Author Topic: Daftar Gereja di Indonesia yang tidak menerapkan per10an-wajib  (Read 22203 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 15, 2015, 09:05:22 AM
Reply #90
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
contoh 1 :
setiap minggu saya memberi kolekte sebesar 20 ribu, tapi saya berikan dengan hati sukacita dan iklas tanpa melihat kiri kanan

contoh 2 : setiap minggu saya memberi kolekte sebesar 100 ribu, tapi saya berikan dengan hati yang tidak rela, saya mengeluarkan 100 ribu untuk kolekte setiap minggu hanya untuk supaya di liat orang dan keterpaksaaan karena itung2 perpuluh an dari total rejeki yang saya dapat selama seminggu, padahal saya iklasnya hanya 20 ribu

pendapat saya : saya yakin sebesar2nya bahwa Tuhan Yesus akan lebih melihat saya dari contoh 1, dan meskipun seandainya saya melakukan di contoh 2, Tuhan Yesus pasti hanya akan itung pahala saya yang 20 ribu nya itu, yang 80 ribunya tidak di masukkan ke tabungan pahala buat tiket masuk surga nanti nya....

sama seperti Tuhan tidak akan menghitung pahala anda jikalau anda melakukan pelayanan di Gereja selama 8 jam dalam sehari hanya untuk supaya di lihat orang / tidak enak sama orang2 sekitar / keterpaksaan tetapi Tuhan akan lebih melihat anda yang melakukan dengan sukacita dan iklas dalam melaksanakan pelayanan di Gereja meskipun hanya 1-2 jam saja

Lhoh, bro, bukankah ayat Alkitab nyapun sudah sangat jelas menyampaikan bahwa jumlah sumbangan tidaklah berhubungan dengan 'pahala' ?

Luk 21:1    Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan.

Luk 21:2    Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.

Luk 21:3    Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.

Luk 21:4    Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."
April 24, 2016, 09:28:14 PM
Reply #91
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Gender: Male
  • Enjoying God's Grace
  • Denominasi: Pengikut Yesus Kristus
Bro Repento, kemarin saya barusan dari JKI (Jemaat Kristen Indonesia). Ini gereja hebat, bro! Tapi saya tegaskan bahwa saya tidak bermaksud mencela atau mempromosikan salah satu gereja, sama sekali tidak. Saya hanya mau berbagi info dengan rekan2 FK saja.
Waktu sampai disana saya heran, biasanya kalo saya ke gereja "disuguhi" pemandangan pameran kekayaan jemaat dan pendetanya di parkiran mobil, tapi ini yang saya lihat: deretan angkot sampai lebih dari 20 angkot!
Sepanjang kebaktian (kebaktiannya pake cara Kharismatik) saya nunggu2 kantong persembahan. Sampai akhir kebaktian nggak ada kantong persembahan yg diedarkan! Jemaatnya bener2 bersahaja: ada yg homo, ada yg cacat kaki, ada yg bencong, yg naik angkot cuma pake sandal jepit. Kontras sekali kalo dibandingkan dengan jemaatnya Gereja Papa, Mama, Anak, mantu.
Pulang kebaktian semua jemaat dikasih satu nasi bungkus dan satu aqua. Setelah itu saya nggak langsung pulang. Saya tanya ke salah satu jemaatnya kenapa kok nggak ada kantong persembahan diedarkan? Dia bilang: Oh, kalo mau ngasih Gereja anda ngambil amlop disana lalu masukkan ke kotak di pojok situ. Jadi di gereja ini tidak mewajibkan perpuluhan dan persembahan.
Saya sangat terkesan dengan upaya gereja untuk "mengundang" orang2 miskin yg nggak punya uang buat ongkos ke gereja dengan jalan menyewa angkot dari berbagai penjuru Surabaya untuk datang beribadah. Saya pikir, wah enak bener orang2 miskin ini udah diantar jemput, pulang masih dikasih nasi bungkus(meski porsi kecil dan lauknya apa adanya) sudah itu nggak perlu ngasih kolekte lagi.
JKI yg dikomandani oleh Pdt. Petrus Agung dr Semarang ini juga merupakan contoh yg baik bagaimana Gereja harus jadi berkat dan menerapakan Hukum Kasih bagi orang2 miskin yg sudah terpinggirkan oleh "Gereja2 Showroom Mobil".

