Author Topic: Mohon bimbingan untuk masuk agama katolik  (Read 3452 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 01, 2011, 10:02:07 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: katolik
Sebelumnya mohon ijin saya untuk posting pertamakali disini, saya adalah member baru di forumkristen ini.

Sebut saja nama saya romeo umur 39 tahun sudah bekeluarga dan memiliki 2 orang anak. Dulu agama saya muslim begitupun istri saya. Keluarga saya termasuk keluarga muslim yang fanatik yang tiap hari suka sekali menyuruh sholat, kalo tidak sholat pasti keluar kata kata tidak enak didengar. Sedangkan istri saya dari keluarga muslim islam KTP, tau kan islam ktp? di KTP tertulis agama islam, tapi gk pernah sholat, ngaji dan puasa ataupun yang berhubungan dengan ibadat agama islam.

Saya sudah menikah selama 11 tahun dan sudah memiliki 1 anak laki kelas 5 SD dan 1 anak perempuan kelas 1 SD

Saya keluar dari islam karena berbagai hal diantaranya :

- Agama islam selalu memusuhi orang yang tidak pernah sholat, termasuk istri saya, jadi istri saya dengan orang tua saya tidak pernah akur alasan nya karena istri saya tidak pernah sholat.

-Agama islam menggunakan cara pemaksaan dan kadang kekerasan dalam mendidik atau mengajak muslim agar taat beribadah.

-Bertahun tahun saya jadi muslim rohani saya tetap kosong, saya tetap mempertanyakan keberadan Tuhan.


Suatu ketika saya mendapatkan sebuah forum yang membahas tentang menguak wajah islam sebenarnya. pertama saya sangat terkejut....akan tetapi saya coba untuk membaca terus, tapi setelah saya membaca kok lama kelamaan apa yang saya baca itu mengandung banyak kebenaran dan fakta.

Saya tidak akan membahas soal fakta keburukan agama islam disini, cukuplah sudah buat saya.

Kebetulan Nenek dari ibu saya beragama katolik, maka saya memutuskan setelah keluar dari agama islam saya masuk agama katolik. Saya memutuskan masuk katolik sejak 2 bulan yang lalu. Saya banyak membaca sumber sumber agama katolik hanya dari internet, bahkan saya sudah membeli alkitab, rosario dan patung bundamaria. Sejak saya memutuskan masuk agama katolik hidup saya menjadi lebih damai dan beban hidup saya semakin berkurang, begitupun juga istri saya lebih terlihat berbahagia tanpa beban berat.

Saya sekeluarga masuk katolik tanpa diketahui oleh orang tua saya maupun saudara saudara saya baik dari keluarga saya maupun dari keluarga istri.

Saya sudah tekat bulat masuk katolik hingga akhirnya saya menelpon gereja katolik yang berada di dekat wilayah saya tinggal. Saya telpon gereja santa maria regina dibilangan bintaro jaya, namun jawabannya adalah saya disuruh menghubungi gereja yang lebih dekat dengan rumah saya. Saya diberi nomer telp dan kembali saya hubungi gereja nikodemus yang memang lebih dkt dengan rumah saya, tapi saya mendaptkan jawaban harus menghubungi paroki nya terlebih dahulu, dan paroki itu rumah tinggalnya disebelah rumah orang tua saya.......... saya kaget, begitupu istri saya. saya tidak menyangka kalau ternyata tetangga orang tua saya adalah seorang paroki katolik.

Saya tidak punya teman ataupun saudara yang orang katolik, jadi saya agak kesulitan untuk bisa ibadah di gereja katolik.

Istri saya masih ketakutan untuk datang kerumah paroki karena jarak yang terlalu dekat dengan rumah orang tua saya. Seperti yang sudah bro n sis ketahui bahwa bila ada orang islam keluar agama dan memeluk agama lain terutama agama Kristen, pastilah keluarga akan menjauhi dan mengucilkan.

Masalah yang lain adalah masalah anak saya, karena masuk sekolah dasar negeri, maka tidak ada agama selain islam. kalau agama diluar islam nilai agama harus disetor oleh gereja.

Cekanya saya blm resmi katolik, dan mana mungkin bisa setor nilai dari gereja, akibatnya sekarang sekolah anak saya terancam tidak naik kelas... karena nilai agama nol.

Mohon kiranya bila ada yang bisa mem-bimbing saya masuk katolik dan mencari solusi yang sedang saya hadapi.

Saya gunakan nama samaran Romeo dan nomer hape esia saya 021-51452277

Terimakasih
JESUS Loves You.
« Last Edit: August 01, 2011, 10:10:41 AM by romeo_asli »
August 01, 2011, 08:29:11 PM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 233
Saudara Romeo yang terkasih didalam Tuhan YESUS KRISTUS.
Shalom (Apakabar). :D :)
Senang sekali rasanya saya membaca tulisan peribadi serta beban anda.
Perkenalkan nama saya franco tapi juga nama samaran (agar lebih keren gitu lho hehehe :D).
Puji Tuhan dan selamat saya ucapkan kepada saudara  karena saudara  dengan jujur dan berani melangkahkan kaki anda ingin mencari kebenaran hidup. Itu yang terpenting terlebih dahulu.
Yah saya paham yang menjadi beban saudara. Saya berharap saya dapat memberikan sedikit masukan kepada anda yang mungkin memberi faedah.
Saya sangat bersyukur bahwa  anda telah  menemukan kebenaran hidup dan melangkahkan kaki anda ke dalam sumber kehidupan itu yaitu didalam Tuhan YESUS KRISTUS.

