Author Topic: Apakah Perbedaan Kristen Pantekosta dengan Kharismatik?  (Read 6993 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

July 07, 2011, 12:06:13 PM
Reply #10
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 68
Menurut saya buat apa kita mempersoalkan masalah nama gereja (karena yang membedakan hanya aturan/liturginya saja) ? Yang penting tujuannya sama yaitu menyembah Allah Bapa yang kita kenal dalam nama Tuhan Yesus dan tidak menyimpang dari ajaran Firman Tuhan ya sudah kita tetap melayani. Bukankah ada pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma ?.
Jadi apapun nama gereja itu tapi kalau tujuannya benar yaitu menyembah Allah tidak masalah.
July 07, 2011, 06:21:47 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2557
  • Gender: Male
  • Jesus Christ is our Salvation! @markovsembel
    • Proud To Be Christian
  • Denominasi: Kharismatik
Menurut saya buat apa kita mempersoalkan masalah nama gereja (karena yang membedakan hanya aturan/liturginya saja) ? Yang penting tujuannya sama yaitu menyembah Allah Bapa yang kita kenal dalam nama Tuhan YESUS dan tidak menyimpang dari ajaran Firman Tuhan ya sudah kita tetap melayani. Bukankah ada pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma ?.
Jadi apapun nama gereja itu tapi kalau tujuannya benar yaitu menyembah Allah tidak masalah.

Nah kalo itu saya udah tau, tapi ini diskusinya tentang saya kharismatik pantekosta bukan? nah itu aja..
Cowo dikenal sebagai PHPnya. Ok gapapa. Tapi cowo doang? Kata siapa cewe gabisa PHP? Yaampun! Taugak? Allah Tritunggal kita ga pernah PHP!
July 08, 2011, 08:55:46 AM
Reply #12
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 68
Menurut saya biasanya Kristen kharismatik mempunyai ciri dengan mengedepankan bahasa Roh, apakah di gereja anda pengajaran tentang bahasa Roh ?. Kalau ada berarti termasuk kharismatik.
July 08, 2011, 04:03:21 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2557
  • Gender: Male
  • Jesus Christ is our Salvation! @markovsembel
    • Proud To Be Christian
  • Denominasi: Kharismatik
Menurut saya biasanya Kristen kharismatik mempunyai ciri dengan mengedepankan bahasa Roh, apakah di gereja anda pengajaran tentang bahasa Roh ?. Kalau ada berarti termasuk kharismatik.

Nah, lagi nih, singkatnya menurut Wikipedia(en) English, Kharismatik itu Kristen yang sudah pendalaman Kuasa Tuhan. Dan adapun Kharismatik aliran Pantekosta di Wikipedia(id) Indonesian.

Thx atas penjelasannya yah dan apa perbedaannya?
Cowo dikenal sebagai PHPnya. Ok gapapa. Tapi cowo doang? Kata siapa cewe gabisa PHP? Yaampun! Taugak? Allah Tritunggal kita ga pernah PHP!
July 09, 2011, 06:52:04 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1847
Adakah member di sini yang mengetahui perbedaan Kristen Pantekosta dengan Kharismatik. Gereja saya namanya Gereja Kemah Tabernacle/Tabernakel, biasa disingkat GKT, itu dengan Baptisan Selam, Full Musik, mirip seperti Pantekosta. Namun, secara Organisasi / Undang-Undang, Gereja saya dikatakan Protestan. Saya tau yang lebih benar dan tepat itu bukan Protestan.

Ibu saya katakan gereja saya itu Gereja Kristen Kharismatik. Sedangkan toh saya kira Gereja ini Pantekosta. Adakah member sini yang punya penjelasan dan jawaban atas perbedaan doktrin atau ajaran Kristen aliran Pantekosta dan Kharismatik?