Puji Tuhan masih ada Gereja kayak gini di Indonesia
July 19, 2016, 12:22:03 AM
Reply #92
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: protestan
Semua gereja baik yang mewajibkan perpuluhan ataupun yang tidak mewajibkan, selama masih berpegang pada prinsip iman yang sepenuhnya kepada Kristus, dan menjadikan Firman Tuhan sebagi landasan dan pegangan dalam pelayanannya saya rasa gak ada yang perlu di diskusikan atau diperdebatkan bahkan dipermasalahkan. Bagi saya semua baik, semakin banyaknya denominasi gerja-gereja yang ada di dunia khususnya di Indonesia, tidak lain dan tidak bukan karena setiap orang memilih & memiliki pandangannya masing-masing. Selama masih dala tetap dalam jalur yang aman, maka bagi saya tidak ada yang salah.
July 31, 2016, 12:30:54 AM
Reply #93
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 668
masalah nya ini yang benar yang tidak harus
Baiklah mari berhitung misal pak a berjualan beras di pasar sehari harga 10000 1liter untung 1000, ya kira10%lah untungnya blom salah hitung,salah beli dan resiko lainnya yg tidak kehitung jadi sehari dapet kotor 2jt jadi sehari dpt hasil 200rb dikasik perpuluhan 20rb bayar pajak pasar pajak negara pajak pbb 15rb bayar pegawai 1orang sehari 40rb buat makan samasekolah anak istri 50rb blom kalo anaknya disuruh perpuluhan ama gerejanya(kadang pintarnya gereja kadang dibilang u/mendidik taat ama Tuhan dan perpuluhan dari pengeluaran dikasik ayat menipu Tuhan lagi);ternyata ada barang rusak dan hilang 1%an yg baru keitung-20rb;buat pengembangan modal kerja kira" 20rb biaya lain"sehari" beli perlengkapn rumah 30rb simpanan 10rb kalo tidak dimanfaatkan dengan bijak kasihan yg kerja dan tidak sesuai Firman Tuhan yg ditransparansi dan free will offering apakah boleh tidak sesuai Firman Tuhan?janganlah menunggu orang sudah pinter" dan tidak mau menyumbang karena tidak sesuai firman/dibodohi baru persembahan ditransparansi ; karena kurang dana baru ditunjukan persembahannya kalo lebih"disimpan sendiri sama aja kalo ada masalah aja minta tolong kalo lagi enak ga perduli orang lain ikutilah perintah Tuhan dan taat alkitab/firmanNya salah satunya transparansi; freewill offering dan u/kepentingan bersama kalo ttg persembahan.
urusan pendeta nakal dg Tuhan aja ga adil/curang donk bagi para koruptor dunia juga maunya juga gitu mentang" sana atas nama surga..jangan diawasi nnt urusan koruptor dg Tuhan jangan turut campur donk , ?Alkitab juga tidak pernah mengajarkan ini yg diajar adalah tata cara transparansi

Btw mana ayat yg mewajibkanperpuluhan di perjanjian baru?soalnya tidak ada itu kecuali dibelok"kan dlu baru bisa kayaknya wajib padal tidak kalo diperjanjian lama ada karena waktu itu imam besar dan raja itu masih 1orang dicerita awal perpuluhan itupun dari hasil tanah yg dihasilkan bumi apakah tidak ada karyawan pedagang pengrajin dll?

note beberapa macam persembahan di gereja"tidak semuanya ada di semua gereja
-notes macam sumbangan gereja sebagian ada dibeberapa gereja saja--->(perpuluhan hasil/2minggu/sebulan/setaun,sumbangan retreat, perpuluhan orang tua&anak(anak pertama,kedua,ketiga,dst biasanya dr pengeluaran untuk yg blom kerja ), sumbangan mingguan, sumbangan tiap ke gereja atau ke persekutuan, anak sulung/benih pertama/semua gaji pertama,persepuluh abram/dari semuanya,memberikan semuanya,sumbangan parkir,pelayanan gratis/kadang sekolah pelayannya gratis sekolahnya tetap bayar,sumbangan pernikahan, sumbangan khotbah, sumbangan kematian,sumbangan sekolah rumah sakit gereja, sumbangan mendoakan orang sakit, sumbangan jual tanah mobil,sumbangan makanan(ini ga perlu dimasukkan ke pembukuan rasanya) ,sumbangan mobil,sumbangan perjalanan satu team gereja,sumbagnan berbagai acara,sumbangan dari website, sumbangan dari luar negeri, sumbangan lain-lain )

PengHasilan lainya dr gereja: sekolah gereja;rumah sakit gereja,tempat penginapan gereja,toko buku hasil penjualan buku cd rekaman dr greja,dll

Apakah sebagian kalian yakin kita tidak perlu transparansi pengelolaan  yg sesuai Firman Tuhan biar orang dunia tidak bilang katanya surga ama dunia aja kalah? Dunia aja bisa transparant bagi yg milik bersama/Milik Tuhan juga masak banyak orang surga transparant aja banyak alasan?

