Author Topic: ATURAN PERPULUHAN  (Read 28950 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 16, 2011, 03:32:30 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1845
Shalom
bro & Sis sekalian ,
 kalau kita bicara soal ATURAN PERPULUHAN tentunya kita tidak bisa lepas dari sejarahnya (kitab PL) cuma tentunya juga kalau cuma dibahas hanya aturan nya saja tanpa diceritakan penggenapannya maka akan tidak fair , dan dikhawatirkan karena salah tangkap maka bisa ada penyalah gunaan.

Dalam Sejarahnya Perpuluhan ajaran musa (PL) pada jamannya,
 hasil perpuluhan diperuntukan intinya adalah untuk orang Lewi  ,(yang lain prioritas kedua )
Kenapa ???
karena orang lewi di khususkan untuk perlayanan hal Rohani mereka tidak dibagi tanah pusaka (tidak punya tanah ) sehingga mereka tidak punya penghasilan apa apa,
 masa mereka (orang lewi ) harus mati kelaparan  ??
oleh sebab itu diadakan aturan perpuluhan , dan orang lewi akan dapat jumlah yang sama
(bahkan lebih)
ada 12 suku israil maka pendapatan suku lewi 11/10 (lebih besar dari pendapatan bersih
suku lainnya (9/10)
itulah berkat lebih kalau kerja untuk tuhan pada masa itu .

Eit  !!! tetapi Lihatlah  dahulu peruntukan dan penggunaan perpuluhan itu, didalam aturan
musa perpuluhan itu diperintahkan dipergunakan untuk makanan /cadangan makanan.
(lihat ulangan 14:22-27) hal ini diteguhkan lagi dalam kitab penutup PL (malaekhi 3 :10)
bahwa peruntukkannya perpuluhan adalah untuk MAKANAN/MINUMAN bukan untuk
mobil/handphone/TV/Rumah di luar negri.

untuk memudah kan saya kutip ayat (ulangan ) dibagian ahir tulisan ini .untuk yang malaekhi pasti semua sudah apal semua saking seringnya digunakan

Sebenarnya zaman sekarang (anak perjanjian baru )
PERPULUHAN  sudah TIDAK WAJIB bahkan sudah DIBATALKAN karena termasuk dalam  HUKUM TAURAT dan KITAB PARA NABI :
P. Baru: Efesus: 2
2:15a sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA
P. Baru: Lukas: 16
16:16a Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes
Tapi mengapa perpuluhan masih dijalankan ?
karena masih banyak orang yang mau kidup dibawah Hukum taurat yang jelas jelas sudah dibatalkan dalam perjanjian baru.

SEKEDAR RENUNGAN
Bagi yang masih mau patuh pada ajaran MUSA (HUKUM TAURAT) hendaknya menjalankan HUKUM TAURAT   secara utuh tidak
sepotong potong,dan tentunya on the Track
Supaya tidak termasuk golongan yang dimaki Yesus sebagai orang munafik
Matius  23
23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab PERSEPULUHAN dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

RENUNGKANKAH>:
Siapakah orang Lewi zaman sekarang  ???
Sudahkah syaratnya dipenuhi ??

 1) Ga punya usaha /bisnis lain selain Kerja untuk Tuhan
2) Ga punya tanah /sertifikat tanah baik didalam maupun diluar negri
 
SEKEDAR SHARING :
Kalau ada yang masih MAU perpuluhan diadopsi ke perjanjian  baru atau kalau ada yang masih ingin hidup dalam bayangan PL padahal sudah ada yang nyata(PB), masih ingin memberi perpuluhan ,kemanakah  ???
bait allah dalam pl adalah yang di jerusalem pusat, kalau dalam  PB kamulah bait Allah
artinya bait allah adalah setiap orang yang "ada yesus  atau Rohkudus dihatinya"

I Korintus  3
3:17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia.
Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

I Korintus  6
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait ROH KUDUS yang diam di
dalam kamu, ROH KUDUS yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik
kamu sendiri?