Silahkan,

Salam, Markov Cornelius Kelvin Sembel, GBU

Gereja pantekosta udah ada sejak lama, mungkin namanya juga diambil dari masa pantekosta yaitu turunnya ROH KUDUS, sudah menganut bahasa Roh,  cuma dulu sebelum saya mengikutinya teman saya bilang Jangan masuk kegereja itu ,katanya sih suka membentur benturkan kepala, nangis nangis sebentar, kemudian tepuk tangan lallu nangis lagi. dst

Paham Karismatik muncul lebih belakangan ternyata melanda banyak denominasi gereja aseperti katholik maupun protestan dan Pantekosta ??Aliran ini sejalan dengan Boomingnya Rebah dalam Roh,ahirnya muncul gereja gereja baru dengan embel embel Kharismatik

Kalau saya pikir Karismatik mirippantekosta dulu, cuma lebih keren namanya

itu yang saya Tau
TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB
July 10, 2011, 01:17:45 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3218
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
CHARISMATIC itu bagus... saya pun pernah diberkati disini
tetapi ada yang yang kurang baik kalau CHARISMATIC berubah jadi CHARISMANIAC
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
July 10, 2011, 08:35:02 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13165
  • Gender: Male
  • Gal 5:14-15
    • Pargodungan
  • Denominasi: Lutheran
Apalagi kalo momod chrisma di bawa2. Wkwkwk
peace
July 10, 2011, 11:18:58 PM
Reply #17
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 395
Adakah member di sini yang mengetahui perbedaan Kristen Pantekosta dengan Kharismatik. Gereja saya namanya Gereja Kemah Tabernacle/Tabernakel, biasa disingkat GKT, itu dengan Baptisan Selam, Full Musik, mirip seperti Pantekosta. Namun, secara Organisasi / Undang-Undang, Gereja saya dikatakan Protestan. Saya tau yang lebih benar dan tepat itu bukan Protestan.

Ibu saya katakan gereja saya itu Gereja Kristen Kharismatik. Sedangkan toh saya kira Gereja ini Pantekosta. Adakah member sini yang punya penjelasan dan jawaban atas perbedaan doktrin atau ajaran Kristen aliran Pantekosta dan Kharismatik?

Silahkan,

Salam, Markov Cornelius Kelvin Sembel, GBU

Mas@Markovsambel..

Menurut pendapat sayasih kedua Aliran Gereja ini sama artinya kalau mau dibilang "lain padang lain belalang", tapi disini ladangnya adalah sama yaitu Ladang Tuhan, TAPI padangnya ( =tuaiyannya ber sifat kharakternya ) berbeda dan belalangnya ( =cara hidupnya) juga berbeda. Sehingga yang Pantekosta dikatakan ibadahnya belum sempurna ( serius dan khusu' ),jika belum dengan menangis dan beremosi diluar kebiasaan umat berdoa pada umumnya ( bertepuk tangan, bernyanyi dng suara semangat full) unt mengmancing hadirnya ROH KUDUS pada saat kebaktian tsb.., Sebaliknya ibadah Kharismatik belum dikatakan beribadah dng sempurna jika tidak ada hadirnya bahasa roh dan adanya kejadian-kejadian jemaatnya kelihatan seperti diluar kesadaran dalam kontrol dirinya..( mungkin kontemplasi dari masuknya roh lain diluar rohnya sendiri ).
Jadi dalam pandangan saya kedua Aliran Ajaran tsb mempunya ciri yang berbeda dalam memulyakan Allah, saat beribadah bergerejanya.
Tapi kedua aliran ini poros ajarannya tetap kepada TUHAN KITA YESUS KRISTUS.

Salim
July 11, 2011, 11:47:30 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2557
  • Gender: Male
  • Jesus Christ is our Salvation! @markovsembel
    • Proud To Be Christian
  • Denominasi: Kharismatik
CHARISMATIC itu bagus... saya pun pernah diberkati disini
tetapi ada yang yang kurang baik kalau CHARISMATIC berubah jadi CHARISMANIAC
Wahahah, Ternyata kadang-kadang om SarapanPagi singkat juga yah, tapi gpp lah nice jga bikin senyum.

Apalagi kalo momod chrisma di bawa2. Wkwkwk
peace
Numpang ketawa om bukan sekedar manusia.

Mas@Markovs a embel..