Terus terang ketika anda mengatakan ingin masuk katolik, seharusnya yang berhak untuk menjawab pertanyaan anda adalah warga katolik.
Tetapi saya bukan katolik.
Saya juga mengaku  bukan protestan.

Tetapi  saya hanya percaya kepada Tuhan YESUS KRISTUS sebagai Tuhan dan juru selamat saya. Saya tidak terpaku kepada gereja tertentu atau ajaran tertentu. Kalau didekat saya ada gereja katolik saya pergi beribadah kesana, kalau didekat saya ada gereja protestan saya beribadah kesana. Sebab sesungguhnya bagi saya bahwa gereja adalah tempat beribadah untuk memuji Tuhan dan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan pikiran kita dengan rasa syukur kepada Tuhan YESUS.

Ada beberapa hal penting yang ingin saya ketahui tentang saudara:
1. Apakah saudara  ingin masuk katolik karena nenek anda ?
2. Apakah saudara memang telah memahami inti ajaran katolik?
3. Apakah saudara  sedang masih mencari kebenaran yang dapat membebaskan anda dari kekosongan
    iman?
4. Atau ada alasan lainnya.

Terus terang saya berasal dari keluarga protestan dan saya juga pernah bersekolah di sekolah katolik.
Menurut  saya antara protestan dan katolik terdapat persamaan dan terdapat perbedaan.
Persamaannya adalah bahwa Protestan dan Katolik  mengakui dan menerima Tuhan YESUS sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia serta mengakui Alkitab sebagai Firman Allah yang hidup.
Sedangkan  perbedaannya terdapat didalam struktur tata cara ibadah, pendalamannya serta hal-hal kecil lainnya (sukar saya menjelaskannya, takut salah menjelaskannya). 
Saya katakan ini bukan ingin membuat saudara bingung, tetapi ingin membuat anda mengerti sedikit, sebab saya tidak tahu seberapa dalam anda memahami kekeristenan.

Mari kita berbicara berdasarkan Alkitab.
Bahwa berdasarkan Alkitab Tuhan YESUS tidak pernah mengajarkan adanya protestan atau katolik dan lain sebagainya.
Inti ajaran Alkitab atau  Injil adalah  untuk memberitakan kepada seluruh umat manusia  bahwa  Tuhan YESUS KRISTUS adalah Tuhan dan Juruselamat bagi seluruh  umat manusia. Tuhan YESUS KRISTUS adalah satu-satunya jalan keselamatan bagi umat manusia agar bisa diselamatkan dari iblis dan dari neraka. Umat manusia harus menerima dan mengakui Tuhan YESUS KRISTUS secara peribadi sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidup mereka, melakukan segala perintah-perintah-Nya, setia sampai mati. Itulah inti utama injil.

Dalam ajaran Kristen (pengikut KRISTUS) agama tidak memberi keselamatan. Nama Protestan dan Nama Khatolik tidak memberi keselamatan, tata cara ibadah juga tidak memberi keselamatan. Tetapi
Nama YESUS KRISTUS Lah yang memberi keselamatan. Hanya YESUS KRISTUS seorang.
Inti satu satunya adalah YESUS KRISTUS.
Alkitab tidak mengajarkan agama tetapi kepercayaan kepada Tuhan YESUS KRISTUS. Agama hanyalah cara dunia mengelompokkan jenis jenis keyakinan.
Bagi saya ajaran agama tidak menyelamatkan tetapi Tuhan YESUS lah yang menyelamatkan, agar manusia itu diselamatkan maka manusia itu harus taat kepada perintah dan kehendak Tuhan YESUS sampai mati.
Saya harap anda tidak salah dalam memahami maksud saya.
Saya berkata demikian  sebab saya mengetahui sedikit tentang agama islam dan cara pandangnya bahwa agama itu sangat penting (maaf jika saya salah).
Saya harap anda tidak lagi terpaku dengan cara pandang  pemahaman seperti itu bahwa agama itu penting.

Dalam Kekristenan dan Alkitab:  tidak pernah memuja, mengagungkan,  meninggikan, membanggakan dan menjanjikan  agama. Tetapi,
memuja, mengagungkan, meninggikan, memasyurkan Tuhan YESUS KRISTUS sebagai penyelamat manusia.
Tuhan YESUS KRISTUS tidak menjanjikan agama tetapi keselamatan didalam Dia.

Jadi saya harap anda tidak perlu terpaku kepada masuk katolik saja, yang menjadi acuan dan dasar anda haruslah TUHAN YESUS KRISTUS.
Protestan dan katolik hanyalah perbedaan yang diciptakan oleh manusia.
Saya harap anda juga bisa masuk dan belajar dari gereja protestan lainnya.
Yang penting adalah saudara hanya  harus terpaut kepada Tuhan YESUS KRISTUS.

