Author Topic: Nama-nama Malaikat Bala Tentara Kerajaan ALLAH  (Read 30418 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

December 13, 2010, 03:00:12 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 41
  • Gender: Male
Archangel adalah malaikat tertinggi. Kedudukannya lebih tinggi di antara para malaikat yang lainnya. Archangel dapat ditemukan melalui sumber dari beberapa religi, antara lain Kristen, Yahudi, Islam, Yudaisme, Zoroastrianisme, dan Wecca. Saking banyaknya sumber, ada yang menganggap beberapa Archangel berasal dari sumber apokrif (kebenarannya diragukan). Meskipun demikian, nama-nama Archangel tercatat lintas tradisi. Dalam bahasa Yunani, Archangel ditulis αρχάγγελος yang berarti Archangelos.
1.   Michael
Michael (Mikhael) adalah archangel pemimpin pasukan perang. Michael juga disebut sebagai pembela Israel. Nama Michael sendiri berarti "Siapakah yang seperti Tuhan?", yang secara tersirat berarti "Tidak ada seorang pun yang seperti Tuhan".
Dalam Alkitab, Michael ditemukan dalam kitab Daniel (10:13, 21) yang diberitakan sebagai pemimpin, dalam kitab Yosua (5:13-15) yang diberitakan sebagai panglima bala tentara Tuhan. Tidak hanya muncul sebagai malaikat pemimpin peperangan, beberapa ahli mengatakan bahwa Michael juga muncul dalam kitab Kejadian (3:24) sebagai penjaga jalan ke pohon kehidupan. Dalam kitab Bilangan (22:22), Michael juga diduga sebagai malaikat yang melawan Bileam. Selain itu, dalam kitab II Raja-raja 19:35, Michael menyerang bangsa Sanherib. Dalam perjanjian baru, Michael juga disebut sebagai penghulu malaikat dalam kitab Yudas (1:9), serta dalam kitab Wahyu (12:7) Michael dikisahkan akan melawan naga.

Secara umum, menurut tradisi orang Kristen dan Katolik , tampak bahwa Michael merupakan malaikat terbesar. Bahkan juga diceritakan sebagai musuh besar setan. Sebelum jatuh ke bumi, Lucifer pernah dikalahkan oleh Michael.

Dalam Al-Qur'an, Michael disebut dalam kitab Sura (2:98; 11:69) sebagai malaikat yang baik dan pembawa damai. Selain dari religi yang telah disebutkan, Jemaat Adven Ketujuh dan Saksi Yehovah menganggap bahwa Michael ini yang diturunkan ke bumi dan berinkarnasi menjadi Yesus (Firman Allah yang hidup).

2.   Gabriel
Gabriel adalah salah satu dari archangel yang bertugas menyampaikan pesan dari  Tuhan. Nama Gabriel sendiri berarti "Tuhan adalah kekuatanku / pahlawanku".
            Dalam kitab Lukas (1:10-37), Gabriel membawa kabar sukacita dari Tuhan. Pertama kali, dia memberitahukan kelahiran sang Perintis Jalan Keselamatan : Yohanes Pembaptis kepada kedua orangtuanya. Secara mujizat, Yohanes Pembaptis akhirnya dikandung oleh Elizabeth dalam usia yang sudah lanjut. Selanjutnya, dia memberitahukan kelahiran sang Juruselamat yang dinanti-nantikan: Yesus Kristus kepada Maria. Kemudian kepada Yusuf, diberitahukan bahwa ia harus menjadi suami dari Maria. Secara mujizat, tanpa mengenal seorang pria Maria mengandung bayi Yesus. Peristiwa inkarnasi yang tidak pernah ada sebelum dan setelahnya.

