Author Topic: Kumpulan Thread yg berhubungan dengan Per10an  (Read 45346 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 06, 2011, 02:02:46 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 909
  • Gender: Male
  • ^cOoL^
Bro Milkyway saya tambahkan ayat ini,
Kolose 2:7,8 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut KRISTUS.

Salam

Ayat2 yang menjelaskan tentang ajaran2 palsu, nabi2 palsu, ataupun akhir zaman, saya rasa sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya. Mengingatkan sih boleh2 saja, hanya kita disini saya rasa sudah bukan anak kecil lagi dalam memahami ayat2.

Saya berikan kamu beberapa ayat.

Markus 7:6 Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
7:7   Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.
7:8   Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia."

7:9   Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.
7:10   Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.
7:11   Tetapi kamu berkata: Kalau seorang berkata kepada bapanya atau ibunya: Apa yang ada padaku, yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk korban--yaitu persembahan kepada Allah--,
7:12   maka kamu tidak membiarkannya lagi berbuat sesuatupun untuk bapanya atau ibunya.
7:13   Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat yang kamu ikuti itu. Dan banyak hal lain seperti itu yang kamu lakukan."

Dari beberapa ayat di atas saya berkesimpulan, hormati ayah dan ibumu adalah perintah Tuhan; Sedangkan persembahan kepada Allah adalah perintah manusia/adat istiadat.

Mungkin kamu gak sepaham... Gak masalah bagi saya...

Salam damai...
"Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh" (Roma 1:22)
September 06, 2011, 02:24:48 PM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 518
  • Denominasi: Protestan
Ayat2 yang menjelaskan tentang ajaran2 palsu, nabi2 palsu, ataupun akhir zaman, saya rasa sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya. Mengingatkan sih boleh2 saja, hanya kita disini saya rasa sudah bukan anak kecil lagi dalam memahami ayat2.

Saya berikan kamu beberapa ayat.

Markus 7:6 Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
7:7   Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.
7:8   Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia."

7:9   YESUS berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri.
7:10   Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.
7:11   Tetapi kamu berkata: Kalau seorang berkata kepada bapanya atau ibunya: Apa yang ada padaku, yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk korban--yaitu persembahan kepada Allah--,
7:12   maka kamu tidak membiarkannya lagi berbuat sesuatupun untuk bapanya atau ibunya.
7:13   Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat yang kamu ikuti itu. Dan banyak hal lain seperti itu yang kamu lakukan."

Dari beberapa ayat di atas saya berkesimpulan, hormati ayah dan ibumu adalah perintah Tuhan; Sedangkan persembahan kepada Allah adalah perintah manusia/adat istiadat.

Mungkin kamu gak sepaham... Gak masalah bagi saya...

Salam damai...

Saya kira saya sependapat dengan ayat itu, karena Tuhan menginginkan kita dihari hari terakhir ini selalu menjaga hati kita untuk tetap benar dihadapan-Nya, karena Ia akan mengalirkan kebaikan dan kasih-Nya melalui hati kita adalah hati yang bersih, karena hati kita adalah tempat kita mendengar suara -Nya dan pesan isi hati-Nya.-Hati yang murni adalah hati yang telah melewati berbagai macam proses kehidupan yang menyakitkan, yang mengecewakan dan menghancurkan hati kita, tetapi kita menang dan disaat itulah hati kita telah diperbesar kapasitasnya..Kita yang bersih, adalah hati yang tidak dikotori oleh kebencian, akar kepahitan dan keangkuhan hidup... Ketulusan hati pasti selalu melahirkan ketepatan dalam tindakan...Amin.

Salam
GBU

1Pet. 3:10"Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
Yakobus 4:11 Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya.
September 06, 2011, 03:29:35 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 909
  • Gender: Male
  • ^cOoL^
Saya kira saya sependapat dengan ayat itu, karena Tuhan menginginkan kita dihari hari terakhir ini selalu menjaga hati kita untuk tetap benar dihadapan-Nya, karena Ia akan mengalirkan kebaikan dan kasih-Nya melalui hati kita adalah hati yang bersih, karena hati kita adalah tempat kita mendengar suara -Nya dan pesan isi hati-Nya.-Hati yang murni adalah hati yang telah melewati berbagai macam proses kehidupan yang menyakitkan, yang mengecewakan dan menghancurkan hati kita, tetapi kita menang dan disaat itulah hati kita telah diperbesar kapasitasnya..Kita yang bersih, adalah hati yang tidak dikotori oleh kebencian, akar kepahitan dan keangkuhan hidup... Ketulusan hati pasti selalu melahirkan ketepatan dalam tindakan...Amin.

