Author Topic: Meditasi (dalam pandangan Kristen)  (Read 4892 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 12, 2010, 10:03:11 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7907
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
^^ setuju bro abey hehehe...

salam

hahaha dr pd ribet setuju aja ya bro liberty nih .. hahaha :)
ngga juga sich... saya kan membuat tred ini untuk bertanya..

meditasi dalam kekeristenan boleh atau tidak?
kalau ada yang mengatakan boleh dan tidak ... pasti kan ada alasannya

nah itulah yang ingin saya diskusikan berdasarkan pendapat masing2

jadi bukan masalah benar atau salah.. ^_^

salam
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
November 12, 2010, 02:46:03 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9790
Kalau pendapat saya begini bro,

Dalam sepuluh perintah Allah ada satu item yang mengatakan jangan menyebut nama Tuhanmu dengan sia2.

Jadi menyebut nama Tuhan YESUS juga bisa diartikan sia2. Sia2 itu artinya tidak berguna.

Misal saya doa dan bilang YESUS, YESUS, YESUS ........125000 x

Gunanya apa.

Lebih baik saya berdoa seperti dibawah ini.

Tuhan YESUS, iman saya masih lemah, tolong Tuhan memberi kekuatan, tolong juga ajar saya berdoa dan mengerti tentang ajaran doa. Dalam nama Tuhan YESUS, Amin.

Kalau kita nyebut YESUS 123000 x apa ROH KUDUS lalu masuk memenuhi kita?

Rasanya sih tidak Tuhan melihat hati, ketulusan dan keseriusan kita bukan brapa kali kita menyebut namaNya.

Bahkan dalam matius 7 dikatakan bukan yang menyebut Aku Tuhan Tuhan yang diselamatkan tapi yang melakukan kehendak Bapaku yang disurga.

Jadi brapa kali kita nyebut namaNya tidak mempengaruhi apa2, tapi sikap iman kita itulah yang dinilai oleh Tuhan.

Satu hal lagi Tuhan pernah memberi perumpamaan bahwa doa itu seperti orang yang minta tolong pada hakim yang jahat.
Sebetulnya hakim itu tidak mau membantu perkara janda, tapi karena dia minta berkali2 akhirnya hakim itu megabulkan juga.

Tapi ini jangan diartikan mengatakan hal sama berulang2.

Misal Janda ini datang pada pak hakim dan mengatakan Hakim hakim, hakim, hakim, sejuta x.

Hakimnya tidak tahu apa2 malah kemungkinan dianggap orang sedang sakit ingatan.

Sebaliknya kalau dia mengatakan tolong pak hakim saya di bantu lalu memberi penjelasan.

Besoknya datang lagi meminta hal yang sama tapi kata2nya tidak harus persis, intinya sama dan tidak boleh mengatakan pak tolong bantu saya pak tolong bantu saya sejuta x.

Nanti pak hakim bukannya bantu malah marah.

Saya rasa demikian juga dengan doa dan bejam2 mengatakan Yesus, Yesus sejuta x ini membuat otak kita numb kaya kaki kita kalau jongkok berjam2 dan akhirnya gampang ditipu iblis dengan mungkin memberi penglihatan2 yang mengarah pada kesesatan dan kita tidak merasa.

Tuhan kalau bicara mau kita dalam kesadaran penuh karena Tuhan tidak mau menipu kita. Sebaliknya Iblis yang memang punya maksud menipu, mengajar kita untuk dalam keadaan numb sehingga mudah ditipu.
Sudah saya baca bro, Mari berdoa sama2 minta petunjuk dari ROH KUDUS tentang doa pernafasan ini.
Saya belum pernah baca di alkitab tentang doa pernafasan.

Seingat saya Tuhan melarang berdoa dengan menggunakan kata sama berulang2.

Mathew 6:7

 But when ye pray, use not vain repetitions, as the heathen do: for they think that they shall be heard for their much speaking.

Saya baca dalam doa pernafasan di bolehkan mengatakan YESUS diulang2.

Bro Liberty, kiranya ROH KUDUS memberi penjelasan dan bicara pada kita, supaya kita tahu lebih jelas tentang kehendakNya.

benar bro jack

"And when you pray, do not use vain repetitions as the heathen [do]. For they think that they will be heard for their many words.

