Author Topic: ATURAN PERPULUHAN  (Read 28960 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 17, 2011, 03:10:38 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5554
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan sukarela dan sukacita.

Tuhan memberkati kita bukan krn kita memberi perpuluhan..  :happy0062:
saya juga berpikir sebaiknya perpuluhan itu tidak dibebankan kpd jemaat, krn semua hukum Taurat telah digenapi oleh YESUS KRISTUS di kayu salib. sdh sewajarnya semua gereja tidak mengungkit masalah perpuluhan lagi, apalagi disertai ancaman tidak diberkati atau bisa kena hukuman.

janganlah yg sdh mengerti masih mengenakan kuk kpd jemaat yg belum mengerti, krn itu merupakan kekejian bagi Tuhan. seharusnya jelaskan apa adanya, yaitu memberi dgn kasih kpd Tuhan dan utk pembiayaan pekerja serta membantu pengembangan gereja. kejujuran adalah perbuatan benar di mata Tuhan..  :afro:

semoga semua hamba Tuhan pengikut Tuhan YESUS KRISTUS yg sejati, melakukan yg benar bagi kemuliaan Allah Bapa.  :happy0025:
bener bgt nih mas dono.. :)  :afro:

memberi harus dengan kasih alias rela, tulus, alias ikhlas.. nah kalau yg namanya iklhlas, tulus, atau kasih ditentuin kok kayaknya jadi aneh..

"mohon sumbangan seiklasnya ya.. 10%!" iklas kok ditentuin? suka2 gue donk.. nah disinilah tuhan lihat hati... 10 % yg ga ikhlas/tulus, sama 10% atau 50% atau 1% dengan iklas dan tulus kira2 bagus mana?

ya..saya setuju dgn anda fren..  :afro:
para pengikut Yesus tidak hidup dibawah hukum Taurat lagi.. berilah sesuai kemampuan dan kerelaan hati kita, bukan krn ada kuk hukum Taurat.  :happy0025:
Efesus 1:2.  Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
June 17, 2011, 03:44:59 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
[quote
 author=ond32lumut link=topic=37484.msg464358#msg464358 date=1308239922]
Quote from: don silver link=topic=37484.msg464325#msg464325
date=1308233531
Quote from: endang123456789 link=topic=37484.msg464319#msg464319
date=1308231169
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan
 sukarela dan sukacita.

Tuhan memberkati kita bukan krn kita memberi perpuluhan..  :happy0062:
saya juga berpikir sebaiknya perpuluhan itu tidak dibebankan kpd jemaat,
 krn semua hukum Taurat telah digenapi oleh YESUS KRISTUS di kayu salib.
 sdh sewajarnya semua gereja tidak mengungkit masalah perpuluhan lagi,
apalagi disertai ancaman tidak diberkati atau bisa kena hukuman.

janganlah yg sdh mengerti masih mengenakan kuk kpd jemaat yg belum
mengerti, krn itu merupakan kekejian bagi Tuhan. seharusnya jelaskan apa
 adanya, yaitu memberi dgn kasih kpd Tuhan dan utk pembiayaan pekerja
serta membantu pengembangan gereja. kejujuran adalah perbuatan benar di
mata Tuhan..  :afro:

semoga semua hamba Tuhan pengikut Tuhan YESUS KRISTUS yg sejati,
melakukan yg benar bagi kemuliaan Allah Bapa.  :happy0025:
bener bgt nih mas dono.. :)  :afro:

memberi harus dengan kasih alias rela, tulus, alias ikhlas.. nah kalau
yg namanya iklhlas, tulus, atau kasih ditentuin kok kayaknya jadi aneh..

"mohon sumbangan seiklasnya ya.. 10%!" iklas kok ditentuin? suka2 gue
donk.. nah disinilah tuhan lihat hati... 10 % yg ga ikhlas/tulus, sama
10% atau 50% atau 1% dengan iklas dan tulus kira2 bagus mana?
[/quote]

Sudah diatur Tuhan kok mau menawar sih...?? hehehh jka mau menawar  dng
alasan apapun kehendak Tuhan..ya masih hidup dalam kedagingan namanya
BRoo..!!! Masa berdagang dengan Tuhan sih..?? Kalua masih punya sifat
berdagang berarti Menjadi Kristen BUKAN KLARENA MELIHAT
TYK tetapi hanya melihat berkatNYA saja..Itu sesat namanya.
June 17, 2011, 06:42:57 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389


Karena boleh dikata anda memandang Persepuluhan tsb anda pandang sebelah mata saja alias sudah meremehkannya samasekali, Hal ini karena anda menganggap masalah "persepuluhan " tsb hanyalah menyangkut / berhubungan dengan soal materi belaka. Sehingga anda merenung dan membuat stetmen seperti ini : ( saya copas saja ya )


 [I/quote]

Han: sebenarnya bukan meremehkan tapi didalam Perjanjian Baru (ajaran JESUS) Jelas jelas dikatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman Yohanes Lukas 16:16a diteguhkan lagi secara lebih detail dalam
Efesus: 2
2:15a sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA

karena perpuluhan termasuk dalam hukum Taurat (ajaran musa )maka secara otomatis
ikut terbatalkan

 Tetapi  kalau ada yang menghidupkan kembali hukum taurat (termasuk didalamnya perpuluhan ) dizaman ini dan hidup dibawah ketentuannya (wajib  ) maka menurut Perjanjian baru
Roma  2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di BAWAH HUKUM TAURAT akan dihakimi oleh HUKUM TAURAT.

