Author Topic: Kejadian 3 : kutukan Allah dan bbrp pertanyaan.  (Read 949 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 22, 2011, 12:37:08 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 648
Kan katanya (kata org Kristen loh), maksud kata mati oleh Allah itu, bukan mati literal, tetapi "mati" hubungan "mesra" yg tadinya "hidup" antara AdamHawa dg Allah.

Ada juga Kristen yg bilang, maksudnya "mati" rohani... :)

di manipulasi oleh iblis, mati yang literal. Dasar Hawa masih polos - ya dia nunut aja apa kata si iblis ... "nggak mati (literal) ini kok... makan aja ah ... ":)

salam.

selain mati rohani, pada akhirnya manusia mau tidak mau harus mengalami yang namanya mati kan (meski saat itu Adam tidak langsung mati). hehe. :D
it's more possible to create a hole and move the whole sea in it..
July 22, 2011, 12:51:20 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4489
    • fossil coral cantik
selain mati rohani, pada akhirnya manusia mau tidak mau harus mengalami yang namanya mati kan (meski saat itu Adam tidak langsung mati). hehe. :D

ho-oh... iya betul akhirnya mati juga siii...

Tapi kalo saya pikir2 (saya loh ...:)) - saat larangan Allah "jgn makan nanti mati" - maka kata mati yg Adam artikan sepertinya adalah mati seketika. (walo sbtlnya gak jelas juga sih, si AdamHawa itu udh ngerti belon sih ttg kematian literal saat keluar larangan Allah itu ? ...  ;D).

Ibarat, org peringatin "awas listrik tegangan tinggi, jangan pegang - nanti mati", maka seyogyanya interpretasi kata mati saat Adam denger larangan tsb, ya spt denger larangan pegang listrik tsb - yaitu mati seketika ... :)

iblis tau pengertian mati yg AdamHawa interpretasikan, karena itu dia manipulasi hal tsb :)

salam.
July 22, 2011, 01:12:55 AM
Reply #12
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 395
Mas@Odad..

kok semua alasannya berlindung dibalik kata " literal" sih..?? masak iya sih..??

Padahal kalo kita perhatikan satu/satu seperti :

-kata @oda : sekarang ular pada kenyataannya tidak makan debu walupun sudh dikutuk Tuhan makan debu.
 ** Sebetulnya arti perkataan kutuk Tuhan tsb, mengisyaratkan bahwa kutuk itu benar terjadi dan berlaku pada
      Ular naga ( penggoda ) tsb yang tadinya berjalan dengan wujud tegak berdiri pada tumpuan kakinya, menjadi
      berjalan/bergerak dng cara mengelosor diatas tanah ( tanpa kaki lagi ) dan kepala dekat dengan tanah debu.
      Kalo mengelosornya denag mulut terbuka menganga..?? ya pasti masuk debu dimulut ular itulah..

-kata @oda lagi :"antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau
                             akan meremukkan tumitnya."
 ** Sebetulnya masih arti perkataan kutuk Tuhan tsb, lagi-lagi mengisyaratkan kutuk itu benar terjadi dan berlaku
      pada makhluk manusia-perempuan (Hawa) dan makhluk ular naga-cowok tsb ( bukan si iblisnya, karena iblis
      yang wujud roh, sdah jadi  makhluk terkutuk..nagapain lagi Tuhan mengutuknya ).
      Karena makhluk hidup yang berwujud daging pasti berreproduksi untuk menghasilkan keturunan, seperti Hawa
      dan Ular naga tsb. Dan karena dikutuk pula, maka keturunan manusia dan keturuan ular tidak pernah menjadi
      akur, selalu mencari kesempatan untuk saling bunuh, biala ada alasn yang tepat..Tapi bila tidak ada alasan
      yang tepat ..ya tidak terjadi bunuh-membunuh..Wong jelas dikatakan Tuhan " meremukan kepalamu dan
      meremukan tumitmu.." artinya kalau terjadi suatu kondisi sdh saling berdekatan bukan..?? siular ada pada
      posisi dibawah kaki manusia / dekat kaki manusia.