Kami yakin dan tau banyak yg baik juga tapi yg tidak baik masih ada dan rasanya cukup banyak jg jadi harus diperbaiki sesuai Firman Tuhan

Kalo di pb perpuluhan tidak wajib dicounter dg disuruh memberi semuanya oleh beberapa pendeta yg sperti
hidup seperti rasul"... itu kalo hidup seperti rasul harusnya pendetanya juga hidup tidak kawin tidak duniawi memberi semua u Tuhan jual semua harta pendeta itu untuk yg membutuhkan dialkitab tidak mengatakan u iman lewi ataupun u fasilitas pelayan Tuhan tapi untuk yg membutuhkan sekali lg u yg membutuhkan kalo pendeta membutuhkan gpp ambil tapi kalo sudah cukup jangan serakah.seperti dijaman paulus yg Yesus sendiri menyuruh u hidup sederhana para rasulnya ketika meyebarkan injil...

jangan cuma omong doang suruh  orang lain jual semua harta hidup sederhana; tapi dianya hidup mewah dianya nanti yg nikmatin....perkataan harus selaras dengan perbuatan..

Walau kalo ga mampu dan tidak mudah memang seperti teladan Yesus penuh ya gpp paling tidak jangan ngomong besar hidup enak tapi wajar miliki integritas dan ikuti Firman Tuhan....bukan transparansi ya.g tidak jelas terlalu global tapi transparansi dengan detail yg cukup jelas bila memang milik bersama ini yang terjadi di kalangan pemerintaha yg benar maupun Perusahan publik dan gereja/yayasan social yg profesional

Yaitu umumnya
Transparan dibuat website yang ada detailnya jelas dan pantas contoh nya ygbaru adalah web pemkot jakarta dan orang" mengetahui sehingga bila salah bisa lapor danbanyak orang akan tertari akan contoh yg baik ini dan mengikuti


« Last Edit: September 04, 2016, 05:31:44 AM by andre765 »
July 31, 2016, 08:28:33 PM
Reply #94
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 668

...banyak yg penipu hebat membuka sumbangan/investasi bodong tapi banyak pula yang baik hebat pula jadi  janganlah bodoh berikan dengan cerdas sukarela dan tulus u tujuan yang sebisanya pantas dan baik

Memberi baik tapi harus dengan hati yang benar, cara yang benar ujilah segala sesuatu. Cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati...Tuhan mengajarkan u memberi sumbangan lebih ke yg  membutuhkan bukan yang sudah hidup berkelimpahan.. memberi dengan cerdas dan kasih tanpa mengharapkan imbalan...

« Last Edit: August 05, 2016, 09:06:39 PM by andre765 »
June 02, 2017, 04:29:26 PM
Reply #95
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Denominasi: Kharismatik
NICE :)

yg lain ada yg mau menambahkan lagi ?

MOHON diralat kembali bro... GBI TABGHA BATAM mewajibkan per10an.. bahkan Gembala selalu mengingatkan kpd jemaatnya, juga pengumpulan kolekte selalu angkat amplop utk dideklarasikan,  sampai sekarang sudah hampir 4 tahun saya ibadah digereja tsb, jadi tau benar tatacara ibadah disitu.
June 02, 2017, 04:38:49 PM
Reply #96
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Denominasi: Kharismatik
saya ibadah disitu tetapi saya tidak setuju dan tidak melaksanakan dengan doktrin gereja GBI TABGHA BATAM mengenai "Per10an-wajib"

krn nurani saya berontak disitu, tetapi mengenai persembahan suka rela sperti utk Pembangunan gereja, utk  fakir miskin, utk penginjilan, utk janda2, utk pengobatan gratis, utk bencana, dll yg tujuannya utk membantu sesama Nurani saya sangat terpanggil sekali dan sangat menggebu2 utk ikut andil dalam hal tsb.
June 03, 2017, 05:47:17 PM
Reply #97
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 943
  • Denominasi: Protestan
saya ibadah disitu tetapi saya tidak setuju dan tidak melaksanakan dengan doktrin gereja GBI TABGHA BATAM mengenai "Per10an-wajib"

krn nurani saya berontak disitu, tetapi mengenai persembahan suka rela sperti utk Pembangunan gereja, utk  fakir miskin, utk penginjilan, utk janda2, utk pengobatan gratis, utk bencana, dll yg tujuannya utk membantu sesama Nurani saya sangat terpanggil sekali dan sangat menggebu2 utk ikut andil dalam hal tsb.
Yang gue tahu, persepuluhan di GBI adalah doktrin. So wajib hukumnya. CMIIW.

Betewe, salut buat reaksi elo soal persepuluhan dan tindakan elo terhadap persembahan yang lainnya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)