Author Topic: kenapa binatang licik diciptakan ?  (Read 3241 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 21, 2011, 08:28:43 AM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3960
    • fossil coral cantik
benar. karena memang freewill yang diberikan pada kita (dan juga malaikat) dapat membuat kita bebas melakukan apa saja. pilihan kita.. dan terkadang kita melakukan apa yang jahat.

maap saya jadi mulai OOT,
muter2 mikirin freewill yg ada pada malaikat2 jaman awal2 dulu itu, yg kesimpulan akhirnya "pokok yg namanya freewill bisa merujuk ke aksi + ataupun -".

Itu artinya kan, freewill malaikat2 - tau yg mana baik yg mana jahat kan ?
Mengingat Allah itu sendiri juga tau yg mana baik/jahat, Allah punya freewill juga donk ? ===> yg akhirnya merujuk bhw Allahpun itu dg freewillnya bisa aja ada kemungkinan melakukan aksi jahat/baik ??

Quote
Pornografi, diskotik, mabuk-mabukan, obat terlarang, hubungan bebas, dll adalah benih dari iblis.

kok saya gak bisa ngeliat hal2 diatas itu adalah gara2 iblis ya ? :)

Quote
Contoh: A mengajak (membujuk dengan sangat) B untuk mengkonsumsi obat terlarang. Jelas bahwa B sebenarnya tidak punya keinginan sendiri (tetapi dihasut) untuk melakukan dosa tersebut. Iblis menggunakan A untuk menghasut B. Tetapi B mempunyai Freewill untuk melakukan atau tidak melakukan.

pada contoh diats, saya kok juga gak ngeliat korelasinya dgn terlibatnya iblis ya ? Buat saya, kehidupan manusia bersosial di dunia - gak akan pernah lepas dari natur kosmik penciptaan, sebab-akibat, jahat-baik.

Walau B tdk punya keinginan sendiri utk ke narkoba, tetapi hidupnya sbg sso yg hidup bersosial (teman2 yg narkoba, lingkungan yg buruk) adl sudah merupakan tanggung jawabnya sendiri dalam menghadapi hal tsb.

kalo si B menyalahkan gara2 si A yg menghasut dia - dimana (katanya) si A sdh ditunggangi iblis, dan si B gak mau disalahkan - ya silakan aja si B tinggal di drh hutan belantara yg tdk ada seorang manusiapun ... :)

Quote
Adam dan Hawa pun jatuh karena dihasut oleh iblis yang pada saat itu berupa serpent. tetapi mereka seharusnya bisa memilih untuk tidak melakukan.

Benar - begitu ada di ayat. Dan saya perhatikan, iblis disitu juga ciptaan. "Binatang" ciptaan Allah DAN (entah jato - ato entah emang diciptakan di Eden) - yg pasti ADA di Eden.

Dari kesimpulan diatas itulah,
saya pikir bahwa semua itu adalah cikal bakal natur kosmik ---> jahat-baik (entitas)

dan larangan pertama yg keluar dari Allah, cikal bakal natur kosmik ---> sebab-akibat.

dan terjadinya aksi AdamHawa menggunakan freewillnya utk makan buah, cikal bakal natur kosmik ---> pengetahuan beda jahat dan baik.

menurut Yoel begimana ?

dan akhirnya saya sendiri jadi sadar - adl bodoh kalo jadi bertanya :
- kenapa binatang licik diciptakan Allah
- kenapa Allah mengeluarkan larangan
- kenapa Allah taro pohon yg gak boleh dimakan buahnya

 :cheesy: ;D :'( :ashamed0002: :ashamed0002: :ashamed0002: :'( ;D :cheesy:

Quote
Seperti halnya ketika ilmuan menemukan bahwa bumi itu bulat, beberapa pemuka agama pada saat itu menentang karena (mereka pikir) bertentengan dengan Alkitab; padahal tidak.

Iya begitulah...:)
Penemuan ilmuwan yg belum terbukti (spt umur bumi sangat tua) ditentang habis2an oleh penganut kepercayaan.