Salam
GBU

1Pet. 3:10"Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

Salam juga bro loyd.  :angel:

Ayat itu (bagi saya) menjelaskan bahwa, perintah Tuhan lebih penting daripada adat istiadat manusia. Misalnya, Kondisi orangtua kita sakit, butuh uang untuk berobat, kita tidak bisa berkata : papa, sori... uang yang ada sama saya ini mau diberikan untuk persembahan/perpuluhan. Dimana hati nurani kita ? Apakah kalau kita memberikan uang itu untuk pengobatan dan saat itu tidak memberikan persembahan (karena memang tidak punya uang), Tuhan akan mengirimkan kutuk buat kita ? Hey... Dia Tuhan yang adil, mahapengasih, dan tau hati kita masing2.

Konsep 10% wajib itu menjadi dasar kita dalam memberi. Tapi, jumlah itu bukanlah patokan wajib yang saat kita tidak mampu memberikan 10% kemudian Tuhan akan mengirimkan kutuk pada kita.

Banyak yang mencibir orang2 seperti saya dan repento khususnya adalah orang2 yang pelit, tidak mengasihi Tuhan dsb dsb. Saya memandang persembahan perpuluhan itu harus saya lakukan selama saya sanggup memberikan dengan hati yang tulus.

Ada jemaat baru yang adalah pedagang jualan cabe dipasar. Penghasilan bersih perbulan adalah 700rb. Tanggungan anak ada 3 dan masih harus ngontrak. Memang benar, kalau dia memberikan perpuluhan 70rb, Tuhan pasti terharu dengan ketulusan nya. Tapi karena dia jemaat baru, yang ada dia malah memberontak dan lari dari gereja.

Apa yang saya dan repento perjuangkan bukan se-mata2 untuk menghindari memberi kepada Tuhan, tapi pemberian tulus dari dasar hati.

Perpuluhan adalah persembahan yang diberikan tiap bulan sebagai bukti cinta kasih kita kepada Tuhan. Jumlahnya ? terserah ketulusan hati kamu.

Salam.
"Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh" (Roma 1:22)
September 06, 2011, 03:35:50 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5328
  • Gender: Male
sesuai iman dan hati masing2 aja...
September 06, 2011, 03:51:00 PM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 518
  • Denominasi: Protestan
Salam juga bro loyd.  :angel:

Ayat itu (bagi saya) menjelaskan bahwa, perintah Tuhan lebih penting daripada adat istiadat manusia. Misalnya, Kondisi orangtua kita sakit, butuh uang untuk berobat, kita tidak bisa berkata : papa, sori... uang yang ada sama saya ini mau diberikan untuk persembahan/perpuluhan. Dimana hati nurani kita ? Apakah kalau kita memberikan uang itu untuk pengobatan dan saat itu tidak memberikan persembahan (karena memang tidak punya uang), Tuhan akan mengirimkan kutuk buat kita ? Hey... Dia Tuhan yang adil, mahapengasih, dan tau hati kita masing2.

Konsep 10% wajib itu menjadi dasar kita dalam memberi. Tapi, jumlah itu bukanlah patokan wajib yang saat kita tidak mampu memberikan 10% kemudian Tuhan akan mengirimkan kutuk pada kita.

Banyak yang mencibir orang2 seperti saya dan repento khususnya adalah orang2 yang pelit, tidak mengasihi Tuhan dsb dsb. Saya memandang persembahan perpuluhan itu harus saya lakukan selama saya sanggup memberikan dengan hati yang tulus.

Ada jemaat baru yang adalah pedagang jualan cabe dipasar. Penghasilan bersih perbulan adalah 700rb. Tanggungan anak ada 3 dan masih harus ngontrak. Memang benar, kalau dia memberikan perpuluhan 70rb, Tuhan pasti terharu dengan ketulusan nya. Tapi karena dia jemaat baru, yang ada dia malah memberontak dan lari dari gereja.