Roma  3
3:19. Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab TAURAT
 ditujukan kepada mereka yang hidup di BAWAH HUKUM TAURAT,

Dan yang terpenting adalah:
Galatia  3
3:10a Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk.
PERTANYAANNYA (untuk direnungkan )
maukah kita hidup dibawah kutuk lagi padahal segala kutuk telah dibayar oleh darah YESUS yang mahal  ???

memang pijakan Ayat berbeda ada pilihan:
1) Ayat Perjanjian Baru (ajaran JESUS dan murid muridnya)
2)Ayat Perjanjian lama (ajaran musa dan nabi nabi) atau kitab paranabi yang menurut PB berlaku sampai zaman (angkatan ) Yohanes

Silahkan pilih sendiri mau yang mana.?????

Wahh.. tidak terasa sudah panjang tulisan ini
biarlah untuk  point 1 -7 nya sy bahas pada kesempatan mendatang


Tuhan memberkati
GBU

Han




@Han ha...

Membaca dan mencermati post andi di atas ini...?? aneh bagi saya..
Kenapa ayat ayat yanganda tampilkan tsb..?? mulai dari Efesus 2, Lukas 16, Matius 23 , Roma 2, Roma 3...SEMUA NYA ITU ANDA PELINTIR SEDEMIKAN RUPA ARTI DAN MAKNA yang sebenarnya dari Cerita Alkitab .?

Sehingga mendistorsikan maksud yang sebenarnya dari Firman Tuhan itu..??
Dengan salahnya anda mengartikan setiap ayat itu, sangat serius dampaknya bagi rekan rekan yang "mungkin" masih belum paham  (kabur ) mengenai perpuluhan ini.

Jadi yang menurut saya, kesalahan menerjemahkan arti ayat-ayat yang anda (@han ,,) sudah tampilkan dsini ,akan saya luruskan pengertiannya seperti ayat :

1).Efesus 2 : 15, ..pada dasarnya makna ayat ini bukan membatalkan
                          Hukum Taurat sama sekali, secara keseluruhan, tetapi pada ketentuan dan ketetapan yang ada dihukum taurat tsb tdak menjadi penghalang lagi orang Yahudi dan bukan Yahudi dapat mengenal Allanya, dikarenakan jalan pengenallan melalui Percaya Kepada TYK. jadi disini lah salah satu poinnya bahwa Hukum Taurat digenapi oleh Injil Kristus ( Pb ).

2).Lukas 16 : 16-17...Pada dasarnya Kitab Taurat Musa dan Kitab Nabi
                             nabi..berhenti setelah Munculnya Yohanes, berharti disini setiap umat Tuhan harus melihat dan mengikuti ajaran Khabar Baik Injil Kristus..Namun Taurat Musa masih berlaku sebagai materi pengajaran mengenai prilaku moral yang baik dan berguna jika umat tsb mau berjalan disisi Allah dan di ayat 17 tidak dibatalkan barang senoktah pun. dst.dstnya. Kan pada zaman TYK hiduppun saat memberi pengajaran di sinagogasina goga..Beliau pake kitab sabtuaginta..kemudian membahas kitab nabi yang lainnya pula..!! Berarti TYK pun menggunakan Taurat Musa...EEEhhh bagaiman orang Kristen sekarang ( seperti kamu berkata dng lantangnya tidak usah lagi pake Taurat Musa..)..Mkanya tolong baca lagi Alkitabnya ya..heheh

3). Roma 2 : 12-15....Pada dasarnya semua orang tau akan isi Hukum
                             Taurat..( seperti kita jug sekarang )..dan bukan karena hal mengetahui kita di Benarkan Dihadapan Allah, tetapi karena melakukan Hukum Taurat itulah kita Dibenarkan Allah..Artinya apa disini..??
Artinya bahwa isi hukum tAURAT ITULAH YANG MENGAJARI UMAT segala moral dan tabiat manusia yang mendatangkan dosa tapi tidak mengajarkan solusinya, Nah dng adanya TYK MAKA HUKUM itu ada solusinya supaya orang tidak jatuh dalam dosa..Disini pulalah point penggenapan Taurat oleh Khabarbaik INJIL kristus. Misaknya hal berzinah.., kalau di Taurat adalah hubungan sex antara pria dan wanita, tapi setelah digenapi pengertian dari Injil..?? waktu pria terbangkit nafsu birahinya saj asaat memandang wanita..sudah dikatakan berbuat zinah..walaupun masih dalam bathin sanubarinya..padahal belum sampai di point actionnya kan..??

Roma 3 : 2o-23..Pada dasarnya menjadi penjelasan kepada umat manusia baik orang yahudi maupun bukan yahudi, bahwa melakukan hukum Taurat pun belum cukup, Kalau tidak adanya Iman YANG DIKARUNIAI OLEH Allah. dalam NAMA ANAKNYA YANG TUNGAL yaittu TYK.

Nahh..untuk ayat ayat selanjutnya yang kamu tampilkan disini ( yng kamu post tsb ) tolong kamu koreksi sendiri pemaknaanya yang benar. Jnagan hanya diiinisiativ kan saja sebagai pijakan ayat untuk hanya bertujuan menyingkirkan konsep perpuluhan di zaman umat perjanjian baru ini.
Padahal pengambilan ayat tidak sesuai makna arti sebenarnya dalam hal mau mendiskreditkan pemahaman bahwa TAURAT MUSA (PL) tidak perlu lagi dalam pengajaran umat Perjanjian baru ini...?? Wow...itu pengajaran yang salah dari BAPA BAPA gEREJA kalian....@Han...!!

