Author Topic: kejahatan pendeta apa yang membuatmu pindah gereja?  (Read 287 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 03, 2020, 08:50:13 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 517
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
semoga thread ini diijinkan
saya bertemu dengan seseorang (A) mantan jemaat gereja yang pendetanya kena kasus pelecehan di Surabaya. dia sudah pindah gereja karena kasus yang menimpa pendetanya dulu tidak bisa diterima. saya kemudian tanya
gusgus (G : "kalau pendeta di gerejamu korupsi uang gereja, apakah kamu akan pindah gereja?"
A : "pasti. itukan uang Tuhan"
G : "kalau KDRT?"
A : "kemungkinan besar pindah, tapi dilihat dulu kasusnya"
G : "kalau misal berbohong di laporan pajak. misal pendapatannya 5 juta, tapi dilaporkan 3 juta. dan diperiksa kantor pajak?"
A : "ya sepertinya tidak masalah. asal kekurangan pajaknya dilunasi"

saya jadi penasaran, kira2 kejahatan dan hal negatif (diluar pengajaran) yang dilakukan pendeta yang membuatmu pindah gereja? dan kejahatan dan hal2 negatif apa yang dilakukan pendeta yang masih bisa kamu terima dan tetap berjemaat di gerejamu?
March 03, 2020, 03:22:30 PM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 175
  • Gender: Male
    • Inspirasi Rohani
\Sebenarnya kalau gereja itu memiliki Sinode dengan pimpinan yang bijaksana, maka disiplin gereja pasti akan diterapkan. Jadi jemaat atau umat tak perlu pindah gereja.

Kalau sampai nggak didisiplin, maka jemaat akan berpikir, lah pendeta aja bisa seenaknya buat dosa.

Saya akan pindah kalau ajarannya tentang doktrin2 secara mendasar itu sudah melenceng. Kalau kejahatan, ya mirip dengan kejadian dulu ada pendeta muda di Surabaya yang melakukan pembunuhan ke pacarnya. Ini bisa jadi contoh. Kalau begini, saya pindah.
March 03, 2020, 10:09:10 PM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 122
  • Denominasi: Interdenominasi
semoga thread ini diijinkan
saya bertemu dengan seseorang (A) mantan jemaat gereja yang pendetanya kena kasus pelecehan di Surabaya. dia sudah pindah gereja karena kasus yang menimpa pendetanya dulu tidak bisa diterima. saya kemudian tanya
gusgus (G : "kalau pendeta di gerejamu korupsi uang gereja, apakah kamu akan pindah gereja?"
A : "pasti. itukan uang Tuhan"
G : "kalau KDRT?"
A : "kemungkinan besar pindah, tapi dilihat dulu kasusnya"
G : "kalau misal berbohong di laporan pajak. misal pendapatannya 5 juta, tapi dilaporkan 3 juta. dan diperiksa kantor pajak?"
A : "ya sepertinya tidak masalah. asal kekurangan pajaknya dilunasi"

saya jadi penasaran, kira2 kejahatan dan hal negatif (diluar pengajaran) yang dilakukan pendeta yang membuatmu pindah gereja? dan kejahatan dan hal2 negatif apa yang dilakukan pendeta yang masih bisa kamu terima dan tetap berjemaat di gerejamu?

Pendeta yang berbuat jahat, kok yang pindah jemaat nya? LOL

Kapan ya jemaat bisa pindahkan pendetanya yang berbuat jahat? Kok mau gitu pindah-pindah jemaatnya, mending pindahin pendetanya lah daripada jemaatnya yang pindah. LOL

Jadi gereja itu kepunyaan si pendeta atau kepunyaan para jemaatnya atau kepunyaan Tuhan?
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
March 06, 2020, 06:23:53 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 675
Pendeta yang berbuat jahat, kok yang pindah jemaat nya? LOL

Kapan ya jemaat bisa pindahkan pendetanya yang berbuat jahat? Kok mau gitu pindah-pindah jemaatnya, mending pindahin pendetanya lah daripada jemaatnya yang pindah. LOL

Jadi gereja itu kepunyaan si pendeta atau kepunyaan para jemaatnya atau kepunyaan Tuhan?

biasanya sulit sih kalo yang berbuat jahat yang kepalanya sendiri dan udah termasuk yang punya gereja walau diprotes protes tidak pindah pindah soalnya kayaknya yayasan itu banyak yang pegang keluarga sendiri.pangkat jabatanya biasanya tertinggi dan pengawas atau gembala kepala kadang itu bapak ibu anak mantu mertua saudara atau sejenisnya.kalo pendeta luar mungkin lebih gampang dibuangnya kalo diprotes-protes.dan yang bisa ngomong di mimbar adalah orang-orang pilihan dari gembala biasanya jadi yang tergantung kepala saja atau sejenis pemegang saham tertinggi di gereja sepertinya begitu. paling-paling ada yamg ngomong masalah 2-5tahun udah gak ada suaranya lagi kalo pembicara yang ditunjuk kan bisa ngomong tiap minggu atau seminggu beberapa kali
« Last Edit: March 06, 2020, 06:40:55 AM by andre765 »
March 13, 2020, 07:39:52 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 517
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
\Sebenarnya kalau gereja itu memiliki Sinode dengan pimpinan yang bijaksana, maka disiplin gereja pasti akan diterapkan. Jadi jemaat atau umat tak perlu pindah gereja.

Kalau sampai nggak didisiplin, maka jemaat akan berpikir, lah pendeta aja bisa seenaknya buat dosa.

Saya akan pindah kalau ajarannya tentang doktrin2 secara mendasar itu sudah melenceng. Kalau kejahatan, ya mirip dengan kejadian dulu ada pendeta muda di Surabaya yang melakukan pembunuhan ke pacarnya. Ini bisa jadi contoh. Kalau begini, saya pindah.
kalau kejahatan yang tidak membuat kamu pindah gereja? mungkin selain kena tilang. kalau ketahuan laporan pajaknya tidak sesuai, apakah akan pindah gereja? bagaimana kalau keluarganya yang bermasalah, misal anaknya si pendeta memperkosa atau jadi bandar narkoba?

Pendeta yang berbuat jahat, kok yang pindah jemaat nya? LOL

Kapan ya jemaat bisa pindahkan pendetanya yang berbuat jahat? Kok mau gitu pindah-pindah jemaatnya, mending pindahin pendetanya lah daripada jemaatnya yang pindah. LOL

Jadi gereja itu kepunyaan si pendeta atau kepunyaan para jemaatnya atau kepunyaan Tuhan?
kemungkinan alasan pindah adalah takut nama baik jemaat ikut terseret. misal "kamu di gereja yang pendetanya pedofil itu ya?". takut dijauhi orang2 kalau tetap
kemungkinan kedua adalah jemaatnya jadi tidak yakin akan ajaran2 yang dulu diajarkan oleh si pendeta yang melakukan kejahatan

kalau yang mendirikan gereja itu adalah si pendeta yang berbuat kejahatan, apa ya mau si pendiri tersebut dikeluarkan?
secara rohani milik Tuhan, secara de jure "milik" si pendeta pendiri/yang berkuasa
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)