Author Topic: apa arti kata pengharapan - secara Alkitabiah ?  (Read 4531 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

November 09, 2010, 03:15:17 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4810
    • fossil coral cantik
temen2 mungkin bisa kasih masukan ?

di Alkitab ada beberapa ayat dengan kata pengharapan.

apakah bisa dianalogikan berdasarkan KARENA kita hidup di dunia fana,
shg khdpn bahkan setelah matipun - manusia tidak pernah tau akan spt apa ?

jadi disini artinya pengharapan adl sesuatu yg belum terjadi pada kita,
tidak / belum bisa diliat - belum juga bisa di mutlak-kan.

contoh di kehidupan,

walo kita sudah ada tiket air-asia yg sdh terjadwal berangkat ke timbuktu
esok - jam 9 pagi dan tiba jam 10 pagi di timbuktu. ("terlihat" itu memang pasti).

Tetapi tetap dalam prakteknya, kita sbg manusia tidak akan pernah tau
apakah pesawat akan rusak, apakah akan tiba dgn selamat di timbuktu,
apakah kita gak terlambat gara2 macet ke cengkareng, dsb.

jadi harapan kita disini adalah : tiba di Timbuktu tanpa aral melintang.
.
.
.
atau apakah pengharapan  yg seperti ini :
berdasarkan iman - kepercayaan dan Alkitab.

Pengharapan disini JAUH SAMA SEKALI tidak bisa disamakan
seperti contoh penggambaran pengharapan di point. no 1.
(dikarenakan pengharapan disini dtg dari TUhan, bukan airasia ..:))

jadi yg saya ingin tau, seperti apakah realisasi-nya dalam kehidupan ?

mudah2an ada yg bisa bantu kasi pencerahan.

makasi n salam.






November 09, 2010, 03:29:54 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7907
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
menurut saya

Pengharapan itu sesuatu yang diharapkan

kalau dikaitkan dengan kehidupan...

contoh
penghasilan 1 juta - menharap lebih 5 juta - mengharap lebih lagi 10 juta dst..

ini lah pengharapan => ada sesuatu yang diharapkan lebih baik
(disini butuh kemauan diri yang kuat)

jika dikaitkan dengan alkitab
pengharapan supaya selamat

Supaya selamat ini dibutuhkan Iman dan perbuatan(doa, berpuasa,dsb yang baik)

salam :)
 
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
November 09, 2010, 04:32:16 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4810
    • fossil coral cantik
jika dikaitkan dengan alkitab
pengharapan supaya selamat

Supaya selamat ini dibutuhkan Iman dan perbuatan(doa, berpuasa,dsb yang baik)

salam :)

@liberty,

jadi sbagai contoh, kira2 begini ya :

sang cowo cintaaaaa banget ama si cewe, bukan dibuat2 oleh si cowo,
luapan cintanya si cowo ini terujud dgn berusaha utk tidak nyakitin si cewe,
mata gak jelalatan, berusaha nyenengin si cewe dgn perhatian,
beliin apa yg menjadi kesenangan si cewe - dsb dsb dsb.

Hal2 ini dia lakukan,
dengan pengharapan bahwa si cewe akan tidak sakit hati, tambah sayang, dsb,
dan akhirnya bisa sampai ke jenjang pernikahan...:)

si cewe ini - yg juga cintaaaa banget ama si cowo,
tentu tidak "menilai" perbuatan2 si cowo yg kasat mata terlihat baik,
tetapi tentu ada "insting" tersendiri bahwa perbuatan2 cowonya tsb
adalah tulus - tidak dibuatbuat - dan krn besar cinta cowo ke dirinya.

begitukah kira2 pengharapan si cowo = pengharapan umat Kristen ?
(dimana si cewe adalah Tuhan dan perkawinan = hidup dg Allah stlh mati)

kalo ya demikian.... ya saya rasa emang masuk akal ... :)

makasi liberty atas masukannya.

salam.
 
