Author Topic: apa sih Kasih Karunia itu?  (Read 1893 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 29, 2011, 11:25:10 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3204
  • Gender: Male
dear all,

apa sih pengertian Kasih Karunia MENURUT KALIAN?


Jbu
July 29, 2011, 11:34:29 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3009
menurut saya kasih karunia = anugerah = hadiah .

sesuatu yg cuma-cuma / gratis


----------------------
berikut ada ulasan dari situs sarapan pagi

KONSEP/ CARA PANDANG - KASIH KARUNIA



Konsep pemikiran dan cara pandang kita sebagai umat Kristen harus berkonsep pada pemikiran ANUGERAH/KASIH KARUNIA bukan pemikiran IMBAL-BALIK. Keselamatan kita atas karya Tuhan Yesus diatas kayu salib adalah Anugerah.
Anugerah mempunyai arti dasar demikian : “yang memberi tidak berkewajiban, yang menerima tidak mempunyai hak” .

Sedangkan konsep Imbal-Balik adalah “kita mendapatkan sesuatu karena melakukan sesuatu” seperti layaknya seorang pegawai yang diupah bulanan karena melakukan pekerjaannya selama satu bulan, seorang salesman mendapat bonus karena mampu menjual sekian jumlah barang dagangan. Kalau kita berpikiran kalau saya mentaati aturan Alkitab, kalau saya melakukan amal-ibadah maka saya akan mendapat pahala, itu adalah konsep pemikiran imbal-balik! Dimana hal tersebut menunjukkan kita belum sadar akan arti penebusan itu.

Keselamatan dari Allah adalah sepenuhnya anugerah, bukan imbal-balik!
--------------------------------------------------


artikel selengkapnya :
http://www.sarapanpagi.org/kasih-karunia-anugerah-vt1624.html
Efesus 2:15-a

(TB)
sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah
membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya


(BIS)
Hukum agama Yahudi dgn perintah-perintah dan peraturan-peraturannya sudah dihapuskan oleh Kristus
August 01, 2011, 01:35:56 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 518
  • Denominasi: Protestan
dear all,

apa sih pengertian Kasih Karunia MENURUT KALIAN?


Jbu

kasih karunia yang dimaksud saya tambahkan karena seperti orang berjalan cuma satu kaki, Jadi pengertian Kasih Karunia menurut Firman Tuhan keselamatan datang sebagai karunia dari kasih karunia Allah, tetapi hanya dapat diterima oleh tanggapan manusia melalui Iman....Jadi kasih karunia sudah diberikan kepada kita,namun kalau tidak ada tindakan iman dari manusia sama saja tidak ada hasil.

Jadi Iman dan kasih karunia ini tidak dapat dipisahkan...Jadi hanya iman saja tidak berguna, dan juga hanya kasih karunia juga tidak berguna----kalau jalan sendiri sendiri pincang sebelah, Sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Iman juga bukan sekedar pengakuan tentang kristus, namun juga suatu tindakan yang keluar dari hati yang ingin mengikuti Kristus sebagai Tuhan...Banyak ajaran sekarang karena perkembangan dunia modern sehingga timbul agama baru bahwa Yesus bisa menjadi juru selamat tanpa menerima Dia sebagai Tuhan...

Jadi tidak ada dalam PB mengajarkan kita bisa menerima Yesus sebagai juruselamat tanpa menerima-Nya sebagai Tuhan. Hal ini sangat penting untuk diketahui....Pada waktu orang Kristen memanggil Yesus Tuhan maka hal ini bukan sekedar pengakuan lahiriah tetapi sikap hati yang sungguh-sungguh Banding 1Pet.3:15....karena Allah telah menjadikan Yesus, menjadi Tuhan dan Kristus (Kis 2:36)

menurut Roma 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

"Kata dibenarkan" disini berarti menunjukkan hubungan yang benar dengan Allah, Allah yang mengampuni orang berdosa yang bertobat, yang telah dinyatakan dalam penebusan dalam kristus (Roma 3:24) ---Semua terjadi pemulihan dari Allah melalui iman pada Yesus Kristus...jadi didalam Kis 2:38 mengatakan ---pertobatan, pengampunan dosa dan baptisan merupakan syarat mula-mula untuk menerima karunia Allah dalam ROH KUDUS.Amin..
Yakobus 4:11 Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya.
August 02, 2011, 03:03:35 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1045
Apa sih kasih karunia??

Kalau kita bicara teologia mungkin agak sulit dicerna. Kita bicara sederhana saja. Harafiah saja. Kasih karunia. Terdiri dari dua kata, kasih dan karunia.
Kasih, tentu anda tahu kasih. Ungkapan rasa sayang, perasaan memiliki cinta (bukan nafsu). Dst.
Karunia adalah sesuatu yang diberikan cuma -cuma.

Jadi kasih karunia adalah kasih dalam bentuk nyata yang diberikan secara cuma - cuma. Pertanyaannya, kalau kasih Tuhan itu cuma - cuma, kenapa harus percaya Yesus untuk menerimanya?? Karena hadiah atau ungkapan kasih itu adalah Yesus sendiri.
Saya analogikan begini. Anda diluar rumah kemudian ada seseorang datang, dia bilang, "aku mau memberimu mobil karena aku mengasihi kamu". Dengan mobil ini kamu akan dapatkan banyak kemudahan.
Nah kamu tahu orang itu mengasihi kamu.
Kamu tahu kamu mengasihi orang itu.
Kamu menginginkan kemudahan itu.
Nah bisakah kamu mendapatkan semua itu tapi kamu menolak "mobil" itu??
Hal ini selaras dengan yoh 3:16. Anda tentu tahu apa isinya.
Nah dengan menerima Yesus kita menerima semua itu. Kita menerima kasih karunia itu karena memang figur Yesus lah kasih karunia Tuhan itu, bukan yang lain. Yang lain setelah itu hanya bonus. Jadi bagaimana mungkin seseorang menerima sebuah hadiah kemudian menyatakan bahwa dengan menerima hadiah itu maka dia juga sudah membayar untuk hadiah itu?? Membayar dan menerima itu beda. Tidak ada orang yang menerima harus membayar. Menerima saja, itu ya menerima. Membayar adalah sebuah kegiatan yang berbeda, dengan aktivitas fisik yang juga berbeda.

Gbu.
Tuhan Yahshua, aku hanya pendosa, masih melakukan dosa, belum ada kebenaran didalamku, aku hanya bisa mencoba dalam jatuh bangun usahaku. Selanjutnya aku hanya bisa katakan, "biarlah semua Engkau yang tentukan, arahkan dan tujukan".
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)