Author Topic: Apakah Kristen Syria masuk dalam ajaran Kristen?  (Read 4492 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 18, 2011, 05:14:28 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1362
  • Denominasi: Catholic
Gereja-gereja timur dan oriental mengalami masalah dalam penguasaan Islam sehingga misionaris tidak bisa jalan. Di rusia juga begitu berada dalam pembatasan komunis.

Sekarang setelah komunis rusia runtuh, didukung perkembangan teknologi komunikasi, gereja-gereja orthodox mulai bermisi ke Amerika juga, sudah banyak disana.

Sementara di Indonesia, menurut sejarawan mesir sempat tercatat di tahun sekitar 900M, ada misionaris gereja timur yang sudah mencapai Sumatra, tapi mungkin kurang dukungan dalam berbagai hal sehingga tidak jalan.

Shalom
April 18, 2011, 05:17:00 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1365
  • Gender: Male
  • gak semua yang lu liat itu bener...
Atau mungkin karena kalo jaman sekarang ini identik dengan ISLAM ya? kita tau sendiri bagaimana cara berpakaian mereka (kaum Kristen orthodox) yang hampir sama dengan muslim. Apalagi sekarang lagi sensitif2 nya tuh masalah agama...ckckck...cuma pendapatku saja sih.. :)
Judas Bukan Iskariot, tak seburuk namanya...
April 18, 2011, 05:30:50 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1362
  • Denominasi: Catholic
Atau mungkin karena kalo jaman sekarang ini identik dengan ISLAM ya? kita tau sendiri bagaimana cara berpakaian mereka (kaum Kristen orthodox) yang hampir sama dengan muslim. Apalagi sekarang lagi sensitif2 nya tuh masalah agama...ckckck...cuma pendapatku saja sih.. :)

Ya itu seperti yang saya ibaratkan nasi dan piring. Coba lihat Kekristenan timur pakaiannya seperti apa, bahasanya pakai apa. Islam kebetulan "memaksakan" budaya semitik arab dalam tata ibadahnya, sementara Kristen tidak.

Gereja Orthdox Indonesia (bukan yg syria) memiliki konsep sebisa mungkin mengadopsi budaya asli indonesia dalam tata ibadah.

Sementara Orthodox Syiria ini berusaha menawarkan kemasan semitik Arab. Dulu gereja Katolik juga pernah berusaha memaksakan liturgi bahasa Latin (barat), tapi sekarang sudah lebih memilih inkulturasi dengan budaya lokal. Sama, gereja Protestan juga membawa budaya barat ke indonesia. Seperti GL Ministry masih menggunakan 2 bahasa inggris dan indonesia di TV.

Sementara Orthodox Yunani masih ngotot pakai liturgi Yunani di gereja-gereja Orthodox dalam Yurisdiksinya.

Tidak ada salahnya mencoba berbagai kemasan budaya asalkan semua dijalani dengan kerendahan hati dan semangat penginjilan. Kita hormati bro karya-karya sodara seiman kita.

Shalom Aleikhem
April 24, 2011, 12:58:13 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2025
  • Gender: Female
  • Pujilah YAHWEH, hai jiwaku. Haleluyah
  • Denominasi: Penyembah YHWH & Mesianik
Quote from: moe
benar, krn memang pak Bambang nya sendiri tidka menghadirkan hal itu sbg bentuk gereja, beliau jg bukan pendeta/romo/pastur atas kos

beliau hanya memperkenalkan wacana ini untuk menjembatani kebuntuan dialog Kristen-islam

bila ditinjau dr kos, islam hrsnya lebih ngeh

Betul, pak Bambang memang misinya memperkenalkan Kristen timur ke Indonesia yang notabene didominasi Kristen barat (Katolik & Protestan). Tentu kaitannya sama sodara kita muslim supaya bisa lebih sama bahasa dan budayanya.

Tapi di awal-awal sebenernya Pak Bambang ingin ada gereja setelah infrastrukturnya mencukupi. Tapi tidak tau lagi setelah hampir 15 tahunan kok tidak ada tanda-tanda jadi gereja :D

Wallahu alam :D
Sebenarnya dulu sudah pernah dirintis didaerah Jawa Barat awal-awal th 2000, gereja berbahasa arab dan menerapkan pula sholat 5 atau 7 waktu, mengumandangkan adzan yang berasal dari Alkitab berbahasa Arab.
Kaum perempuannya memakai jilbab, dsb.