November 09, 2010, 05:12:24 PM
Reply #3
  • Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2508
  • Gender: Male
  • Don't worry, be happy....
Ibrani 11:1    Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Ibrani 11:8    Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui.

Abraham berangkat tanpa mengetahui tanah yang mana yang akan dia terima, tapi iya telah yakin akan menerimanya, maka iya berangkat.

Jadi pengharapan disini disertai dengan iman.

Markus 11:24    Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Walaupun itu belum terjadi, bila pengharapan dan iman ada, maka kita percaya itu akan terjadi.

Ketika kita membeli tiket untuk ke Timbuktu, kita bisa menelpon Donald Bebek (kebetulan Donald Bebeknya lagi melarikan diri dari Paman Gober) untuk menjemput jam sekian, karena kita telah yakin akan ada di Timbuktu pada saat itu walaupun itu belum terjadi.

Dan Pengharapan dalam Kristen adalah bahwa "JANGAN PERNAH PUTUS ASA", karena dalam Tuhan, semua keadaan akan baik2 saja.
Dengan hitung2an manusia, tidak akan ada yang selamat. Tapi dengan Tuhan harapan manusia untuk selamat "ADA".

Itulah pengharapan.

Demikian yang saya pahami tentang pengharapan.
JANGAN PERNAH MENYERAH, SAHABATKU
TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, ASAL TAHU CARANYA
November 09, 2010, 05:49:27 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4810
    • fossil coral cantik
Ketika kita membeli tiket untuk ke Timbuktu, kita bisa menelpon Donald Bebek (kebetulan Donald Bebeknya lagi melarikan diri dari Paman Gober) untuk menjemput jam sekian, karena kita telah yakin akan ada di Timbuktu pada saat itu walaupun itu belum terjadi.

wew... penggemar donal juga ya ? ..:)

ya...itulah pengharapan... yaitu pada sesuatu yg belum terjadi.

Quote
Dan Pengharapan dalam Kristen adalah bahwa "JANGAN PERNAH PUTUS ASA", karena dalam Tuhan, semua keadaan akan baik2 saja.

Cloud, apakah yg saya bold itu... lebih ke kehidupan manusia di dunia ini ?
badai hidup, kemalangan, kematian, bencana dsb.

Quote
Dengan hitung2an manusia, tidak akan ada yang selamat. Tapi dengan Tuhan harapan manusia untuk selamat "ADA".

ya...saya juga percaya harapan itu ADA...,
dan menurut saya ... utk mencapai harapan tsb perlu suatu aksi.

misal kita berharap : Tuhan, semoga saya lulus ujian.
dengan iman sangat besar teruuus aja kita berharap-harap demikian...
(lupa makan - lupa tidur - dan juga lupa belajar ... :))
tentu pengharapan ini tidak akan tercapai kan ?

seorang yg sudah sangat pinter-pun...apabila bijaksana (tdk sombong),
dia akan tetap belajar dengan giat dan tekun sblm ujian.
Saat menghadapi ujian... terbersit sudah harapan bahwa dia akan lulus ujian.
TETAPI tetap .... dia tidak pernah tau akan lulus/tidaknya dia...
namun harapan orang ini tidaklah akan sia sia.

beda dengan

seorang yg sudah dpt bocoran soal ujian...,dgn tekun mempelajari bocoran ini,
maka dia YAKIN/mempunyai harapan 100% dia pasti selamat lulus ujian....
dan menurut saya - harapan ini adalah harapan pepesan kosong ....:)

bagaimana menurut Cloud ?

Quote
Itulah pengharapan.
Demikian yang saya pahami tentang pengharapan.

makasi Cloud atas masukannya.
November 09, 2010, 06:44:31 PM
Reply #5
  • Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2508
  • Gender: Male
  • Don't worry, be happy....
Ketika kita membeli tiket untuk ke Timbuktu, kita bisa menelpon Donald Bebek (kebetulan Donald Bebeknya lagi melarikan diri dari Paman Gober) untuk menjemput jam sekian, karena kita telah yakin akan ada di Timbuktu pada saat itu walaupun itu belum terjadi.

wew... penggemar donal juga ya ? ..:)

ya...itulah pengharapan... yaitu pada sesuatu yg belum terjadi.


