsb harus diambil solusinya sebaik mungkin supaya Prinsip dasar keimanan tsb dapat secara murni di terapkan, supaya  apa yang kita perbuat untuk perbuatan baik tsb berkenan di mata Tuhan ALLAH dan bertujuan Memulyakan Nama ALLAH itu sendiri.Untuk itu kia ( @ baby banz ) berpikir...bagaimana kah caranya
supaya sejalan dengan ajaran Tuhan tsb..??..caranya adalah :
a. jika bersedekah uang, maka antarlah sendiri atau melalui Transfer Bank.
    sehingga yang mengetahui hanyalah anda sendiri ( @babybenz)
    dengan pihak yayasan tsb dan Tuhan ALLAH.

b. Jika bersedekah berupa barang, maka antarlah sendiri atau melalui jasa
    pengiriman paket khusus, sehingga yang mengetahui hanyalah anda sendiri ( dan istri ) dengan pihak yayasan tsb dan Tuhan ALLAH. Tidak perlu panggil Stasiun TV RCTI untuk sebagai saksi dan mengabadikan  tindakan baik anda ya..!!?? hehhehehhe..ini bentuk kesombongan kalo di lakukan...kan sayang..usaha baikl anda pasti tidak berkenan di mata Tuhan ALLAH..

2). YANG BERDASARKAN USAHA KITA :

** bROO@BABYBENZ..bermotivasi mau bersedekah juga bagi fakir miskin ( yayasan kaum duafalah misalnya).  dIMANA DARI SISI FINANSIAL OKE JUGA KAYANYA NIH..??? EHH tapi rejeki yang dikumpulkan itu bukan didapat dengan cara yang baik dan halal, Melainkan dari hasil tipu sana tipu sini ataupun dari hasil korupsi...yang parah lagi dari hasil pesugihan ( miara tuyul )..Hhehhehe...Lantas dalam pelaksanan pemberian sedekahnya kesasran yang dituju..??? ujuk ujuk menggunakan cara (a & b) seperti yang saya jelaskan diatas.... Dalam hal ini menurut hemat saya
perbuatan tsb adalah perbuatan baik yang sia sia, karena hakikat kebaikannya berdasarkan ukuran duniawi/ manusia belaka... bukan kebaikan yang diajarkan Tuhan/ ukuran sorgawi , yang mana balasannya tersimpan di sorga juga.

Kiranya demikian pendapat saya, dan masih banyak contoh aplikasi yang lain diluar konteks besedekah..jika kita bicara mengenai perbuatan baik sesuai pijakan iman dan sesuai pijakan usah manusia, Terimakasih

Salam GBU
November 18, 2010, 05:17:24 PM
Reply #142
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4539

Gimana mereka yang melacur karena alasan ekonomi ?
Gimana perzinahan yang dilakukan karena berbagai macam alasan, misalnya karena faktor ekonomi, dlsb ?



Apakah itu berarti anda menganggap pelacuran baik dengan alasan ekonomi bagi pelakunya?


Jadi menurut anda, apakah tidak ada salahnya/buruknya seorang wanita yang berpakaian seronok sehingga memperlihatkan keindahan belahan buah dada nya, dan kemulusan pangkal pahanya ?, ini sering loh kita lihat di setiap saluran TV ?



Saya rasa, yang salah kalau tidak ada indah2nya atau mulus2nya terus dipamer2in  :D
Berpakaian punya aturannya sendiri.
Tiap daerah punya gaya berpakaian sendiri.
Berpakaian seksi ada tempatnya, berpakaian sopan ada tempatnya.
Jangan memakai pakaian bukan pada tempatnya.
Tiap profesi punya gaya pakaian

Dan apakah wanita harus disalahkan dengan gaya pakaiannya?
MAAF...Tanpa bermaksud apa2, coba perhatikan link photo berikut.
Apanya yang salah?
http://www.humor-lucu.co.cc/2009/11/gambar-foto-lucu-arab-katrok-2.html

Sekali lagi maaf...hanya untuk menjadi bahan renungan bagi kita semua supaya jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan untuk menyalahkan wanita atas apa yang mereka kenakan.

Wanita berpakaian long dress di kolam renang ?, ini kan sama saja dengan anda secara tidak langsung mengatakan, baik atau buruk itu bergantung pada situasi. Sekali lagi, inikan artinya relatif.



