Author Topic: Soul Surfer : Kisah Nyata Bethany Hamilton Peselancar Bertangan Satu  (Read 2486 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 16, 2011, 08:37:55 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 117
  • Gender: Male
    • Inspirasi Rohani
Soul Surfer adalah kisah nyata yang memperlihatkan iman dan keberanian salah seorang peselancar wanita terbaik dunia bernama Bethany Hamilton. Bethany adalah peselancar remaja yang kehilangan lengan kirinya dalam serangan hiu. Dengan iman dan tekad yang kuat dia berhasil mengalahkan segala rintangan baik kekurangan fisik maupun tantangan psikis berupa trauma dan akhirnya dia berhasil kembali menjadi juara.  

Film ini diangkat dari  buku biografi Bethany Hamilton berjudul Soul Surfer: A True Story of Faith, Family, and Fighting to Get Back on the Board.

Soul Surfer dibintangi para artis kawakan Hollywood seperti Dennis Quaid, Helen Hunt dan diramaikan oleh Craig T. Nelson, Jeremy Sumpter, Kevin Sorbo, Carrie  Underwood, dan Ross Thomas. Sebagai pemeran Bethany adalah AnnaSophia Robb (Bridge to Terabithia). Film ini diedarkan oleh Sony Pictues/Tristar.

Sinopsis :

Bethany (AnnaSophia Robb) terlahir dengan bakat peselancar dan menekuni olah raga ini sejak dini. Berkat bimbingan orang tuanya Tom (Dennis Quaid) dan Cheri (Helen Hunt) dan terutama dua saudaranya yaitu Noah dan Timothy bakatnya berkembang pesat.  Dia menjuarai  kompetisi surfing  pertamanya "Quiksilver" dan meraih tempat pertama pada saat usianya baru delapan tahun. Pada usia sembilan tahun dia mulai mengikuti kompetisi profesional dan dia berhasil menjadi juara dalam kompetisi nasional.

31 Oktober 2003 adalah tanggal yang tak terlupakan bagi Bethany dan sepertinya  menghancurkan semua mimpinya. Pada pagi hari, saat dia sedang berbaring di atas papan selancar tiba-tiba seekor ikan hiu macan panjangnya 14-kaki entah dari mana munculnya menggigit lengan kirinya sampai sebatas bahu. Bethany kehilangan darah 60 persen saat itu juga dan dia berjuang untuk sampai ke tepi pantai dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Soul Surfer mengungkapkan perjuangan Bethany untuk pulih dan bagaimana ia bergumul tentang masa depannya. Kasih sayang yang luar biasa dari orang tuanya, Tom  dan Cheri  ditambah dukungan saudara-saudaranya serta motivasi dari pemimpin kelompok pemuda Sara (Carrie Underwood), Bethany menolak untuk menyerah  dan mulai kembali berselancar hanya sebulan setelah dia kehilangan lengannya. Bethany perlahan tapi pasti akhirnya mampu berselancar dan prestasinya bersinar kembali dengan hanya satu tangan. Dua tahun kemudian, dia menjuarai NSSA (National Scholastic Surfing Association) National Championship tahun 2005.

Menarik sekali karena beberapa pemain film ini adalah adalah orang Kristen yang juga menunjukkan komitmen Kekristenan yang kuat seperti Craig T. Nelson dan Kevin Sorbo serta Carrie Underwood.

Dalam proses pembuatan filmnya sendiri pihak Sony Pictures mencoba mengubah skenario dan berusaha menghilangkan beberapa bagian yang memperlihatkan iman Kristen seperti bagian pembacaan Alkitab oleh Dennis Quaid sebagai ayah Bethany dan beberapa bagian lainnya yang coba dipertahankan oleh Bethany dan keluarganya.

Dennis Quiad sendiri sempat memprotes karena bagian itu tadinya mau dihilangkan,"Hey we need Scripture here", ujarnya.  Ada bagian Alkitab yang dibacakannya sewaktu Bethany bangun dari tempat tidurnya diambil dari Philippians 4:13: "I can do all things through him who gives me strength."

Kevin Sorbo yang berperan sebagai sahabat dari ayah Bethany juga menanggapi bahwa Hollywood seakan takut memakai nama YESUS atau kuatir menonjolkan Kekristenan. Setelah melalui diskusi pihak Sony mencoba mengakomodasi protes keluarga Bethany dan akhirnya nama YESUS dua kali disebut dalam film itu dan film itu benar-benar menekankan iman dari Bethany dan keluarganya.

Catatan : Walaupun belum nonton, baru lihat trailernya tapi sudah kebayang betapa luar biasanya iman dan keberanian gadis ini yang sekarang sudah berusia 21 tahun. Kisah Bethany adalah kisah yang luar biasa bukan hanya karena dia jago berselancar dan setelah kehilangan tangan karena digigit hiu masih bisa survive. Imannya kepada Tuhan sangat nyata baik lewat website pribadinya, buku biografi dan video kesaksian dirinya "I Am Second" yang baru dirilis beberapa waktu lalu.

Sumber : bethanyhamilton.com/cp

 

« Last Edit: April 20, 2011, 07:42:11 AM by Heartlight »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)