Apa yang saya dan repento perjuangkan bukan se-mata2 untuk menghindari memberi kepada Tuhan, tapi pemberian tulus dari dasar hati.

Perpuluhan adalah persembahan yang diberikan tiap bulan sebagai bukti cinta kasih kita kepada Tuhan. Jumlahnya ? terserah ketulusan hati kamu.

Salam.

Saya pernah alami seperti itu bro, keperluan yang memerlukan uang banyak (saya tidak sebut kebutuhannya), saya berdoa dan saya jujur sama Tuhan dan saya bilang Tuhan bulan ini saya utang sama Tuhan dan saya tidak kasih sepersepuhan-Nya, karena memang ada keperluannya yang sangat mendesak dan saya perbiasakan berkomunikasi sama Tuhan, bulan depan juga saya belum bisa ganti, saya berdoa lagi sama Tuhan mohon pengampunan janji saya tidak tepat Tuhan, itulah kelamahan manusia, minta ampun sama  Tuhan bulan depan baru diganti dan akhirnya saya ganti semua pada bulan yang ketiga,  tidak tahu ada ada saja rejekinya, dan akhirnya saya bisa menggantikan pada bulan yang ketiga dan saya tidak terlalu kaku dalam hal ini saya belajar untuk bicara apa adanya pada sama Tuhan, kan TUhan kita juga khan, Tuhan saya dan Tuhan andakan.....Amin.. 
Yakobus 4:11 Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya.
September 06, 2011, 04:17:27 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 909
  • Gender: Male
  • ^cOoL^
Saya pernah alami seperti itu bro, keperluan yang memerlukan uang banyak (saya tidak sebut kebutuhannya), saya berdoa dan saya jujur sama Tuhan dan saya bilang Tuhan bulan ini saya utang sama Tuhan dan saya tidak kasih sepersepuhan-Nya, karena memang ada keperluannya yang sangat mendesak dan saya perbiasakan berkomunikasi sama Tuhan, bulan depan juga saya belum bisa ganti, saya berdoa lagi sama Tuhan mohon pengampunan janji saya tidak tepat Tuhan, itulah kelamahan manusia, minta ampun sama  Tuhan bulan depan baru diganti dan akhirnya saya ganti semua pada bulan yang ketiga,  tidak tahu ada ada saja rejekinya, dan akhirnya saya bisa menggantikan pada bulan yang ketiga dan saya tidak terlalu kaku dalam hal ini saya belajar untuk bicara apa adanya pada sama Tuhan, kan TUhan kita juga khan, Tuhan saya dan Tuhan andakan.....Amin..

Salut buat kejujuran kamu.

Memang benar, ada ayat yang menyatakan Tuhan akan membukakan tingkap2 langit, mencurahkan berkat. Seperti hukum tabur tuai. Dan saya mengamini dan mengalami hal itu. Semakin kita memberi, Tuhan pasti semakin mencurahkan berkatNya.

Hanya, saya melihat sekeliling, ada yang di kejar2 tukang kartu kredit, hutang kiri kanan. Semuanya bermuara karena sakit yang dialami. Trus kadang nyanyi lagu rohani setengah berteriak sampe yang denger dan gak paham menganggap 1/2 gila.
Andaikata dia gak bayar perpuluhan sampai hari terakhirnya, berdosakah dia ? masuk neraka kah dia ?

Saya gak berani bilang ya, karena saya tau Tuhan menguji hati. Bukan apa yang keliatan di amplop perpuluhan.