dan bila ada yang ingin memberi perpuluhan kepada "Tuhan " dibait allah yang di
yerusalem (modus PL) maka Tuhan dalam perjanjian baru adalah Jesus kalau ada ingin memberi kepada yesus (modus  pB)  maka berikanlah kepada sesama yang memerlukan


P. Baru: Matius: 25
25:35 Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu
memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;
25:36 ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat
Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.
25:37 Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah
kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami
memberi Engkau minum?
25:38 Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau
tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian?
25:39 Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi
Engkau?
25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala
sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini,
kamu telah melakukannya untuk Aku.
 

seperti yang telah saya tulis diatas saya kutip ayat dibawah ini supaya ga susah buka alkitab


AYATNYA (ulangan )
14:22. "Haruslah engkau BENAR-BENAR mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil

benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.
14:23 Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat

nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari

gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu

dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.
14:24 Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh

bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih

TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu,
14:25 maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan

dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu,
14:26 dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu,

untuk LEMBU SAPI atau KAMBING DOMBA, untuk ANGGUR atau MINUMAN yang

memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau MAKAN di sana di

hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.
14:27 Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia

tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau.
GBU
TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB
June 16, 2011, 07:08:32 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4540
  • Gender: Male
  • Stella-Maris---Living-It-Up
  • Denominasi: the origin of Church
nice bro!  :afro:

hayo pak pendeta.. berani ga pake perpuluhan?? hehehe.....

mau memberi untuk Tuhan?

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala
sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini,
kamu telah melakukannya untuk Aku.


memberi Tuhan=memberi pendeta?

“…jadilah pendosa, dan biarkan dosa2mu menjadi kuat. Tapi biarkan kepercayaanmu akan Kristus lebih kuat. Tidak ada dosa yg dapat memisahkan kita dariNya, sekalipun jika kita melakukan pembunuhan dan perzinahan ribuan kali sehari..." (SolaFide by Luther)
June 16, 2011, 04:13:57 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
Broo@Hanhalim..

Pandangan anda tetang masalah " aturan perpuluhan" yng anda utarkan,menurut saya malah mengaburkan arti / makna yang sesungguhnya.dari hakekat perpuluhan itu sendiri.HEhehe..but its oke with me ..couss its your oppinions ya..
Karena boleh dikata anda memandang Persepuluhan tsb anda pandang sebelah mata saja alias sudah meremehkannya samasekali, Hal ini karena anda menganggap masalah "persepuluhan " tsb hanyalah menyangkut / berhubungan dengan soal materi belaka. Sehingga anda merenung dan membuat stetmen seperti ini : ( saya copas saja ya )

1) Ga punya usaha /bisnis lain selain Kerja untuk Tuhan
2) Ga punya tanah /sertifikat tanah baik didalam maupun diluar negri

Wahh..jika anda berpandangan seperti ini ..?? maka sempit lah pikiran anda dan itu pandangan yang salah. Karena pada hakekatnya perpuluhan itu bukan hanya menyangkut materi ataupun penghasilan yng kita peroleh. Namun maknanya perpuluhan itu jauh melebihi / melampaui itu
semua.

Memang sih , kita semua sudah tau, bahwa pasti semua orang ( denominasi Gereja ) memiliki pemahaman atau memiliki pandangan yang berbeda-beda ketika membicarakan tentang perpuluhan.
 Hal itu dikarenakan Pijakan AYAT YANG DIGUNAKAN BERBEDA atau mungkin sama, tetapi cara menafsirkannya berbeda karena mempunyai sudut pandang yang berbeda juga ( sesuai pretensi yng dianut denominasi gerejanya pula ).
Tapi untuk itu semua ,marilah kita membuka pikiran kta semua, serta melembutkan hati kita semua agar ROH KUDUS MENERJEMAHKAN KEHENDAK-NYA kepada kita semua, Ketika kita membicarakan Perpuluhan. Sehingga akhirnya semua demi kemulyaan Nama TYK,,dan tidak ada yang merasa dideskriditkan ( yaitu pendeta dan jemaatnya ).

