Author Topic: salahkah belajar beladiri?  (Read 13545 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 19, 2009, 01:10:17 PM
Reply #40
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 150
Wah ! komentar bro&sis semua bagus-bagus dan variatif.  Banyak masalah-masalah model seperti ini yang memang sering jadi perdebatan yang tidak akan ada habisnya., karena memang secara harfiah tidak tertulis di Alkitab. Mungkin pertanyaan berikut dapat menjadi renungan/masukan buat sdr/i dalam menyikapi maslah ini.

1. Apakah dengan belajar beladiri Anda yakin dapat melindungi/menjaga nyawa diri Anda ? banyak teman-teman saya yang dulu 'jagoan' akhirnya mati sia-sia.

2. Seberapa jago/mahir tingkat beladiri yang Anda butuhkan agar Anda dapat menjaga diri Anda ? di atas langit masih ada langit. Mendingan Anda berserah kepada yang punya langit.

3. Apakah Yesus sendiri belajar beladiri ?

Biasanya, spontanitas seseorang itu menunjukkan urutan prioritas dalam kehidupannya. Orang yang dekat dengan Tuhan, bila mengalami masalah, pasti dibenak pikirannya adalah Tuhan. Bila orang tersebut sangat kaya atau punya jabatan tinggi (diluar Tuhan), pasti yang muncul pertama kali di benak pikirannya adalah Harta atau Jabatannya yang bisa menyelesaikan. Begitu pula dengan BelaDiri. Seseorang yang jago beladiri, pasti yang muncul pertama kali dalam benak pikirannya adalah tindakan beladirinya.

Banyak masalah-masalah yang berada di 'grey area'. Salah sedikit, kita bisa terjebak untuk kompromi dengan dalih untuk tujuan kebaikan, dsb.
May 30, 2009, 09:17:46 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9645
  • Gender: Male
    • my Christian Blog
  • Denominasi: gak ada aliran
pengen belajar kunfu sholin.. wkwkwkwkk
My Christian Blog : inspireoffaith.blogspot.com

lebih baik menjadi Pelaku Firman, Daripada
menjadi Penjabar/pendebat Firman
June 05, 2009, 09:30:04 AM
Reply #42
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2942
  • Gender: Male
  • Teologi Kaum Awam
    • Teologi Kaum Awam
Saya setuju Beladiri... dalam tahapan dan arahan tertentu..


Suatu ketika ketika masih sangat muda, saya sangat ingin belajar beladiri.. ayah saya yang seorang jawara cuma berpesan "disinilah kekuatan sejati" sambil memegang Alkitab..

Hidup sudah susah... jangan dibikin lebih susah.. lihat senyumnya...

http://teologikaumawam.blogspot.com/
July 12, 2009, 07:54:28 PM
Reply #43
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 38
tanya ya kepada temen2 sekalian  :)
apakah kita sebagai orang Kristen enggak boleh ikut ilmu bela diri?

di gerejaku mengatakan beladiri itu tidak boleh krn dibilang kekerasan Terus , katanya itu jugamembuat kita mengandalkan kekuatan diri kita sendiri.

Gimana nih guys, gue bingung banget. Gue sangat tergila-gila dengan martial art. Karena bagi gue gerakan memukul dan menendang itu sebuah seni tapi dilain sisi agama bilang itu enggak boleh. Gue sih bakalan lanjut terus ikut martial art kalo belon ada penjelasan yang logis.

saya pengajar beladiri saya sejak kecil beladiri agar sehat, kuat dan gak gampang sakit juga mengajar kedewasaan berpikir dan bertindak.

saya Kristen Protestan dan selalu mengandalkan Tuhan Yesus dalam hidup saya sebagaimana saya mengandalkan Yesus dalam mencari rejeki dan uang serta pekerjaan, begitupun saya juga mengandalkan diri pada Tuhan dalam hal kesehatan, daya tahan fisik dan pembelaan diri melalui pelatihan Beladiri.

tiap orang berbeda pendapat tapi tidak boleh menggiring seseorang terhadap pola tindakan tertentu, pelatihan beladiri boleh saja asal dijiwai dengan semangat kristiani. mengenai belajar beladiri boleh atau tidak ...tidak diatur oleh ALKITAB..... semua agama menyuruh umatnya untuk mengandalkan TUHAN dalam suatu hal bukan artinya manusia gak boleh menggunakan usahanya juga.

berlatih beladiri harus dipahami sebagai suatu pola olahraga yang mungkin saja diminati orang Kristen. Dengan berlatih beladiri kita mendapatkan kedewasaan, kesehatan, semangat, atau hobby yang mungkin sama kadarnya dengan olahraga lain.

sejauh anda suka silahkan berolahraga beladiri, bagi saya beladiri adalah jalan hidup saya dan Tuhan Yesus lah yang mendorong saya untuk full di bidang ini. karenanya puji Tuhan atas pertolongan tuhan yesus.