Hehehe...kebetulan suka baca Donald Bebek...lucu dan menggemaskan tingkah lakunya..  :D


Quote
Dan Pengharapan dalam Kristen adalah bahwa "JANGAN PERNAH PUTUS ASA", karena dalam Tuhan, semua keadaan akan baik2 saja.

Cloud, apakah yg saya bold itu... lebih ke kehidupan manusia di dunia ini ?
badai hidup, kemalangan, kematian, bencana dsb.


Yup...didunia ini, karena kita manusia sedang dalam dunia sekarang ini.


Quote
Dengan hitung2an manusia, tidak akan ada yang selamat. Tapi dengan Tuhan harapan manusia untuk selamat "ADA".

ya...saya juga percaya harapan itu ADA...,
dan menurut saya ... utk mencapai harapan tsb perlu suatu aksi.

misal kita berharap : Tuhan, semoga saya lulus ujian.
dengan iman sangat besar teruuus aja kita berharap-harap demikian...
(lupa makan - lupa tidur - dan juga lupa belajar ... :))
tentu pengharapan ini tidak akan tercapai kan ?

seorang yg sudah sangat pinter-pun...apabila bijaksana (tdk sombong),
dia akan tetap belajar dengan giat dan tekun sblm ujian.
Saat menghadapi ujian... terbersit sudah harapan bahwa dia akan lulus ujian.
TETAPI tetap .... dia tidak pernah tau akan lulus/tidaknya dia...
namun harapan orang ini tidaklah akan sia sia.

beda dengan

seorang yg sudah dpt bocoran soal ujian...,dgn tekun mempelajari bocoran ini,
maka dia YAKIN/mempunyai harapan 100% dia pasti selamat lulus ujian....
dan menurut saya - harapan ini adalah harapan pepesan kosong ....:)

bagaimana menurut Cloud ?


Betul...walaupun kita punya pengharapan untuk lulus ujian kalau kita tidak pernah mengikuti ujian itu, ya sama saja boong...jadi harus ada tindakan kita juga.

Walaupun sudah dapat bocoran jawaban, kalau pada saat ujian dia tidak mengerjakan soal yang diberikan...ya tetap sia2 juga...  :D

Udah beli tiket ke Timbuktu, pesawat sudah siap, tapi kalau kita tidak beranjak dari rumah, ya...tetap tidak akan nyampe ke Timbuktu.

Quote
Itulah pengharapan.
Demikian yang saya pahami tentang pengharapan.

makasi Cloud atas masukannya.

Terima kasih juga bro.
JANGAN PERNAH MENYERAH, SAHABATKU
TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, ASAL TAHU CARANYA
November 09, 2010, 07:05:56 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7907
  • Gender: Male
  • Saya ingin belajar... ^_^
jika dikaitkan dengan alkitab
pengharapan supaya selamat

Supaya selamat ini dibutuhkan Iman dan perbuatan(doa, berpuasa,dsb yang baik)

salam :)

@liberty,

jadi sbagai contoh, kira2 begini ya :

sang cowo cintaaaaa banget ama si cewe, bukan dibuat2 oleh si cowo,
luapan cintanya si cowo ini terujud dgn berusaha utk tidak nyakitin si cewe,
mata gak jelalatan, berusaha nyenengin si cewe dgn perhatian,
beliin apa yg menjadi kesenangan si cewe - dsb dsb dsb.

Hal2 ini dia lakukan,
dengan pengharapan bahwa si cewe akan tidak sakit hati, tambah sayang, dsb,
dan akhirnya bisa sampai ke jenjang pernikahan...:)

si cewe ini - yg juga cintaaaa banget ama si cowo,
tentu tidak "menilai" perbuatan2 si cowo yg kasat mata terlihat baik,
tetapi tentu ada "insting" tersendiri bahwa perbuatan2 cowonya tsb
adalah tulus - tidak dibuatbuat - dan krn besar cinta cowo ke dirinya.

begitukah kira2 pengharapan si cowo = pengharapan umat Kristen ?
(dimana si cewe adalah Tuhan dan perkawinan = hidup dg Allah stlh mati)

kalo ya demikian.... ya saya rasa emang masuk akal ... :)

makasi liberty atas masukannya.

salam.
 
bro odading

sekedar masukkan
Kis. 17:29   Karena kita berasal dari keturunan Allah, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia.