Ayat MALAIKHI 3 : 10..ADALAH sbag dasar bagi umat Tuhan yang benar benar percaya kepad TYK..yang mengajar prinsip "KASIH" kepada muridnya untuk tetap menjalankan PERPULUHAN tsb, seperti dibuktikan pada sejarah gereja mula mula....Jika ada lasan lain sampai tidak melakukan perpuluhan dng alasan yang ada dan di buat buat dng cara memelintir arti dan makna sebenarnya dari ayat-ayat Firman Tuhan dalam Alktab..?? Ya itu sudah tanggung jawab mereka sendirilah terhadap Allah.
Yang penting maksud seperti itu bukan untuk membohongi Allah Nya sendiri, karena pikirannnya terlalu terpaku / berorientasi pada segi materalistis saja..khususnya  uang tok. Karena PERPULUHAN  DIPANDANG SEBAGAI MASALAH UANG DOANG ..SEPERTI PANDANGAN BROO@RUSDINECH..HHEHEH..PEACE..PEACE..??

Salam GBU
June 19, 2011, 02:12:25 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11426
  • Gender: Male
  • Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt
Ul. 26:12   "Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.

rupanya sebagian persembahan perpuluhan memang untuk orang2 kekurangan Ini diatur Tuhan sendiri.
Silahkan dibahas :D
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi
June 19, 2011, 03:06:47 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4540
  • Gender: Male
  • Stella-Maris---Living-It-Up
  • Denominasi: the origin of Church
Quote from: don silver link=topic=37484.msg464325#msg464325
date=1308233531
Quote from: endang123456789 link=topic=37484.msg464319#msg464319
date=1308231169
Memang TUHAN kita tidak membutuhkan uang.

Justru TUHAN lah yang ingin memberkati kita lewat cara Perpuluhan dengan
 sukarela dan sukacita.

Tuhan memberkati kita bukan krn kita memberi perpuluhan..  :happy0062:
saya juga berpikir sebaiknya perpuluhan itu tidak dibebankan kpd jemaat,
 krn semua hukum Taurat telah digenapi oleh YESUS KRISTUS di kayu salib.
 sdh sewajarnya semua gereja tidak mengungkit masalah perpuluhan lagi,
apalagi disertai ancaman tidak diberkati atau bisa kena hukuman.

janganlah yg sdh mengerti masih mengenakan kuk kpd jemaat yg belum
mengerti, krn itu merupakan kekejian bagi Tuhan. seharusnya jelaskan apa
 adanya, yaitu memberi dgn kasih kpd Tuhan dan utk pembiayaan pekerja
serta membantu pengembangan gereja. kejujuran adalah perbuatan benar di
mata Tuhan..  :afro:

semoga semua hamba Tuhan pengikut Tuhan YESUS KRISTUS yg sejati,
melakukan yg benar bagi kemuliaan Allah Bapa.  :happy0025:
bener bgt nih mas dono.. :)  :afro:

memberi harus dengan kasih alias rela, tulus, alias ikhlas.. nah kalau
yg namanya iklhlas, tulus, atau kasih ditentuin kok kayaknya jadi aneh..

"mohon sumbangan seiklasnya ya.. 10%!" iklas kok ditentuin? suka2 gue
donk.. nah disinilah tuhan lihat hati... 10 % yg ga ikhlas/tulus, sama
10% atau 50% atau 1% dengan iklas dan tulus kira2 bagus mana?

Sudah diatur Tuhan kok mau menawar sih...?? hehehh jka mau menawar  dng
alasan apapun kehendak Tuhan..ya masih hidup dalam kedagingan namanya
BRoo..!!! Masa berdagang dengan Tuhan sih..?? Kalua masih punya sifat
berdagang berarti Menjadi Kristen BUKAN KLARENA MELIHAT
TYK tetapi hanya melihat berkatNYA saja..Itu sesat namanya.

kalau tulus menurut saya ga ada batasan 10%

salam bro purba...
Perpuluhan itu aturan taurat (PL)

saya ingin tau bagaimana anda menginterpretasikan ayat2 ini:

Roma 6:14   Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.

Roma 6:15   Jadi bagaimana? Apakah kita akan berbuat dosa, karena kita tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia? Sekali-kali tidak!

Roma 13:10   Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Galatia 2:21   Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian KRISTUS.

Galatia 3:18   Sebab, jikalau apa yang ditentukan Allah berasal dari hukum Taurat, ia tidak berasal dari janji; tetapi justru oleh janjilah Allah telah menganugerahkan kasih karunia-Nya kepada Abraham.

Galatia 5:4   Kamu lepas dari KRISTUS, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Galatia 5:14   Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!"


bagi saya kosepsi taurat dan PB adalah:

Kisah- kisah Perjanjian Lama (PL) tidak terlepas dari Perjanjian Baru (PB), dan cara memahaminya, adalah dengan melihatnya dalam konteks keseluruhan rencana keselamatan. Nah, keseluruhan rencana keselamatan Allah ini memang disingkapkan secara bertahap. Penyingkapan bertahap inilah yang di dalam Teologi disebut sebagai divine pedagogy (“kebijaksanaan mendidik” ilahi/ cara Tuhan mendidik [manusia])

Analoginya, Allah mendidik manusia, seperti orang tua mendidik anaknya. Di masa kanak- kanak lebih digunakan disiplin (yang umumnya melibatkan hukuman- hukuman), sedangkan semakin anak bertumbuh dewasa, lebih ditekankan aspek pengertian dan tanggungjawab. Pada saat kanak- kanak, tuntutan untuk kesempurnaan perbuatan baik juga tidak setinggi jika anak itu sudah menjadi dewasa.