Bukan relatif, tapi sesuaikan pada tempatnya.
Memakai piyama bukanlah suatu dosa.
Anda boleh memakai piyama dirumah, tapi jangan memakainya di pesta perkawinan.
Anda boleh berpakaian renang di kolam renang, tapi jangan di pasar.

Jadi kesimpulannya, segala hal di dunia ini,  tidak ada yang kita ketahui secara absolut, yang absolut kita ketahui adalah bahwa kita memang tidak tahu secara absolut.
Relatif, itulah batas pengetahuan manusia.



Bisa jadi, dan mungkin itu jugalah makanya kita dilarang untuk menghakimi.

Sekali lagi, kalau buruk atau baik disesuaikan dengan kondisi, akan menjadi relatif, semakin menguatkan bahwa kita manusia adalah relatif.

Dimana salahnya wanita berpakaian long dress di kolam renang ?

Dimana salahnya, maaf, saya pernah melihat seorang wanita berpakaian tank top memperlihatkan belahan buah dadanya, di antara belahan tersebut terselip  salip, apakah ini dapat dikatakan baik atau buruk ?

Kita tidak sedang membicarakan baik buruknya seseorang, kita sedang membicarakan tentang apa itu baik dan buruk.

Sekali lagi, segala hal yang kita ketahui adalah relatif.
Namun jika kita bersandar pada relatifisme, kehidupan akan menjadi kacau.
Menghakimi berdasarkan satu kesepakatan yang telah kita akui bersama adalah satu keharusan, agar kehidupan manusia menjadi tertib.



Haiii haii haii..@PENINJAU...

Sepertinya anda penggemar hukum relative ya..???
Itu memang hukum dunia Broo...!!!
Tapi sebetulnya anda tuh paham ga sih dengan apa yang dimaksud dengan relative tsb...?? Karena istilah ini pertama kali timbul karaena
adanya Hukum RELAIIVITAS DARI BPK ALBERT EINSTAIND..Lho..!!?? MAAF bukan nya saya sok pinter...?? tapi istilah ini kalo dipakai dan sebenarnya orang tsb belum paham artinya..?? dan dimana sebetulnya hukum tsb bisa diterapkan dalam suatu logika perpikir dan berpendapat...ya kayanya kok lucu..dan tidak relevan banget....
Sebetulnya Relative itu berkaitan dengan hukum gerak bergerak dari suatu benda yang dapat bergerak...benda yang ber gerak selaras dengan benda yang lain dalam dinamika pergerakannya ..hehhehehehh

Jadi apa yang anda ( broo@peninjau) katakan , bahwa...
**Sekali lagi, segala hal yang kita ketahui adalah relatif.
    Namun jika kita bersandar pada relatifisme, kehidupan akan menjadi
    kacau.
    Menghakimi berdasarkan satu kesepakatan yang telah kita akui
    bersama ....dst..dst nya..**

Adalah salah kaprah ( menurut saya ). PENDAPAT / ARGUMENT  anda tsb diatas. Karena anda tidak tau apa itu arti sebenarnya relative  maupun relativitas/isme. Yang betul adalah relative itu adalah kondisi / benda / masalah  yang satu dapat bergerak selaras dengan benda/kondisi/masalah yang lebih besar yang berada dibawahnya . Jadi relative itu tidak menimbulkan kekacauan broo..!! malah bisa saling beradaptasi..hingga disitu timbul keselarasan...keharmonisan.atau synkronisasi.

Terimakasih.

Salam..GBU
November 18, 2010, 06:32:58 PM
Reply #143
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 3795
  • Gender: Male
Wah, kemarin secara tak sengaja saya melihat di sebuah TV, acara/program agama Kristen, tak tahu tuh, Kristen apa. Yang memandu seorang wanita cantik dengan rok pendek, sehingga memperlihatkan kebagusan bentuk kakinya. Menurut anda anda yang beragama Kristen, apakah ini sesuatu yang baik atau buruk ?
IMO:
memakai rok pendek itu sesuatu yang baik atau buruk, tergantung bagaimana motivasi si wanita tersebut
jika motivasinya baik ya baik
jika motivasinya buruk ya buruk

***kadang kala (bahkan sering) apa yang menurut kita adalah baik ternyata buruk pada pemandangan orang lain, and vice versa
Jadi kesimpulannya, baik buruk itu sangat relatif , bukan begitu ?

begini, apa anda bisa menjamin orang yang pakai jilbab yang belum menikah itu adalah orang yang belum pernah berbuat seks?