Saya  percaya kekosongan iman yang anda rasakan bukan tanpa alasan, saya yakin dan pecaya bahwa karena keluarga nenek saudara adalah pengikut YESUS KRISTUS  maka mungkin Tuhan telah menjawab doa nenek saudara itu untuk menyelamatkan keturunannya yaitu anda sebagai cucunya. 
Tuhan YESUS telah sengaja memanggil anda dan keluarga anda kembali kepada jalan yang benar.
Tuhan YESUS berkata barang siapa yang haus akan kebenaran maka ia akan dipuaskan.
Saya yakin anda telah menemukan kebenaran itu.
Tinggal anda perlu memperdalam kebenaran itu. Puji Tuhan Haleluya. :) :afro: :D

Saya ingat akan cerita Bapak Pariadji bahwa dia sebelumnya adalah seorang muslim.
Mungkin dia dulu juga sangat taat beribadah menurut keyakinan lamanya itu.
Dia adalah seorang yang kaya raya dan dia juga suka membantu orang miskin.
Katanya bahwa pada tahun 1982 dia didatangi  oleh Tuhan YESUS (dirumahnya) dan beberapa kali dia dibawa untuk melihat surga serta neraka. Kemudian dia disuruh untuk mendirikan gereja serta berkotbah menjadi pendeta. Tetapi dia tidak mau demikian juga dengan isterinya. Sekitar 3 tahun dia menolak perintah Tuhan YESUS karena merasa dirinya gak layak. Bapak Pariadji minta Tuhan pilih orang lain saja. Tetapi Tuhan YESUS menghendaki bapak Pariadji.
Tuhan YESUS menyuruh bapak Pariadi  membaca Alkitab sebab di dalam Alkitab terdapat rahasia Kerajaan Allah (Allah, YESUS, dan ROH KUDUS adalah satu/tritunggal).
Tetapi bapak Pariadji  tetap tidak mau membaca Alkitab.
Akhirnya dia lumpuh selama tiga tahun tapi masih keras kepala gak mau membaca Alkitab,  sehingga akhirnya Tuhan YESUS kasih pilihan kepada bapak Pariadji kalau dia gak mau baca Alkitab dan gak mau khotbah maka dia akan segera dilempar kedalam neraka. Wah mengerikan sekali kalau mendengar cerita seperti itu. Karena bapak Pariadji udah pernah dibawa ke neraka dan melihat nereka dengan segala kengerian didalamnya akhirnya bapak Pariadji menuruti perintah Tuhan YESUS. Dia akhirnya dipulihkan dari sakit lumpuhnya. Tapi isterinya menolak. Wah isterinya jadi lumpuh selama kurang lebih 3 tahun. Akhirnya dengan proses yang panjang Tuhan berhasil membuat mereka percaya dan menjadi saksi Tuhan dibumi ini.
 
Pada tahun 1985 Bapak pariadji bersedia baca Alkitab dan menjadi pengkhotabah. Dia disuruh khotbah bukan sembarang khotbah tetapi ia disuruh khotbah tentang apa yang dilihatnya di dalam surga dan di dalam nereka.
Tuhan YESUS juga memberikan kuasa kepadanya untuk mengusir kuasa iblis (kuasa gelap), menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, dan membangkitkan bayi yang mati. Dia dijanjikan kuasa terbesar diatas bumi ini melebihi umat kristiani lainnya. Dia sering khotbah di TVRI.

Wah beruntungnya bapak Paridajdi pernah dibawa ke surga, melihat surga, dan melihat neraka. Saya ingin sekali seperti dia bisa melihat surga dan neraka. Terlebih lagi meihat Tuhan YESUS.
Tetapi karunia setiap orang itu berbeda-beda.
Oleh kuasa Tuhan YESUS perusahaannya semakin berkembang, banyak bangunan gereja dibangunnya, semua untung perusahaannya untuk bangun gereja, sebab bagi orang yang udah pernah lihat surga harta benda itu dah gak ada artinya lagi.
Betul  Firman Tuhan YESUS: buat apa manusia memiliki dunia tetapi dia kehilangan nyawanya.
Buat apa habisin waktu  ngumpulin harta banyak-banyak tapi akhirnya dia mati, siapakah yang akan menikmati harta benda yang dikumpulkannya itu.
Banyak juga orang mati sudah dibangkitkan dari kematian akibat sakit, banyak bayi yang selamat dari kematian, banyak sakit penyakit yang telah disembuhkan oleh Bapak Pariadji  dengan kuasa Tuhan YESUS KRISTUS.

Saran saya kepada bapak Romeo, silahkan temui bapak Pendeta Paridaji dijakarta kalau lagi ibadah.
Silahkan anda berkonsultasi dengan dia tentang apa saja yang anda ingin ketahui, sebab anda memiliki latar belakang yang sama yaitu berasal dari agama muslim.
Ini yang mesti anda ketahui bahwa : Bapak Pariadji bukan dikeristenkan oleh pendeta atau orang keristen yang lainnya, tetapi oleh Tuhan YESUS sendiri yang datang kepada bapak Pariadji.
Bapak Pariadji bukanlah rasul atau nabi, dia juga adalah sama seperti pelayan Tuhan YESUS lainnya.
Dia mengemban misi besar dari Tuhan.
Bapak Pariadji adalah manusia pertama yang masih hidup yang pernah saya jumpai dan dia  pernah melihat Tuhan YESUS, digandeng  tangannya oleh  Tuhan YESUS,  serta berbicara kepada Tuhan YESUS dua arah, melihat malaikat surga dan juga melihat surga, taman eden, dll.

