Author Topic: Adam bukan manusia pertama  (Read 53012 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 11, 2018, 04:43:46 PM
Reply #980
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2189
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
7 hari penciptaan lebih cocok ditafsirkan dengan 7 masa, dimana masa ini tidak diketahui lama waktunya dan antara masa satu dengan masa lainnya tidak diketahui juga apakah mempunyai jangka waktu yang sama.
Saya meyakini bahwa Adam diciptakan dari tanah secara harafiah dan Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam secara harafiah, tetapi tidak diketahui prosesnya secara mendetail kecuali yang tertulis dalam kitab suci.
Adam dan Hawa sungguh- sungguh manusia yang sama seperti kita bukan manusia purba yang seperti monyet.

Peniupan nafas kepada manusia benar- benar bersifat harafiah yaitu memasukkan roh manusia kepada tubuh yang telah dibentuk Allah (kasus Adam & Hawa) atau memasukkan roh manusia kepada janin dalam kandungan pada saat yang tepat (manusia yang lain).
Benih manusia wanita harus dibuahi oleh benih manusia pria supaya menjadi embrio. Tidak pernah ada kasus benih manusia dibuahi benih primata atau benih primata dibuahi benih manusia kecuali cerita dongeng, mitos/ science fiction.

Umur bumi memang jauh lebih tua dari umur manusia. Untuk silsilah Yesus sampai Adam saya sepenuhnya percaya pada kitab suci.
Dari yang kutebalkan itu dengan yang @Anda maksudkan dengan harfiah-harfiah itu, menuntut dugaanku, bahwa Anda menggunakan standar ganda.
Kita tidak harus sepemahaman, dalam arti, yang Anda pahami tidak harus identik dengan yang @Sotardugur Parreva pahami.

Sampai sekarang ini, yang kupahami condong ke bahwa Adam dan Hawa yang dikisahkan di Kitab Kejadian, merupakan ringkasan, atau inti-sari, atau penyederhanaan dari proses sebenarnya. Namun itu tadi, bukti konkrit untuk itu belum kutemukan. Pun kalo seperti temuan-temuan arkeologi atau ilmu apapun itu yang menyimpulkan bahwa usia jagad raya ini sudah milyaran tahun, nyatanya, itu hanya teori. Usia manusia dewasa ini yang hanya sekitar 70 tahun, terlalu singkat untuk membuktikan dengan akurat sehingga sebagian besar nalar manusia mengakuinya.

Jadi kupikir, khusus tentang Adam dan Hawa ini, jika Anda memahaminya bagaimana, dan orang lain memahaminya bagaimana, dan saya memahaminya bagaimana, ya sudah. Acuan kita sama-sama data dan informasi yang relatif. Sama-sama tidak memiliki bukti yang tidak terbantahkan. Tinggal hati saja, suka ke teori yang ini, silahkan, suka ke teori yang itu, monggo.

Salam damai.
« Last Edit: June 11, 2018, 04:49:40 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 28, 2018, 01:11:03 PM
Reply #981
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 184
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kejadian: 6:1. Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir ANAK ANAK PEREMPUAN

Bro. kan lihat sendiri bahwa ayat tsb. bicara ttg manusia yang bertambah banyak jumlahnya di muka bumi (bukan pithecanthropus erectus) jelaslah bahwa Adam dan Hawa berkembang biak terus menjadi banyak jumlahnya di muka bumi, tentunya tidak terbatas cuma punya anak Kain, Habil dan Seth, Adam dan Hawa umurnya diatas lima ratus tahun Bro. jadi hidup selama itu wajar jika mereka bisa punya banyak anak2 lagi dan beranak cucu menjadi banyak memenuhi bumi.

Dan Kain mengawini perempuan anak cucu Adam tsb. ketika manusia mulai bertambah banyak. Umur Kain waktu itu/manusia diatas lima ratus tahun jadi wajar Kain mengawini anak cucu /cicit Adam.

Kain takut dibunuh orang lain, karena ia tahu Adam dan Hawa bisa punya anak terus Bro.

Memang Kitab Kejadian yang ditulis nabi Musa tidak menulis nama anak perempuan Adam yang dikawini oleh Kain karena manusia sudah banyak jumlahnya, tetapi bukan berarti bahwa keturunan Adam tidak ada yang perempuan.


« Last Edit: June 28, 2018, 01:14:54 PM by Ashes to Ashes »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)