misal(contoh kasus):

pada masa itu poligami belum secara eksplisit dilarang dalam hukum Taurat; ataupun perceraian dapat diberikan menurut hukum Taurat Musa, karena ketegaran hati orang- orang pada saat itu (lih. Mat 19:8, Mrk 10:5). Namun dalam PB, Tuhan YESUS meluruskan ajaran tersebut, agar sesuai dengan kehendak Allah sejak awal mula, yaitu tentang perkawinan antara seorang pria dan seorang wanita, yang sifatnya eksklusif (monogami) dan tak terceraikan (lih. Mat 19:5-6; Mrk 10:6-9),

kasus diatas menurut saya tidak beda dengan kasus perpuluhan.. so, bagiamana menurut anda.. :)

« Last Edit: June 19, 2011, 03:14:29 PM by ond32lumut »
“…jadilah pendosa, dan biarkan dosa2mu menjadi kuat. Tapi biarkan kepercayaanmu akan Kristus lebih kuat. Tidak ada dosa yg dapat memisahkan kita dariNya, sekalipun jika kita melakukan pembunuhan dan perzinahan ribuan kali sehari..." (SolaFide by Luther)
June 19, 2011, 05:19:01 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1845
=SHIPIROZ PURBA  menulis:
membaca dan mencermati post andi di atas ini...?? aneh bagi saya..
Kenapa ayat ayat yanganda tampilkan tsb..?? mulai dari Efesus 2, Lukas 16, Matius 23 , Roma 2, Roma 3...SEMUA NYA ITU ANDA
PELINTIR SEDEMIKAN RUPA ARTI DAN MAKNA yang
sebenarnya dari Cerita Alkitab .?


Han menjawab:
Ayat ayat itu sebenarnya saling meneguhkan
misalya ayat dalam lukas 16:16 dikatakan bahwa hukum taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman/angkatan Yohanes. 

diteguhkan secara lebih spesifik lagi didalam efesus 2:15 bahwa sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya
jadi dalam hal perpuluhan   yang dimaksud dengan Perintah ialah hal Wajib/ harus
soal  ketentuan bicara peraturannya, berapa persen, untuk apa, untuk siapa.dan juklaknya.
dimana saya memelintir ayat   ???

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Sehingga mendistorsikan maksud yang sebenarnya dari Firman Tuhan itu..??
Dengan salahnya anda mengartikan setiap ayat itu, sangat serius dampaknya bagi rekan rekan yang "mungkin" masih belum paham  (kabur ) mengenai perpuluhan ini.


Han menjawab :
justru:saya tidak ingin umat Kristen pengikut Kristus meng"imani"lagi segala kutuk (termasuk kutuk belalang pelahap) yang telah ditanggung Yesus dengan darahnya yang mahal
Padahal Inti Sari ke"Kristenan "adalah penanggungan/penebusan oleh yesus Kristus di kayu salib
dan juga apa yang saya share ini juga merupakan perimbangan dari doktrin searah (kotbah) yang masih mengimani kutuk

bahaya dari pengimanan kutuk adalah :
Matius  9:29 Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu."



-----------Sekali lagi saya menyerukan : SEGALA KUTUK TELAH

DITANGGUNG JESUS DIKAYU SALIB  !!!!!.


Oh , betapa baiknya Engkau Jesus yang telah Rela menanggalkan kesetaraan dengan bapa untuk menebus dosa manusia.
Terima kasih Yesus kau  telah membebaskan kami dari perbudakan kutuk.


=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Jadi yang menurut saya, kesalahan menerjemahkan arti ayat-ayat yang anda (@han ,,) sudah tampilkan dsini ,akan saya luruskan pengertiannya seperti ayat :

1).Efesus 2 : 15, ..pada dasarnya makna ayat ini bukan membatalkan     Hukum Taurat sama sekali, secara keseluruhan, tetapi pada ketentuan dan ketetapan yang ada dihukum taurat tsb tdak menjadi penghalang lagi orang Yahudi dan bukan Yahudi dapat mengenal Allanya, dikarenakan jalan pengenallan melalui Percaya Kepada TYK. jadi disini lah salah satu poinnya bahwa Hukum Taurat digenapi oleh Injil KRISTUS ( Pb ).


Han menjawab sebenarnya yang melintir ayat siapa  ??
di efesus tidak ada kata "sebagian" yang dibatalkan .
sebetulnya mengenai perpuluhan simple ajalah :perpuluhan termasuk hukum taurat bukan  ???kalau hukum taurat (biangnya) batal masa sub nya engga batal ???
.padahal jelas "PERINTAH dan KETENTUANNYA"


=SHIPIROZ PURBA  menulis:
2).Lukas 16 : 16-17...Pada dasarnya Kitab Taurat Musa dan Kitab nabi  nabi..berhenti setelah Munculnya Yohanes, berharti disini setiap umat Tuhan harus melihat dan mengikuti ajaran Khabar Baik Injil KRISTUS..Namun Taurat Musa masih berlaku sebagai materi pengajaran mengenai prilaku moral yang baik dan berguna jika umat tsb mau berjalan disisi Allah

Han menjawab: apa engga dipelintir, berlaku menjadi berhenti  ??