Wah sungguh beruntung sekali bapak Pariadji.  Aku aja yang udah Kristen tahunan berlum pernah melihat secara fisik Tuhan YESUS. Hanya percaya saja. Tapi percaya pun dah baik.  :D :)
Bapak Pariadji orang kaya dan rendah hati.
Selagi bapak Pariadji masih hidup saya sarankan saudara Romeo menjumpainya dan dibabtis oleh dia.
Bapak Pariadji dikaruniai kuasa Tuhan YESUS, berbeda dengan pendeta atau pastur lainnya yang belum pernah melihat dan bertemu dengan Tuhan YESUS.

Oleh pelayanan bapak Pariadji  banyak yang telah diselamatkan dan banyak yang telah disembuhkan.
Semuanya gratis. Kalau berniat entar saya kasih alamatnya.
Coba deh bapak Romeo datang sekali saksikan sediri.
Anda gak akan kesulitan.
Anda gak perlu kuatir kalau anda gak punya kenalan orang dalam, sebab siapapun boleh datang tanpa mesti terdaftar. Gak ada yang namanya persyaratan. Gak ada yang akan mengenali saudara.
Cukup bawa diri anda, keluarga anda dengan hati yang sukarela. Itu saja. Gak perlu bawa surat-surat tertentu. Gak mesti terdaftar.

Saya paham akan beban yang anda  khawatirkan yaitu  akan masyarakat sekitar anda yang akan memergoki atau menentang perpindahan keyakinan saudara.
Itu bukah lah hal baru. Saya sering mendengarnya. Bahkan cerita pahit lainnya.
Gak usahlah saya katakan.

Saudara Romeo  pindah keyakinan bukan karena saudara perlu agama,  tetapi keselamatan hidup untuk saudara Romeo dan keluarga saudara. Itu yang terpenting.

Berdasarkan pengalaman orang lain yang pernah saya dengar, saya sarankan agar saudara Romeo  untuk pindah kelingkungan yang tidak mengenal saudara untuk sementara waktu.
Perpindahan ini bertujuan untuk memberi waktu kepada saudara Romeo untuk memiliki kemudahan  pertumbuhan iman serta kemudahan kepada isteri dan anak-anak saudara dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.
Saya tahu perpindahan rumah bukanlah hal mudah tetapi hal ini harus saudara Romeo usahakan demi ketenangan hidup saudara dari cibiran dan gangguan tetangga anda yang menentang keputusan saudara.
Rahasia apapun pasti terbongkar.
Dan lagi pula hidup dalam kerahasiaan tidak lah enak tapi seperti didup dalam penjara.
Saya khawatir tetangga anda akan menyerang anak-anak saudara dan melempar rumah saudara.
Kalau anda tinggal diluar negeri yah anda gak perlu khawatir akan tetangga anda, sebab pola pikir mereka sudah maju. Diluar negeri setiap orang diakui hak asasinya 100% dan dijamin.

Jika saudara Romeo akhirnya memilih pindah rumah  saya sarankan  pilihlah lingkungan yang banyak orang Kristen nya supaya anda bisa memiliki kemudahan pertumbuhan iman serta baik bagi pertumbuhan anak-anak saudara agar mereka tidak terganggu akibat cibiran teman-teman mereka.

Jika saudara Romeo mau berpindah keyakinan dengan aman tanpa beban, tanpa masalah dari masyarakat, berpindah rumah adalah jalan terbaik. Sehingga saudara dan keluarga tidak perlu sembunyi-sembunyi ke gereja.
Sungguh memalukan jika harus sembunyi-sembunyi, seolah-olah seperti pencuri atau penjahat.
Ingat saudara memang memiliki hak asasi untuk menyakini sesuatu tetapi pola pikir masyarakat indonesia khususnya orang muslim sangat sempit. Gunjingan dan ejekan akan anda hadapi, semua akan terasa berat bagi saudara dan keluarga.

Ingat saudara Romeo telah berjalan di jalan yang benar. Tatapi iblis tidak akan tinggal diam membiarkan anda lepas dari genggamannya. Iblis akan gunakan masyarakat sekitar anda untuk jatuh kan anda. Anda harus kuat dan teguh iman. Tuhan YESUS berkata, barang siapa bertahan sampai akhir ia akan selamat. Saya juga akan turut berdoa bagi saudara Romeo agar Tuhan YESUS membantu dan menguatkan saudara menghadapi beban anda serta memberi jalan keluar yang baik.

