Author Topic: Daftar Gereja di Indonesia yang tidak menerapkan per10an-wajib  (Read 22616 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

August 07, 2011, 07:51:50 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3009
sekedar infoo saja, berikut adalah

Daftar Gereja di Indonesia yang tidak menerapkan per10an-wajib




1. Gereja Katolik
http://katolisitas.org/2008/11/29/persembahan-perpuluhan/

Quote
Gereja tidak perlu mendefinisikan seberapa besar sumbangan yang harus diberikan,
namun lebih kepada pemberian sesuai dengan kemampuan dan juga dengan kerelaan hati dan sukacita.






2. GKI (Gereja Kristen Indonesia) - denominasi Protestan
http://suplemengki.com/?p=14

Quote
Di GKI tidak ada ketentuan mengenai persepuluhan, kita tidak diwajibkan memberi persembahan dengan jumlah tertentu seperti persepuluhan. Karenanya sampul persembahan di GKI adalah sampul bulanan (bukan sampul persepuluhan) supaya tidak terikat prosentase tertentu






3. HKBP - denominasi Lutheran
http://hkbp-lubukbaja.org/2011/02/persepuluhan-apa-kenapa-bagaimana/

Quote
Gereja kita HKBP memang sengaja tidak menjadikan persepuluhan sebagai sebuah aturan atau dogma







4. GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan)
http://www.gkjw.web.id/persembahan-persepuluhan

Quote
Pranata GKJW menyatakan bahwa setiap warga dewasa (sudah sidhi) mempunyai kewajiban dan tanggungjawab untuk turut memikul kebutuhan gereja, dan hal ini antara lain diwujudkan dengan memberikan persembahan bulanan. Bagi warga jemaat tertentu mungkin tidak mudah menentukan kelayakan dalam mengisi persembahan bulanan. Supaya kita tidak mengisi persembahan bulanan ala kadarnya atau asal mengisi, barangkali pengalaman gereja di Belanda bisa dijadikan bahan pertimbangan . Gereja-gereja di Belanda mempunyai ketentuan umum untuk warga jemaat dewasa (sudah sidhi), yakni menyerahkan setidaknya 2% dari penghasilannya ke gereja.






5. GSJA (Gereja Sidang Jemaat Allah) - denominasi Karismatik
http://www.gsja.org/2009/07/10/tithes-clergy-salaries-persepuluhan-gaji-pendeta/

Quote
Perpuluhan, sekalipun alkitabiah, bukan Kekristenan. YESUS KRISTUS tidak menyatakan hal itu. Kekristenan abad pertama tidak melakukan hal tersebut dan selama 300 tahun umat Allah tidak mempraktekkannya. Perpuluhan tidak menjadi praktek yang diterima meluas di kalangan Kekristenan sampai abad ke-delapan. Pemberian di dalam Perjanjian Baru adalah sesuai kemampuan seseorang.





6. GBI Rehobot
GBI Rehobot... Ga pake perpuluhan dan ga ada kantong kolekte keliling ditiap ibadahnya cuma dikasih amplop pas masuk jadi kalo yg terbeban yah tinggal isi masukin dikotak pintu keluar.... Di gereja ini perpuluhan ga wajib karena disini diajarkan seluruh hidup dan yg kita miliki punya Tuhan jadi bukan angka 10-20 persennya yang penting.
« Last Edit: August 22, 2011, 10:20:14 PM by repento »
Efesus 2:15-a

(TB)
sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah
membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya


(BIS)
Hukum agama Yahudi dgn perintah-perintah dan peraturan-peraturannya sudah dihapuskan oleh Kristus
August 09, 2011, 11:41:29 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 705
  • Gender: Male
  • Relationship is a gift!
  • Denominasi: Pure Protestant/Back to Bible
Bagaimana dengan Gereja Protestan lainnya: GKA, beberapa GBI (saya tidak ingat), GPdI?
Percaya PRINSIP DELAPAN/OKTA SOLA yaitu
 -SOLA GRATIA (Hanya karena Anugerah/Kasih Karunia saja kita diselamatkan, Ef 2:8-10),
 -SOLA FIDE (Hanya karena IMAN saja kita diselamatkan, 1 Petrus 1:9, Ef 28-9, Yud 1:3, Ibrani 3:14, II Tim 4:7, 2 Tim 3:15),
 -SOLA SCRIPTURA (Hanya karena Kitab Suci/Alkita
August 09, 2011, 01:48:12 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 739
  • FK - Reborn
  • Denominasi: Jesus seeker
Bagaimana dengan Gereja Protestan lainnya: GKA, beberapa GBI (saya tidak ingat), GPdI?