Penemuan ilmuwan yg sudah terbukti, yg tadinya ditentang habis2an krn belum terbukti - akhirnya di"selidik2 balik" lagi ke Alkitab, dan akhirnya (setelah dikutak kutik disesuaikan sana-sini itu ayat2) dikatakan : "oooo.... iya... ternyata ada juga disebut di Alkitab... maap...kelewatan"  ;D

makasi Yoel atas masukan2 pendapatnya.

salam.
July 21, 2011, 09:30:36 AM
Reply #81
  • Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2508
  • Gender: Male
  • Don't worry, be happy....





dan akhirnya saya sendiri jadi sadar - adl bodoh kalo jadi bertanya :
- kenapa binatang licik diciptakan Allah
- kenapa Allah mengeluarkan larangan
- kenapa Allah taro pohon yg gak boleh dimakan buahnya

 :cheesy: ;D :'( :ashamed0002: :ashamed0002: :ashamed0002: :'( ;D :cheesy:

Iya begitulah...:)


salam.
[/quote]

Bro odading...apakah pertanyaan anda ini sudah bisa kita simpulkan bahwa seperti halnya "siang" dan "malam" diciptakan Tuhan pada awalnya baik semuanya. Demikian juga dengan adanya binatang licik diciptakan juga dengan tujuan baik .
JANGAN PERNAH MENYERAH, SAHABATKU
TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, ASAL TAHU CARANYA
July 21, 2011, 12:42:59 PM
Reply #82
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
ketakutan ....
bukankah hal takut menjadi ada, baru setelah terjadi dosa pertama ?

jadi (dg berpatokan literal) - kalopun itu makhluk serpent sangat menyeramkan dan memang ada tinggal bersama2 AdamHawa di Eden, tentunya "menyeramkan" tsb tdk akan berarti buat AdamHawa, krn mrk tdk mempunyai rasa takut - kan mrk blm jato kdlm dosa ?
tentunya maknanya bukan literal :)

Memang manusia tidak punya rasa takut, sebaliknya - dalam opini saya - yang merasa takut dan malu adalah karakter dari dosa -- yang tentunya saat itu sudah dimiliki oleh 'sang malaikat jatuh' -- iblislah yg jatuh terlebih dulu shg dia merasa malu dan takut sama manusia bila menampakkan diri secara lsg -- dan inilah sebabnya saya katakan bahwa manusia tidka biasa melihat iblis -- karena memang tidak pernah menampakkan diri scr lsg.

Quote
nah disinilah juga jadi bikin hati saya "mendua" ... :)

kalo kutukanNYA itu sendiri metafora, bukankah masih memungkinkan juga bahwa "serpent" disitu jg metafora ? (bukan literal seekor binatang yg mirip ular berjalan tegak dg kaki SERTA BERBICARA - dmn stlh kutukan jadi melata = uler yg skrg).

krn kalo mahluk tsb adl binatang duniawi literal, binatang ber-ekor dan bisa berbicara - kenapa juga Allah mengutuknya dgn perumpamaan ?

karena didalamnya ada 2 perkara yg terlibat :

1. ular scr jasamani yg entah spt apa bentuknya saat itu -- ini berlaku 'hukum' literal
2. iblis yang mengendarai ular -- ini berlaku 'hukum' metafora
Quote
coba ayat ini :
He will bruise and tread your head underfoot, and you will lie in wait and bruise His heel.

kata "he" dlm ayat tsb pake kapital H.... ini me-refer ke YESUS kan ?

dg demikian makin menguatkan bhw "serpent" disitu bukanlah literal seekor binatang... krn rasanya (buat saya) aneh, kalo Allah dalam kutukanNYA menggunakan kalimat metafora BERSAMAAN dg yg literal harafiah.

kutukan metafora - meremukan kepala DAN pada kata "he" dg kapital H.
kutukan (yg dianggap) literal - menjalar dg perut DAN makan debu

jalan satu2nya agar wajar, maka kutukan (yg dianggap) literal tsb adl metafora, dgn demikian - mahluk tsb pun metafora ato setidak-tidaknya bukan seekor binatang "serpent" yg dirasuki iblis...

Literal

1. bagi ular, memang saat ini ditemui bahwa ular itu berjalan menjalar dg perutnya -- inilah kutukan literal, krn dia menjadi alat tunggangan iblis

2. soal bentuk ular sebelum dikutuk, apakah dia terbang ataukah berjalandg 2 kaki atau dg 4 kaki? Who knows :)

http://news.bbc.co.uk/2/hi/7339508.stm

Metafor

bagi iblis, benar dalam Kekristenan, yesulah yang telah meremukkan kelapa ular (metafor iblis) yang telah menunggangi ular (literal). ular ini dikatakan makan debu tanah krn memang manusia dibuat dr (dbu) tanah

http://rotihidup.blogspot.com/2007/11/makanan-ular.html

Dalam Kekristenan/alkitab, kita hanya menemukan beberapa nama malaikat secara terbatas (Michael, Gabriel, Raphael -- kitab Tobit, Lucifer -- bukan nama) padahal jumlah malaikat sangat banyak.