Tentang anak-anak saudara, saya sarankan mereka anda pindahkan segera ke sekolah Kristen protestan. Kalau sekolah Kristen katolik akan makan banyak proses dan waktu (itu yang saya ketahui). Saudara mungkin harus menyelesaikan beberapa dokumen serta pendidikan khusus dari paroki dan itu makan waktu untuk mendapatkan dokumen resmi sebagai warga katolik. Sebab tidak semudah itu untuk jadi katolik (menurut yang saya ketahui, kalau salah yah mohon di konfirmasi).
Katolik menetapkan syarat yang sangat kuat.
Sekolah Kristen protestan tidak begitu menyulitkan dokumentasi. Asalkan saudara percaya yah mereka pasti merasa sangat senang dan mempermudah prosedurnya. Jujur saja kepada sekolah itu.  Urusan dokumentasi bisa diurus bertahap tapi pendidikan anak saudara Romeo perlu diselesaikan secara cepat agar tidak membebani mereka mengejar materi sekolah.
Yah ini bersifat sementara saja, yang penting mereka bisa belajar dengan tenang tanpa ada ejekan, tanpa ada gangguan dari teman-teman mereka yang muslim dan tidak tertinggal pelajaran. Jangan sampai anak-anak saudara mengalami gangguan.

Ini berarti saudara sekeluarga harus pindah rumah dan pindah sekolah  secepatnya.
Jika anda kesulitan mencari lokasi yang cocok mungkin bisa di tanya kepada peserta forum disini, mungkin mereka bisa memeri tahu lokasi yang cocok dengan tempat kerja anda serta dekat dengan komunitas masyarakat Kristen dan sekolah Kristen serta jauh dari orang-orang yang pernah mengenal saudara sekeluarga.

Maaf saya gak bisa bimbing anda masuk katolik. Karena saya gak ada hak untuk itu.
Tapi saya berharap saya bisa membantu anda untuk mengenal lebih dalam lagi tentang kebenaran rahasia kerajaan Allah didalam Tuhan YESUS KRISTUS.

Saya harap tulisan saya ini sedikit banyak bisa membantu saudara.
Kalau anda ada pertanyaan silahkan anda kirim pesan ke mailbox saya di forum ini.
Saya harap anda dan sekeluarga semakin bertumbuh dan kuat di dalam Tuhan YESUS KRISTUS.
Kalau boleh tolong kirim ke mail mailbox saya nama lengkap keluarga saudara Romeo  supaya saya boleh turut mendoakan saudara supaya Tuhan YESUS semakin menguatkan saudara.  Amin.
Salam kenal kepada keluarga anda.
JESUS bless you.
Tuhan YESUS mengasihi saudara.




« Last Edit: August 02, 2011, 01:18:17 AM by franco »
August 01, 2011, 09:14:01 PM
Reply #2
  • Guest
masuk ke Kristen aja lebih cepat bertumbuh
August 01, 2011, 09:50:45 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 685
  • Denominasi: Karismatik
Kristen atau katolik tidak menentukan cepat atau tidak nya pertumbuhan iman. Menurut gw, iman tumbuh bukan karena aliran agamanya, tapi karena "dengar2an akan firman" dan "Baca firman".

Dasar Iman adalah alkitab, bukan doktrin katolik atau Kristen protestan atau Kristen karismatik atau lain2nya. Jadi sekedar saran untuk temen2 di forum jangan pernah bersaksi tentang agama mu apa karena pada dasar nya akan menjadi batu sandungan, tetapi bersaksi lah tentang alkitab. Jangan katakan kamu adalah katolik atau protestan atau karismatik, tetapi katakanlah bahwa kamu "anak Allah".

Itu menurut gw yah.., maap kalo ada yang salah.

God bless :)
Jesus Love me
August 01, 2011, 10:19:42 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1757
  • Gender: Male
  • Denominasi: No Thank's
Kristen atau katolik tidak menentukan cepat atau tidak nya pertumbuhan iman. Menurut gw, iman tumbuh bukan karena aliran agamanya, tapi karena "dengar2an akan firman" dan "Baca firman".

Dasar Iman adalah alkitab, bukan doktrin katolik atau Kristen protestan atau Kristen karismatik atau lain2nya. Jadi sekedar saran untuk temen2 di forum jangan pernah bersaksi tentang agama mu apa karena pada dasar nya akan menjadi batu sandungan, tetapi bersaksi lah tentang alkitab. Jangan katakan kamu adalah katolik atau protestan atau karismatik, tetapi katakanlah bahwa kamu "anak Allah".

Itu menurut gw yah.., maap kalo ada yang salah.

God bless :)

 :afro: :afro:
Janganlah perbedaan berpendapat membuat kita saling memaki dan mencela.....perbedaan itu tidak berarti apa-apa, selama kita tetap ber-iman dalam Yesus Kristus, Tuhan dan juruselamat manusia.
August 02, 2011, 12:57:33 AM
Reply #5
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 233
Kristen atau katolik tidak menentukan cepat atau tidak nya pertumbuhan iman. Menurut gw, iman tumbuh bukan karena aliran agamanya, tapi karena "dengar2an akan firman" dan "Baca firman".