Dengan demikian izinkan saya, menyampaikan pandangan saya mengenai "perpuluhan" dng bangunan /kunstruksi Logika berpikir seperti ini, sehingga kronologis sebab dan akibatnya kenapa "perpuluhan tsb menjadi wajib ( tetap ) kita lakukan sampai sekarang ini di tiap Gereja kita masing masing, Walaupun sekarang ini kita sudah masuk  kedalam Umat Perjanjian Baru.

Begini menurut kronologis yang saya maksud tsb :

1) Diambil pijakan ayatnya dari Maleakhi 3 : 10..bunyi ayatnya adalah :

"" Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah
   perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan
   ujilah Aku, Firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan
   bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu
   sampai berkelimpahan.'''

Nah dari "sebagian "ayat diatas ini ,menimbulkan pertanyaan dalam diri kita, sbb :

*Pertanyaannya apakah Tuhan tidak mampu memberi makan orang-orang
  yang hidup di Rumah-Nya. Karena itu Ia meminta bantuan kepada kita?   
  Sudah tentu "Tidak" BUKAN.??!!! Tuhan kita adalah Tuhan yang kaya. Ia
  sanggup mencukupi semua kebutuhan dari anak-anak-Nya.
  Lantas,...??
  mengapa Ia meminta supaya membawa perpuluhan ke Rumah-Nya?
  Untuk kepentingan siapakah itu? Apakah itu untuk kepentingan Tuhan
  atau untuk kepentingan kita?

Maka Pertanyaan seperti tsb diatas,  dijelaskan pula Oleh Alkitab dng Firman Tuhan di :Dalam Bilangan 8:21 dikatakan,
”Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala
 persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik
 pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan
 pada Kemah Pertemuan.” Pertama yang harus kita perhatikan adalah
 Perpuluhan itu adalah Milik Tuhan yang diperuntukkan bagi orang Lewi
 (Orang-orang yang pekerjaannya melayani Tuhan). Siapa orang Lewi?
 Mengapa orang Lewi harus mendapat hak persepuluhan?

^^Nah mengenai suku Lewi ini sudah di jelaskan oleh Broo@hanhalim
    kan..!! ^^

2).Dari point "1" diatas maka berlanjut pada penalaran  berikutnya
    seperti ini :
   
    Jadi ketika kita membahas tentang persepuluhan itu, berarti kita
    sedang membicarakan tentang prinsip keadilan dan keseimbangan. Ini
    sangat penting untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita keseharian.
    Agar penyakit serakah tidak menghinggapi kita ketika Tuhan
    memberikan kesempatan kepada kita untuk menikmati berkat-berkat
    Tuhan secara materi.

3). Nah..kesdaran yang timbul  pada diri kita setelah kita memahami point
     " 2" diatas , maka kita dapat flash back kebelakang, yaitu kenapa kita
     dapat terbangkit kesadaran kita tentang adanya makna lain dibalik
     persepuluhan tsb, sehingga dapat berkata : ohh..ohh..ohh..wehh..??
     
  **Jadi ketika kita mengikuti Firman Tuhan untuk  memberi persepuluhan,
     Maka kita sedang mengimplementasikan konsep  keadilan keuangan.
     Bukankah saat ini orang-orang sedang marak menyuarakan
     pemberantasan korupsi? Dimana di sisi lainnya berarti pula bahwa,
     Memberi persepuluhan adalah pagar yang dibuat Tuhan untuk
     menghindari kita dari jerat-jerat korupsi.
     Disamping itu pula, memberi persepuluhan juga mengajarkan kepada
     kita untuk mengerti prinsip keseimbangan. Artinya dalam setiap
     penghasilan kita ada yang menjadi hak orang lain. Ada orang lain yang
     menggantungkan hidupnya dari penghasilan kita. Dan..Dan itu
     bukanlah hak kita tetapi hak Tuhan.