Menurut agama Islam, malaikat Gabriel (atau lebih dikenal sebagai Jibril) adalah malaikat yang menurunkan Al-Qur'an kepada nabi Muhammad. Selain itu, Gabriel juga diyakini sebagai malaikat yang turun pada saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan, yang diyakini sebagai malam awal turunnya Al-Qur'an.
Dalam budaya (percakapan) Inggris, Gabriel juga sering disebut sebagai malaikat yang akan meniupkan sangkakala hari akhir. Walaupun demikian, literatur mengenai hal ini diragukan

3.   Raphael
Raphael ada archangel yang melakukan penyembuhan terhadap segala jenis penyakit. Arti nama Raphael adalah "Tuhan yang menyembuhkan."
Raphael ditemukan dalam kitab Tobit (12) bagian Deuterokanonika. Di dunia, Raphael turun sebagai manusia menemani Tobias muda. Setelah bersama menyembuhkan orang buta di Tobit, maka Raphael (yang tadinya mengaku sebagai Azarias bin Ananias) mengaku kalau dirinya adalah archangel.

Dalam keyakinan Kristen, Raphael tidak disebutkan (karena tidak memuat Deuterokanonika). Akan tetapi ada yang beranggapan bahwa Raphael adalah malaikat yang turun saat terjadi goncangan air di kolam Bethesda (Yohanes 5:1-4). Bagi orang sakit yang masuk pertama kali setelah goncangan itu, orang itu akan sembuh. Malaikat yang bertugas menyembuhkan tidak lain adalah Raphael.
Menurut keyakinan Islam, Raphael (lebih dikenal sebagai Israfil) adalah malaikat yang nanti akan meniupkan sangkakala akhir zaman. Berbeda dengan keyakinan Kristen dan Katolik.

4.   Uriel
Uriel adalah archangel pertobatan. Namanya sendiri berarti "Terang (Api) Tuhan". Uriel merupakan salah satu malaikat kerub yang turut menjaga jalan di taman Eden. Uriel digambarkan sebagai malaikat dengan pedang api.
Meskipun nama Uriel tidak disebut dalam Alkitab, Uriel juga disebut-sebut sebagai malaikat yang turun saat tulah ke-10 di Mesir berlangsung. Uriel memeriksa setiap rumah yang maupun tidak dilumuri oleh darah anak domba. Uriel juga dikabarkan sebagai malaikat yang menyelamatkan Yohanes Pembaptis dari pembantaian bayi-bayi yang dilakukan oleh raja Herodes.
Dalam kitab Henokh (apokrif), Uriel juga diceritakan sebagai malaikat keempat dari tujuh malaikat pengawas (penjaga). Selain itu, Uriel juga diceritakan sebagai malaikat yang memberi kabar kepada nabi Nuh tentang banjir besar yang akan melanda seluruh bumi.


5.   Phanuel
Phanuel adalah archangel pengusir setan. Arti dari Phanuel sendiri adalah "Wajah Tuhan". Dikenal juga sebagai Orfiel, Paniel.
Ada beberapa sumber yang mengartikan Phanuel dan Uriel adalah malaikat yang sama, namun Henokh menggambarkan bahwa dua malaikat ini adalah berbeda. Dalam kitab Henokh, Phanuel bertugas untuk menjaga orang-orang yang sudah menerima keselamatan dari Yesus Kristus. Musuh Phanuel adalah para antikristus. Pada pertempuran Armageddon (pertempuran akhir zaman), Phanuel-lah yang akan menyerahkan iblis kepada Yesus untuk dikalahkan.
Dengan menggabungkan berbagai sumber, mungkin Phanuel-lah malaikat yang mengatakan dalam kitab Wahyu (11:15), "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

6.   Zarachiel
Zarachiel (Suriel, Metatron) adalah archangel yang juga mendatangkan kesembuhan seperti Raphael, tetapi juga malaikat baik pengambil nyawa. Sebagai pengambil nyawa, Zarachiel juga dikenal sebagai Izrail (terjemahan anglo, Arazyal/Araziel) dalam agama Islam.
Menurut beberapa sumber apokrif, Zarachiel adalah malaikat yang memberikan pengetahuan kepada Musa serta yang mengangkat jiwa Musa. Zarachiel juga diutus oleh Tuhan untuk memberitahukan arti mimpi Yakub tentang tangga.