Dasar Iman adalah alkitab, bukan doktrin katolik atau Kristen protestan atau Kristen karismatik atau lain2nya. Jadi sekedar saran untuk temen2 di forum jangan pernah bersaksi tentang agama mu apa karena pada dasar nya akan menjadi batu sandungan, tetapi bersaksi lah tentang alkitab. Jangan katakan kamu adalah katolik atau protestan atau karismatik, tetapi katakanlah bahwa kamu "anak Allah".

Itu menurut gw yah.., maap kalo ada yang salah.

God bless :)

Mohon dikoreksi:
Dasar iman umat Tuhan adalah Tuhan YESUS KRISTUS sebagai Tuhan dan Juruselamat bagi seluruh umat manusia.
Sumber informasi umat Tuhan adalah Alkitab.
Agama Kristen secara denominasi terbagi atas 2 yaitu Kristen Katolik dan Kristen Protestan.
Kristen Protestan secara denominasi ada banyak.
Tetapi inti utama dari denominasi yang beragam itu adalah Tuhan YESUS KRISTUS sebagai Tuhan dan Juruselamat bagi seluruh umat manusia.
Kristen menurut pengartiannya adalah orang-orang yang percaya Tuhan YESUS sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka.
Katolik dan Protestan adalah sama-sama Kristen sebab mereka juga adalah orang-orang yang percaya Tuhan YESUS sebagai Tuhan dan juruselamat mereka.
Jadi Kristen dan Kekristenan adalah bermakna universal (menyeluruh) bukan pengertian kepada denominasi tertentu.
Iman bertumbuh dengan mendengar, membaca dan oleh karunia ROH KUDUS. Iman adalah karunia Allah yang membuat manusia percaya Tuhan dan menyerahkan diri secara total kepada-Nya. Tanpa karunia Allah dan ROH KUDUS iman akan sulit bertumbuh. (Allah, Tuhan Yesus, ROH KUDUS adalah satu/tritunggal)
Murid-murid Tuhan Yesus/anak-anak Allah/orang Kristen/orang-orang yang percaya Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat mereka BERSAKSI hanya tentang Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia, bukan bersaksi tentang Alkitab. Alkitab hanyalah sumber informasi saja. Tuhan Yesus sajalah yang harus diakui dihadapan manusia, tetapi Alkitab hanyalah sebagai sumber rujukan informasi.
Akitab bertujuan memberi kesaksian tentang Tuhan Yesus Kristus. Alkitab tidak bersaksi tentang Alkitab.

Tapi mohon tolong kita hentikan permasalahan perbedaan persepsi ini sampai disini.
Siapapun yang membaca komentar-komentar daripada anak-anak Allah lainnya tolong berfokus hanya kepada judul topik saudara Romeo.
Mari kita bantu saudara Romeo menemukan jawaban atas pertanyaannya.
Lord Jesus Bless Us
Amen :) :D


« Last Edit: August 02, 2011, 01:15:33 AM by franco »
August 02, 2011, 09:24:15 AM
Reply #6
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: katolik
@Franco

Bung franco, uraian dan penjelasan panjang sekali saya menangkap intinya dari bung bahwa agama tidak akan menyelamatkan manusia, tapi Tuhan Jesus lah yang akan menyelamatkan manusia, itu yang saya tangkap dari penjelasan bung.

Bung sangat perduli dan sangat mengasihi sesama hingga mau membantu memberikan penjelasan panjang lebar soal agama Kristen, saya salut sama bung. Kalimat bung sangat bagus mirip pendeta, saya suka sekali semoga bung adalah manusia yang memang di utus Tuhan Jesus untuk mengajak manusia agar bisa selamat, hati bung sangat mulia sekali.

Dan maaf kalau saya panggil bung karena saya memang belum kenal secara pribadi, jadi maafkan bila itu tidak berkenan.

Bung Franco dengan senang hati saya akan kontak bung via mailbox untuk curhat dan sharing soal agama Kristen.

Saya ucapkan banyak terimakasih, bung mau membantu saya yang belum tahu apa-apa soal agama Kristen, semoga bung selalu di berkati oleh Tuhan Jesus.


August 02, 2011, 10:54:55 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1039
klo mau berjemaat di gereja protestan(palagi yg kharismatik) mungkin prosesnya/birokrasinya bisa jauh lebih mudah secara rata2 mereka lebih 'open'/'helpful' terhadap jiwa2 baru.sekedar masukan aja sih,tanpa bermaksud mendiskreditkan gereja tertentu.
August 02, 2011, 03:35:05 PM
Reply #8
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Katolik -->mestinya ngga masuk dalam denominasi
Sebelumnya mohon ijin saya untuk posting pertamakali disini, saya adalah member baru di forumkristen ini.

Sebut saja nama saya romeo umur 39 tahun sudah bekeluarga dan memiliki 2 orang anak. Dulu agama saya muslim begitupun istri saya. Keluarga saya termasuk keluarga muslim yang fanatik yang tiap hari suka sekali menyuruh sholat, kalo tidak sholat pasti keluar kata kata tidak enak didengar. Sedangkan istri saya dari keluarga muslim islam KTP, tau kan islam ktp? di KTP tertulis agama islam, tapi gk pernah sholat, ngaji dan puasa ataupun yang berhubungan dengan ibadat agama islam.