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
 di ayat 17 tidak dibatalkan barang senoktah pun. dst.dstnya. Kan pada zaman TYK hiduppun saat memberi pengajaran di sinagogasina goga..Beliau pake kitab sabtuaginta..kemudian membahas kitab nabi yang lainnya pula..!! Berarti TYK pun menggunakan Taurat Musa...EEEhhh bagaiman orang Kristen sekarang ( seperti kamu berkata dng lantangnya tidak usah lagi pake Taurat Musa..)..Mkanya tolong baca lagi Alkitabnya

ya..heheh


Han menjawab :
Tolong baca lagi juga tapi dengan seksama efesus2:15a
(lagi lagi efesus ini, tapi jangan bosan ya :-)
 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA

ada yang tersembunyi bagi anda   ???
atau baca lagi lukas 16:16a! masihkah anda belum paham maksud saya  ??
Ya, pada waktu yesus mengajar ,yesus BELUM MATI di kayu salib ,maka pada waktu itu hukum taurat masih berlaku, ya Yesus juga wajib membayar perpuluhan (walaupun sebenarnya tidak wajib  bagi sang anak )(mat 17:24-25)

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
3). Roma 2 : 12-15....Pada dasarnya semua orang tau akan isi
Hukum              Taurat..( seperti kita jug sekarang )..dan bukan karena hal mengetahui kita di benarkan Dihadapan Allah, tetapi karena melakukan Hukum Taurat itulah kita Dibenarkan Allah..Artinya apa disini..??
Artinya bahwa isi hukum tAURAT ITULAH YANG MENGAJARI UMAT segala moral dan tabiat manusia yang mendatangkan dosa
tapi tidak mengajarkan solusinya, Nah dng adanya TYK MAKA HUKUM itu ada solusinya supaya orang tidak jatuh dalam dosa..Disini pulalah point penggenapan Taurat oleh Khabarbaik INJIL KRISTUS. Misaknya hal berzinah.., kalau di Taurat adalah hubungan sex antara pria dan wanita, tapi setelah digenapi pengertian dari Injil..?? waktu pria terbangkit nafsu birahinya saj asaat memandang wanita..sudah dikatakan berbuat zinah..walaupun masih dalam bathin sanubarinya..padahal belum
sampai di point actionnya kan..??


Han menjawab: pada zaman sebelum yohanes melakukan taurat dibenarkan Allah karena benar pada zamannya.
 tetapi pada zaman sekarang setalah kita tahu bahwa Hukum Taurat sudah tidak berlaku lagi. apalagi Saya tidak mau men SIA=SiA _kan kematian kristus yang telah membatalkan hukum taurat
dan juga TIDAK MAU LEPAS DARI KRISTUS

Galatia 2:21   Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian KRISTUS.

Galatia 5:4   Kamu lepas dari KRISTUS, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.


=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Roma 3 : 2o-23..Pada dasarnya menjadi penjelasan kepada umat manusia baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi, bahwa melakukan hukum Taurat pun belum cukup, Kalau tidak adanya Iman YANG DIKARUNIAI OLEH Allah. dalam NAMA ANAKNYA YANG TUNGAL yaittu TYK.

Nahh..untuk ayat ayat selanjutnya yang kamu tampilkan disini ( yng kamu post tsb ) tolong kamu koreksi sendiri pemaknaanya yang benar. Jnagan hanya diiinisiativ kan saja sebagai pijakan ayat untuk hanya bertujuan menyingkirkan konsep perpuluhan di
zaman umat perjanjian baru ini.
Padahal pengambilan ayat tidak sesuai makna arti sebenarnya dalam hal mau mendiskreditkan pemahaman bahwa TAURAT MUSA (PL) tidak perlu lagi dalam pengajaran umat Perjanjian baru ini...?? Wow...itu pengajaran yang salah dari BAPA BAPA gEREJA kalian....@Han...!!


@Han menulis:
apayang harus dikoreksi  ???
 bapa gereja saya adalah Yesus kristus / Rohkudus (bukan roh musa ataupun roh malaekhi )yang tinggal dalam saya.
I Korintus  3
3:16. Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Ayat MALAIKHI 3 : 10..ADALAH sbag dasar bagi umat Tuhan yang benar benar percaya kepad TYK..yang mengajar prinsip "KASIH" kepada muridnya untuk tetap menjalankan
PERPULUHAN tsb, seperti dibuktikan pada sejarah gereja mula mula....Jika ada lasan lain sampai tidak melakukan perpuluhan dng alasan yang ada dan di buat buat dng cara memelintir arti dan makna sebenarnya dari ayat-ayat Firman Tuhan dalam
Alktab..?? Ya itu sudah tanggung jawab mereka sendirilah terhadap Allah.
Yang penting maksud seperti itu bukan untuk membohongi Allah Nya sendiri, karena pikirannnya terlalu terpaku / berorientasi pada segi materalistis saja..khususnya  uang tok. Karena PERPULUHAN  DIPANDANG SEBAGAI MASALAH UANG DOANG ..SEPERTI PANDANGAN BROO@RUSDINECH..HHEHEH..PEACE..PEACE..??


Han menjawab  mungkin yang ini ditujukan buat BROO@RUSDINECH
saya persilahkan, monggo bro Rusdinech

Bagian saya yang juga ttg Malaekhi saya post pada kesempatan berikut sekalian dengan 7 point yang belum saya jawab.

Salam
GBU
Han
TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB
June 19, 2011, 07:15:55 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3649
Ul. 26:12   "Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.

rupanya sebagian persembahan perpuluhan memang untuk orang2 kekurangan Ini diatur Tuhan sendiri.
Silahkan dibahas :D

bagaimana kalo memang ada gereja yang benar2 melakukannya?
DON'T BE A RELIGION AND (OR) DOCTRINE ADDICT!!!!!


BE A CHRIST-FOLLOWER instead



by: Orang Tua ;D
June 20, 2011, 10:30:28 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11426
  • Gender: Male
  • Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt
Ul. 26:12   "Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.
rupanya sebagian persembahan perpuluhan memang untuk orang2 kekurangan Ini diatur Tuhan sendiri.
Silahkan dibahas :D
bagaimana kalo memang ada gereja yang benar2 melakukannya?
Goodlah... :)
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi
June 20, 2011, 03:14:30 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
=SHIPIROZ PURBA  menulis:
membaca dan mencermati post andi di atas ini...?? aneh bagi saya..
Kenapa ayat ayat yanganda tampilkan tsb..?? mulai dari Efesus 2, Lukas 16, Matius 23 , Roma 2, Roma 3...SEMUA NYA ITU ANDA
PELINTIR SEDEMIKAN RUPA ARTI DAN MAKNA yang
sebenarnya dari Cerita Alkitab .?