7.   Selaphiel
  Selaphiel atau Salathiel merupakan archangel simbol rendah hati dan sikap doa. Selaphiel sendiri berarti "Doa Tuhan". Dalam tradisi Ortodox, orang-orang sering berdoa dalam nama-Nya pada saat mengalami gangguan maupun cobaan. Selaphiel diceritakan dalam kitab II Esdras.


8.   Barachiel
Barachiel adalah archangel yang memberikan berkat. Barachiel berarti "Berkat Tuhan". Dia digambarkan sebagai seorang malaikat yang membawa mawar. Barachiel juga disebut sebagai pemimpin dari seluruh malaikat pelindung. Tidak harus melalui malaikat pelindung, Barachiel tetap memberikan berkatnya dengan atau tanpa melalui malaikat pelindung tersebut.

9.   Lucifel
Dari sekian banyak archangel, Lucifel / Lucifer adalah malaikat yang dijatuhkan ke bumi karena memberontak kepada Tuhan. Padahal Lucifer sendiri berarti "Pembawa Terang".
Dalam Perjanjian Lama, Lucifer sempat disebut sebagai Bintang Timur atau Putera Fajar (Yesaya 14:12, Yehezkiel 28:14,17) yang sudah jatuh ke bumi. Dalam Perjanjian Baru, Lucifer dikenal sebagai setan, sang penulis kejahatan. Berbagai macam penipuan, kerasukan, penuduhan dan kejahatan bersumber dari setan. Dikenal juga dalam wujud naga atau ular besar, Beelzebub, serta penggoda Yesus (Matius 4). Semuanya tampak dalam beberapa kitab dalam Perjanjian Baru (dari Injil Matius hingga Wahyu).

Konon, Lucifer adalah penguasa alat musik surgawi. Karena ketenarannya, dia ingin memiliki ketuhanan. Ketenarannya membawa serta pengikutnya untuk memberontak kepada Tuhan. Akhirnya peperangan di surga terjadi dan menyebabkan dia dibuang ke bumi bersama pengikutnya oleh Michael.
Menurut Al-Qur'an, pemberontakan yang ia lakukan juga karena tidak menuruti perintah Tuhan untuk tunduk kepada manusia. Menurutnya, ia yang terbuat dari api tidak layak untuk bersujud kepada manusia yang terbuat dari debu dan tanah.

Selanjutnya, Lucifer dikenal sebagai setan yang berwujud ular, ataupun berbentuk seperti Baphomet. Dia dipuja-puja oleh kaum okultis atau penyembah setan. Di masa yang akan datang, Lucifer dan bala tentara inilah yang akan kembali berperang dengan bala tentara surga. Setelah itu, setan akan dimusnahkan.

Archangel yang lain:
10.   Simiel "Proklamator Tuhan"
11.   Jeremiel "Tuhan yang ditinggikan"
12.   Jegudiel "Tuhan yang memenangkan" (ada yang menyebutnya sebagai Gabriel)
December 14, 2010, 01:59:06 AM
Reply #1
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 54
December 14, 2010, 02:27:48 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
December 15, 2010, 08:05:01 PM
Reply #3
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 41
  • Gender: Male
thanks all brother and sist,,,,,, GOD bless you
August 12, 2011, 11:59:59 AM
Reply #4
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
archangel,,, :angel:
the salvation army, except lucifer......!!!
i wanna be salvation army..
July 06, 2012, 07:43:12 AM
Reply #5
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: protestan
July 06, 2012, 09:59:20 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2497
  • Gender: Male
kok bagian The Watcher ga kemasukin........... ^^ dari kitab henoc......... azazel misalnya............ heheheh........
"Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
September 08, 2013, 07:08:44 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3741
  • Gender: Female
  • Jesus luv Poppy so much ('-'*) - Wisdom
  • Denominasi: Kristen Kharismatik
Archangel adalah malaikat tertinggi. Kedudukannya lebih tinggi di antara para malaikat yang lainnya. Archangel dapat ditemukan melalui sumber dari beberapa religi, antara lain Kristen, Yahudi, Islam, Yudaisme, Zoroastrianisme, dan Wecca. Saking banyaknya sumber, ada yang menganggap beberapa Archangel berasal dari sumber apokrif (kebenarannya diragukan). Meskipun demikian, nama-nama Archangel tercatat lintas tradisi. Dalam bahasa Yunani, Archangel ditulis αρχάγγελος yang berarti Archangelos.
1.   Michael
Michael (Mikhael) adalah archangel pemimpin pasukan perang. Michael juga disebut sebagai pembela Israel. Nama Michael sendiri berarti "Siapakah yang seperti Tuhan?", yang secara tersirat berarti "Tidak ada seorang pun yang seperti Tuhan".
Dalam Alkitab, Michael ditemukan dalam kitab Daniel (10:13, 21) yang diberitakan sebagai pemimpin, dalam kitab Yosua (5:13-15) yang diberitakan sebagai panglima bala tentara Tuhan. Tidak hanya muncul sebagai malaikat pemimpin peperangan, beberapa ahli mengatakan bahwa Michael juga muncul dalam kitab Kejadian (3:24) sebagai penjaga jalan ke pohon kehidupan. Dalam kitab Bilangan (22:22), Michael juga diduga sebagai malaikat yang melawan Bileam. Selain itu, dalam kitab II Raja-raja 19:35, Michael menyerang bangsa Sanherib. Dalam perjanjian baru, Michael juga disebut sebagai penghulu malaikat dalam kitab Yudas (1:9), serta dalam kitab Wahyu (12:7) Michael dikisahkan akan melawan naga.