itu artinya relatif

penampilan luar yang walaupun merupakan pencitraan langsung terhadap seseorang belum tentu adalah totalitas kebenaran orang itu

sedang kalau anda hanya senang melihat dan senang mencari kebusukan orang lain sampai lupa bercermin untuk diri sendiri

itu yang dinamakan, balok dimata anda tidak anca cabut sebelum anda sok tahu mencabut selumbar dimata orang lain

beranikah anda menjawab dengan jujur dihadapan Allah anda, apa anda terbebas dari pornografi? dari masturbasi?

kalau anda terbebas dari itu, benar anda bukan orang yang MUNAFIK

tapi kalau tidak, anda adalah seorang yang munafik

dan saya dihadapan TUHAN dengan kekuatan ROH KUDUS terbebas dari pornografi dan masturbasi walaupun saya belum menikah

karena saya tahu arti kekudusan...

anda?

:)
Bung, kita ini lagi bicara defenisi baik dan buruk. Jangan OOT lah
Tidak lagi membicarakan tentang seseorang atau yang lainnya.

kalau anda tak tahu apa yang anda bicarakan, lebih baik berpikir dululah sebelum bicara

dan yang oot itu anda kok

karena anda tak tahu apa yang anda bicarakan ini

anda seperti katak yang dalam sumur yang melihat keatas dan membatasi langit selobang sumur

anda kalau berhadapan dengan saya selalu seperti ini? menuduh saya OOT?

apa yang anda perlu kuatirkan?

karena logika anda itu sudah usang buat saya, dan justru saya provokasi anda untuk masuk ke logika selanjutnya, lebih baik kalau anda bicara tentang moral

gunakanlah logika atau paham atheis....

...daripada munafik mengunakan paham kepercayaan anda....

dimana moralnya poligami?

sendal saja hanya punya 1 kanan 1 kiri, poligami lebih kacau dari sendal jepit yang bisa "setia" dengan pasangannya.......

renungkanlah kenyataan ini, jangan terus berhalunisasi dibalik tempurung anda

:)
November 19, 2010, 03:36:57 AM
Reply #144
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 869
Wah, ditinggal beberapa hari saja sudah  banyak masukan masukan lain dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Sangat bagus untuk menambah wawasan saya. Saya bersyukur, tidak ada lagi netter yg membuat saya malas masuk forum ini. Dan untuk netter lain, jangan terjebak untuk menghakimi ajaran umat lain. Diskusi ini murni untuk menggali pemahaman definisi perbuatan baik. Bung Tony, anda jangan menjudge ajaran poligami di sini. Karena forum ini tidak memberikan ruang untuk memberikan pembelaan terhadap tuduhan anda tersebut. Fanatisme terhadap ajaran yang kita miliki bagus bagus saja. Yang berbahaya justru apabila munculnya benih benih kebencian terhadap segala sesuatu yang berbeda dengan kita. Karena keimanan kita sudah sepatutnya menumbuhkan kasih yang universal kepada siapa pun dan kepada apa pun dengan tidak membeda bedakan apa dan siapa. Bagi siapa pun yang merasa beriman tapi masih memiliki benih benih kebencian, sudah saatnya instrofeksi...


Salam
November 19, 2010, 03:57:25 AM
Reply #145
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 869
Saya ulangi pertanyaan saya

Bagaimana membedakan perbuatan baik yg berdasarkan iman dan perbuatan baik yg berdasarkan usaha kita semata2? Berikan contoh contoh yang nyata dalam kehidupan kita sehari hari?


Salam

Broo@Baby benz..contoh contoh yang anda maksudkan tsb jika implikasinya di kehidupan kita sehari hari, konkritnya jelas ada, misalnya sbg contohnya , Kita ambil saja peran utamnya broo@ beby benz sendere ya..??..begini :

1) Yang berdasarkan iman.

** Broo@ bbZ berkeinginan ( bermotivasi ) memberi sedekah/beramal
     kepada fakir miskin ( kaum duafa lah ). di suatu yayasan panti
     asuhan.Jika melihat dari segi kemampuan finansial oke lah ( ARTINYA
     DARI JERIH PAYAH ANDA MENGUMPULKAN REJEKI DENGAN CARA YANG
     BAIK DAN HALAL ). Kemudian
     dilihat dari segi teknis pelaksannannya gimana bantuan tsb nantinya
     bisa sampai kesasaran..?? Masih ada kendala kayanya. Oleh karena
     itu perlu sarana atau fasilitas pendukung lainnya.
     