Han menjawab:
Ayat ayat itu sebenarnya saling meneguhkan
misalya ayat dalam lukas 16:16 dikatakan bahwa hukum taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman/angkatan Yohanes. 

diteguhkan secara lebih spesifik lagi didalam efesus 2:15 bahwa sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya
jadi dalam hal perpuluhan   yang dimaksud dengan Perintah ialah hal Wajib/ harus
soal  ketentuan bicara peraturannya, berapa persen, untuk apa, untuk siapa.dan juklaknya.
dimana saya memelintir ayat   ???

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Sehingga mendistorsikan maksud yang sebenarnya dari Firman Tuhan itu..??
Dengan salahnya anda mengartikan setiap ayat itu, sangat serius dampaknya bagi rekan rekan yang "mungkin" masih belum paham  (kabur ) mengenai perpuluhan ini.


Han menjawab :
justru:saya tidak ingin umat Kristen pengikut KRISTUS meng"imani"lagi segala kutuk (termasuk kutuk belalang pelahap) yang telah ditanggung YESUS dengan darahnya yang mahal
Padahal Inti Sari ke"Kristenan "adalah penanggungan/penebusan oleh YESUS KRISTUS di kayu salib
dan juga apa yang saya share ini juga merupakan perimbangan dari doktrin searah (kotbah) yang masih mengimani kutuk

bahaya dari pengimanan kutuk adalah :
Matius  9:29 Lalu YESUS menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu."



-----------Sekali lagi saya menyerukan : SEGALA KUTUK TELAH

DITANGGUNG JESUS DIKAYU SALIB  !!!!!.


Oh , betapa baiknya Engkau JESUS yang telah Rela menanggalkan kesetaraan dengan bapa untuk menebus dosa manusia.
Terima kasih YESUS kau  telah membebaskan kami dari perbudakan kutuk.


=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Jadi yang menurut saya, kesalahan menerjemahkan arti ayat-ayat yang anda (@han ,,) sudah tampilkan dsini ,akan saya luruskan pengertiannya seperti ayat :

1).Efesus 2 : 15, ..pada dasarnya makna ayat ini bukan membatalkan     Hukum Taurat sama sekali, secara keseluruhan, tetapi pada ketentuan dan ketetapan yang ada dihukum taurat tsb tdak menjadi penghalang lagi orang Yahudi dan bukan Yahudi dapat mengenal Allanya, dikarenakan jalan pengenallan melalui Percaya Kepada TYK. jadi disini lah salah satu poinnya bahwa Hukum Taurat digenapi oleh Injil KRISTUS ( Pb ).


Han menjawab sebenarnya yang melintir ayat siapa  ??
di efesus tidak ada kata "sebagian" yang dibatalkan .
sebetulnya mengenai perpuluhan simple ajalah :perpuluhan termasuk hukum taurat bukan  ???kalau hukum taurat (biangnya) batal masa sub nya engga batal ???
.padahal jelas "PERINTAH dan KETENTUANNYA"


=SHIPIROZ PURBA  menulis:
2).Lukas 16 : 16-17...Pada dasarnya Kitab Taurat Musa dan Kitab nabi  nabi..berhenti setelah Munculnya Yohanes, berharti disini setiap umat Tuhan harus melihat dan mengikuti ajaran Khabar Baik Injil KRISTUS..Namun Taurat Musa masih berlaku sebagai materi pengajaran mengenai prilaku moral yang baik dan berguna jika umat tsb mau berjalan disisi Allah

Han menjawab: apa engga dipelintir, berlaku menjadi berhenti  ??

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
 di ayat 17 tidak dibatalkan barang senoktah pun. dst.dstnya. Kan pada zaman TYK hiduppun saat memberi pengajaran di sinagogasina goga..Beliau pake kitab sabtuaginta..kemudian membahas kitab nabi yang lainnya pula..!! Berarti TYK pun menggunakan Taurat Musa...EEEhhh bagaiman orang Kristen sekarang ( seperti kamu berkata dng lantangnya tidak usah lagi pake Taurat Musa..)..Mkanya tolong baca lagi Alkitabnya

ya..heheh


Han menjawab :
Tolong baca lagi juga tapi dengan seksama efesus2:15a
(lagi lagi efesus ini, tapi jangan bosan ya :-)
 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan HUKUM TAURAT dengan SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA

ada yang tersembunyi bagi anda   ???
atau baca lagi lukas 16:16a! masihkah anda belum paham maksud saya  ??
Ya, pada waktu YESUS mengajar ,YESUS BELUM MATI di kayu salib ,maka pada waktu itu hukum taurat masih berlaku, ya YESUS juga wajib membayar perpuluhan (walaupun sebenarnya tidak wajib  bagi sang anak )(mat 17:24-25)

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
3). Roma 2 : 12-15....Pada dasarnya semua orang tau akan isi
Hukum              Taurat..( seperti kita jug sekarang )..dan bukan karena hal mengetahui kita di benarkan Dihadapan Allah, tetapi karena melakukan Hukum Taurat itulah kita Dibenarkan Allah..Artinya apa disini..??
Artinya bahwa isi hukum tAURAT ITULAH YANG MENGAJARI UMAT segala moral dan tabiat manusia yang mendatangkan dosa
tapi tidak mengajarkan solusinya, Nah dng adanya TYK MAKA HUKUM itu ada solusinya supaya orang tidak jatuh dalam dosa..Disini pulalah point penggenapan Taurat oleh Khabarbaik INJIL KRISTUS. Misaknya hal berzinah.., kalau di Taurat adalah hubungan sex antara pria dan wanita, tapi setelah digenapi pengertian dari Injil..?? waktu pria terbangkit nafsu birahinya saj asaat memandang wanita..sudah dikatakan berbuat zinah..walaupun masih dalam bathin sanubarinya..padahal belum
sampai di point actionnya kan..??