-kata @oda lagi :"Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan
                             melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu"
  ** SEBETULNYA BERARTI : walaupun sudah dikutuk dng merasakan kesakitan pada saat mengandung bayi sampai
       usia kehamilan 9 bulan, begitupun mersakan penderitaan kesakitan saat melahirkan bayi..?? TAPII SIAPAPUN 
       YANG NAMANYA MAKHLUK manusia-perempuan TIDAK AKAN MERASA KAPOK ( TIDAK ADA KAPOK-KAPOKNYA ) ATAU
       MENJADI LUPA AKAN PENDERITAANNYA TSB...JIKA SUDAH TIMBUL AKAN BIRAHINYA UNTUK BERHUBUNGAN BADAN,
       GUNA TUJUAN UNTUK MENAMBAH KETURUNAN BARU LAGI.
       JADI BIRAHI BUKAN KUTUK..TAPI KARUNIA DARI TUHAN bagi si perempuan dan laki-laki. Karena amanah agung
       dari Tuhan sesuai FirmanNYA yng tidak mungkin dibatalkan adalah SUPAYA KAMU BERKETURUNAN.( BERANAK
       CUCULAH ).

Tidak menjadi perlu bagi manusia untuk mengetahui dimana keberadaan Taman Eden itu sekarang berada dimana,? Tapi Yng menjadi penting sekarang adalah bagaimana caranya kita sekarang untuk dapat mendiami Taman Eden itu lagi. seperti ADAM & HAWA DULU SEBELUM JATUH KEDALAM DOSA.?

Salim TYB

July 22, 2011, 02:11:15 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4489
    • fossil coral cantik
-kata @oda : sekarang ular pada kenyataannya tidak makan debu walupun sudh dikutuk Tuhan makan debu.
 ** Sebetulnya arti perkataan kutuk Tuhan tsb, mengisyaratkan bahwa kutuk itu benar terjadi dan berlaku pada
      Ular naga ( penggoda ) tsb yang tadinya berjalan dengan wujud tegak berdiri pada tumpuan kakinya, menjadi
      berjalan/bergerak dng cara mengelosor diatas tanah ( tanpa kaki lagi ) dan kepala dekat dengan tanah debu.
      Kalo mengelosornya denag mulut terbuka menganga..?? ya pasti masuk debu dimulut ular itulah..

nah ini baru lagi.... Ular naga ( penggoda ) ??

di Alkitab - yang pake kurung ( ) itu bukan penggoda tapi hiiiyy.... soetaaann ... :)
"And he [Satan] said to the woman"

dan juga di wahyu :
Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan
ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan


jadi gimana ??
cukup beralesan kan point saya ? hehehehe....:)

yang tadinya berjalan dengan wujud tegak berdiri pada tumpuan kakinya,
ini yang di ayat berapa nih ? kok kayaknya kelewatan ama saya ?

Quote
-kata @oda lagi :"antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau
                             akan meremukkan tumitnya."
 ** Sebetulnya masih arti perkataan kutuk Tuhan tsb, lagi-lagi mengisyaratkan kutuk itu benar terjadi dan berlaku
      pada makhluk manusia-perempuan (Hawa) dan makhluk ular naga-cowok tsb ( bukan si iblisnya, karena iblis
      yang wujud roh, sdah jadi  makhluk terkutuk..nagapain lagi Tuhan mengutuknya
).
      Karena makhluk hidup yang berwujud daging pasti berreproduksi untuk menghasilkan keturunan, seperti Hawa
      dan Ular naga tsb. Dan karena dikutuk pula, maka keturunan manusia dan keturuan ular tidak pernah menjadi
      akur, selalu mencari kesempatan untuk saling bunuh, biala ada alasn yang tepat..Tapi bila tidak ada alasan
      yang tepat ..ya tidak terjadi bunuh-membunuh..Wong jelas dikatakan Tuhan " meremukan kepalamu dan
      meremukan tumitmu.." artinya kalau terjadi suatu kondisi sdh saling berdekatan bukan..?? siular ada pada
      posisi dibawah kaki manusia / dekat kaki manusia.