Malaikat khudus saja hanya ditemukan beberapa nama yg diperkenalkan oleh Tuhan, apalagi malaikat jatuh, tentunya Tuhan tidak memperkenalkannya. Namun demikian, dalam lingkup eksorsisme (kelepasan), kita bisa mengenali sosok (bukan nama) malaikat (iblis) tadi dari manifestasi karakter yg ada.

Misal di kitab wahyu, katak dipakai lambang roh kenajisan, kuda warna-warni sbg bentuk perusak (bukan kuda putih dari sorga). Nah diatas smua lambang itu, maka ular lah, nagalah yg menjadi lambang utama iblis.

[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
July 21, 2011, 03:50:22 PM
Reply #83
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3582
bro odading: ini yang saya janjikan kemaren2. versi sedikit lebih lengkapnya lewat email aja ya. btw, kemaren2 saya kirim email ke anda pake alamat email yang mana ya? pm saya saja.  :ashamed0004:
DON'T BE A RELIGION AND (OR) DOCTRINE ADDICT!!!!!


BE A CHRIST-FOLLOWER instead



by: Orang Tua ;D
July 21, 2011, 05:44:52 PM
Reply #84
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3960
    • fossil coral cantik
1. ular scr jasamani yg entah spt apa bentuknya saat itu -- ini berlaku 'hukum' literal

1. bagi ular, memang saat ini ditemui bahwa ular itu berjalan menjalar dg perutnya -- inilah kutukan literal, krn dia menjadi alat tunggangan iblis

@moe, maap nih... kok saya masih belon bisa ketemu kalo ularnya itu literal ya ?
(se-ekor binatang yg dirasuki iblis).

alesan saya yg pertama :

Quote
Misal di kitab wahyu, katak dipakai lambang roh kenajisan, kuda warna-warni sbg bentuk perusak (bukan kuda putih dari sorga). Nah diatas smua lambang itu, maka ular lah, nagalah yg menjadi lambang utama iblis.

apakah sudah tidak ada kemungkinan lagi, ular (serpent) yg diayat 3 tsb adalah sebutan lambang dari si iblis ? :)

berikut dari link yg moe berikan :

Quote
Sejak saat pertama si ular berhasil membujuk manusia, sejak saat itulah ular berhasil 'memakan' manusia (adam, debu tanah), sejak saat itulah manusia menjadi target mangsa si ular (iblis ) ini.

disitu jelas dikatakan si ular (iblis) = iblis (jadi metafora / perlambang - literalnya adl iblis), juga dlm bhs inggris di ayat 3 :And he [Satan] said to the woman.

juga dari link yg moe berikan :

Quote
Rev 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan

gak ada pengreferan dari kalimat tsb pada kata yang disebut dgn pengertian lain, yaitu "yang dirasuki/ditunggangi"

sedangkan, alesan saya yg kedua :

apabila serpent memang literal seekor binatang, dan jelas2 tidak bisa berbicara bahasa AdamHawa (juga dg terbuktinya ular jaman skrg tdk bisa berbicara) - NAMUN TIBA TIBA jadi bisa berbicara KARENA ditunggangi iblis - maka seperti yg pernah saya paparkan :

kenapa Hawa (sepertinya) tidak terkejut, dimana tiba2 se-ekor serpent berbicara padanya ? perhatikan jawaban Hawa yg polos dan langsung menjawab tanpa ada rasa kebingungan krn si serpent tiba2 berbicara : "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan..."


dan alesan saya yang ke 3 :

apabila iblis merasuki seekor binatang - maka (menurut saya) tidak perlu adanya penggambaran di ayat 3, bhw serpent adl binatang yg (paling/lebih) licik.... se licik2nya apapun - seekor serpent disitu cuma seekor binatang yg cuma bisa mendesis-desis (barangkali :)) yang menjadi tunggangan si iblis, dimana justru iblis-lah yg mengeluarkan semua kata2 licik tsb.

dan tidak tercerna apabila org2 jaman skrg menafsirkan "tentu iblis memilih utk merasuki binatang yg licik donk - kalo binatang yg bodoh kan bisa gak berhasil".