Han menjawab: pada zaman sebelum Yohanes melakukan taurat dibenarkan Allah karena benar pada zamannya.
 tetapi pada zaman sekarang setalah kita tahu bahwa Hukum Taurat sudah tidak berlaku lagi. apalagi Saya tidak mau men SIA=SiA _kan kematian KRISTUS yang telah membatalkan hukum taurat
dan juga TIDAK MAU LEPAS DARI KRISTUS

Galatia 2:21   Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian KRISTUS.

Galatia 5:4   Kamu lepas dari KRISTUS, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.


=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Roma 3 : 2o-23..Pada dasarnya menjadi penjelasan kepada umat manusia baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi, bahwa melakukan hukum Taurat pun belum cukup, Kalau tidak adanya Iman YANG DIKARUNIAI OLEH Allah. dalam NAMA ANAKNYA YANG TUNGAL yaittu TYK.

Nahh..untuk ayat ayat selanjutnya yang kamu tampilkan disini ( yng kamu post tsb ) tolong kamu koreksi sendiri pemaknaanya yang benar. Jnagan hanya diiinisiativ kan saja sebagai pijakan ayat untuk hanya bertujuan menyingkirkan konsep perpuluhan di
zaman umat perjanjian baru ini.
Padahal pengambilan ayat tidak sesuai makna arti sebenarnya dalam hal mau mendiskreditkan pemahaman bahwa TAURAT MUSA (PL) tidak perlu lagi dalam pengajaran umat Perjanjian baru ini...?? Wow...itu pengajaran yang salah dari BAPA BAPA gEREJA kalian....@Han...!!


@Han menulis:
apayang harus dikoreksi  ???
 bapa gereja saya adalah YESUS KRISTUS / Rohkudus (bukan roh musa ataupun roh malaekhi )yang tinggal dalam saya.
I Korintus  3
3:16. Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

=SHIPIROZ PURBA  menulis:
Ayat MALAIKHI 3 : 10..ADALAH sbag dasar bagi umat Tuhan yang benar benar percaya kepad TYK..yang mengajar prinsip "KASIH" kepada muridnya untuk tetap menjalankan
PERPULUHAN tsb, seperti dibuktikan pada sejarah gereja mula mula....Jika ada lasan lain sampai tidak melakukan perpuluhan dng alasan yang ada dan di buat buat dng cara memelintir arti dan makna sebenarnya dari ayat-ayat Firman Tuhan dalam
Alktab..?? Ya itu sudah tanggung jawab mereka sendirilah terhadap Allah.
Yang penting maksud seperti itu bukan untuk membohongi Allah Nya sendiri, karena pikirannnya terlalu terpaku / berorientasi pada segi materalistis saja..khususnya  uang tok. Karena PERPULUHAN  DIPANDANG SEBAGAI MASALAH UANG DOANG ..SEPERTI PANDANGAN BROO@RUSDINECH..HHEHEH..PEACE..PEACE..??


Han menjawab  mungkin yang ini ditujukan buat BROO@RUSDINECH
saya persilahkan, monggo bro Rusdinech

Bagian saya yang juga ttg Malaekhi saya post pada kesempatan berikut sekalian dengan 7 point yang belum saya jawab.

Salam
GBU
Han


BROO@hanhali..

Dari jawaban- jawaban anda disini danpandangan anda sebelumnya..?? bila di kompare dng pandangan -pandangan saya..,Maka jelas kita berdua sangat bertolak belakang dalam memaknai " Perpuluhan " ya...??
Jika pun saya berargument apapun pasti nanti anda balas dng argument anda...itu artinya semua nantinya menjadi debat kusir..dan tanpa ujung yang berarti.

Jadi menurut saya 'perpuluhan adalah sesuatu yang wajib dilakukan jika
kita mengaku sebagai Orang Kristen dan memeiliki Gereja sebagai Rumah Tuhan untuk mengumpulkan perpuluhan itu dari jemaatnya. Dan dari situlah para Gembala di gereja itu memiliki hak nya dari hasil kerja mereka dalam melayani Tuhannya dan menggembalakan JEMAATNYA. hAL INI SAMA DNG Orang Lewi pada zaman dahulu.
Jika saya tidak melakukan kewajiban Perpuluhan, maka saya dapat di katakan menipu Tuhan. Karena saya tidak mengembalikan apa yang menjadi milik Tuhan. Dari situ biarlah kebijaksanaan Tuhan yang bekerja mengaturnya melalui HIKMAT yang dikaruniai kepada PARA Pengurus Gereja / Rumah Tuhan tsb.
June 21, 2011, 07:29:34 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1845
[quote author=SHIPIROZ PURBA link=topic=37484.msg465499#msg465499
Dari jawaban- jawaban anda disini danpandangan anda sebelumnya..?? bila di kompare dng pandangan -pandangan saya..,Maka jelas kita berdua sangat bertolak belakang dalam memaknai " Perpuluhan " ya...??
Jika pun saya berargument apapun pasti nanti anda balas dng argument anda...itu artinya semua nantinya menjadi debat kusir..dan tanpa ujung yang berarti.