aduh jaman sekarang mah bunuh uler udah gak pake ngremuk2in kepala lagi bang... di DOR ato di pentung aja - beres dah. Boro2 injek kepala uler, malah si uler yg keburu matok...:)

(15) And I will put enmity between you and the woman, and between your offspring and her Offspring; He will bruise and tread your head underfoot, and you will lie in wait and bruise His heel.

sekali lagi, coba tolong perhatikan kata "he" dgn kapital H, dan kata "his" dg kapital H juga.
Lalu tanya : "e kenapppa ??" (mesti pake kapital H) ... :)

karena iblis yang wujud roh, sdah jadi  makhluk terkutuk..nagapain lagi Tuhan mengutuknya

ngomong2, kapan yah iblis ada dikatakan sudah dikutuk Allah sebelum kejadian 3 tsb ?
soalnya yg baru saya ketemu : "dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi"

Quote
-kata @oda lagi :"Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan
                             melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu"
  ** SEBETULNYA BERARTI : walaupun sudah dikutuk dng merasakan kesakitan pada saat mengandung bayi sampai
       usia kehamilan 9 bulan, begitupun mersakan penderitaan kesakitan saat melahirkan bayi..?? TAPII SIAPAPUN 
       YANG NAMANYA MAKHLUK manusia-perempuan TIDAK AKAN MERASA KAPOK ( TIDAK ADA KAPOK-KAPOKNYA ) ATAU
       MENJADI LUPA AKAN PENDERITAANNYA TSB...JIKA SUDAH TIMBUL AKAN BIRAHINYA UNTUK BERHUBUNGAN BADAN,
       GUNA TUJUAN UNTUK MENAMBAH KETURUNAN BARU LAGI.
       JADI BIRAHI BUKAN KUTUK..TAPI KARUNIA DARI TUHAN

gak aci ah.... mosok beranaknya sakit adalah kutukan, tapi yg birahi jadi sebuah karunia ?
padahal kan kalimat tsb dalam konteks Allah mengutuk ... :)

Quote
Tidak menjadi perlu bagi manusia untuk mengetahui dimana keberadaan Taman Eden itu sekarang berada dimana,?

saya mah gak perduli ama Eden-nya,
tapi pohon kehidupannya dg malaikat berpedang saktinya itu loh....:)

Quote
Tapi Yng menjadi penting sekarang adalah bagaimana caranya kita sekarang untuk dapat mendiami Taman Eden itu lagi.

wew.... kalo saya mah emang gak mao mendiami Taman Eden...., wong dari Alkitab aja udah jelas - ada iblis berkeliaran disana ....  ;D :cheesy: :coolsmiley:

ampun...amburadul dah saya - OOT banget...maap yaaa... :)

salimeh :)
« Last Edit: July 22, 2011, 02:21:12 AM by odading »
July 22, 2011, 02:46:22 AM
Reply #14
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 395
wuahahahahha..ga papa..ada benarnya dan ada juga nakalnya kamu dlam menanggapi..mungkin karena tinggal kita doang yang masih on-er ya..??kwkwkwkkkwkkw  hhiihi attutt setannn...!!uadah malemm..hii oot..saya
July 28, 2011, 01:14:32 PM
Reply #15
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 404
Mohon maaf semuanya ikutan memberikan analisa karena anda juga beranalisa,
Mari kita ikuti ayat-ayat dikitab Kejadian yang khusus mengisahkan kehidupan Adam, mari kita mulai dari Kejadian pasal 2 ayat 16-17 TUHAN berfirman : "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." itulah hukum TUHAN pertama kali yang disampaikan kepada manusia (Adam), dijelaskan mana yang baik (boleh) dan mana yang tidak baik/jahat (dialarang), nah, kalau yang dilarang itu dilanggar pasti menerima hukumannya. diayat itu ditegaskan bagi Adam kalau melanggar larangan TUHAN (jangan makan buah pohon pengetahuan yg baik dan yg jahat) maka PADA SAAT ITU PULA Adam MATI.