 4). Kalau begitu pertanyaannya apakah persepuluhan itu untuk
      "kepentingan" Tuhan.?? Jawabannya Tidak!!! Tuhan menginginkan kita
      menjadi sempurna. Sepurna dalam berpikir, sempurna dalam bekerja,
      sempurna dalam mengatur keuangan, sempurna dalam menjalankan
      kewajiban kepada Tuhan.

5). Nah dari point "4" diatas, maka kita sudah tau kan siapa sebetulnya
     yang berhak menerima "Perpuluhan" tsb...?? Kalau sdah tau, maka ada
     prinsip Tuhan yang lain dalam hal pembelajaran dari memberi atau
     melaksanakan "perpuluhan tsb, yaitu kita berpijak pada ayat Maleakhi
     3:8 dikatakan,

”Bolehkah manusia menipu TUHAN? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?” Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!

Hheheh..diayat inilah manusia sekarang (umat PB ) dapat bercermin, Bahwa AYAT ini sudah sejak dahulu ada dan diperuntukan untuk mengoreksi umat Yahudi saat zaman PL. ARTINYA SIKAB HATI MANUSIA DAHULU SAMA DNGAN MANUSIA SEKARANG INI. dimana.dalam memandang maupun mengikuti ketetepan Tuhan dalam hal materi uang dll
untuk Persembahan dan perpuluhan...?? MEMPUNYA ALASAN UNTUK MENIPU / BERBOHONG PADA TUHANNYA..SEHINGGA ..?? ( dipont "6" )

6). Sehingga, Orang zaman sekarang..?? selain sudah lalai membayar
     perpuluhan..??  Malah pintar berkelit dan berdalih DNG BERLINDUNG DI
     BALIK Firman Tuhan lagi...hehhe ,seperti ini :

**Sekarang khan zaman Perjanjian Baru, jadi tidak ada lagi konsep
    persepuluhan. Konsep persepuluhan telah diganti dengan konsep yang
    ada dalam Roma 12:1 yaitu memberi seluruh kehidupan kita.**

7). Sekarang kita mengerti dari point "6" diatas bahwa kenapa masalah
     perpuluhan tsb menjadi berbeda dlam pandangan tiap orang  (
     denominasi gereja ), karena ya ada banyak tipe-tepe manusia seperti
     itu. Dimana pada dasarnya   berpandangan gombal /munafik, karena
     Saya ingin katakan, bahwa orang-orang yang pinter berdalih tsb
     adalah aneh saja.. Jika sepersepuluh dari penghasilannya saja susah
     untuk dia berikan, bagaimana dia akan memberikan seluruh hidupnya.
     Kan Ini Gombal namanya. ..TAH..?? Itu adalah bentuk upaya untuk
     menghindari kewajibannya kepada Tuhan yang disadarinya secara
     100% sdar dan mafum ( paham abess...!! )

Kesimpulannya..?? dari penjelasan 7 point diatas. maka perbedaan pandangan mengenai perpuluhan tsb menciptakan beberapa ciri manusianya , yaitu :
1) Orang yang gombal dan mengakali Tuhannya.
2) Orang yang kelihatan baik dan mulia karena suka berderma,
    Model orang yang kedua ini berpendapat, kewajiban membayar
    persepuluhan kan tidak harus diberikan kepada hamba Tuhan. Tidak
    harus diserahkan ke gereja. Khan akan lebih berguna jika diberikan
    kepada orang-orang miskin. Ini tidak beda dengan mengakali Tuhan.

Jadi sebenarnya kita harus mengikuti sesuai Firman Tuhan yaitu :
**Firman Tuhan katakan ”Bawalah seluruh (Bukan sebagian) persembahan
    persepuluhan kedalam rumah perbenaharaan.” Jelas tujuannya adalah
    Rumah Tuhan. Bukan tempat lain.""