"Dan ketika Anda berdoa, jangan gunakan pengulangan sia-sia sebagai kafir [tidak]. Untuk mereka berpikir bahwa mereka akan mendengar banyak kata-kata mereka.

tetapi maksud ayat ini adalah yang saya cetak (huruf merah)
yaitu banyak kata2 yang tidak perlu di ucapkan

sedangkan doa YESUS adalah doa yang simple / pendek

bagaimana pendapat bro jack dalam hal ini? ^_^

salam
« Last Edit: November 12, 2010, 02:54:28 PM by jackson123 »
November 12, 2010, 03:12:41 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7907
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
@ bro Jack ^_^

ok lah bro Jack, pendapat saya sih berbeda..
tapi ga apalah ini kan cuma pendapat masing-masing... hehehe..
===
menurut saya,

Doa Yesus sebanyak 123000x dengan kerendahan hati..
itu sama dengan berdoa bahasa Roh.

mengapa saya katakan demikian..
1. Nama Yesus memiliki kekuatan
2. Sebetulnya dalam doa apapun.. sebelum kita minta, Tuhan sudah tahu
 
Jadi kalau orang yang tidak bisa berbahasa Roh tetapi doa Yesus saya rasa sama ^_^ (yang penting hati, dan tujuannya tetap Yesus) 

salam
========

Kalau pendapat FKers lainnya gimana?
:)

Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
November 12, 2010, 03:24:46 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2027
  • Gender: Male
  • "Jesus Saves My Life"
Doa kan komunikasi kita dengan Tuhan, so senyamannya kita aja deh .. ^^
toh nanti Tuhan sendiri yg akan mengarahkan kita ..

salam kasih ^^
"Jesus Saves My Life"
November 12, 2010, 03:27:40 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 693
  • Gender: Female
  • Jesus is always inside of me
kalo bee suka duduk bersila diatas batu sambil merem dengerin suara air terjun...itu termasuk meditasi ga ya????  :onion-head33:

abis mumpung air terjun ada di belakang rumah jadi dimanfatin dech...lalalalalalala... :onion-head86:
November 12, 2010, 03:31:19 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2027
  • Gender: Male
  • "Jesus Saves My Life"
gatau .. bukan ahli meditasi .. ^^
"Jesus Saves My Life"
November 15, 2010, 11:16:39 PM
Reply #36
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 286
  • Gender: Male
@ bro Jack ^_^

ok lah bro Jack, pendapat saya sih berbeda..
tapi ga apalah ini kan cuma pendapat masing-masing... hehehe..
===
menurut saya,

Doa YESUS sebanyak 123000x dengan kerendahan hati..
itu sama dengan berdoa bahasa Roh.

mengapa saya katakan demikian..
1. Nama YESUS memiliki kekuatan
2. Sebetulnya dalam doa apapun.. sebelum kita minta, Tuhan sudah tahu
 
Jadi kalau orang yang tidak bisa berbahasa Roh tetapi doa YESUS saya rasa sama ^_^ (yang penting hati, dan tujuannya tetap YESUS) 

salam
========

Kalau pendapat FKers lainnya gimana?
:)



Benar, nama Yesus emang memiliki kekuatan. Arti namanya: Tuhan menyertai kita. Kalo diucapkan dengan sungguh² waktu dalam keadaan susah, pasti terasa banget kekuatan yang diberikan :)

Tapi 123000 kali? wow, hehehe
123000/16= 7687 (saya pake 16 soalnya 8 jamnya kan buat tidur :p)
7687/60=128
128/60=2
Jadi setiap detik kita mengucapkan 2 x, sepanjang hari tanpa henti, sekali lagi WOW!! hahaha
Apa gak bisa mengucapkan kata² yang lain? :)

Tetapi tergantung setiap pribadi sih kalo menurut saya. Sebagai contoh saja, kita waktu masih kecil juga gak bisa berkata banyak² kecuali "papa", "mama". Tetapi seturut dengan pertumbuhan, banyak kosakata baru yang dapat kita ucapkan.
November 16, 2010, 12:11:01 PM
Reply #37
  • Guest
kalau saya duduk bersila, mengatur nafas dan berdoa, serta Fokus terhadap YESUS... apakah ini dapat disebut meditasi ?
salam :)

emang abis lari2 ? koq ada acara ngatur napas ;D
November 17, 2010, 12:42:05 AM
Reply #38
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 286
  • Gender: Male
Aduh maaf, mau ralat tulisan di atas  :ashamed0004:
Abis baca² arti nama, ternyata nama Yesus artinya Tuhan adalah keselamatan/Tuhan menyelamatkan.
Kalau yang Tuhan menyertai kita itu ternyata Immanuel, hehe
November 17, 2010, 06:47:34 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7907
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
kalau saya duduk bersila, mengatur nafas dan berdoa, serta Fokus terhadap YESUS... apakah ini dapat disebut meditasi ?
salam :)

emang abis lari2 ? koq ada acara ngatur napas ;D
hehe iya donk kan lari lari dalam iman.... ;D
(berlomba mengejar kekudusan)
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)