Menurut pendapat sayasih kedua Aliran Gereja ini sama artinya kalau mau dibilang "lain padang lain belalang", tapi disini ladangnya adalah sama yaitu Ladang Tuhan, TAPI padangnya ( =tuaiyannya ber sifat kharakternya ) berbeda dan belalangnya ( =cara hidupnya) juga berbeda. Sehingga yang Pantekosta dikatakan ibadahnya belum sempurna ( serius dan khusu' ),jika belum dengan menangis dan beremosi diluar kebiasaan umat berdoa pada umumnya ( bertepuk tangan, bernyanyi dng suara semangat full) unt mengmancing hadirnya ROH KUDUS pada saat kebaktian tsb.., Sebaliknya ibadah Kharismatik belum dikatakan beribadah dng sempurna jika tidak ada hadirnya bahasa roh dan adanya kejadian-kejadian jemaatnya kelihatan seperti diluar kesadaran dalam kontrol dirinya..( mungkin kontemplasi dari masuknya roh lain diluar rohnya sendiri ).
Jadi dalam pandangan saya kedua Aliran Ajaran tsb mempunya ciri yang berbeda dalam memulyakan Allah, saat beribadah bergerejanya.
Tapi kedua aliran ini poros ajarannya tetap kepada TUHAN KITA YESUS KRISTUS.

Salim

Terimakasih yah atas penjelasannya, maaf sedikit mengganggu yang saya ganti warna merah itu :D
Cowo dikenal sebagai PHPnya. Ok gapapa. Tapi cowo doang? Kata siapa cewe gabisa PHP? Yaampun! Taugak? Allah Tritunggal kita ga pernah PHP!
July 12, 2011, 10:33:46 PM
Reply #19
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 286
  • Gender: Male
Mas@Markovsambel..

Menurut pendapat sayasih kedua Aliran Gereja ini sama artinya kalau mau dibilang "lain padang lain belalang", tapi disini ladangnya adalah sama yaitu Ladang Tuhan, TAPI padangnya ( =tuaiyannya ber sifat kharakternya ) berbeda dan belalangnya ( =cara hidupnya) juga berbeda. Sehingga yang Pantekosta dikatakan ibadahnya belum sempurna ( serius dan khusu' ),jika belum dengan menangis dan beremosi diluar kebiasaan umat berdoa pada umumnya ( bertepuk tangan, bernyanyi dng suara semangat full) unt mengmancing hadirnya ROH KUDUS pada saat kebaktian tsb.., Sebaliknya ibadah Kharismatik belum dikatakan beribadah dng sempurna jika tidak ada hadirnya bahasa roh dan adanya kejadian-kejadian jemaatnya kelihatan seperti diluar kesadaran dalam kontrol dirinya..( mungkin kontemplasi dari masuknya roh lain diluar rohnya sendiri ).
Jadi dalam pandangan saya kedua Aliran Ajaran tsb mempunya ciri yang berbeda dalam memulyakan Allah, saat beribadah bergerejanya.
Tapi kedua aliran ini poros ajarannya tetap kepada TUHAN KITA YESUS KRISTUS.

Salim

Gereja saya termasuk Pantekosta. Memancing ROH KUDUS dengan menangis dan beremosi di luar kebiasaan umat berdoa pada umumnya (bertepuk tangan, bernyanyi dng suara semangat full) ???? dan jika belum demikian maka ibadahnya belum sempurna????

"Ya Tuhan, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka katakan" :)

@Makovsembel:
Mengenai bahasa roh, saya lihat ada juga gereja Pantekosta yang menerapkannya pada waktu kebaktian.
Tetapi di Gereja saya yang juga Pantekosta, tidak menerapkan hal terebut. Bahasa roh hanya digunakan untuk hubungan pribadi dengan Tuhan.
Jadi soal bahasa roh diterapkan di kebaktian atau tidak, tergantung gerejanya masing², meskipun itu sama² Pantekostanya.

Menurut keterangan Anda, saya rasa kebaktian gereja Anda mirip juga dengan kebaktian gereja Pantekosta.
Tapi kalau mau lebih jelasnya, langsung tanyakan ke pendetanya aja :)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)