Sebagai perhatian yang berharga juga bahwa Prinsip perpuluhan yang lainya  yang tidak lebih penting, yang harus kita pahami juga adalah  :,

""Mengajarkan kita untuk berlaku jujur. Apa yang menjadi hak kita,
  dipersilahkan..silahkan kita nikmati, dan apa yang tidak menjadi hak kita
  jangan diambil. Jika dua hal ini saja kita lakukan, maka berkat-berkat
  dalam Maleakhi 3:10 akan menjadi bagian kita. Apa saja berkat itu?
  Berkat itu adalah tantangan Tuhan untuk membuktikan kebenaran
  Firman Tuhan, yaitu Ia akan membuka tingkap-tingkap langit untuk
  mencurahkan berkat buat kita. Tetapi sekali lagi saya ingatkan, berkat
  itu adalah bonus. Yang paling utama, kita taat dulu. Semoga ketaatan
  kita dilihat oleh Tuhan. Amin.min min..

Wahh kepanjanagn ya..tapi smoga berkenan ,Thx

Salam GBU
June 16, 2011, 04:18:16 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3694
soal duit memang ga ada ujung nya ;D
June 16, 2011, 04:53:43 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
soal duit memang ga ada ujung nya ;D

HAHAHAHA.. BENER BANGET TUH BROO..!! WLAUPUN  padahal pecahan cemban aja dari ujung ke ujung duit itu paling banter ..15 cm X ya..??
June 16, 2011, 08:32:49 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2025
  • Gender: Female
  • Pujilah YAHWEH, hai jiwaku. Haleluyah
  • Denominasi: Penyembah YHWH & Mesianik
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan sukarela dan sukacita.
Dan bangsa-bangsa itu akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, demikianlah Firman Tuhan YAHWEH
June 16, 2011, 09:12:11 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5554
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan sukarela dan sukacita.

Tuhan memberkati kita bukan krn kita memberi perpuluhan..  :happy0062:
saya juga berpikir sebaiknya perpuluhan itu tidak dibebankan kpd jemaat, krn semua hukum Taurat telah digenapi oleh Yesus Kristus di kayu salib. sdh sewajarnya semua gereja tidak mengungkit masalah perpuluhan lagi, apalagi disertai ancaman tidak diberkati atau bisa kena hukuman.

janganlah yg sdh mengerti masih mengenakan kuk kpd jemaat yg belum mengerti, krn itu merupakan kekejian bagi Tuhan. seharusnya jelaskan apa adanya, yaitu memberi dgn kasih kpd Tuhan dan utk pembiayaan pekerja serta membantu pengembangan gereja. kejujuran adalah perbuatan benar di mata Tuhan..  :afro:

semoga semua hamba Tuhan pengikut Tuhan YESUS KRISTUS yg sejati, melakukan yg benar bagi kemuliaan Allah Bapa.  :happy0025:
Efesus 1:2.  Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
June 16, 2011, 10:58:42 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4540
  • Gender: Male
  • Stella-Maris---Living-It-Up
  • Denominasi: the origin of Church
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan sukarela dan sukacita.

Tuhan memberkati kita bukan krn kita memberi perpuluhan..  :happy0062:
saya juga berpikir sebaiknya perpuluhan itu tidak dibebankan kpd jemaat, krn semua hukum Taurat telah digenapi oleh YESUS KRISTUS di kayu salib. sdh sewajarnya semua gereja tidak mengungkit masalah perpuluhan lagi, apalagi disertai ancaman tidak diberkati atau bisa kena hukuman.

janganlah yg sdh mengerti masih mengenakan kuk kpd jemaat yg belum mengerti, krn itu merupakan kekejian bagi Tuhan. seharusnya jelaskan apa adanya, yaitu memberi dgn kasih kpd Tuhan dan utk pembiayaan pekerja serta membantu pengembangan gereja. kejujuran adalah perbuatan benar di mata Tuhan..  :afro:

semoga semua hamba Tuhan pengikut Tuhan YESUS KRISTUS yg sejati, melakukan yg benar bagi kemuliaan Allah Bapa.  :happy0025:
bener bgt nih mas dono.. :)  :afro:

memberi harus dengan kasih alias rela, tulus, alias ikhlas.. nah kalau yg namanya iklhlas, tulus, atau kasih ditentuin kok kayaknya jadi aneh..