Kejadian 3:1 - Kemudian TUHAN menciptakan ULAR (sebagai personifikasi IBLIS) yang cerdik (makna negatif = pendusta. Yohanes 8:44 mengatakan, bahwa iblis adalah pendusta dan bapa segala dusta). Jadi seluruh perkataan iblis adalah dusta (menipu) jelas tidak mengandung kebenaran sama sekali.

Maka kalau iblis mengatakan kepada Hawa (Kej.3 ayat 1 dan 4-5) :

"Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Jangan anda percaya dan jangan sedikitpun anda terpengaruh, sebab dari paparan analisa kalian (diatas) ada yang menganggap bahwa iblis tidak menipu bahkan membenarkannya. Hati-hatilah bro....!
July 28, 2011, 01:50:47 PM
Reply #16
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 57
Ini adalah kalimat paling lihai, dan sangat bulus dalam hal menghasut (BUKAN MENIPU).
Dari sini, sepertinya tidak ada yang tidak di ketahui semua ttg Allah oleh makhluk ini ?

BUKAN MENIPU = karena pernyataan diatas benar adanya.

Saya coba jawab satu-satu ya...
Pernyataan ttg tahu baik dan jahat memang tidak menipu.
Menjadi seperti Allah juga tidak.
Ay. 4 juga satu sisi tidak menipu.
Namun, keseluruhan proses pembicaraan itu tujuannya untuk menghasut supaya manusia jauh dalam dosa.
Nah, klo tujuannya sejahat itu, apa bukan menipu namanya?
July 28, 2011, 02:02:00 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4489
    • fossil coral cantik
ada yang menganggap bahwa iblis tidak menipu bahkan membenarkannya. Hati-hatilah bro....!

YA, itu saya nonK - yang menganggap iblis tidak menipu tetapi memanipulasi pengertian pada kata "mati" tsb kepada Hawa.

ini contoh manipulasi pada dunia nyata :
anak 1 : gak mao ah maen sepeda di jalan raya, ibu melarangnya - katanya bisa ketabrak mobil.
anak 2 : ah gak papa kok... sekali kali kamu gak akan ketabrak.
(perhatikan, anak-2 tdk lsg nge-refer bilang spt : "ah ngapain kamu nurutin larangan ibumu")

(tentunya nanti jgn diparalelkan dg larangan ibu = larangan Allah, tapi ambil contohnya ttg manipulasi :)).

salam.
« Last Edit: July 28, 2011, 02:08:54 PM by odading »
July 28, 2011, 02:13:15 PM
Reply #18
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2565
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Ini adalah kalimat paling lihai, dan sangat bulus dalam hal menghasut (BUKAN MENIPU).
Dari sini, sepertinya tidak ada yang tidak di ketahui semua ttg Allah oleh makhluk ini ?

Menghasut itu slalu mngandung unsur penipuan kan?

Quote
BUKAN MENIPU = karena pernyataan diatas benar adanya.

Ibaratnya gini :

Wah bu, beli aja rumah itu.

Suami saya bilang jangan beli.

Ah, knapa jangan?

Kata suami saya, kalo saya beli saya akan berurusan sama aparat.

Ah, ngga bgitu bu. Ibu ngga akan berurusan sama aparat.

Jadi saya ngga akan berurusan sama polisi?

Tentu saja tidak bu.

---dibelilah rumah itu---tak lama kmudian, datang surat pngadilan yg mnyita rumah tsb.

Heiiii, katanya saya ngga akan brurusan sama aparat kepolisian.

Emang ngga bu, tp ibu brurusan sama aparat pengadilan. Huahahahahaha!!!!