LOH ?? - yg mengeluarkan kata2 hasutan licik itu kan si iblis itu sendiri ? tanpa perlu binatang licik-pun, semua skenario + kata2 hasutan tsb kan asalnya dari iblis.

alesan saya yg terakhir :
pada kejadian 3 : 14-15 dimana Allah menyatakan kalimat2 kutukan utk si serpent tsb - tdk ada pengreferan bhw di ayat 14 khusus ditujukan utk si seekor binatang serpent, dan ayat 15 khusus ditujukan utk si iblis yg menunggangi serpent.

Hanya ditujukan kepada 3 oknum pengreferan kutukan Allah tsb (serpent, Hawa lalu Adam). Jadi serpent-nya itu menurut saya, ya cuma refer ke 1 oknum, yaitu iblis...:)

maaf moe, mungkin saya yg belum ketemu ayatnya : Apakah ada di Alkitab yg secara gamblang literal eksplisit menyatakan bhw seekor binatang serpent tsb dirasuki iblis saat di Eden tsb ?

mohon maap kalo saya angot kekeh disini :)
makasi moe atas masukan2nya.

salam.
July 21, 2011, 06:25:06 PM
Reply #85
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3960
    • fossil coral cantik
Bro odading...apakah pertanyaan anda ini sudah bisa kita simpulkan bahwa seperti halnya "siang" dan "malam" diciptakan Tuhan pada awalnya baik semuanya. Demikian juga dengan adanya binatang licik diciptakan juga dengan tujuan baik .

Cloud, terus terang saya sendiri belum bisa mencernakan kalimat "binatang licik diciptakan dan "gelap" tercipta semua untuk tujuan baik".

Sementara ini saya cuma berpatokan bhw seluruh konsepNYA TIDAK MUNGKIN untuk sesuatu hal yang negatif.

Satu yg dibenak saya, sepertinya Allah tidak bisa TIDAK - mencipta kebaikan tanpa terikut sertanya kejahatan...., itu saja ... :)

karena kalo Dia hanya mampu menciptakan kebaikan, maka kebaikan itu sendiri menjadi tidak ada, nihil dan tidak akan pernah bisa diketahui bhw sesuatu hal itu adl baik.

pernyataan saya diatas, bukan bermaksud menyatakan bhw Allah menjadi tidak mampu (menciptakan hanya dan hanya kebaikan) - tetapi justru konsep penciptaan itu sendiri yg bertujuan baik tsb memang sudah naturalnya harus terdiri dari baik dan jahat.

makasi Cloud atas masukan pertanyaannya :)

salam.
July 21, 2011, 07:43:16 PM
Reply #86
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2557
  • Gender: Male
  • Jesus Christ is our Salvation! @markovsembel
    • Proud To Be Christian
  • Denominasi: Kharismatik
Masukan pendek aja

Iblis itu bisa menyamar menjadi manusia menggunakan Pohon.
Iblis itu bisa menyamar menjadi manusia menggunakan Hewan.
Iblis itu bisa menyamar menjadi manusia menggunakan yang ada Medianya serta lagu Non-Rohani sebelum berdoa.

Saat saya bicara di buku Membongkar Kedok Iblis, Iblis itu melalui tahap menggangu, membisik, mengubah perilaku menjadi negatif, merasuk, serta membunuh.  Iblis itu juga bisa menggangu lewat rupa yang tidak menakutkan juga! Apakah yang diketahui Adam dan Hawa sebelum mereka mengetahui bahwa mereka telanjang? Apakah yang mereka takuti? Iblis? Bukankah mereka belum mengenal Iblis?

