Author Topic: Tradisi Suci dalam Gereja Katolik  (Read 22407 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 20, 2011, 04:01:39 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
Penulis ALkitab PB adalah para Rasul2, meskipun manusia biasa mereka SPESIAL karena hanya merekalah tulisan2nya diakui sebagai DIVINELY INSPIRED.

tetapi para Rasul, mereka SO SPESIAL. MEREKA PERNAH HIDUP BERSAMA TUHAN YANG MENJADI MANUSIA. Itu sangat spesial. Jika bunda Maria menulis sebuah surat pengajaran Kristen, saya yakin surat beliau akan masuk menjadi Kitab Suci. Jangankan surat, syair dan harapan-harapan beliau mengenai Tuhan ALlah yang akan menurunkan orang kaya congkak, dan akan meninggikan orang miskin, sudah direkam oleh Tabib Lukas dan itu masuk ke dalam Kitab Suci.

Jadi.. menurut Anda, para rasul adalah special dan tulisan2 mereka adalah "divinely inspired", karena mereka pernah hidup bersama Tuhan?? Logika yg absurd, IMO.
Anda lupa, ada penulis Injil yg hidup bukan di jaman YESUS berjalan di bumi, yaitu Lukas. Jika Anda mengakui Lukas ini juga "divinely inspired", apakah Anda juga akan mengakui tulisan2 rekan2 sejawat Lukas seperti Timotius sebagai "divinely inspired" juga?
Kalo generasi Lukas adalah "divinely inspired" karena pernah sejaman dengan para rasul, mengapa Anda tidak percaya bahwa para rasul yg sejaman dengan generasi Lukas juga inspired? Dan jika diteruskan sampai ke generasi sekarang, dengan logika yg sama, seharusnya Anda juga percaya bahwa para rasul di zaman sekarang juga "divinely inspired" dong?

jadi jika sebuah konsili okumenis menyepakati kanon Kitab Suci, lalu siapakah orang2 berani yang mengajarkan ADA AJARAN LAIN yang datang dari TIANG KEBENARAN terdiri dari manusia-manusia hidup pada masa setelah rasul dan bukan Para Rasul sendiri???

Mat 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Para rasul kan sudah meninggal semua tuh.
Terus yg disertai oleh YESUS sampai akhir jaman itu siapa ya?
Apakah yg disertai oleh YESUS itu bukan Tiang Kebenaran?

jika ada yang menchalenge: tunjukin mana AJARAN DARI TIANG KEBENARAN LAIN itu, maka lebih baik saya diam aja, ntar dikira OOT.

Hanya ada satu tiang kebenaran, yaitu Gereja, atau jemaat Allah yg hidup (1 Tim 3 : 15).
Kalo Anda menunjukkan ajaran dari Tiang Kebenaran yg sejati ini, aku rasa Anda tidak akan OOT.

jika ada yg mengajukan pendeta saya, atau pimpinan tertinggi gereja saya sebagai DIVINELY INSPIRED maka terus terang saya tidak sanggup menerimanya. mereka hanyalah manusia biasa.

Jika Anda tidak mampu menerimanya, tidak berarti bahwa ajaran itu salah, bukan?

Jika ada yg bisa menunjukkan otoritas yg infalible, misal konsili dalam Gereja Orthodhox yg mengikuti Mat 18 : 18, hal ini juga sudah merupakan bukti bahwa konsili ini juga mempunyai otoritas.
« Last Edit: July 20, 2011, 04:06:07 AM by Jenova »
July 20, 2011, 04:04:59 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
Sebagaimana Katolik suka meminta daftar kanon Kitab Suci di dalam Kitab Suci, permintaan yg sama juga utk Tradisi Suci,
Tunjukan Tradisi Suci yg berisi daftar kanon Tradisi Suci !

Sudah aku jawab di reply nomer #3 halaman pertama thread ini.
July 20, 2011, 04:15:51 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
jangan khawatir ada kok bro... :) mudah kok... tapi biarkan yg bersangkutan saja ya.. karena yg ditanya berhubungan dengan definisi diatas..

Bro Onde (dan juga rekan2 yg lainnya), silakan lho kalo Anda mau ikutan berdiskusi.
Your opinion is greatly appreciated.
Kali aja ada definisi2/penjelasan2ku yg kurang lengkap / salah, mohon koreksi dan masukannya juga. :)
July 20, 2011, 06:15:42 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11426
  • Gender: Male
  • Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt
Seingat saya penulis injil itu tidak seluruhnya rasul. Markus dan Lukas bukan termasuk 12 rasul dan ternyata menulis injil juga. Tuhan bisa memakai siapa saja untuk jadi alatnya. Manusia bukan dewa jadi devosi harus ke Tuhan saja.
Ini nama 12 Rasul
1. SIMON PETRUS..
2. ANDREAS..
3. YAKOBUS..
4. Yohanes..
5. PHILIPUS..
6. BARTOLOMEUS..
7. MATHIUS..
8. THOMAS..
9. YAKOBUS ANAK ALFEUS..
10. SIMON..
11. TADEUS..
12. YUDAS..
Masih ada:
Barnabas
Andronicus and Junia
Silas
Timothy
Apollos
:D
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi
July 20, 2011, 12:33:27 PM
Reply #24
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 357
Quote
Sudah aku jawab di reply nomer #3 halaman pertama thread ini.
yg aku minta bukan contoh, tapi yg aku minta: Tunjukan sebuah Tradisi Suci dari Para Rasul yg BERISI DAFTAR kanon Tradisi Lisan (Tradisi Suci yg lisan).