GKA Gloria sepertinya termasuk yang menganut ajaran persepuluhan, namun kalau benar penggunaan-nya seperti di bawah, saya pribadi sih masih setuju  ;D

Dalam hubungan ini, bukan saja Israel secara khusus dapat menikmati hasil-hasilnya, namun juga sesama umat Tuhan, seperti anak-anak yatim, janda-janda, kaum Lewi, bahkan orang-orang asing sekalipun. Mereka ini memperoleh kebahagiaan yang bersifat pribadi dan sebagai persekutuan. Demikian pula kita sebagai orang percaya, wajib memberi persembahan perpuluhan kepada Tuhan karena ini adalah perintah Tuhan. Ketika kita memberi persembahan perpuluhan pada Tuhan, bukan hanya memuliakan Tuhan, tetapi kita juga telah menyalurkan berkat pada sesama kita.


yang saya kurang setuju adalah sudah ada persepuluhan, ada persembahan diakonia lagi. sedang operasional gereja dari persembahan umum / kolekte tiap kebaktian. jadi persepuluhannya buat apa yah  ;D
August 15, 2011, 08:58:31 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 705
  • Gender: Male
  • Relationship is a gift!
  • Denominasi: Pure Protestant/Back to Bible
Bro Repento, kemarin saya barusan dari JKI (Jemaat Kristen Indonesia). Ini gereja hebat, bro! Tapi saya tegaskan bahwa saya tidak bermaksud mencela atau mempromosikan salah satu gereja, sama sekali tidak. Saya hanya mau berbagi info dengan rekan2 FK saja.
Waktu sampai disana saya heran, biasanya kalo saya ke gereja "disuguhi" pemandangan pameran kekayaan jemaat dan pendetanya di parkiran mobil, tapi ini yang saya lihat: deretan angkot sampai lebih dari 20 angkot!
Sepanjang kebaktian (kebaktiannya pake cara Kharismatik) saya nunggu2 kantong persembahan. Sampai akhir kebaktian nggak ada kantong persembahan yg diedarkan! Jemaatnya bener2 bersahaja: ada yg homo, ada yg cacat kaki, ada yg bencong, yg naik angkot cuma pake sandal jepit. Kontras sekali kalo dibandingkan dengan jemaatnya Gereja Papa, Mama, Anak, mantu.
Pulang kebaktian semua jemaat dikasih satu nasi bungkus dan satu aqua. Setelah itu saya nggak langsung pulang. Saya tanya ke salah satu jemaatnya kenapa kok nggak ada kantong persembahan diedarkan? Dia bilang: Oh, kalo mau ngasih Gereja anda ngambil amlop disana lalu masukkan ke kotak di pojok situ. Jadi di gereja ini tidak mewajibkan perpuluhan dan persembahan.
Saya sangat terkesan dengan upaya gereja untuk "mengundang" orang2 miskin yg nggak punya uang buat ongkos ke gereja dengan jalan menyewa angkot dari berbagai penjuru Surabaya untuk datang beribadah. Saya pikir, wah enak bener orang2 miskin ini udah diantar jemput, pulang masih dikasih nasi bungkus(meski porsi kecil dan lauknya apa adanya) sudah itu nggak perlu ngasih kolekte lagi.
JKI yg dikomandani oleh Pdt. Petrus Agung dr Semarang ini juga merupakan contoh yg baik bagaimana Gereja harus jadi berkat dan menerapakan Hukum Kasih bagi orang2 miskin yg sudah terpinggirkan oleh "Gereja2 Showroom Mobil".
« Last Edit: August 15, 2011, 09:06:51 AM by wenaz »
Percaya PRINSIP DELAPAN/OKTA SOLA yaitu
 -SOLA GRATIA (Hanya karena Anugerah/Kasih Karunia saja kita diselamatkan, Ef 2:8-10),
 -SOLA FIDE (Hanya karena IMAN saja kita diselamatkan, 1 Petrus 1:9, Ef 28-9, Yud 1:3, Ibrani 3:14, II Tim 4:7, 2 Tim 3:15),
 -SOLA SCRIPTURA (Hanya karena Kitab Suci/Alkita
August 15, 2011, 09:09:03 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 739
  • FK - Reborn
  • Denominasi: Jesus seeker
Woooow gereja yang ruaaaaaar biasaa

Thx for sharing
August 15, 2011, 12:23:48 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1725
Quote
Saya tanya ke salah satu jemaatnya kenapa kok nggak ada kantong persembahan diedarkan? Dia bilang: Oh, kalo mau ngasih Gereja anda ngambil amlop disana lalu masukkan ke kotak di pojok situ. Jadi di gereja ini tidak mewajibkan perpuluhan dan persembahan.