******

Gini loh bro...
Tuhan bilang soal mati rohani, iblis mnyimpangkannya mjd 'hanya' mati jasmani.
Adam dan Hawa tidak mati jasmani mlainkan mati rohani, ya sama saja mati.

Quote
kalo yg merah :
a. ttg keturunan binatang ular (literal), maka jelas kata2 Allah tdk sesuai dgn kondisi ular sekarang.
b. ttg keturunan hasil hubungan sex antara Hawa dg iblis, apakah bisa memungkinkan ?
c. ttg keturunan iblis, apakah iblis saling berhubungan sex dan menghasilkan keturunan ?

Tuhan bicara soal keturunan rohani tp dsimpangkan seadanya sbg kturunan jasmani.

Quote
apakah kata "he" dalam bhs aslinya ? apa refer pd kata ganti org juga ?
ataukah kata ganti binatang ===> sehingga seharusnya "it"

mengapa kata "his" menggunakan kapital H ? His.

Ini nubuat ttg Mesias.

Quote
BIRAHI ternyata adalah sebuah kutukan. Jadi sebelum Hawa makan buah, dia tidak ada rasa birahi pada Adam ? (frigid ?) ===> mending di kutuk donk.....  :tongue:

Birahinya bukan kutuk.
Susah payah waktu mengandunglah yg mjd kutuk.

Quote
segera setelah terjadi dosa pertama, pembunuhan pertama terjadi yg dilakukan oleh Allah sendiri ?

Kamu kalo punya TV, mau dimatikan kapan saja ya tserahmu kan.
Andaikan ada org yg mati dsambar petir, apakah Tuhan membunuh dia scr tidak adil ataukah Tuhan mcabut nyawanya krn Ia berhak mlakukannya?

Quote
sepertinya "ide" ini berangkat dari setelah AdamHawa makan buah.
Jadi rencana awal, "tidak mengapa kalo AdamHawa + semua keturunan mrk hidup selama-lamanya". Apakah bumi tidak akan penuh sesak ?

Manusia emang dciptakan tidak kekal.

Quote
Dimana kerub dg pedang saktinya + pohon kehidupan tsb sekarang ?
Eden boleh aja ilang, krn perubahan geologi - namun apakah kerub dan pohonnya juga jadi ilang ?
(ini pohon kehidupan loh - dan juga, penjaganya malaikat loh ... :)).

Eden, Kerub dan pohon kehidupan skrg ada di sorga.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)
July 28, 2011, 08:12:43 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4489
    • fossil coral cantik
Menghasut itu slalu mngandung unsur penipuan kan?

gak tau juga yah... kalo menurut saya belum tentu selalu pasti maksudnya utk menipu.

berdasarkan contoh anak-1 dan anak-2 maen speda di jalan raya tsb, kondisi perkataan/hasutan anak-2 tidak menipu, krn "meet the criteria" yaitu saat mrk maen speda di jln raya ternyata gak terjadi kecelakaan.

sama spt iblis tdk menipu, krn apa yg dikatakan "meet the criteria" stlh makan buah dilakukan.

berbeda pada contoh cerita ibu membeli rumah tsb, krn nggak "meet the criteria" spt yg dikatakan si sales. Akan berbeda kalo slth rumah di beli - tidak pernah ada penangkapan...  maka si sales BOLEH DIKATAKAN tidak menipu... walo ternyata ujung2nya rumah tsb dalam sengketa, misalnya.

kenapa saya sebut "boleh dikatakan" ? krn BELUM TENTU si penjual itu juga tau bhw rmh sdg dlm sengketa. Bisa saja kan dia cuma sekedar semangat menjual ? ... :)

balik ttg hasutan iblis. Krn saya belum ketemu, apakah bisa bantu - apakah ada ayat yg menyatakan secara eksplisit INTENSI si iblis saat menghasut itu adalah :
1. agar manusia jatuh kedalam dosa ? ayatnya ?
2. agar melanggar perintah Allah ? ayatnya ?
3. atau sekedar agar si iblis jadi punya temen ? (spt halnya si anak-2 membujuk anak-1 maen speda), ayatnya ?

saya perhatikan juga, sepertinya iblis ini maha tau... kalo nggak dr mana dia bisa tau larangan tsb ? (ya - kecuali ada sign-board di deket pohon tsb "JANGAN DIMAKAN !"  ;D).

