Poll

test

satu
1 (100%)
dua
0 (0%)

Total Members Voted: 1

Author Topic: Ayo Semua Coba menjawab....  (Read 2578 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 13, 2011, 05:55:21 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11426
  • Gender: Male
  • Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt
Efraim dan Manasye
Kejadian 48:3 Berkatalah Yakub kepada Yusuf: "Allah, Yang Mahakuasa telah menampakkan diri kepadaku di Lus di tanah Kanaan dan memberkati aku 48:4 serta berfirman kepadaku: Akulah yang membuat engkau beranak cucu, dan Aku akan membuat engkau bertambah banyak dan menjadi sekumpulan bangsa-bangsa; Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu untuk menjadi miliknya sampai selama-lamanya. 48:5 Maka sekarang kedua anakmu yang lahir bagimu di tanah Mesir, sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, akulah yang empunya mereka; akulah yang akan empunya Efraim dan Manasye sama seperti Ruben dan Simeon. 48:6 Dan keturunanmu yang kauperoleh sesudah mereka, engkaulah yang empunya, tetapi dalam pembagian warisan nama mereka akan disebutkan berdasarkan nama kedua saudaranya itu.

Yakub/Israel mengambil kedua anak Yusuf menjadikan sebagai anaknya sendiri.
Itu sebabnya Manasye dan Efraim termasuk dalam 12 suku. Dalam kitab Wahyu Efraim ditulis dengan Yusuf.

Hilangnya suku Dan....
Ada sebuah catatan dalam kitab Hakim-Hakim pasal 17-18 - Patung buatan Mikha.

Hak 18:30 Bani Dan menegakkan bagi mereka sendiri patung pahatan itu, lalu Yonatan bin Gersom bin Musa bersama-sama dengan anak-anaknya menjadi imam bagi suku Dan, sampai penduduk negeri itu diangkut sebagai orang buangan. 18:31 Demikianlah mereka menempatkan bagi mereka sendiri patung pahatan yang telah dibuat Mikha itu, dan patung itu ada di sana selama rumah Allah ada di Silo.


Mungkin (belum pasti) ini menyebabkan Suku Dan keluar dari Janji Tuhan.

Salam.


Makanya baca dulu, udah aku jawab dipost sebelumnya :)
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi
February 14, 2011, 02:54:30 PM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 565
  • Gender: Male
  • Kasih-FPMA
Dan -->> Ular katanya, Berarti Lambang AntiKrist Dong...

Gak se7 aku kalau manasye itu DAN..
1 Yohanes 1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang FIRMAN HIDUP itulah yang kami TULISKAN kepada Kamu.

Sampai sekarang Tuhan Menolong AKu
February 14, 2011, 04:59:12 PM
Reply #52
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 127
  • Gender: Male
  • don't copy but pay the price
    • Yasperin
Hak kesulungan yang dijanjikan oleh Allah kepada keturunan abraham itu mencakup tiga hal :

1. hak imam yaitu untuk melayani Allahhak kerajaan yaitu memegang jabatan raja
2. hak kerajaan yaitu memegang jabatan raja
3. hak dua bagian atas tanah permai yaitu kenikmatan atas tanah permai

ketiga hak ini sebenarnya adalah miliki ruben sebagai anak sulung. namun karena ruben telah jatuh dalam dosa pencemaran, maka ruben kehilangan hak kesulungannya. 3 hak kesulungan ini di berikan kepada saudara-saudaranya setelah dia.

anak-anak yakub adalah :

1. Ruben
2. Simeon
3. Lewi
4. Yehuda
5. Dan
6. Naftali
7. Gad
8. Asyer
9. Isakhar
10. Zebulon
11. Yusuf
12. Benyamin

kalau dari urutan anak-anak yakub kita dapat melihat bahwa setelah ruben seharusnya yang menerima hak itu adalah simeon. namun disini simeon juga mengalami kegagalan. ketika kasus terjadinya pemerkosaan Dina anak perempuan yakub. Simeon dan Lewi dengan penuh amarah pergi membunuh seluruh penduduk kota sikhem. disinilah kegagalan mereka. namun karena Lewi pada kasus patung anak lembu emas memihak kepada Allah dan membunuh saudara-saudaranya yang menyembah patung anak lembu emas maka hak imam diberikan Allah kepada Lewi.