Saya sudah menikah selama 11 tahun dan sudah memiliki 1 anak laki kelas 5 SD dan 1 anak perempuan kelas 1 SD

Saya keluar dari islam karena berbagai hal diantaranya :

- Agama islam selalu memusuhi orang yang tidak pernah sholat, termasuk istri saya, jadi istri saya dengan orang tua saya tidak pernah akur alasan nya karena istri saya tidak pernah sholat.

-Agama islam menggunakan cara pemaksaan dan kadang kekerasan dalam mendidik atau mengajak muslim agar taat beribadah.

-Bertahun tahun saya jadi muslim rohani saya tetap kosong, saya tetap mempertanyakan keberadan Tuhan.


Suatu ketika saya mendapatkan sebuah forum yang membahas tentang menguak wajah islam sebenarnya. pertama saya sangat terkejut....akan tetapi saya coba untuk membaca terus, tapi setelah saya membaca kok lama kelamaan apa yang saya baca itu mengandung banyak kebenaran dan fakta.

Saya tidak akan membahas soal fakta keburukan agama islam disini, cukuplah sudah buat saya.

Kebetulan Nenek dari ibu saya beragama katolik, maka saya memutuskan setelah keluar dari agama islam saya masuk agama katolik. Saya memutuskan masuk katolik sejak 2 bulan yang lalu. Saya banyak membaca sumber sumber agama katolik hanya dari internet, bahkan saya sudah membeli alkitab, rosario dan patung bundamaria. Sejak saya memutuskan masuk agama katolik hidup saya menjadi lebih damai dan beban hidup saya semakin berkurang, begitupun juga istri saya lebih terlihat berbahagia tanpa beban berat.

Saya sekeluarga masuk katolik tanpa diketahui oleh orang tua saya maupun saudara saudara saya baik dari keluarga saya maupun dari keluarga istri.

Saya sudah tekat bulat masuk katolik hingga akhirnya saya menelpon gereja katolik yang berada di dekat wilayah saya tinggal. Saya telpon gereja santa maria regina dibilangan bintaro jaya, namun jawabannya adalah saya disuruh menghubungi gereja yang lebih dekat dengan rumah saya. Saya diberi nomer telp dan kembali saya hubungi gereja nikodemus yang memang lebih dkt dengan rumah saya, tapi saya mendaptkan jawaban harus menghubungi paroki nya terlebih dahulu, dan paroki itu rumah tinggalnya disebelah rumah orang tua saya.......... saya kaget, begitupu istri saya. saya tidak menyangka kalau ternyata tetangga orang tua saya adalah seorang paroki katolik.

Saya tidak punya teman ataupun saudara yang orang katolik, jadi saya agak kesulitan untuk bisa ibadah di gereja katolik.

Istri saya masih ketakutan untuk datang kerumah paroki karena jarak yang terlalu dekat dengan rumah orang tua saya. Seperti yang sudah bro n sis ketahui bahwa bila ada orang islam keluar agama dan memeluk agama lain terutama agama Kristen, pastilah keluarga akan menjauhi dan mengucilkan.

Masalah yang lain adalah masalah anak saya, karena masuk sekolah dasar negeri, maka tidak ada agama selain islam. kalau agama diluar islam nilai agama harus disetor oleh gereja.

Cekanya saya blm resmi katolik, dan mana mungkin bisa setor nilai dari gereja, akibatnya sekarang sekolah anak saya terancam tidak naik kelas... karena nilai agama nol.

Mohon kiranya bila ada yang bisa mem-bimbing saya masuk katolik dan mencari solusi yang sedang saya hadapi.

Saya gunakan nama samaran Romeo dan nomer hape esia saya 021-51452277

Terimakasih
JESUS Loves You.
Halo Romeo...

Saya adalah seorang katolik...sebenarnya ngga susah kok untuk masuk katolik, tapi karena katolik punya aturan dan administrasi yang cukup ketat maka kelihatannya ribet padahal sebenarnya tidak.

Jika di dekat rumah Anda ada gereja katolik, silakan datang setelah misa mingguan atau harian dan bicara dengan pastor yang melayani misa tersebut bahwa Anda adalah muslim dan ingin menjadi katolik, nanti romo tersebut pasti membantu untuk menjabarkan proses apa yang harus anda ikuti.

Jika sungkan ketemu dengan romo, bisa juga datang ke sekretariat (kantor) gereja tersebut dan bicara langsung dengan staf yang ada di sana, mereka biasanya bisa membantu.

Untuk misa, tidak ada masalah yang berarti (gak perlu punya teman yang katolik), silakan datang di misa kapan saja, ikuti tata cara yang berlaku (misalnya umat berdiri, ya berdiri, duduk ya duduk, berlutut ya berlutut, dll) kecuali pada saat penerimaan Tubuh Kristus (komuni) dimana Anda dan keluarga tidak diperkenankan ikut maju ke depan- jangan takut dilihat orang karena pasti banyak juga yang tidak ikut ke depan karena belum dibaptis atau ada masalah yang menghalangi untuk menerima Tubuh Kristus. Untuk berpakaian, cukup menggunakan pakaian yang bersih, rapi dan sopan dan tidak diperkenankan untuk makan, minum, ribut di dalam misa.