Tetapi pada waktu itu diprotes oleh MUI (berita dari surat kabar, datanya sekarang hilang, mungkin bisa minta dari surat kabar Jawa Post atau Kompas), bahwa tidak diijinkan pihak Kristen memakai simbol-simbol yang sudah diklaim milik Islam termasuk penggunaan bahasa Arab, karena sudah terjadi pemurtadan masal dan pengkafiran serta merusak akidah Islam.

Itu berita dari mereka dan berakibat gereja tersebut lenyap dan mati. Pihak Islam menuduh terjadi Kristenisasi dengan cara tersebut.

Kembali ke topik : Apakah Kristen Syria masuk kedalam ajaran Kristen ? Jawabnya YA.
Dan bangsa-bangsa itu akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, demikianlah Firman Tuhan YAHWEH
April 25, 2011, 04:46:03 AM
Reply #24
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 385
kalau ga salah anggota pertama gereja orthodox syria di indonesia ini malah seorang muslim yang jadi Kristen pernah diulas cukup panjang kalo ga salah sama bro daniel FS tapi lupa gw trit nya disebelah mana
“For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.”
—John 3:16

Yohanes 10:30
Aku dan Bapa adalah satu.
April 25, 2011, 04:57:52 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1362
  • Denominasi: Catholic
@Endang, IMO itu masalah perjuangan saja kalau mau dilegalkan. Bener juga yang dikatakan oleh bro roderick bahwa Pak Bambang bukan Presbyter / Imam, dia hanya Evangelis (Syaikul Injil - Bahasa Arab). Dari kotbah-kotbahnya dia pada jaman banyaknya tokoh-tokoh moderat, semua welcome saja seperti Alm. Cak Nur, Alm. Gus Dur, Jalaludin Rahmat dan banyak kyiai NU di Jatim. Mungkin karena beberapa tokoh utama tersebut kini sudah pada meninggal jadi lebih besar ganjalan dari MUI.

@roderick
IMO Pak bambang selain gak bisa jadi Imam, beliau saat ini sudah merasa cukup mapan dengan komunitasnya yang lintas denom. Bagaimanapun bisa jadi "pasar" dari pengetahuan beliau beserta buku-bukunya saat  ini :)

Shalom
April 25, 2011, 07:05:20 AM
Reply #26
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8674
  • ForumKristen.com
Ada artikel menarik tentang topik ini
http://bombsai.multiply.com/journal/item/130/Modus_Kristenisasi_
Saya pikir penulisnya terlalu cerdas dalam hal ini sampai-sampai keblinger :D

Salam
Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
April 25, 2012, 02:04:20 PM
Reply #27
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
MARI MENCARI KEBENARAN, DAN TIDAK MENGATAKAN BENAR. ITU LEBIH BAIK
June 27, 2012, 10:27:23 PM
Reply #28
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 140
  • Gender: Male
  • Denominasi: Follow to Yeshua ha mashiach
Di daerah saya, Malang. Ada namanya kelompok Kristen yang menamakan dirinya Kristen Syria atau KOS (KANISAKH ORTODOKS SYRIA). Mereka tak ada bedanya dengan sodara2 kita umat muslim dalam hal BERPAKAIAN dan IBADAH layaknya muslim. Hanya dalam ibadah mereka menghadap ke arah Timur, arah Yerusalem dan dalam berpakaian mereka juga hampir sama tetapi mereka memakai kalung salib. Itu dari link yang pernah aku baca. Tapi sayang aku tak dapat lagi menemukan link nya. Hanya bisa menemukan ini :

http://kristenkritis.blogspot.com/2011/01/sekte-Kristen-kanisakh-ortodoks-syria.html

mungkin teman2 ada yang bisa menjelaskan tentang keberadaan sekte/aliran ini?

God Bless.. :)



Malang mana aku juga daerah malang(Sumbersari)....
Iya aku juga menemukkan hal demikian dan pengen mendalaminya....Just to know lah
July 18, 2012, 10:37:25 PM
Reply #29
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: Eastern Orthodox

Malang mana aku juga daerah malang(Sumbersari)....
Iya aku juga menemukkan hal demikian dan pengen mendalaminya....Just to know lah

Hmm, komunitas KOS di malang sepertinya sedang tidak aktif, yang aktif daerah surabaya. Biasanya mereka mengadakan kajian tengah bulan.
Yang ada di Malang komunitas Orthodox Timur

tapi KOS itu tidak bisa dibilang gereja, hanya lembaga studi saja.
Pak Bambang Noorsena pernah bilang tidak akan jadi imam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)