Author Topic: Wakil Allah di dunia ( Allah selalu menggunakan Sistemnya-Allah tidak berubah)  (Read 31036 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 08, 2011, 12:27:57 PM
Reply #70
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 854
  • Gender: Male
  • Guru terbaik adalah ROH KUDUS
  • Denominasi: Murid Kristus
Jaman memang makin ancur, bahkan sampai ke pemimpin "gereja"-pun lakukan tindakan pelecehan seksual.

Roma 1:21 Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. 1:22 Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. 1:23 Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar. 1:24 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka. 1:25 Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin. 1:26 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar. 1:27 Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka. 1:28 Dan karena mereka tidak merasa perlu untuk mengakui Allah, maka Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk, sehingga mereka melakukan apa yang tidak pantas:

Penyebab utama adalah degradasi moral yang tak terbendung.

Apakah ini karena peraturan SELIBAT?
Tapi khan pendeta tidak SELIBAT.
Eh Paulus mengatakan sesuatu tentang ajaran tidak menikah

1 Timotius 4 : 1- 3

4:1   Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2   oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
4:3   Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.


Ternyata pada jaman paulus , paulus sudah mengetahui bahwa penyusup-penyusup yang menyusup ke dalam kekeristenan

Sepertinya saya tahu siapa yang mengajarkan hal ini pada jaman ini :coolsmiley:
1 Yohanes 2 : 27
(27) Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu
October 09, 2011, 01:39:18 AM
Reply #71
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1114
  • Gender: Male
  • Yesus sahabatku
@ bro clay

apakah Petrus memenuhi kriteria tsb.

kemudian melihat judul treadnya
bgm pendapat bro ttg 5 jawatan ?
Amsal 21:2  Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

Wahyu 22: 21  Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

http://www.yabina.org/layout2.htm
October 19, 2011, 01:03:34 PM
Reply #72
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2641
  • Gender: Male
  • RASIO POST MENGHINA thd TOTAL POSTS = ... %
Dari dulu hingga kini, Allah tidak pernah berubah. Ia selalu menggunakan sistimNya. Allah selalu menunjuk wakil-Nya di dunia sebagai pembimbing umatnya. Pada jaman Perjanjian Lama, Ia mengutus para nabinya. Pada masa perutusan itu Allah yang tidak terlihat, menampakkan diri dalam semak belukar kepada Musa dalam rupa api yang menyala. Ia menunjuk Yosua sebagai pengganti Musa. Melalui MalaikatNya  Ia menunjuk Gideon. Ia juga mengutus nabi-nabi Nya  yaitu Samuel, Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Daniel, Hosea, Amos, Yunus, Mikha, Nahu, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, dan sampai Yohanes Pembaptis.

Saat kedatangan Sang Mesias, yaitu Allah sendiri dalam rupa manusia, Allah yang tidak terlihat menjadi terlihat dalam diri YESUS putraNya. Allah tidak turun dari langit dalam rupa manusia, seperti para malaikat yang mengambil rupa manusia dalam kunjungannya kepada Abraham dan Lot, atau seperti malaikat yang bertarung melawan Yakub. Allah yang tidak terlihat yang spritual masuk kedalam dunia dengan memilih untuk dilahirkan oleh seorang perempuan kudus tak bercela anak dara Maria sebagaimana telah dinubuatkan oleh nabi Yesaya ( Yesaya 7:14).

Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.
(Galatia 4:4)

YESUS yang adalah Allah sendiri berkarya selama 3,5 tahun di Israel, telah menunjuk 12 Rasul sebagai Saksi dan penerus ajaran-ajaranNya. Ia menunjuk Petrus sebagai kepala dari Gereja yang Ia bangun dan mempercayakan kunci kerajaan surga kedalam tangan Petrus dan penerusnya. Oleh karena itu sesuai dengan jaminan TUHAN bahwa gereja yang Ia bangun diatas PETRUS tidak akan berakhir hingga akhir jaman, karena ada jaminan dari TUHAN sendiri bahwa "Aku menyertai kamu sampai kepada akhir jaman.” ( Mat 28:20). Oleh karena itu Gereja yang dibangun oleh KRISTUS sendiri diatas Petrus -lah yang menjalankan sistim yang sudah ada sejak jaman perjanjian lama dimana Allah menunjuk para Nabi-Nya di dunia ini sebagai pembimbing umat.

 Kata YESUS kepadanya: “Berbahagialah engkau  Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau  adalah Petrus  dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” Mat 16: 15-19

Sebelum YESUS meninggalkan para murid-muridnya Ia telah secara khusus berpesan kepada Petrus:

"Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?"* Maka sedih hati Petrus karena YESUS berkata untuk ketiga kalinya: /"Apakah engkau mengasihi Aku?"* Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata YESUS kepadanya: /"Gembalakanlah domba-domba-Ku. (Yohanes 21:17)

Gereja iniyang dibangun oleh YESUS sendiri akan disertai oleh KRISTUS sampai akhir jaman,

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Allah tidak terlihat dan manusia membutuhkan pembimbing yang terlihat dalam diri para nabi yang dipercayai sebagai penyambung lidah Allah. Sejak Zaman perjanjian lama, Allah selalu menunjuk seseorang sebagai pembimibing umatnya seperti para Nabi. Inilah cara kerja ALLAH atau sistim Allah, oleh karena itu cara itu tidaklah berubah. Sejak perjanjian baru era, ke-nabian berganti dengan era ke- Pausan.