    *Disini perlu diingat dahulu, bahwa dalam DASAR IMAN Kristen ada
      tertulis dalam Alkitab yang merupakan suatu prinsip dasar yang harus
      dipatuhi dalam hal memberi bantuan/ sedekah/ beramal : yaitu" "JIKA
      TANGAN KANAN MEMBERI, MAKA TANGAN KIRI TIDAK BOLEH
      MENGETAHUINYA ( DI SEMBUNYIKAN ) "" Artinya jika Engkau berbuat baik ( misalnya bersedekah ), jangan engkau mencari pujian dari orang lain atau engkau bercerita menyombongkan diri bahwa engkau sudah bersedekah..dengan tujuan orang akan memuji muji kamu dan kamu di mulyakan dan dihormati orang sekeliling kamu. Disitu nama nya engkau mencuri KEMULYAAN ALLAH Yang sudah mengaruniakan REZEKI BAGI KAMU, PADAHAL SEMUANYA ITU ADALAH MILIK TUHAN..BUKAN MILIK KAMU MANUSIA ( @BROO@BABYBENZ )

Jadi kendala yang menghambat tsb harus diambil solusinya sebaik mungkin supaya Prinsip dasar keimanan tsb dapat secara murni di terapkan, supaya  apa yang kita perbuat untuk perbuatan baik tsb berkenan di mata Tuhan ALLAH dan bertujuan Memulyakan Nama ALLAH itu sendiri.Untuk itu kia ( @ baby banz ) berpikir...bagaimana kah caranya
supaya sejalan dengan ajaran Tuhan tsb..??..caranya adalah :
a. jika bersedekah uang, maka antarlah sendiri atau melalui Transfer Bank.
    sehingga yang mengetahui hanyalah anda sendiri ( @babybenz)
    dengan pihak yayasan tsb dan Tuhan ALLAH.

b. Jika bersedekah berupa barang, maka antarlah sendiri atau melalui jasa
    pengiriman paket khusus, sehingga yang mengetahui hanyalah anda sendiri ( dan istri ) dengan pihak yayasan tsb dan Tuhan ALLAH. Tidak perlu panggil Stasiun TV RCTI untuk sebagai saksi dan mengabadikan  tindakan baik anda ya..!!?? hehhehehhe..ini bentuk kesombongan kalo di lakukan...kan sayang..usaha baikl anda pasti tidak berkenan di mata Tuhan ALLAH..

2). YANG BERDASARKAN USAHA KITA :

** bROO@BABYBENZ..bermotivasi mau bersedekah juga bagi fakir miskin ( yayasan kaum duafalah misalnya).  dIMANA DARI SISI FINANSIAL OKE JUGA KAYANYA NIH..??? EHH tapi rejeki yang dikumpulkan itu bukan didapat dengan cara yang baik dan halal, Melainkan dari hasil tipu sana tipu sini ataupun dari hasil korupsi...yang parah lagi dari hasil pesugihan ( miara tuyul )..Hhehhehe...Lantas dalam pelaksanan pemberian sedekahnya kesasran yang dituju..??? ujuk ujuk menggunakan cara (a & b) seperti yang saya jelaskan diatas.... Dalam hal ini menurut hemat saya
perbuatan tsb adalah perbuatan baik yang sia sia, karena hakikat kebaikannya berdasarkan ukuran duniawi/ manusia belaka... bukan kebaikan yang diajarkan Tuhan/ ukuran sorgawi , yang mana balasannya tersimpan di sorga juga.

Kiranya demikian pendapat saya, dan masih banyak contoh aplikasi yang lain diluar konteks besedekah..jika kita bicara mengenai perbuatan baik sesuai pijakan iman dan sesuai pijakan usah manusia, Terimakasih

Salam GBU


Ndak usah pusing pusing jawabnya bro Purba.

Katakan saja bahwa seseorang harus menjadi Kristen dan semua perbuatannya adalah perbuatan baik yang berdasarkan iman, bukan begitu bro?

Dan, tidak akan ada perbuatan tidak baik dari orang Kristen, bukan begitu, juga bro purba?

Atau pendapat saya tidak tepat?
Atau masih adakah orang orang Kristen menghasilkan perbuatan tidak baik?