ini juga udah mulai diterapkan di gereja ane kok :) .
August 15, 2011, 04:28:49 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 705
  • Gender: Male
  • Relationship is a gift!
  • Denominasi: Pure Protestant/Back to Bible
@jegan2000: boleh tau nama gerejanya, Bro? Biar teman2 FK semua pada tau.
Percaya PRINSIP DELAPAN/OKTA SOLA yaitu
 -SOLA GRATIA (Hanya karena Anugerah/Kasih Karunia saja kita diselamatkan, Ef 2:8-10),
 -SOLA FIDE (Hanya karena IMAN saja kita diselamatkan, 1 Petrus 1:9, Ef 28-9, Yud 1:3, Ibrani 3:14, II Tim 4:7, 2 Tim 3:15),
 -SOLA SCRIPTURA (Hanya karena Kitab Suci/Alkita
August 15, 2011, 04:58:26 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1725
btw emang ada yah gereja yg mewajibkan jemaatnya bayar perpuluhan??klo ada yg ga bayar apa kena sanksi/dispensasi??klo misalkan ga ada sanksi/dispensasi ya berarti perpuluhannya memang ga wajib(untuk yg tergerak saja).
August 15, 2011, 07:53:47 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 705
  • Gender: Male
  • Relationship is a gift!
  • Denominasi: Pure Protestant/Back to Bible
Kena sanksi sih nggak, tapi pendetanya suka ngancam. Yang belalang pelahap akan datang padamulah, yang dianggap perampoklah(Mal 3), dll. Apa anda nggak takut dikutuki pendeta anda, hayo? Anda belom jawab pertanyaab saya: dimana gereja anda?
Percaya PRINSIP DELAPAN/OKTA SOLA yaitu
 -SOLA GRATIA (Hanya karena Anugerah/Kasih Karunia saja kita diselamatkan, Ef 2:8-10),
 -SOLA FIDE (Hanya karena IMAN saja kita diselamatkan, 1 Petrus 1:9, Ef 28-9, Yud 1:3, Ibrani 3:14, II Tim 4:7, 2 Tim 3:15),
 -SOLA SCRIPTURA (Hanya karena Kitab Suci/Alkita
August 15, 2011, 09:34:23 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Bro Repento, kemarin saya barusan dari JKI (Jemaat Kristen Indonesia). Ini gereja hebat, bro! Tapi saya tegaskan bahwa saya tidak bermaksud mencela atau mempromosikan salah satu gereja, sama sekali tidak. Saya hanya mau berbagi info dengan rekan2 FK saja.
Waktu sampai disana saya heran, biasanya kalo saya ke gereja "disuguhi" pemandangan pameran kekayaan jemaat dan pendetanya di parkiran mobil, tapi ini yang saya lihat: deretan angkot sampai lebih dari 20 angkot!
Sepanjang kebaktian (kebaktiannya pake cara Kharismatik) saya nunggu2 kantong persembahan. Sampai akhir kebaktian nggak ada kantong persembahan yg diedarkan! Jemaatnya bener2 bersahaja: ada yg homo, ada yg cacat kaki, ada yg bencong, yg naik angkot cuma pake sandal jepit. Kontras sekali kalo dibandingkan dengan jemaatnya Gereja Papa, Mama, Anak, mantu.
Pulang kebaktian semua jemaat dikasih satu nasi bungkus dan satu aqua. Setelah itu saya nggak langsung pulang. Saya tanya ke salah satu jemaatnya kenapa kok nggak ada kantong persembahan diedarkan? Dia bilang: Oh, kalo mau ngasih Gereja anda ngambil amlop disana lalu masukkan ke kotak di pojok situ. Jadi di gereja ini tidak mewajibkan perpuluhan dan persembahan.
Saya sangat terkesan dengan upaya gereja untuk "mengundang" orang2 miskin yg nggak punya uang buat ongkos ke gereja dengan jalan menyewa angkot dari berbagai penjuru Surabaya untuk datang beribadah. Saya pikir, wah enak bener orang2 miskin ini udah diantar jemput, pulang masih dikasih nasi bungkus(meski porsi kecil dan lauknya apa adanya) sudah itu nggak perlu ngasih kolekte lagi.
JKI yg dikomandani oleh Pdt. Petrus Agung dr Semarang ini juga merupakan contoh yg baik bagaimana Gereja harus jadi berkat dan menerapakan Hukum Kasih bagi orang2 miskin yg sudah terpinggirkan oleh "Gereja2 Showroom Mobil".


Pdt yang mana satu...Pdt Petrus Agung Purnomo ya?
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)