"mohon sumbangan seiklasnya ya.. 10%!" iklas kok ditentuin? suka2 gue donk.. nah disinilah tuhan lihat hati... 10 % yg ga ikhlas/tulus, sama 10% atau 50% atau 1% dengan iklas dan tulus kira2 bagus mana?
“…jadilah pendosa, dan biarkan dosa2mu menjadi kuat. Tapi biarkan kepercayaanmu akan Kristus lebih kuat. Tidak ada dosa yg dapat memisahkan kita dariNya, sekalipun jika kita melakukan pembunuhan dan perzinahan ribuan kali sehari..." (SolaFide by Luther)
June 16, 2011, 11:00:28 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4540
  • Gender: Male
  • Stella-Maris---Living-It-Up
  • Denominasi: the origin of Church
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan sukarela dan sukacita.
sukarela kok sepuluh persen mbak? bukannya maksa tuh namanya? kalau saya mau 50% gimana? atau kalau saya sukarelanya 1% saja boleh? hehehe...
“…jadilah pendosa, dan biarkan dosa2mu menjadi kuat. Tapi biarkan kepercayaanmu akan Kristus lebih kuat. Tidak ada dosa yg dapat memisahkan kita dariNya, sekalipun jika kita melakukan pembunuhan dan perzinahan ribuan kali sehari..." (SolaFide by Luther)
June 17, 2011, 02:55:08 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1845


Karena boleh dikata anda memandang Persepuluhan tsb anda pandang sebelah mata saja alias sudah meremehkannya samasekali, Hal ini karena anda menganggap masalah "persepuluhan " tsb hanyalah menyangkut / berhubungan dengan soal materi belaka. Sehingga anda merenung dan membuat stetmen seperti ini : ( saya copas saja ya )


 [I/quote]

Han: sebenarnya bukan meremehkan tapi didalam Perjanjian Baru (ajaran Jesus) Jelas jelas dikatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman Yohanes Lukas 16:16a diteguhkan lagi secara lebih detail dalam
Efesus: 2
2:15a sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA

karena perpuluhan termasuk dalam hukum Taurat (ajaran musa )maka secara otomatis
ikut terbatalkan

 Tetapi  kalau ada yang menghidupkan kembali hukum taurat (termasuk didalamnya perpuluhan ) dizaman ini dan hidup dibawah ketentuannya (wajib  ) maka menurut Perjanjian baru
Roma  2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di BAWAH HUKUM TAURAT akan dihakimi oleh HUKUM TAURAT.

Roma  3
3:19. Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab TAURAT
 ditujukan kepada mereka yang hidup di BAWAH HUKUM TAURAT,

Dan yang terpenting adalah:
Galatia  3
3:10a Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk.
PERTANYAANNYA (untuk direnungkan )
maukah kita hidup dibawah kutuk lagi padahal segala kutuk telah dibayar oleh darah Yesus yang mahal  ???

memang pijakan Ayat berbeda ada pilihan:
1) Ayat Perjanjian Baru (ajaran Jesus dan murid muridnya)
2)Ayat Perjanjian lama (ajaran musa dan nabi nabi) atau kitab paranabi yang menurut PB berlaku sampai zaman (angkatan ) Yohanes

Silahkan pilih sendiri mau yang mana.?????

Wahh.. tidak terasa sudah panjang tulisan ini
biarlah untuk  point 1 -7 nya sy bahas pada kesempatan mendatang


Tuhan memberkati
GBU

Han


TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)