untuk hak kesulungan yang kedua yaitu hak kerajaan diberikan kepada Yehuda. kalau kita melihat dengan jelas pada kejadian pasal 38,Yehuda juga telah mengalami kejatuhan dalam dosa percabulan dengan menantunya sendiri. seharusnya hak ini telah diambil dari pada Yehuda. namun karena ketika pada kasus Yehuda meminta kepada Yakub agar diberikannya Benyamin untuk ikut dengan dia agar mereka bisa menghadap kepada Yusuf dimesir dengan taruhan nyawanya, maka Yehuda menerima hak kerajaan ini. mengapa ? karena pada Yehuda terdapat lambang kematian Tuhan Yesus. Tuhan Yesus telah mengorbankan nyawanya agar umat manusia dapat beroleh selamat dan tidak binasa, inilah mengapa Yehuda menerima tongkat kerajaan dari Allah.

hak kesulungan yang ketiga adalah hak dua bagian atas tanah permai. selama Yusuf hidup, Yusuf selalu memperhidupkan kehidupan yang kudus dan tidak bercacat cela dihadapan Allah. ketika istri potifar mengajak Yusuf untuk bersetubuh dengan dia, Yusuf lari menolaknya. inilah mengapa Allah mengaruniakan Hak dua bagian atas tanah permai kepada Yusuf. selain itu ada hal yang pribadi antara Yakub dengan Yusuf, karena Yakub mengasihi Yusuf yang adalah anak rahel yang dikasihinya. yakub memberikan satu tanah pegunungan yang direbut oleh yakub dari tangan orang amori sebagai kelebihan dari pada saudaranya.

demikianlah perkara hak kesulungan telah dijelaskan oleh Alkitab.

perkara suku Dan yang tidak tercantum dalam Wahyu pasal 7 adalah karena Allah masih memandang bersalah suku Dan dalam membuat orang israel menjadi menyimpang mengikuti allah lain dan menyembah berhala. suku Dan-lah yang mempelopori perzinahan bangsa israel dengan mendirikan tempat penyembahan yang lain selain tempat yang ditunjukan oleh Allah (Hak 18;1Raj 12:29-30; 2Raj 10:29). walaupun begitu kalau kita teliti dengan detail, kita akan menemukan bahwa Suku Dan akan tetap terhitung dalam kerajaan seribu tahun (Yeh 48:1) karena berkat Yakub atasnya (Kej 49:18), sehingga oleh keselamatan Tuhan, suku Dan masih tetap terhitung sebagai salah satu suku dari israel.

Puji Tuhan !! Dia adalah sang Awal dan sang Akhir !! kemuliaan bagi Dia dari sekarang sampai selama-lamanya !!

Amin  :afro:
Don't Copy but Pay the Price - God be with you all - Yasperin Lawang :happy0025:
February 14, 2011, 05:26:53 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1419
  • Gender: Male
  • He is the re-builder of everything that has broken
  • Denominasi: Kharismatik
sebenarnya pemilihan hak kesulungan itu terlihat semenjak kelahiran anak2 Israel

dan Yakub sendiri memberikan hak kesulungannya kepada Yusuf dan bukan Yehuda

Kej 49:26  Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.


berkat kesulungan itu sebenarnya tidak turun kpd Yehuda, tapi kepada Yusuf
jadi sebenarnya pemilihan Yehuda itu bukan pilihan manusia ( Yakub ) tapi pilihan Tuhan langsung ketika Yehuda lahir

3 anak pertama Lea semuanya dipersembahkan kpd Yakub
artinya Lea berpikir ketika dia melahirkan anak laki2 maka dia akan dicintai oleh suaminya

tapi sampai 3 anak lahir yaitu Ruben, Simeon dan Lewi tetap saja Lea tidak lebih dicintai dari Rahel

Kejadia 29:31-33
31   Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai, dibuka-Nyalah kandungannya, tetapi Rahel mandul.

32  Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ruben, sebab katanya: "Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesengsaraanku; sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku."

33  Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku." Maka ia menamai anak itu Simeon.

34  Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku, karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi.


dan ketika Lea mengandung anak yang ke-4 yaitu Yehuda
dia jerah untuk mempersembahkan kepada yakub karena tidak pernah dicintai,

karena seorangpun anak sebelumnya tidak ada yang dipersembahkannya kepada Tuhan dan dia lupa bersyukur kepada Tuhan

maka ketika Yehuda lahir kita melihat kejadiannya


Keja 29:35  Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.