Secara umum, menurut tradisi orang Kristen dan Katolik , tampak bahwa Michael merupakan malaikat terbesar. Bahkan juga diceritakan sebagai musuh besar setan. Sebelum jatuh ke bumi, Lucifer pernah dikalahkan oleh Michael.


Dari semua malaikat, saya paling terkesan dengan kepahlawanan Archangel Michael, malaikat perang yang kuat gagah perkasa milik Tuhan dari surga. Dalam melancarkan misi kerajaan surga di bumi ini, peranan malaikat Tuhan diperlukan untuk pertempuran di udara ketika anak2 Tuhan di bumi berdoa mengangkat panji2NYA. Semakin tajam doa kita, maka setiap area2 jahat di sekitar kita melemah kekuatannya bahkan hancur maka kita akan melihat break through dan pemulihan terjadi di berbagai aspeknya. Thanks Lord Jesus. Semua bermula dari alam roh dulu baru menuju ke alam nyata, dan pertempuran di alam roh dikerjakan oleh malaikat2NYA lewat doa2 yang kita panjatkan maka hasilnya dapat kita saksikan di alam fisik. So masukkan segala hal2 yang berharga dan bernilai kekal di pikiran kita dan tancapkan di hati, karna percayalah kita sendiri yang akan menuai dan menyaksikan kebesaran Tuhan dalam hidup kita. Dalam hal ini hanya nama Tuhan Yesus yang layak ditinggikan dan dimuliakan. Amin :angel:
Give thanks and Perfect



September 13, 2013, 09:58:05 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 774
Teringat sama kata-kata Franky Sihombing pas konser rayakan 6, bahwa malaikat utama Tuhan itu secara garis besar terdiri dari tiga, yg bisa disebut WWW alias War, Waiter, Worship. War dipimipin michael, Waiter dipimpin gabriel dan Worship yg tadinya dipegang oleh lucifiel sekarang jadi milik kita alias israel. hehehe. Haleluya
September 14, 2013, 08:34:27 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3741
  • Gender: Female
  • Jesus luv Poppy so much ('-'*) - Wisdom
  • Denominasi: Kristen Kharismatik
Bagaimanapun malaikat disediakan Tuhan untuk melayanin manusia sesuai dg rencana Allah yang mulia di dalam hidup manusia yang percaya, itu salah satu fungsi malaikat surga. Malaikat Tuhan memang ciptaan Tuhan yang mulia, tapi lebih mulia lagi manusia karna kita diciptakan segambar dan serupa dg Allah, manusia di setting untuk meneladani penciptanya yaitu Kristus :)

Jadi hanya Tuhan Yesus yang layak ditinggikan dipuji dan disanjung :)
Give thanks and Perfect



 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)