ini web saya: www.harimau-besi.com
July 12, 2009, 07:55:53 PM
Reply #44
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 38
July 12, 2009, 09:13:11 PM
Reply #45
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 89
  • Gender: Female
menurut sy..ILMU BELADIRI TIDAK SALAH......,jika banyak kita dengar gereja2 mengatakan bahwa belajar ilmu beladiri tidak boleh..sy yakin sebenarnya yang ingin mrk katakan bukanlah tidak boleh (cara penyampaiannya sj kadang yg keliru..)atau..(cara kita yg menangkapx keliru..hehe)

sebagian gereja sangat sadar bahwa...; Ilmu beladiri biasanya banyak DIGUNAKAN oleh kuasa-kuasa jahat SEBAGAI MEDIA untuk roh-roh itu masuk dan akhirnya menguasai kita..,(dikhawatirkan spt itu), dan kenyataannya memang sering terjadi demikian..,

sy pikir..jika ini masih menjadi batu sandungan u sdr dlm berjalan bersama Tuhan, sebaiknya jng dulu diambil..DIA pst akan berikan Hikmat kpd Sdr ..,mungkin u lebih mengerti..bacalah buku2 yg membahas khusus tentang masalah ini..banyak koq ...JBU
December 16, 2009, 02:15:08 PM
Reply #46
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 491
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
maaf masih bingung,jadi boleh apa tidak ya?soalnya saya lagi debat dengan teman saya tentang boleh tidaknya bela diri dan lagi cari opini lain,yang tidak setuju orang Kristen belajar bela diri bilang,kalau itu olah raga,kenapa olah raga harus dengan mengajarkan bagaimana memukul orang dan menendang?kalau sewaktu latih tanding dengan teman,bukannya itu juga kekerasan?kalau manusia berusaha sendiri,maka manusia tidak akan merasakan bagaimana ajaibnya penyertaan dan perlindungan Tuhan. yang pro bilang,bela diri itu netral seperti uang dan ilmu lainnya,tergantung yang pake. yang pro juga bilang do your best,God will do the rest, jadi manusia belajar beladiri tapi tetap yakin Tuhan yang memberi perlindungan. jadi tambah pusing
December 17, 2009, 10:46:27 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 507
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kristen Kharismatik Mentoook
Setahu aku orang Kristen tidak boleh mempelajari beladiri karena itu dapat membuat orang itu mengandalkan kekuatannya sendiri bukan mengandalkan Tuhan. JIka di tanya boleh atau tidak? Kembali ke pribadi masing2. Jika kamu setelah belajar beladiri akankah mengandalkan kekuatanmu sendiri(manusia)? atau tetap bergantung kepada Tuhan?

Untuk ayatnya aku lupa, tetapi intinya seperti ini. Celakalah orang yang mengandalkan kekuatan manusia, dan tidak mengandalkan Tuhan. Mungkin ada teman2 yang bisa bantu carikan ayatnya.

Semoga bisa menjadi berkat
@_@ by: Muonsirata
God Thx 4 Everything You Gave For Me. I Want To See Your Smile When You Look At Me.
December 22, 2009, 03:12:17 AM
Reply #48
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 3804
  • Gender: Male
bela diri ? sebenarnya juga buat apa kita mem"bela" diri sendiri?
kan ada Tuhan Yesus yg senantiasa untuk membela kita?

kebetulan saya waktu SMA ikut bela diri Kungfu....
namun ternyata yg diajarkan ada juga meditasi.....
kemudian gerakan-gerakan manifestasi dari rasa untuk "membela diri"
sepertinya mengandung ekspresi kemarahan dan ekspresi kesombongan
hal-hal inilah yang menjadikan hamba2 Tuhan yang peka kurang begitu setuju kalo
anak-anak Tuhan ikut dalam kegiatan bela diri?
apalagi aliran bela diri yg sudah tercampur dengan spiritisme (tenaga dalam)

selanjutnya niat untuk bela diri untuk olah raga, sepertinya awalnya memang tidak demikian (sejarahnya)...namun dimasukan dalam cabang olah raga agar ada wadah untuk pengemar dunia bela diri...karena niat awalnya (spirit) sudah untuk menunjukan keahlian dalam ketangkasan bela diri...rawan manipulasi kesombongan, kekerasan, dan egosentris....

jadi rasa-rasanya bukan sekedar boleh atau tidak boleh

mari cermati polanya apakah bertentangan dengan Prinsip2 Firman Tuhan atau tidak...jika bertentangan...kan masih banyak jenis olahraga yg dapat memuliakan Tuhan?

GBU

January 14, 2010, 11:31:10 AM
Reply #49
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 424
  • Gender: Male
Ikutan pendapat ya bro n sis...

Saya sudah lama mendalami Boxing hehehe...

Pendapat yang mengatakan bahwa membela diri itu tidak boleh karena takut melupakan Tuhan adalah jawaban yang terlalu naif.
Kita harus bekerja untuk mencari nafkah, bukan hanya mengandalkan Tuhan dan suruh Tuhan yang mengerjakan semua untuk kita.
Malam2 kita mengunci rumah dan mobil, bukankan ada Tuhan yang menjaga properti kita ?

Pada saat orang Israel diperintahkan berperang, mereka benar2 mempersiapkan pasukan dengan baik, bahkan tentara Israel termasuk tentara yang memiliki perlengkapan perang paling canggih pada masa itu, mereka tidak sekedar berdoa dan minta Tuhan yang mengalahkan musuh.

Jadi, jangan jatuh kedalam 2 macam ekstrim:
1. Hanya mengandalkan diri dan melupakan Tuhan
2. Hanya mengandalkan Tuhan dan tidak berusaha
Tapi,
Cari kehendak Tuhan dan usahakan dengan sungguh sungguh.

1Kor 9:26
Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.


Salam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)