Salam Damai
Cowo dikenal sebagai PHPnya. Ok gapapa. Tapi cowo doang? Kata siapa cewe gabisa PHP? Yaampun! Taugak? Allah Tritunggal kita ga pernah PHP!
July 21, 2011, 11:01:26 PM
Reply #87
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3960
    • fossil coral cantik
Masukan pendek aja

Iblis itu bisa menyamar menjadi manusia menggunakan Pohon.
Iblis itu bisa menyamar menjadi manusia menggunakan Hewan.
Iblis itu bisa menyamar menjadi manusia menggunakan yang ada Medianya serta lagu Non-Rohani sebelum berdoa.

ya...sementara ini - saya masih berpendapat disaat peristiwa Eden itu, iblis tampil kasat mata berupa binatang serpent.... dan bukan ngerasuk ke binatang serpent...:)

semacem siluman, ato babi ngepet. Pada babi ngepet - bukan seekor babi kerasukan orang/setan, tapi orang menjelma jadi babi ... :)

pada siluman uler putih ( o pe coa ) bukan se-ekor ular kemasukan setan, tapi setan menjelma uler.... :)

Quote
Iblis itu melalui tahap menggangu, membisik, mengubah perilaku menjadi negatif, merasuk, serta membunuh.

pada jaman para nabi dan rasul, ya memang wajar kalo mereka berpendapat segala macem hal jelek itu gara gara iblis.... tapi tentunya hal itu tidak nyata di jaman sekarang.

karena apa ?
kecuali merasuk - ya karena belon ada yg bisa membuktikan bahwa iblis bisa melakukan semua diatas itu.

apakah ada ? - yg pernah merasa di bisik2in iblis ? (terdengar di kuping literal dr swara tanpa ujud)

apakah ada ? - yg pernah membunuh - tangannya dikendalikan iblis menghujam senjata ?

saya rasa tidak ada, krn semua itu adanya di hati, pikiran/benak org yg bersangkutan - jadi itu faktor internal, bukan faktor eksternal (iblis)...:)

Quote
Iblis itu juga bisa menggangu lewat rupa yang tidak menakutkan juga!

inilah yg bisa salah kaprah.
Seorang wanita cantik tidak bersalah apa apa - lalu diperkosa, apakah iblis masuk ke si wanita lalu menggoda birahi si pemerkosa ?

Quote
Apakah yang diketahui Adam dan Hawa sebelum mereka mengetahui bahwa mereka telanjang?

3:(7) Maka terbukalah mata mereka berdua.
Terbuka "mata" mereka akan mana yg baik dan mana yg jahat.

Quote
Apakah yang mereka takuti? 
Iblis? Bukankah mereka belum mengenal Iblis?

sudah tentu bukan takut ama iblis,
wong jelas2 Hawa ngerumpi ama iblis sblm makan buah ... :) -
tentunya takut karena sudah bisa mengetahui mrk telah berbuat salah.

salam.
July 22, 2011, 03:31:16 PM
Reply #88
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2557
  • Gender: Male
  • Jesus Christ is our Salvation! @markovsembel
    • Proud To Be Christian
  • Denominasi: Kharismatik
Quote from: odading
pada jaman para nabi dan rasul, ya memang wajar kalo mereka berpendapat segala macem hal jelek itu gara gara iblis.... tapi tentunya hal itu tidak nyata di jaman sekarang.

karena apa ?
kecuali merasuk - ya karena belon ada yg bisa membuktikan bahwa iblis bisa melakukan semua diatas itu.

apakah ada ? - yg pernah merasa di bisik2in iblis ? (terdengar di kuping literal dr swara tanpa ujud)

apakah ada ? - yg pernah membunuh - tangannya dikendalikan iblis menghujam senjata ?

saya rasa tidak ada, krn semua itu adanya di hati, pikiran/benak org yg bersangkutan - jadi itu faktor internal, bukan faktor eksternal (iblis)...:)
Hee..
Kata siapa bro? Dari Internal ke Eksternal bisa lho! Iblis tuh bisa masuk ke pikiran orang langsung secara eksternal, atau dari Internal ke Eksternal lho. Mau coba mas odading merokok{Roh Setan dalam Rokok}? Mau coba mas odading melakukan hal dosa dari sedikit demi sedikit saja?

Dari Internal ke Eksternal - lewat hobi, contoh :
-Rokok, berisi Roh Setan/Iblis
-Zina, Roh Nafsu Pengkhianatan Suami Isteri
-Seks, Roh Pembisik Terlalu Mencinta
-Malas Melakukan Hal Terpenting/Baik, etc.. --> Roh Penunda
-Ingin Melihat Kebokepan, Roh Pengatur Pikiran Nafsu
-Membunuh, Roh Anti Kasih
-Menghujat, Roh Anti Kasih
-etc..