Pada prinsipnya, untuk menjadi katolik ada beberapa step:

1. mendaftar (biasanya di gereja terdekat dengan rumah, kalau gereja terdekat bukan paroki, mereka biasanya akan membantu mendaftarkan ke paroki).
2. ikut kelas katekumen (belajar agama) untuk mempelajari iman katolik itu seperti apa dan memahami praktek yang ada di gereja katolik. --> sekitar 5 bulan - 1 thn prosesnya.
3. Baptis

Untuk 1 keluarga yang pindah menjadi katolik biasanya disediakan katekis (guru agama) yang bisa datang langsung ke rumah untuk mengajar 1 keluarga sekaligus, untuk lebih jelasnya silakan datang dan bertanya kepada gereja katolik terdekat.

Semoga membantu.
August 02, 2011, 11:30:25 PM
Reply #9
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 233
@Franco

Bung franco, uraian dan penjelasan panjang sekali saya menangkap intinya dari bung bahwa agama tidak akan menyelamatkan manusia, tapi Tuhan JESUS lah yang akan menyelamatkan manusia, itu yang saya tangkap dari penjelasan bung.

Bung sangat perduli dan sangat mengasihi sesama hingga mau membantu memberikan penjelasan panjang lebar soal agama Kristen, saya salut sama bung. Kalimat bung sangat bagus mirip pendeta, saya suka sekali semoga bung adalah manusia yang memang di utus Tuhan JESUS untuk mengajak manusia agar bisa selamat, hati bung sangat mulia sekali.

Dan maaf kalau saya panggil bung karena saya memang belum kenal secara pribadi, jadi maafkan bila itu tidak berkenan.

Bung Franco dengan senang hati saya akan kontak bung via mailbox untuk curhat dan sharing soal agama Kristen.

Saya ucapkan banyak terimakasih, bung mau membantu saya yang belum tahu apa-apa soal agama Kristen, semoga bung selalu di berkati oleh Tuhan JESUS.

@Romeo
Saya sangat berterima kasih atas tanggapan saudara.
Yah baik sekali dan dengan tepat saudara telah berhasil memahami inti utama dasar Kristen atau Kekristenan yaitu Tuhan Yesus Kristus. Tidak ada yang lain selain hanya tentang Tuhan Yesus Kristus. Puji Tuhan. Haleluya.

Ha..ha..ha.. :D :) saya sungguh merasa tersanjung atas tanggapan saudara, sebab saya sungguh tak layak untuk itu dan lagi pula saya bukanlah seorang pendeta. Saya adalah sama seperti saudara yang merindukan kebenaran dan ingin hidup dalam kebenaran yang akan menyelamatkan hidup saya. Untuk itu setiap umat Tuhan harus tetap  belajar dan belajar. Pembelajaran tidak pernah berhenti. Ah cukup lah sampai disini hihihihi :) :D

Tak papa jika saudara mamanggil saya dengan panggilan bung. Terdengar baik bagi saya. Seperti panggilan kehormatan buat saya heheheh :azn: :coolsmiley: ;D ;D
Nama saya Frans. Silahkan panggil saya bung Frans.

By the way saya sudah terima email saudara dan telah membalasnya, tapi saya terpaksa membagi menjadi dua email karena  kapasitas draft rancang email di forum ini terbatas. Saya ingin sekali kalau bisa mentranfer (copy)  semua data informasi tentang Kekristenan yang saya ketahui kepada saudara (seperti komputer: copy-paste) tapi hal itu tidak lah bisa terjadi sebab kita berdua bukanlah komputer. Heheheh  :D :coolsmiley:

Terus terang jika saya layak membantu saudara dalam hal memahami kekeristenan dan boleh membantu saudara memiliki iman serta mengalami pertumbuhan iman, sesungguhnya saya lah yang akan paling beruntung dan bersyukur kepada Tuhan Yesus. Hal dan peristiwa seperti ini adalah hal yang selama ini ingin saya lakukan.
Saya akan sangat berterima kasih kepada sudara Romeo jika saudara mengizinkan saya untuk turut ambil bagian dalam membantu saudara berjalan keluar dari kegelapan dunia kepada TERANG HIDUP.
Saya akan sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus jika saya turut ambil bagian dalam perjalanan pertumbuhan iman saudara dan keluarga. Membantu saudara dan keluarga berjalan menuju keselamatan yang kekal adalah tanggung tanggung jawab bagi setiap umat Tuhan Yesus.
Saudara adalah seperti peluang emas bagi saya untuk melayani Tuhan Yesus, sebab saya belum pernah melayani. Saya harap nama Tuhan Yesus lah yang dipermuliakan atas semuanya ini.

Saudara Romeo tolong cek inbox saudara, jika balasan saya kepada saudara sudah masuk. Kalau ada tulisan yang gak jelas mohon beritahukan kepada saya. Saya masih ada softcopynya.
Saya ingin menuliskan lebih banyak dari itu tapi saudara harus belajar pelan-pelan, take your time brother Romeo.
Please don't be hesitate to contact me if you need more information.
I will be very happy to assist you.
May Lord Jesus Bless you and family.
Haleluya.
 :D :wink: :afro:

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)