Quote
Gini loh bro...
Tuhan bilang soal mati rohani, iblis mnyimpangkannya mjd 'hanya' mati jasmani.
Adam dan Hawa tidak mati jasmani mlainkan mati rohani, ya sama saja mati.

sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati
tdk dikatakan "mati rohani" ... :)

sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu
jadi masih ada kemungkinan "mati jasmani".

Apapun itu juga, jelas dan sudah pasti bhw iblis menghasut / memanipulasi.

Entah berangkat dari pengetahuan perkataan Allah ttg "mati" tsb adl mati rohani, dimanipulasi ke mati jasmani

atau

entah juga apakah iblis berangkat dari perkataan Allah ttg "mati" tsb adl mati jasmani, dimanipulasi ke mati jasmani yg seketika

:)

tapi yg jelas, perkataan Allah pada kata "mati" itu = perkataan si suami pd kata "aparat"  ;D

Quote
Birahinya bukan kutuk.
Susah payah waktu mengandunglah yg mjd kutuk.

maap... saya salah, sepertinya memang Allah tidak mengutuk pada kesalahan AdamHawa (saya baru membaca ulang lagi, dan ternyata memang tidak di kutuk !). Yg di kutuk itu si iblis dan tanah...:)

tapi, tetep aja.... FirmanNYA ttg birahi keluar bersamaan pada saat FirmanNYA ttg susah payah ngelahirin.

saat perintah beranak cucu, tidak ada Firman ttg birahi..., jadi siapa-tau AdamHawa saat kopulasi (apabila sempet dilakukan sblm berdosa) tanpa perasaan apa apa ...  ;D. (maap OOT... ber-andai2 :)).

saya liat lebih jauh lagi, birahi sptnya memang baru ada stlh makan buah. Gak mengherankan kan, birahi sering membuat manusia keblejog dosa di jaman skrg ini ? :)

Quote
Quote
segera setelah terjadi dosa pertama, pembunuhan pertama terjadi yg dilakukan oleh Allah sendiri ?
Quote
Kamu kalo punya TV, mau dimatikan kapan saja ya tserahmu kan.

maap... pertanyaan saya bukan menjurus ttg hal kedaulatan Allah, tetapi ke hal ttg PEMBUNUHAN PERTAMA / KEMATIAN PERTAMA di Eden.... :)

krn niat saya - dr pertanyaan tsb, ingin berkembang pada pertanyaan selanjutnya :

sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati

bagaimana kemungkinannya : AdamHawa bisa tau ttg arti kata "mati" kalau belum pernah ada kematian di Eden tsb ? (krn itu saya tanyakan apakah bikin baju dr kulit binatang adl pembunuhan/kematian pertama).

tadinya saya coba menganalisa sendiri, dgn mengambil contoh "awas dik, jgn dipegang nanti kesetrum".
Namun saya sendiri merasa tidak tepat, krn walopun si kecil blm prnh ngalamin setruman, tetapi setrum itu sendiri memang ada, sudah ada dan pernah terjadi.

sangat-sangat mengharapkan jawaban dari temen2 Kristen disini.

Quote
Andaikan ada org yg mati dsambar petir, apakah Tuhan membunuh dia scr tidak adil ataukah Tuhan mcabut nyawanya krn Ia berhak mlakukannya?

maap sekali lagi, saya TIDAK PERNAH BERKAMUS pada pikiran "negatif" ttg Allah ... :)

makasi siip atas masukannya.
Respond2 baru atas respond saya disini, saya sangat harapkan.

salam.
« Last Edit: July 28, 2011, 08:19:43 PM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)