Author Topic: salahkah belajar beladiri?  (Read 13732 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 07, 2008, 12:43:51 PM
Reply #10
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 39
kalo menurut gw ga papa tuh, kan buat olah raga, kontrol pikiran sama kontrol emosi....
November 20, 2008, 06:26:21 PM
Reply #11
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2942
  • Gender: Male
  • Teologi Kaum Awam
    • Teologi Kaum Awam
tanya ya kepada temen2 sekalian  :)
apakah kita sebagai orang Kristen enggak boleh ikut ilmu bela diri?

di gerejaku mengatakan beladiri itu tidak boleh krn dibilang kekerasan Terus , katanya itu jugamembuat kita mengandalkan kekuatan diri kita sendiri.

Gimana nih guys, gue bingung banget. Gue sangat tergila-gila dengan martial art. Karena bagi gue gerakan memukul dan menendang itu sebuah seni tapi dilain sisi agama bilang itu enggak boleh. Gue sih bakalan lanjut terus ikut martial art kalo belon ada penjelasan yang logis.



Waktu saya masih SD dan sangat ingin belajar bela diri Alm Ayah, yang berlatarbelakang non Kristen dan sangat mahir beladiri, berkata sambil menunjuk Alkitab, "Kekuatan yang lebih besar terdapat di dalamnya."
Saya sempat mempelajari sedikit beladiri, tp saya berpikir membenarkan apa yang disampaikan ayah saya.. so... its your choice..

salam
Hidup sudah susah... jangan dibikin lebih susah.. lihat senyumnya...

http://teologikaumawam.blogspot.com/
November 28, 2008, 06:22:13 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 530
  • Gender: Male
    • Integrated IT Solutions
gua ampe seumur gini (25 thn) gak merasa perlu beladiri.

udah gk zamannya pake otot, mau bales / celakain org pake pikiran, efeknya lebih dalam, hehehe.....
November 28, 2008, 08:51:13 AM
Reply #13
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 17
  • Gender: Female
bela dirinya sih ga papa, tapi bener kata debora...kalo ada perguruan yang mewjibkannya untuk hormat pada pendahulunya....

ada loh yang nyuruh hormat ke dewa bumi 3x
ke dewa angin 3x
ke dewa api 3x
dilakukan dengan membungkuk ke arah barat, timur, dan selatan...
trus baru deh latihan....yang itu kita musti bilang gak boleh....

ada yang untuk bisa jurus yang menirukan gerakan hewan, kudu di"isi" pake roh hewan tsb
kudu ati-ati...memilah n kudu was-was jangan ampe jadi pengikut setan tanpa kita sadari.

tapi kalo beladirinya ga pake yang begono-begono'an boleh aja
alo karena beladiri kita jadi gak pernah mengandalkan Tuhan karena sudah terlalu yakin dengan kekuatan kita.......itu yang GAK BOLEH BUANGETZ.....
karena diatas semua yang kuat cuma pada Tuhan aja kita berharap
so jangan pernah beharap dari sumber kekuatan lain!!!
GiViN' My BeSt 4 LoRd JeSus
December 30, 2008, 09:52:04 AM
Reply #14
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 441
  • Gender: Male
  • Yesus..., adalah Tuhanku...
dari beberapa penjelasan rekan2. bela diri tuh nggak pa-pa tapi musti hati2 karena ada juga aliran yg rada2 ada ikatan sama kuasa gelapnya...
kalo boleh diilustrasikan,.... kelompok2 ilmu bela diri ini ibarat lubang2 ditanah, ada yg lubangnya polos tanpa jebakan tapi ada juga yg lubangnya penuh jebakan di dalamnya.....
menurut saya... ngapain ngambil resiko buat masuk ke lubang2 itu. mana kita tau apakah aliran bela diri yg kita ikuti itu murni cuma olah badan atau ada unsur magisnya.
bisa saja wajah mulanya manis tanpa taring namun di ujungnya ada wajah setan yang sudah menunggu. (maksudnya, bisa saja bagi murid2 junior masalah ritual yg dilakukan oleh tokoh2 perguruan tidak pernah terexpose)
lagian orang yang punya ilmu bela diri dg yg tidak jelas berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah. bagi yg punya biasanya akan lebih dominan dan cendrung menggunakan kekerasan. pandangannya sendiri ingin dianggap benar dan kalo ada yg tidak setuju, mengkritiknya, apalagi menfitnahnya, gue gampar lu.... kira2 begitulah...

GBU
NB: gue pernah ikutan taek won dow jadi sedikit banyak bisa merasakan.
Yesus is my way.....

Amsal  23
23:9. Jangan berbicara di telinga orang bebal, sebab ia akan meremehkan kata-katamu yang bijak.
December 30, 2008, 10:27:24 AM
Reply #15
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1570
  • Gender: Male
    • KristenAlkitabiah.com
Tapi inget juga deh waktu sebelum Yesus ditangkap, murid2 diperintahkan membeli pedang untuk membela diri :D apa itu salah atau ada arti lain nya ya ?
GBU
December 30, 2008, 11:09:14 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 605
Belajar bela diri ga salah, boleh-boleh aja tapi jangan yang ada ritual-nya.
Belajar bela diri harus ada manfaatnya buat kita, tubuh jadi sehat, dan harus tetap rendah hati, jangan sombong :)
December 30, 2008, 11:38:31 AM
Reply #17
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1570
  • Gender: Male
    • KristenAlkitabiah.com
December 30, 2008, 05:22:22 PM
Reply #18
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
Tapi inget juga deh waktu sebelum Yesus ditangkap, murid2 diperintahkan membeli pedang untuk membela diri :D apa itu salah atau ada arti lain nya ya ?
GBU

hehehehe............ bro cakka bisa aja.
kalo menurut aku si cuma untuk jaga-jaga kali ya?
soalnya setahu saya, murid-murid itu kebanyakan ber-background nelayan
Petrus aja cuma bisa motong telinganya Malkhus.
tapi ga tau dink......... mungkin ada yang lebih paham background murid murid, ato jaman itu ada kaya "wajib militer" kali ya?
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
January 03, 2009, 01:56:38 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9645
  • Gender: Male
    • my Christian Blog
  • Denominasi: gak ada aliran
iye tuh kata tetua2 gereja gw juga kekerasan katanya.. hahaha !!
My Christian Blog : inspireoffaith.blogspot.com

lebih baik menjadi Pelaku Firman, Daripada
menjadi Penjabar/pendebat Firman
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)