Salam
November 19, 2010, 10:28:49 AM
Reply #146
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 325
Matius 19:17 Jawab YESUS: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."

Yakobus 4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.


Terpujilah TUHAN YESUS
Perintah yang mana ?

ane baca-baca postingan peninjau dari awal page ampe akhir, isinya cuma muter-muter doank.

Intinya kalo boleh nanya nih ama peninjau, tau dan paham kan isi dari Hukum taurat yg mana adalah perintah Allah?
fungsi dari gereja adalah mencari jiwa yang hilang, bukan malah berebut jemaat dengan gereja lain.
November 19, 2010, 11:59:24 AM
Reply #147
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4539
Broo@Baby banze...

Terimakasih..berarti anda melengkapi /menggenapi apa yang saya maksudkan dalamm postingan saya yang terakhir.itu...dan saya sangat setuju dengan kesimpulan anda tsb. Saya ga pusing pusing kok..broo..
hanya melepaskan saja yang ada di pikiran...bahaya bagi disri saya sendiri nantinya..kalo ditahan tahan / disumbat..hanya karena faktor karena takut dan kuatair pendapat saya dianggap sudah basi /usang dan APALAGI dari orang yang masih kurang/minus dalam pengetahuan Alkitab (seperti saya)..hehhehe...

Ohya..anda bertanya seperti ini broo..:
""Atau masih adakah orang orang Kristen menghasilkan perbuatan tidak
  baik? ""

Jawaban saya seperti ini  broo :
"" Sudah tentu masih ada..tapi itu dilakukan oleh type "orang Kristen ktp"
   saja. Artinya Percaya Tuhan Yesus hanya di mulut saja, baru taraf
   mengetahui belum mengenal Tuhan YESUS deNGAN SELURUH JIWA,
   AKAL DAN BUDI.""

NOTE : katagori "Orang Kristen ktp" adalah orang yang tidak takut akan
          Tuhan..alias tidak taat dalam perintah & larangan Tuhan
           jADI TIDAK MENYADARI BAHWA DALAM DIRINYA PADAHAL SUDAH
           ADA ROH KUDUS...TAPI DISEPELEKAN / TIDAK DIANGGAP SAMA
           SEKALI.
           ALHASIL perbuatan yang tidak baik / jahat yang dihasilkannya.

Salam..GBU
November 20, 2010, 12:15:45 AM
Reply #148
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12072
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
Ah masak ????
Ketika saya dipukul orang, emosi saya memuncak kemudian saya balas memukul.
Apakah tindakan saya itu dapat dikatakan jahat ?
Philo, seorang Yahudi yang terkenal bijak berkata:
"Apa yang tidak anda inginkan terjadi dalam hidup anda, jangan lakukan pada orang lain".
Sokrates, filsuf Yunani berkata:
"Hal yang membuatmu marah bila anda mengalaminya dari orang lain, janganlah lakukan itu kepada orang lain".
Konfusius juga pernah ditanya:
"Adakah aturan yang bisa menjadi seluruh kehidupan seseorang?" Dia menjawab, "Apa yang tidak ingin anda lakukan pada diri anda sendiri, jangan lakukan pada orang lain".

==============
Di atas adalah pandangan mengenai "GOLDEN RULE" dari beberapa tokoh.
Nah...bro Peninjau mau ikut yang mana?
mungkin punya GOLDEN RULE yang lain :D

kalau pengikut KRISTUS, jelas mestinya mengikuti Golden Rule nya YESUS
Matius 7:12
Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.

Jadi dalam Golden Rule ayat di atas, menekankan tindakan aktif untuk melakukan hal-hal yang baik, bukan sekadar tidak melakukan hal-hal yang jahat.

So...bro Peninjau sudah bisa mendapatkan gambarannya kan?
baik atau jahat bila bro membalas?   :)

  
**uraian tentang pendapat para tokoh: dikutip dari RH Spirit 2010
« Last Edit: November 20, 2010, 12:18:05 AM by chrisma »
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
November 20, 2010, 09:38:37 AM
Reply #149
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 973
Quote from: Salvation Army
Yohanes 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

TUHAN YESUS ENGKAU SUNGGUH BAIK
Lah kok jadi bolak balik.

Saya tanya perintah yang mana, anda jawab mengasihi tuhan.

Saya tanya bagaimana mengasihi tuhan, anda jawab menuruti perintah tuhan.

Saya tanya sekali lagi, perintah tuhan yang mana ?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)