Author Topic: Apa arti Tuhan dan arti Allah sama/berbeda ?  (Read 4737 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 11, 2011, 12:53:26 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11252
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Sama bang,
Abang juga sudah dibutakan oleh ajaran akal-akalan 'Bapa Gereja'.

Mungkin yang benar ini bang:

======================================
Dari: bang Odading
barusan gugel --> kok kayaknya ELOHIM itu adalah ttg keberadaan2 yang disembah ? (jadi termasuk yg namanya YHWH, PLUS termasuk allah allah lain).

dari gugel juga --> katanya utk membedakan dgn elohim2 lain, makanya di Alkitab sering ditekankan HA ELOHIM ? --> agar pembaca tau "siapa" yg di maksud --> HA ELOHIM - The God - Allah yg itu (yg bernama YHWH) ??

salam.
---------------------------------------------------------------------
Bolot:

Maap,
Mungkin betul juga itu bang. Ni aye dapat dari kitab:

Rev 3:21  Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Mereka juga sepertinya akan jadi ELOHIM.
---------------------------------------------------------------------

Benar kan bang.. ( ? )

Maap kalau ada salah kata, bang

Kok nanya lagi..

kan sudah di jawab.. otakmu bisanya yang gampang-gampang saja… maka-nya kamu cocok masuk islam.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
September 11, 2011, 12:55:06 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 861
  • Gender: Male
  • Guru terbaik adalah ROH KUDUS
  • Denominasi: Murid Kristus
Kok nanya lagi..

kan sudah di jawab.. otakmu bisanya yang gampang-gampang saja… maka-nya kamu cocok masuk islam.
Orang sesat memang lidahnya penuh dengki
1 Yohanes 2 : 27
(27) Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu
September 11, 2011, 12:59:24 AM
Reply #22
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 486
Kok nanya lagi..

kan sudah di jawab.. otakmu bisanya yang gampang-gampang saja… maka-nya kamu cocok masuk islam.

Maap bang,
Abang sich udah ngantuk. Yang abang jawab itu potingn abang z, bukan aye.

lalu menurut abang apa arti dari ayat di bawah:

Rev 3:21  Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Bukankah mereka akan turut memerintah di sorga, yaitu menjadi Kurios ?

Maap kalau ada salah ata ya bang
September 11, 2011, 01:03:44 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11252
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Maap bang,
Abang sich udah ngantuk. Yang abang jawab itu potingn abang z, bukan aye.

lalu menurut abang apa arti dari ayat di bawah:

Rev 3:21  Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Bukankah mereka akan turut memerintah di sorga, yaitu menjadi Kurios ?

Maap kalau ada salah ata ya bang

Pertanyaannya salah karena:

2 Korintus
4:3        
Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,

4:4        
yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
September 11, 2011, 01:06:13 AM
Reply #24
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 486
Maap bang,
Abang sich udah ngantuk. Yang abang jawab itu potingn abang z, bukan aye.

lalu menurut abang apa arti dari ayat di bawah:

Rev 3:21  Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

Bukankah mereka akan turut memerintah di sorga, yaitu menjadi Kurios ?

Maap kalau ada salah ata ya bang
---------------------------------------------------------
Pertanyaannya salah karena:

2 Korintus
4:3        
Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,

4:4        
yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan KRISTUS, yang adalah gambaran Allah.

Maap bang,
Jawaban abang itu sama sekali OOT dengan yang aye tanya. Bilang aja IYA BENAR. Koq malu-malu bang..

Aye tahu abang malu mengakui, karena ajaran abang sudah menyelewengkan kata 'Kurios' identik dengan YHVH. Padahal secara semantik mereka yang duduk dengan Yesus di  ( Rev 3:21 ) itu Kurios bang..

Maap kalau ada salah kata ya bang
« Last Edit: September 11, 2011, 01:10:11 AM by bolot »
September 11, 2011, 01:08:59 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11252
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Maap bang,
Jawaban abang itu sama sekali OOT dengan yang aye tanya. Bilang aja IYA BENAR. Koq malu-malu bang..

Maap kalau ada salah kata ya bang

Udah..

kepinggir dulu…

(nanti ada kesempatan melawak)
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
September 11, 2011, 02:02:26 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4743
    • fossil coral cantik
TUHAN (huruf besar semua) dalam pengertian NAMA adalah ALLAH (huruf besar semua-->ELOHIM) dalam pengertian Yang ROH.
Tuhan (hanya huruf depannya yang besar) dalam pengertian Tuan (Tuan atas segala tuan) adalah Allah (hanya huruf depannya yang besar) dalam pengertian YESUS KRISTUS (Manusia). :D
cvbn, sori... saya masih kurang paham.

quote diatas itu maksudnya yg tertulis dalam Alkitab LAI, gitu ya ?
Jadi kalo yg di PL Ibrani ELOHIM , maka LAI dicetak TUHAN
sdgkan yg di PL Ibrani YHWH , maka di LAI dicetak ALLAH.
begitu bukan ?