Anda mau coba lakukan hal salah satu dari itu 3x? Pasti anda kecanduan, nah itu lah bisikan para Iblis

Quote from: odading
inilah yg bisa salah kaprah.
Seorang wanita cantik tidak bersalah apa apa - lalu diperkosa, apakah iblis masuk ke si wanita lalu menggoda birahi si pemerkosa ?
Tolong dong jelasin saya masih gak ngerti. Lewat Rupa yang tidak menakutkan. Contoh: Menjelma menjadi manusia dengan rupa tidak menakutkan tetapi kelakuan jahat.

Quote from: odading
3:(7) Maka terbukalah mata mereka berdua.
Terbuka "mata" mereka akan mana yg baik dan mana yg jahat.
Terbuka deh mata manusia yang berdosa atas bisikan Iblis.

Quote from: odading
sudah tentu bukan takut ama iblis,
wong jelas2 Hawa ngerumpi ama iblis sblm makan buah ... :) -
tentunya takut karena sudah bisa mengetahui mrk telah berbuat salah.

salam.
Tapi kan ga Ayat Alkitab tidak membahas tentang takut atau nggaknya Adam dan Hawa selengkapnya. Disana(Taman Eden), Singa masih baik, serigala(kalo ada) masih baik lho! Jadi maka itu ga usah di bahas tentang takut apa enggaknya Adam & Hawa

Salam Damai
Cowo dikenal sebagai PHPnya. Ok gapapa. Tapi cowo doang? Kata siapa cewe gabisa PHP? Yaampun! Taugak? Allah Tritunggal kita ga pernah PHP!
July 22, 2011, 08:17:12 PM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3960
    • fossil coral cantik
Dari Internal ke Eksternal - lewat hobi, contoh :
-Rokok, berisi Roh Setan/Iblis
-Zina, Roh Nafsu Pengkhianatan Suami Isteri
-Seks, Roh Pembisik Terlalu Mencinta
-Malas Melakukan Hal Terpenting/Baik, etc.. --> Roh Penunda
-Ingin Melihat Kebokepan, Roh Pengatur Pikiran Nafsu
-Membunuh, Roh Anti Kasih
-Menghujat, Roh Anti Kasih
-etc..

Anda mau coba lakukan hal salah satu dari itu 3x? Pasti anda kecanduan, nah itu lah bisikan para Iblis

idiiiih.... ada beberapa yg gak pasti kecanduan loh ... :)

Suami melakukan hub sex stlh 3x dg istrinya jadi kecanduan krn kena rasuk roh iblis ?
bbrp orang merokok saat berkumpul dg kolega, tidak jadi kecanduan.
sso stlh membunuh sebuah keluarga (suami istri dan anak - jadi 3x ngebunuh) belon tentu jadi kecanduan utk membunuh.

Males melakukan hal terpenting ? nggak juga - saya beberapa x menunda kerjaan penting, tapi nggak jadi kecanduan tuh utk setiap kali nunda2 kerjaan penting, mao makan apa nanti ? :)

kalo rokok dan zina ....he-he-he.... iya juga sih bisa kecanduan ... :)

anyway, saya mengerti kalo markov pikir itu semua gara2 iblis.... kalo saya tetep tidak mencari kambing hitam gara2 iblis.... tapi semua itu ya diri sendiri aja yg kurang bertanggung jwb.

Quote
Tapi kan ga Ayat Alkitab tidak membahas tentang takut atau nggaknya Adam dan Hawa selengkapnya. Jadi maka itu ga usah di bahas tentang takut apa enggaknya Adam & Hawa

ttg takut - loh ?  saya kan cuma nge-respond markov yg ini :

Quote
Apakah yang mereka takuti? Iblis? Bukankah mereka belum mengenal Iblis?

 :tongue:

Quote
Disana(Taman Eden), Singa masih baik, serigala(kalo ada) masih baik lho!

kecuali ada ayatnya - maka asumsi binatang buas masih baik adalah ramah-jinak dsb, krn smua binatang makanannya masih taneman - buat saya gak bisa di jadiin patokan.

(21) God created the great sea monsters
(25) And God made the [wild] beasts

pada kata monsters dan beasts - sudah cukup jelas apa maksudnya.

Dan bahkan lebih dari itu, di Eden bukan sekedar ada binatang buas + monster2, krn sudah jelas sekali DAN SUDAH PASTI iblis ada di Eden.... bagaimana bisa Kekristenan mengasumsikan penghuni2 di Eden itu SEMUA (masih) BAIK2 SAJA ??  :cheesy:

:)
salam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)