Para PAUS sebagai penerus santo Petrus, adalah Nabi umat perjanjian baru yang menjadi wakil TUHAN di dunia ini. Oleh karena itu pengajaran mereka dengan iman haruslah  kita percayai datang dari TUHAN sendiri karena TUHAN sendiri yang telah menjamin bahwa ia akan menyertai gereja-Nya hingga akhir jaman.

Urut-urutan Para Paus Secara Kronologis

1.  Santo Petrus (33-64 atau 33-67)
Martir, disalibkan dan wafat di Roma. Makamnya baru ditemukan pada tahun 1950-an tepat berada di bawah altar Basilika Santo Petrus di Vatikan. Mengingatkan kita akan sabda YESUS di Matius 16:18. Dengan demikian nubuat YESUS dalam ayat tersebut terpenuhi dengan suatu tanda yang signifikan.

2. Santo Linus dari Tuscany (67-76)
Santo Irenaeus mengatakan bahwa ia adalah Linus yang disebutkan dalam 2 Tim. 4:21 dan bahwa ia diangkat menjadi uskup oleh Santo Paulus sendiri. Dipestakan tanggal 23 September.

3. Santo Anacletus (atau Cletus) dari Roma (76-88)
Martir. Terbunuh selama penindasan oleh kaisar Domitian. Dua Bapa Gereja: Eusebius dan Santo Irenaeus menyebutkannya dalam urutan para paus.

4. Santo Clement I dari Roma (88-97)
Martir. Murid Santo Petrus. Juga adalah salah satu Bapa Gereja. Dipestakan tanggal 23 November.

5. Santo Evaristus dari Yunani (97-105)
Martir. Menjadi uskup Roma pada jaman kaisar Trajan. Disebutkan sebagai putra orang Yahudi-Yunani dari Betlehem. Dipestakan tanggal 26 Oktober.

6. Santo Alexander I dari Roma (105-115)
Martir. Meng-Kristenkan penangkapnya, St. Quirinus dan putrinya St. Balbina

7. Santo Sixtus I dari Roma (115-125)
Martir. Orang Romawi, tetapi namanya menunjukkan keturunan Yunani. Menjadi Uskup Roma pada jaman kaisar Hadrian.

8. Santo Telesphorus dari Yunani (125-136)
Martir. Orang Yunani, mungkin dari Calabria.

9. Santo Hyginius dari Athena, Yunani (136-140)
Filsuf Yunani yang menjadi Kristen.

10. Santo Pius I dari Aquileia (140-155)
Martir. Memimpin konsili yang mengucilkan pembangkang Marcion.

11. Santo Anicetus dari Emesa, Syria (155-166)
Santo Polycarpus, murid Rasul Yohanes mengunjungi Roma mengenai perselisihan tanggal perayaan Paskah antara Timur dan Barat. Dipestakan tanggal 17 April

12. Santo Soter dari Campagna, Italia (166-175)
Martir. Seperti St. Paulus dan St. Clement, ia menulis surat kepada Gereja yang rusuh di Korintus. Selama masa jabatannya, Paskah menjadi perayaan tahunan.

13. Santo Eleutherius dari Nicopolis di Epirus, Yunani (175-189)
Menjabat sebagai deakon pada masa Paus Anicetus dan dikunjungi oleh Santo Irenaeus, Uskup Lyons, salah satu Bapa Gereja.

14. Santo Victor I dari Afrika (189-199)
Paus pertama dari Afrika dan yang menjadikan Latin sebagai bahasa resmi Gereja Katolik Roma. Selama masa jabatannya ia memerangi gnostikisme dan monarchianisme
 
15. Santo Zephyrinus dari Roma (199-217)
Martir. Paus Zephyrinus memerangi pembangkang adoptionisme, modalisme, dan monarchianisme. Pada masa itu, Kaisar Septimius Severus menindas Gereja. Dipestakan tanggal 26 Agustus.

16. Santo Callixtus I dari Roma (217-222) Mantan budak dan tahanan. Santo Callixtus I menjadi kekuatan dibalik Paus Zephyrinus yang baik hati tetapi tidak memiliki dasar teologis yang kuat. Dipestakan tanggal 14 Oktober.

17. Santo Urban I dari Roma (222-230)
Membaptis Valerianus, suami Santa Cecilia. Dikuburkan di pemakaman yang sama dengan Paus Santo Callixtus I.

