Author Topic: PENDETA PALING BERPENGARUH DI INDONESIA  (Read 28799 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 25, 2011, 04:39:43 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 35
mENURUT ANDA SIAPA SIH PENDETA YANG PALING BERPENGARUH DI INDONESIA???
Jawabannya harus subyektif yah!!!!

Kl mau referensi boleh kunjungi blog saya

Disitu ada:
1. Daftar Gereja Terbesar di Dunia dan Indonesia
2. Daftar Pendeta Terbesar di Dunia dan Indoensia
http://www.garrytengker.co.cc/search/label/Daftar%20Pendeta%20Terbesar%20Dunia%20dan%20Indonesia
3. Daftar Ilmuwan Kristen Ternama
dll…

NB:posting diedit bagi yang mau daftar bisa langsung klik link yang sudah diberikan TS
« Last Edit: January 28, 2011, 09:34:19 AM by chrisma »
January 26, 2011, 08:44:37 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4847
  • Denominasi: Protestan

kalo membaca buku Andar Ismail, Seri Selamat, pada serinya Selamat Melayani, ada renungan yang begitu indah tentang kenangan sang penulis (pendeta emeritus dari Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang pernah melayani GKI Samanhudi di Pasar Baru Jakarta) tentang seorang rekan pendetanya yang telah tiada.

kenangannya sederhana dan kecil, tetapi disitu ada inti dari pelayanan seorang pendeta. dan membacanya membuat saya terharu, karena teringat pelayanan ayah saya (almarhum) yang juga sederhana mirip yang digambarkan oleh pendeta Andar Ismail.

kenangannya tentang pendeta GKI yang benar2 tidak menonjol, sederhana, melayani gereja kecil, tanpa pernah menjadi hebat, terkenal dan wah, tetapi ia melakukan tugasnya memberitakan firman dan melayani jemaat kecilnya dengan penuh kesetiaan, tanpa protes, tanpa mengeluh, dan tetap semangat, dan keluarganya mendampingi dengan setia.

dan tulisan di bagian buku itu saya tahu didedikasikan oleh sang penulis sebagai hormat akan pribadi, pekerjaan dan kesetiaan seorang pendeta sederhana ini, yaitu kawannya sendiri.

saya kira pandangan kecil ini akan terus mengingatkan kita untuk sebuah esensi dari seorang pelayan Kristus sejati.

ditengah-2 euforia gemerlap menyilaukan yang ditawarkan dunia, tetap ada orang yang menggengam dan mengambil rupa teladan Yesus Kristus dan para Rasul, yang melakukannya dengan sederhana, dengan keringat dan darah mereka, namun yang sungguh nyata dengan Kuasa Allah, dan yang membekas di dalam jiwa pendengar mereka secara turun temurun, dikenang dan dihormati.

bukan karena kegagahan, tetapi karena kesetiaan, kesederhanaan, kebenaran dan kuasa Allah.

mata mereka tidak pernah berpaling untuk tertarik kepada gemerlap dunia yang sudah dan untuk pertama sekali telah ditolak oleh Tuhan mereka, Allah mereka, Guru mereka ketika dalam 40 hari pencobaan Ia bertahan dan menang
   :)

 
Kuduskanlah Kristus dalam hatimu sebagai TUHAN
January 26, 2011, 11:15:41 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5328
  • Gender: Male
Semua sama
Yang besar punya ladang sendiri
Yang kecil pun punya ladang sendiri
dan percayalah yang satu membutuhkan yang lain karena itulah fungsi satu tubuh
Tuhan Yesus memberkati
January 26, 2011, 11:30:19 AM
Reply #3
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 35
Sebenarnya kata "besar" yang saya maksud dilihat dari skup Pengaruh yang dihasilkan...
Jauh sekali dari niatan untuk menonjolkan dan menghebatkan seseorang pribadi...
Sebenarnya sama seperti seorang guru... Semua guru pasti memiliki jasa, tapi pasti ada beberapa guru atau pengajar yang memiliki pengaruh besar dalam dunia pendidikan....

Jadi, saya sangat setuju bahwa "BESAR" ataupun "KECIL" bukan masalah... Tapi mohon lihat bahwa tulisan saya didasarkan atas pengaruh dan dampak yang dihasilkan....