Kalo yg di PB begimana ? (saya gak tau / belon pernah baca ttg kurios adonay dsb).
Terjemahan Tuan (LORD) itu dari kurios ?
Kalo terjemahan Allahnya di bahasa Inggrisnya pake GOD ato God ? terus di bahasa yunaninya apa ya ?

yah.... sekedar pingin menambah wawasan aja ... :)

makasi atas masukan2nya cvbn.

salam.
September 15, 2011, 03:43:43 PM
Reply #27
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 68
  • Denominasi: hkbp
Tuhan ....kalau di Alkitab bahasa Inggris untuk Perjanjian Baru adalah dari kata Lord.


trus kalau Allah ....kalau di Alkitab bahasa Inggris adalah dari kata GOD.


Jadi jawab saja dari hati masing-masing.......siapakah Yesus.


jangan ikutin orang lain.......
September 16, 2011, 12:07:41 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1106
  • Gender: Male
  • Yesus sahabatku
@ Zxcvn
Quote
TUHAN (huruf besar semua) dalam pengertian NAMA adalah ALLAH (huruf besar semua-->ELOHIM) dalam pengertian Yang ROH.
Tuhan (hanya huruf depannya yang besar) dalam pengertian Tuan (Tuan atas segala tuan) adalah Allah (hanya huruf depannya yang besar) dalam pengertian YESUS KRISTUS (Manusia).

ada juga yg ditulis TUHAN Allah (YHWH ELOHIM)
Kejadian 2:4  Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, —

ada yg ditulis Tuhan ALLAH (adonay YHWH)
Kejadian 15:8  Kata Abram: "Ya Tuhan ALLAH, dari manakah aku tahu, bahwa aku akan memilikinya?"

kl ini yg jadi rujukan, penjelasannya gmn bro ZX
Amsal 21:2  Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

Wahyu 22: 21  Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

http://www.yabina.org/layout2.htm
September 16, 2011, 09:26:09 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1045
Saya belum melihat ada jawaban yang mungkin senada dengan saya, tapi kalau udah ada maaf.
1 apakah Tuhan dan Allah sama?
Jawabannya adalah beda.
Kita lihat dahulu dari kata aslinya sebelum diterjemahkan.
Tuhan biasanya mewakili "Adonay atau YHWH".
Allah mewakili "ELOHIM"

Dari sisi arti kata, maka kata Tuhan ""merujuk kepada nama Allah israel secara khusus atau pengganti nama tersebut." Didalam Kekristenan dan yudaisme, dikenal bahwa nama ELOHIM adalah "YHWH" yang kemudian karena kekudusan nama ELOHIM maka digantikan dengan kata "Adonay, Elroy, Elshaday" dst. Maka ketika alkitab bahasa indonesia merujuk kepada kata Tuhan maka yang dirujuk adalah nama Allah israel.

Kata Allah menerjemahkan kata "ELOHIM atau Eloah", dalam hal ini merujuk kepada jabatan YHWH sebagai "sesembahan". Eloah tidak hanya dipakai oleh israel tetapi juga dipakai oleh bangsa lain sebagai sebutan dewa atau allah mereka.

Jadi kedua nya berbeda secara kata.

2. Dilihat dari sisi Kekristenan dan islam maka ada perbedaan besar diantara keduanya.
Kekristenan memandang kata Allah sebagai jabatan. Sementara islam memandang sebagai nama.
Pada dasarnya islam memandang kata Tuhan terbalik dari apa yang dimengerti Kekristenan, karena islam memandang kata Tuhan sebagai jabatan sementara didalam Kristen justru langsung merujuk kepada pribadi ELOHIM israel sendiri.

@adoding
Anda salah
ELOHIM diartikan Allah
YHWH ditulis dengan TUHAN
Adonay ditulis dengan Tuhan.
Kurios ditulis dengan Tuhan.

Ada beberapa ketidak konsistenan LAI didalam penerjemahan alkitab, tidak seperti bahasa inggris, bahasa inggris sangat jelas. Lord mengartikan Adonay. LORD mengartikan YHWH. God mengartikan ELOHIM.

Kalau merujuk kepada septuagint, maka kurios mengartikan kata "Adonay". Jadi sangat sah kalau kurios diartikan Tuhan karena Adonay meskipun memiliki arti "tuan", tetapi juga dipakai untuk menyebut ELOHIM demikian. Sehingga pemakaian kata Adonay juga tidak sembarangan. Jangan hanya melihat dari bahasa inggris karena bahasa inggris tidak memiliki kata khusus seperti ibrani dalam pemanggilan kepada Tuhan dan manusia. Sehingga kata lord digunakan bersama antara untuk Tuhan dan manusia. Tetapi biasanya dibedakan dengan pemakaian huruf besar, LORD, Lord dan lord.
Tuhan Yahshua, aku hanya pendosa, masih melakukan dosa, belum ada kebenaran didalamku, aku hanya bisa mencoba dalam jatuh bangun usahaku. Selanjutnya aku hanya bisa katakan, "biarlah semua Engkau yang tentukan, arahkan dan tujukan".
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)