Tuhan dalam Tindakan/ PikiranNya... lebih daripada yang kita bayangkan dan pikirkan (ada tuch lagunya :D )

salam
Roma
1:20   Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
November 09, 2010, 08:01:50 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4810
    • fossil coral cantik
sekedar masukkan
Kis. 17:29   Karena kita berasal dari keturunan Allah, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia.

iya...iya.... saya minta maap - kalo saya diatas ngibaratin peran si cewe = Tuhan.. :love0030:

bukan maksud sih dgn me-"manusiakan" Tuhan sbg itu cewe, maksud saya sebenernya bhw :
Tuhan itu tidak mementingkan bentuk harafiah sebuah perbuatan baik, tetapi ke ketulusan hati yg berbuat, agar sesuai dgn respond liberty ... bhw :
"pengharapan umat Kristen adl keselamatan dan supaya selamat dibutuhkan iman dan perbuatan".

jadi saya berpikir, tentu perbuatan tsb bukanlah sekedar perbuatan yg kasat mata,
yang oleh manusia sendiripun - mudah menilai secara "kulit luar" disaat seseorang berbuat baik.
Tapi Tuhan tidak menilai seperti itu, melainkan ketulusan dr perbuatan baik tsb.

cuma ya... apa boleh buat, kalo memang dilarang utk berpikir demikian ... :)

Quote
Tuhan dalam Tindakan/ PikiranNya... lebih daripada yang kita bayangkan dan pikirkan (ada tuch lagunya :D )

yg di bold, maksudnya - ada juga orang yg membayangkan dan memikirkan TUhan ?'

sebenernya sih, saya udah nyadar - bhw kita, manusia gak akan bisa menjangkau ttg cara kerja Allah...
cuma gak nyadar/gak tau, bhw di Alkitab memang ada larangan / tidak diperbolehkan
me-nalarkan kira2 seperti apa - yang Tuhan Allah kehendaki pada ciptaanNYA ... :)

makasi liberty atas nasehatnya....

salam.
« Last Edit: November 09, 2010, 08:16:53 PM by odading »
November 16, 2010, 08:09:39 PM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 3795
  • Gender: Male
pengharapan itu adalah bagaimana dimensi supranatural itu menjadi sesuatu yang natural...

:)
November 20, 2010, 09:41:18 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4810
    • fossil coral cantik
pengharapan itu adalah bagaimana dimensi supranatural itu menjadi sesuatu yang natural...

:)

@tony,

makasi atas masukannya.

saya terus terang "gak nyampe" apa dari makna yg tony maksud dlm penjabarannya  di kehidupan...:)

saya ngerti "pengharapan" dlm dimensi supranatural
adalah sesuatu yg bersangkutan dgn tidak kasat mata
dan erat hubungannya dgn iman kepercayaan.

sdgkan dalam dimensi naturalnya, adl pengharapan
yg pada umumnya kejadian pd khdpn kita di dunia ini.

lepas dari ttg pengharapan stlh kematian - yaitu akan masuk surga,
dlm kehidupan sehari2 - saya mrasa ada pengharapan pada Tuhan.

buat saya - yg namanya harapan (pengharapan) itu adl sesuatu
yg saya tidak akan pernah bisa tau apakah akan pasti terkabul/terjadi ato tidak....,

dan diatas segalanya itu...terkabul/terjadi ato tidak -
sepertinya tidak menjadi masalah besar ..:)

namun, bgmanakah caranya saya menjabarkan -
pengharapan tsb menjadi sesuatu yg natural ?

makasi tony.
salam.


 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)