Salam...
"Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh" (Roma 1:22)
September 06, 2011, 04:52:36 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5554
berilah sesuai dgn kerelaan, sukacita dan berdasarkan apa yg ada padamu, bukan dgn paksaan wajib harus 10% tok ga boleh kurang..  :char11:
contoh kisah-kisah diatas, sptnya ada yg aneh menurut saya frens..  :mad0261:
kenapa saat tidak sanggup memberi, harus merasa bersalah.. ? apakah Tuhan tetap menuntut seseorg harus bayar 10%, disaat uangnya habis utk kebutuhan mendesak yg lain.. ?  :mad0261:  bukankah itu malah menjadikan seseorg, tidak memberi dgn sukarela dan sukacita frens.. krn ketakutan kutuk hamba Tuhan yg memakai ayat maleakhi, maka org tsb terpaksa memenuhi kewajiban yg ditekankan oleh si HT dgn cara mengaku hutang kpd Tuhan sampai beberapa bulan.. apakah hidup org yg ketakutan tsb, bisa dikatakan sdh diberkati oleh Tuhan.. :coolsmiley:
mengapa org tsb tidak memberikan dari sisa uang yg masih ada serelanya, tanpa harus ditekan oleh jumlah 10% wajibnya..  :'( 

jadi menurut saya.. hal-hal demikianlah yg membuat seseorg, menjadi memiliki kasih yg hambar kpd Tuhan dan sesamanya.. yaitu penekanan harus/wajib bayar 10% dari gaji/ keuntungannya, tanpa mau melihat keadaan dan situasi kehidupan org tsb..  :'(   
hidup org tsb akan merasa tertekan oleh ancaman kutukan dari ayat maleakhi, kalo sampai tidak bisa memberi 10% nya.. jadi apa bedanya org diluar YESUS yg berbeban berat, dgn org yg sdh menerima YESUS yg harus memikul beban berat juga.. sama saja kemerdekaan dalam YESUS adalah omong kosong, apakah begitu yg sebenarnya frens.. :coolsmiley:

lain hal nya jika seseorg sdh bernasar akan memberi 10%, jika dapat gaji/untung. itu memang harus dilakukan tepat 10%, dan tidak boleh kurang.. itu bukan masalah persepuluhannya, tapi masalah nasarnya kpd Tuhan.. dan itupun hanya sebatas setiap org tsb bernasar, ketika sdh dibayar maka lunaslah nasarnya kpd Tuhan.. bukan sekali bernasar, harus membayar setiap bulan seumur hidup.. kecuali pengucapan nasarnya memang utk seumur hidup tuh.. jelas semua perbedaannya frens..  :happy0025:
Efesus 1:2.  Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
September 06, 2011, 10:50:33 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3009


Loyd   Orang     penYembah       Doktrin-per10an-wajib
Efesus 2:15-a

(TB)
sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah
membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya


(BIS)
Hukum agama Yahudi dgn perintah-perintah dan peraturan-peraturannya sudah dihapuskan oleh Kristus
September 06, 2011, 11:09:06 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3009
Anda bertanya ko' langsung saya dihakimi


bukankah anda juga sama , anda juga langsung menghakimi saya kepahitan,dll tuh




tinggal digerja kamu saja,
kalau digeraja anda tidak memberi persepuluhan Tuhan, urusan anda dengan Tuhan


ada 8 organisasi gereja yg tidak mewajibkan per10an tuh dipage halaman 2,

trus emangnya
8 organisasi gereja ini ada urusan apa dengan Tuhan bila tidak mendoktrinkan per10an-wajib ?
lha wong per10an memang tidak diwajibkan Tuhan bagi umat PB.

gimana sih anda ini kok bisa terbalik
Justru malah yg mendoktrinkan per10an wajib itu yg tidak memiliki dasar alkitabiahnya,


urusan anda dengan Tuhan


kok dikit2 suka mengeluarkan kalimat "urusan anda dgn Tuhan".

aneh sekali anda ini

semua juga sudah tahu kalau
SEMUA ORANG DI DUNIA INI PUNYA URUSAN MASING2 DENGAN TUHAN

emangnya kamu engga punya urusan dgn Tuhan  :mad0261:







lho digereja saya sudah menerapkan persepuluhan ,


per10an-wajib di gereja anda itu tidak ada dasar ayatnya, karena

1. per10an Hukum Taurat itu 23,33 % + WAJIB

2. per10an Abraham + Yakub itu 10% + tidak diwajibkan


sementara   per10an gereja anda itu 10% + WAJIB
tidak ada dasar alkitabnya tuh




kalau di gereja anda mau memaki persepuluhan total 23,33% juga suka-suka anda deh,


lagi-lagi Red Herring (tidak menjawab pertanyaan , malah mengalihkan pertanyaan dengan pembicaraan lain )

Loyd, yg saya tanyakan itu TAFSIRAN ANDA terhadap kisah tanya jawab soal pajak antara YESUS dgn Ahli Taurat dan Imam Farisi

anda dengan ngawurnya menafsirkan bahwa apa yg wajib bagi Tuhan adalah per10an




karena anda menafsir apa yg wajib=per10an, maka saya tanya
per10an yg mana ?