Apakah Para Rasul pernah memberitahukan daftar kanon Tradisi Lisan?
Apakah Para Rasul pernah memberikan secara LISAN (Tradisi Lisan) sesuatu yg berisi daftar kanon Tradisi Lisan?


July 20, 2011, 12:41:24 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6427
  • Gender: Male
  • Dia mengikatku pd Tiang Penopang & Dasar Kebenaran
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
yg aku minta bukan contoh, tapi yg aku minta: Tunjukan sebuah Tradisi Suci dari Para Rasul yg BERISI DAFTAR kanon Tradisi Lisan (Tradisi Suci yg lisan).

siapa elo..? ;D ;D

====

anak kecil juga tau "yang nama lisan ya lisan..!"
 :mad0261:
« Last Edit: July 20, 2011, 12:45:15 PM by limited »
July 20, 2011, 12:57:00 PM
Reply #26
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 357
Quote
siapa elo..?
minggir sana kalau ga bisa jawab!!!!!!!!!!!!!!!!
Selalu aja memulai jawaban yg mengarah ke personal attack.

Quote
anak kecil juga tau "yang nama lisan ya lisan..!"
Bilang aja udah ga bisa jawab lagi.

Quote
anak kecil juga tau "yang nama lisan ya lisan..!"
Tuliskan dalam forum ini bentuk Lisan dari Tradisi Lisan tsb yg berisi kanon Tradisi Lisan !!!



July 20, 2011, 01:09:35 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6427
  • Gender: Male
  • Dia mengikatku pd Tiang Penopang & Dasar Kebenaran
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
minggir sana kalau ga bisa jawab!!!!!!!!!!!!!!!!
Selalu aja memulai jawaban yg mengarah ke personal attack.
Bilang aja udah ga bisa jawab lagi.
Tuliskan dalam forum ini bentuk Lisan dari Tradisi Lisan tsb yg berisi kanon Tradisi Lisan !!!

sekarang saya tanya kata2 orang tua-mu ada daftarnya nga..?
July 20, 2011, 02:30:04 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4847
  • Denominasi: Protestan
siapa elo..? ;D ;D

====

anak kecil juga tau "yang nama lisan ya lisan..!"
 :mad0261:


oh, "lisan" artinya dari mulut ke mulut ya bro.

saya pernah memngikuti komunikasi bersambung tentang instruksi seorang komandan : hasil akhirnya yg sampai di orang ke-10 kira2 begini :

Jendral Gerhana, akan datang pagi ini, dan akan sarapan di kantin yang kemungkinan kehujanan, sambil memperhatikan pasukan yang upacara.

Artinya penuturan lisan yang berlangsung melewati rantai informasi terdiri dari manusia2 dengan beda persepsi akan menghasilkan informasi yang sangat bias.

salam - Petra9
Kuduskanlah Kristus dalam hatimu sebagai TUHAN
July 20, 2011, 03:38:43 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6427
  • Gender: Male
  • Dia mengikatku pd Tiang Penopang & Dasar Kebenaran
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
oh, "lisan" artinya dari mulut ke mulut ya bro.


Lisan mungkin dapat diartikan seperti itu (secara awam)..!

Tetapi Tradisi Suci bukan hanya Lisan saja..!! fakta berbicara Liturgy2 Rasul, Surat2 Early Father Church, Homili dan Nyanyian2 dll ==> Tradisi Suci..!

Magisterium + ROH KUDUS mengikat Tradisi Suci tsb (Matt 16:18)..!! jadi tidak sampai 33.800 MULUT yang berbeda2..!
http://id.wikipedia.org/wiki/Katekismus_Gereja_Katolik

saya pernah memngikuti komunikasi bersambung tentang instruksi seorang komandan : hasil akhirnya yg sampai di orang ke-10 kira2 begini :
Jendral Gerhana, akan datang pagi ini, dan akan sarapan di kantin yang kemungkinan kehujanan, sambil memperhatikan pasukan yang upacara.

Artinya penuturan lisan yang berlangsung melewati rantai informasi terdiri dari manusia2 dengan beda persepsi akan menghasilkan informasi yang sangat bias.
salam - Petra9


Bisa anda tunjukan katolik salah menginterprestasikan Tradisi Suci..?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)