hanya ketika Yehuda lahirlah Lea bersyukur kepada Tuhan dan melupakan suaminya yang tidak pernah sampai kapanpun mencintainya sekalipun dia telah memberi Yakub 3 anak sebelumnya

jadi Yehuda memang lahir sebagai anak sulung, karena ketika Dia lahirlah Lea bersyukur kpd Tuhan serta dimana hal itu lupa dilakukannya ketika dia melahirkan 3 anak sebelumnya


tentang suku Dan

saya percaya mereka juga termasuk kedalam 12 bangsa pilihan Tuhan
hanya pada wahyu memang mereka tidak ada yang dimeteraikan

dan tidak dimeteraikan di ayat itu, bukan juga mengartikan bahwa Dan ditolak Tuhan
saya sependapat bahwa Dan telah menyatu dengan Manassye

karena 12 suku Israel itu dimata Tuhan termasuk Dan & Lewi

dan Efraim dan Manassye tetap mewakili Yusuf

« Last Edit: February 14, 2011, 05:30:28 PM by murukh murhing »
Ketika hatiku merasa pahit dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya,aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat-Mu.
( Mazmur 73:21-22 )
February 16, 2011, 06:27:15 PM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 565
  • Gender: Male
  • Kasih-FPMA
he,..eh...he.....he....
Harus dipelajari lagi nich,...

1 Yohanes 1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang FIRMAN HIDUP itulah yang kami TULISKAN kepada Kamu.

Sampai sekarang Tuhan Menolong AKu
February 17, 2011, 12:12:49 AM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11426
  • Gender: Male
  • Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt
1. Kej 35:22, Ruben kehilangan hak kesulungannya dan diberikan kepada Yehuda

2. Kej 46:20, Yes 9:21 Manasye dan Efraim adalah Anak dari Yusuf, dengan masuknya Bani Manasye sehingga Bani Dan menjadi hilang. Kemungkinan didasarkan pada Hakim-Hakim 18:1 dimana Bani Dan tidak mendapatkan "Bagian Pusaka ditengah-tengah suku-suku Israel" (bdk Why 7:5-8), sehingga memberontak kepada Tuhan (bdk Hakim-Hakim 18:30)

Tq


Belum cukup untuk menjelaskan ya.. :)
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi
February 19, 2011, 06:36:48 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 565
  • Gender: Male
  • Kasih-FPMA
ya itu gak tau masih nich,..
1 Yohanes 1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang FIRMAN HIDUP itulah yang kami TULISKAN kepada Kamu.

Sampai sekarang Tuhan Menolong AKu
February 20, 2011, 08:38:17 PM
Reply #57
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 125
Dan -->> Ular katanya, Berarti Lambang AntiKrist Dong...

Gak se7 aku kalau manasye itu DAN..
Dan dikatakan ular --> karena walaupun ayahnya Yakub, Dan adalah anak dari budak Rahel, yaitu anak Bilha.....
February 21, 2011, 02:06:04 PM
Reply #58
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 127
    • MorphostLab
  • Denominasi: Protestan
Wahyu 7:5-8

Urutan 12 suku israel >>> anak-anak Israel yaitu Yakub.
Yehuda
RUben
Gad
Asyer
Naftali
Manasye
Simeon
Lewi
Isakhar
Zebulon
Yusuf
Benyamin

jika kita cermat dan melihat ini ada keanehan, mari semua teman FK beri pendapatmu,.?
1. Anak Pertama Ruben, kenapa yang diatas Yehuda..?kenapa Ruben Turun dari urutan pertama..?
2. kemana DAN kok Hilang dari urutan daftar..?padahal DAN kan keturunan Israel juga, pada kejadian 30:6.

BROO@FENDY....

Kalau ayat di Wahyu tsb bukan mau menunjukan susunan anak anak nya Yakub lah
salah kamunya...ya tentu pasti kamu ga ketemu kemana juntrungan perginya si Dan..dan urutan susunan / silsilah kakak-beradik  dari yang sulung sampai bungsu Benyamin tsb tidak tepat.pada Kitab Wahyu di ayat tsb. Karena maksud di ayat Wahyu tsb ya bukan untuk itu,..hehhe

Pasti broo@fendy juga sudah paham susunan yang benar anak anak Yakub ada di Kitab yang mana serta di ayat yang mana.
Ini kamu iseng aja kayanya broo..?? hehehe

Salam GBU.
Tidak, karena ini ada alasan dan Sebabnya emang, bukan bercanda, kan yang diatas uda jelas kenapa RUben kehilangan hak Sulung, kenapa dia yang tunggal diganti yehuda, dan masalahnya dan ini gimana,..?
kan saya bertanya saudara,..?
Koreksi dikit , Ruben bukan tunggal tetapi sulung

biar sulung kan udah dijelasin tuh.. :)
Ada Jejaring sosial selain facebook!
Gabung yuk di Jejaring Sosial Kristen!
http://www.pohonsesawi.co.nr

Jejaring Sosial buat teman-teman seiman.
http://www.pohonsesawi.co.nr
February 21, 2011, 06:51:06 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 565
  • Gender: Male
  • Kasih-FPMA
1 Yohanes 1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang FIRMAN HIDUP itulah yang kami TULISKAN kepada Kamu.

Sampai sekarang Tuhan Menolong AKu
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)