Persepuluhan 1  Ma’aser Rishon - Bilangan 18:21-28
diberikan ke orang Lewi setiap 1 tahun sekali
disuruh TUHAN karena orang lewi TIDAK PUNYA WARISAN TANAH utk dipekerjakan buat tanaman+ternak / TIDAK BEKERJA

http://forumkristen.com/index.php?topic=38815.msg504820#msg504820


Persepuluhan 2 Ma’aser Sheni - Ulangan 14:22-27
DIMAKAN SENDIRI OLEH PEMBERI PER10AN bersama keluarganya
dilakukan setiap 1 tahun sekali pada waktu hari raya Israel

http://forumkristen.com/index.php?topic=38815.msg504821#msg504821



Persepuluhan 3  Ma’aser Ani - Ulangan 14:28-29
diberikan kepada Lewi,Orang Asing,Janda,YatimPiatu
dilakukan setiap 3 tahun sekali

http://forumkristen.com/index.php?topic=38815.msg504822#msg504822



jangan2 anda sama sekali tidak tahu bahwa per10an ahli taurat dan orang farisi itu ada 3 jenis

sehingga anda benar2 bingung dan tidak bisa menjawab pertanyaan saya (dimana akhirnya red herring)



kalau anda tidak bingung, seharusnya anda bisa menjawab pertanyaan saya.
dari 3 jenis ini per10an yg mana yg menurut anda WAJIB diberikan oleh umat PB ?










Loyd ,
anda ini sudah di-brain-wash oleh pendeta per10an-wajib
dan lebih jauh anda ikut2 mem-brain-wash per10an-wajib kepada orang lain dengan cara
menafsir alkitab sesuka hati anda agar KLOP dengan doktrin per10an-wajib anda

anda sudah tersesat terlalu jauh,
segera SADARLAH dari
pem-brain-washing-an per10an-wajib turun-temurun
kemudian
bertobatlah , maka Tuhan akan mengampunimu



baca ayat berikut ini

Ulangan 14:23
Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu,
supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.




perhatikan yg dicetak tebal
haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu



salah satu yg diajarkan Ma’aser Sheni adalah
pemberi per10an MEMAKAN SENDIRI persembahan per10anya
--> supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.



Jelas bahwa ulangan 14:23 menyuruh si pemberi utk memakan sendiri persembahan per10annya
lalu
bagaimana cara anda menafsirkan Ulangan 14:23 diatas agar bisa klop dgn
doktrin per10an-wajib-diSETROR-model gereja anda ?

sudah tentu akan sulit, dan lagi2 akan anda tafsir semau dan sesukanya anda sendiri tanpa bimbingan RK. dan akhirnya keluar jurus terakhir yaitu ad hominem / red herring



bro Loyd,

1. sadarlah
2. bertobatlah


saya akan mendoakan agar anda sadar dan bertobat malam ini juga. Amin

« Last Edit: September 06, 2011, 11:55:18 PM by repento »
Efesus 2:15-a

(TB)
sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah
membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya


(BIS)
Hukum agama Yahudi dgn perintah-perintah dan peraturan-peraturannya sudah dihapuskan oleh Kristus
September 07, 2011, 08:06:31 AM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1710
kok jd pemaksaan pendapat/pandangan gini sih??terserah orang lah klo mau bayar perpuluhan(duitnya juga duit dia sendiri,knapa musti orang lain yg sewot).apa faedahnya memaksakan pandangan seperti ini??lagian setau saya kebanyakan gereja disini biarpun menerapkan perpuluhan tp tidak mewajibkan tuh.
« Last Edit: September 07, 2011, 08:14:31 AM by jegan2000 »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)