Contoh: Ketika seorang Pendeta melakukan khotbah di TV, maka dia akan membawa dampak lebih besar dibanding khotbah di mimbar. Tapi sekali lagi apa yang mereka kerjakan sama di hadapan Tuhan...
January 31, 2011, 11:04:13 AM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 287
  • Gender: Male
  • GO GO Soldier of Christ
kalau gw sebenernya bingung sama istilah Pendeta Besar dan Pendeta Kecil,..
apa karena di liat dari jumlah jemaat nya dan gedung gereja nya ya??
mau besar ato kecil sama aja kayanya...

kalau di liat dari pengaruh nya... pendeta yang yang khotbah di tv memang akan banyak di tonton oleh jutaan manusia.. tapi mungkin tidak semua atau bahkan tidak setengahnya ter influence oleh khotbah tersebut.

pendeta yang khotbah di mimbar... mungkin sedikit yang ter influence karena memang orangnya tidak banyak..

nah kalau udah gini, ada baiknya itung2an pake statistik....

pendeta khotbah tv, berapa juta yang nonton dan berapa orang yang ter influence
Pendeta khotbah mimbar, berapa orang yang hadir dan berapa orang yang terinfluence

dari situ bisa diliat manayang lebih efektif atau mana yang lebih berpengaruh.. :)


GOD'S ARMY
January 31, 2011, 01:37:08 PM
Reply #5
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 35
Betul bgt... Sebenarnya masalahnya adalah Influence yang bisa dihasilkan.

Sebenarnya kalau masalah sebutan pendeta besar dan pendeta kecil ga perlu dipermasalahkan... Karena sebenarnya dalam PL, para theolog juga mengklasifikasikan antara Nabi Besar dan Nabi Kecil... Dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan kehebatan Nabi tersebut, tapi hanya berdasarkan urutan kitab...

Yah kalau berdasarkan statistik memang agak susah ditemukan. Tp perhitungan saya adalah perhitungan sederhana. Kalau pendengarnya 10.000 orang (via TV dan radio) maka biasanya yang terinfluence banyak (walau saya setuju itu bukan menjadi patokan)...

Tapi influence yang lain bukan hanya dari sisi khotbah kok... Contoh Romo Mangun yang saya lihat pengaruhnya terhadap Penduduk sekitar kali Codet, dan juga Franz magnis yang berpengaruh dalam bidang Filsafat, Budaya dan Sosiologi....

Memang pasti wacana ini akan menimbulkan perdebatan, tapi sekali lagi saya tidak ada maksud untuk bilang bahwa inilah daftar pendeta hebat, tapi justru sebenarnya pola yang mereka lakukan bisa saja kita contoh...

Saya sebagai seorang Pendeta pun mencontoh pola yang mereka lakukan (pola, bukan doktrin atau gaya khotbah) walaupun banyak dari mereka yang pasti tidak sepaham dengan saya....

Saran saya, jangan kita alergi dengan kata "pendeta besar" atau "pendeta kecil"... Ini hanyalah daftar SEDERHANA...
January 31, 2011, 02:08:28 PM
Reply #6
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
Mat 23:8  Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. 9  Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. 10  Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. 11  Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. 12  Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Menjadi seorang Kristen, semakin biasa semakin baik, dalam arti tidak menonjol dan tidak berusaha menonjolkan kerohanian kita. Kita semua adalah saudara, tidak lebih. Gbu
I can say I am witness..
March 07, 2011, 11:49:36 AM
Reply #7
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 35
Mat 23:8  Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. 9  Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. 10  Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. 11  Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. 12  Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Menjadi seorang Kristen, semakin biasa semakin baik, dalam arti tidak menonjol dan tidak berusaha menonjolkan kerohanian kita. Kita semua adalah saudara, tidak lebih. Gbu

Waduh, saya belum dapat tuh point dari penjelasan diatas, maksud dan hubungannya dengan tulisan saya apa ya???
March 07, 2011, 11:51:05 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5328
  • Gender: Male
Mat 23:8  Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. 9  Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. 10  Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. 11  Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. 12  Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Menjadi seorang Kristen, semakin biasa semakin baik, dalam arti tidak menonjol dan tidak berusaha menonjolkan kerohanian kita. Kita semua adalah saudara, tidak lebih. Gbu

Waduh, saya belum dapat tuh point dari penjelasan diatas, maksud dan hubungannya dengan tulisan saya apa ya???
saya juga bertanya demikian?
March 15, 2011, 12:10:52 AM
Reply #9
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
saya bingung kalo ditanya begini
tapi menurut saya yang paling berpengaruh itu Tuhan Yesus, sebab semua pendeta ketika sedang melayani pasti disertai Tuhan :)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)