Jadi menurut saya 'perpuluhan adalah sesuatu yang wajib dilakukan jika
kita mengaku sebagai Orang Kristen dan memeiliki Gereja sebagai Rumah Tuhan untuk mengumpulkan perpuluhan itu dari jemaatnya. Dan dari situlah para Gembala di gereja itu memiliki hak nya dari hasil kerja mereka dalam melayani Tuhannya dan menggembalakan JEMAATNYA. hAL INI SAMA DNG Orang Lewi pada zaman dahulu.
Jika saya tidak melakukan kewajiban Perpuluhan, maka saya dapat di katakan menipu Tuhan. Karena saya tidak mengembalikan apa yang menjadi milik Tuhan. Dari situ biarlah kebijaksanaan Tuhan yang bekerja mengaturnya melalui HIKMAT yang dikaruniai kepada PARA Pengurus Gereja / Rumah Tuhan tsb.
[/quote]
--------------------------------------------------------------------
Bro purba menulis..
Dari jawaban- jawaban anda disini danpandangan anda sebelumnya..?? bila di kompare
dng pandangan -pandangan saya..,Maka jelas kita berdua sangat bertolak belakang dalam memaknai " Perpuluhan " ya...??
Jika pun saya berargument apapun pasti nanti anda balas dng argument anda...itu artinya semua nantinya menjadi debat kusir..dan tanpa ujung yang berarti.

Han menjawab
 Ya memang pandangan kita berdua mengenai perpuluhan bertolak belakang hal ini
disebabkan perbedaan pedoman nya, anda berpedoman kepada K perjanjian lama masa
sebelum penggenapan  oleh Kristus, Dan Saya berpedoman kepada K perjanjian baru (masa dimulai nya pengenapan oleh kristus sampai masa sekarang.
dan hukum yang mengaturnya pun beda, kalau saya hidup dibawah hukum kasih karunia
dan bukan lagi dibawah hukum Taurat
sebenarnya walaupun bertolak belakang ,beradu argument, tetapi bukanlah debat kusir
karena ada dasarnya yaitu kitab suci.
dan diskusi ini walau bertolak belakang ada mungkin berguna bagi yang masih pakai
hukum taurat ada yang mungkin berguna bagi yang hidup dibawah KASIH KARUNIA,terserah Pilihannya.


Bro purba menulis..
Jadi menurut saya 'perpuluhan adalah sesuatu yang wajib dilakukan jika
kita mengaku sebagai Orang Kristen dan memeiliki Gereja sebagai Rumah Tuhan untuk
mengumpulkan perpuluhan itu dari jemaatnya. Dan dari situlah para Gembala di gereja itu memiliki hak nya dari hasil kerja mereka dalam melayani Tuhannya dan menggembalakan JEMAATNYA. hAL INI SAMA DNG Orang Lewi pada zaman dahulu.Jika saya tidak melakukan kewajiban Perpuluhan, maka saya dapat di katakan menipu Tuhan. Karena saya tidak mengembalikan apa yang menjadi milik Tuhan. Dari situ biarlah kebijaksanaan Tuhan yang bekerja mengaturnya melalui HIKMAT yang dikaruniai kepada PARA Pengurus Gereja / Rumah Tuhan tsb.

Han menjawab :
 karena saya berpedoman pada perjanjian baru tentu bagi saya perpuluhan sudah tidak
berlaku lagi sesuai dengan yang di efesus itu. (efesus2:15a)
Bahkan pengertian sayapun berbeda mengenai  "orang Kristen"
Menurut saya "orang Kristen" adalah pengikut kristus atau murid Jesus yang mengikuti
ajaran Jesus
Bukan "Musa-is" atau murid musa pengikut ajaran musa.
seperti :
Yohanes  9
9:28 Sambil mengejek mereka berkata kepadanya: "Engkau murid orang itu tetapi kami
murid-murid Musa.

Mengenai "orang Lewi " menurut saya seperti telah saya tulis dalam topic saya " Aturan Perpuluhan" sudah jarang ditemui pada zaman sekarang
mungkin pak pariajilah satu satunya orang yang saya ketahui memenuhi syarat sebagai
"orang lewi " karena beliau telah Menjual Rumah miliknya bagi gereja
walaupun beliau masih mengajari/memberlakukan perpuluhan(taurat)
dan ada pendeta miskin/ misionaris miskin yang tidak saya ketahui namanya juga yang
termasuk lewi zaman sekarang
Juga ada sebagian Pastor katolik dari ordo tertentu (tidak boleh punya harta/tanah warisan  yang menurut saya masih memenuhi syarat ketentuan orang lewi
 
Saya Bukan memprovokasi supaya orang tidak menyumbang ke gereja bahkan saya sangat mendukung supaya gereja berkembang. tapi yang tidak saya setuju adalah menghidupkan kembali perpuluhan sebagai hal yang wajib lengkap dengan ancaman dan iming iming.
saya sangat merasa kasihan melihat orang miskin yang hidup bagi dirinya sendiri sudah
sangat susah masih dibebani lagi dengan KUK yang berat disertai ancaman kutuk padahal mereka sebenarnya telah dimerdekakan oleh kematian Kristus

bukankah sudah ada pos pos tertera dalam amplop sumbangan bahkan  kalau perlu
tambah lagi beberapa pos sebagai ganti pos perpuluhan bahkan bukan tidak mungkin kalau ROH KUDUS sudah mengerakan maka hasilnya ruarrrr
biasa melebihi 10 persen
Mengenai TIPU Menipu dalam malaikhi kalau boleh saya uraikan dalam kesempatan mendatang.

GBU
Han
TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)