18. Santo Pontian dari Roma (230-235)
Lima tahun setelah menjadi Paus, ia ditangkap dan diasingkan ke Sardina bersama-sama anti-paus Santo Hippolytus. Keduanya lantas bersatu selama di pengasingan. Paus Fabian memindahkan relikwi sang Paus dan anti-Paus ke Roma. Dipestakan berbareng dengan Santo Hyppolytus, tanggal 13 Agustus.
 
19. Santo Anterus dari Yunani (235-236)
Martir. Hanya menjabat Tahta Suci selama beberapa minggu. Paus Santo Anterus berkeinginan untuk mengumpulkan kisah-kisah para martir pada satu tempat. Dia adalah Paus pertama yang dikuburkan di peti paus di pemakaman Callixtus.

20. Santo Fabian dari Roma (236-250)
Eusebius menceritakan bagaimana Fabian menjadi Paus. Setelah kematian Paus Anterus, banyak orang datang ke Roma termasuk Fabian untuk menyaksikan pemilihan Paus. Tiba-tiba sewaktu diskusi, seekor burung merpati turun dari langit-langit dan mendarat di atas kepala Fabian seperti lambang ROH KUDUS yang turun diatas Juru Selamat. Agaknya ROH KUDUS sedang bekerja karena semua orang tiba-tiba memproklamasikan Fabian layak menjadi Paus, dan iapun diangkat menggantikan Paus Anterus. Paus Fabian menjadi teladan dan simbol perdamaian, ia mati sebagai martir dan dikuburkan di pemakaman Callixtus.

 21. Santo Cornelius dari Roma (251-253)
  22. Santo Lucius I dari Roma (253-254)
  23. Santo Stephen I dari Roma (254-257)
  24. Santo Sixtus II dari Athena, Yunani (257-258)
  25. Santo Dionysius, asal tidak diketahui (259-268)
  26. Santo Felix I dari Roma (269-274)
  27. Santo Eutychian dari Luni (275-283)
  28. Santo Caius dari Dalmatia (283-296)
  29. Santo Marcellinus dari Roma (296-304)
  30. Santo Marcellus I dari Roma (308-309)
  31. Santo Eusebius dari Calabria, Yunani (309-310)
  32. Santo Melchiades atau Miltiades dari Afrika (311-314)
  33. Santo Sylvester I dari Roma (314-335)

......................................ommitted karena terlalu panjang,.....................................................................   

 261. Yohanes XXIII (Angelo Giuseppe Roncalli) dari Sotto il Monte (Bergamo) (1958-1963)
 262. Paulus VI (Giovanni Battista Montini) dari Concescio (Brescia) (1963-1978)
 263. Yohanes Paulus I (Albino Luciani) dari Forno di Canale (Belluno) (1978)
 264. Yohanes Paulus II (Karol Wojtyla) Wadowice, Polandia (1978-2005)
 265. Benediktus XVI (Joseph Ratzinger) Bavaria, Jerman (2005-sekarang)


Shalom,

Bro Clay, post Bro yg saya kutip di atas (khususnya yang saya beri warna biru, bold, garis bawah dan huruf miring), menimbulkan setidaknya TIGA PERTANYAAN INDUK/UTAMA yang Bro harus jawab sehingga pernyataan Bro dalam post Bro ini bukan KLAIM KOSONG atau KLAIM ASAL OMONG.

Pertanyaan induk/utama yg pertama adalah:

Bisakah Bro uraikan secara lengkap/komprehensif, kokoh, teratur/sistematis, jelas dan ringkas (kalau terpaksa harus panjang, tidak apa) bukti berdasarkan Alkitab saja, bahwa setelah zaman para rasul, masih ada nabi yang benar (selain nabi palsu) termasuk hingga zaman akhir ini?

Bro tidak usah dulu mengarahkan pembuktian itu akan keberadaan yang Bro klaim itu. Pada tahap pertanyaan satu ini, cukuplah dulu Bro buktikan bahwa masih ada nabi yg benar setelah zaman para rasul.

Buktinya berasal dari Alkitab ya Bro, bukan pernyataan orang yg diklaim nabi atau yang mempunyai karunia nubuat, sebab justru keberadaan mereka itu yang sedang Bro harus buktikan.

Setelah itu, nanti kita lanjut ke dua pertanyaan induk/utama lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.
« Last Edit: October 19, 2011, 01:05:58 PM by Jericho Jerusalem »






BEBERAPA KALI PERLU KETEKUNAN DAN AMBIL RESIKO MEMBUANG WAKTU
MENGHADAPI DISKUSI YG DICOBA DISERET2 KE
HAL2 DI LUAR ALKITAB DAN KE LOGIKA2 SIA2 SERTA AD-HOMINEM2;

SEBAGAI CERMIN BAGI SIAPA SAJA
YG MAU MENYERET2 DISKUSI ALKITAB KE NON ALKITAB






















'
November 01, 2011, 11:40:25 PM
Reply #73
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 21
wah2, wakil Kristus, darimana dasarnya, karena ini subforum PA, maka saya tegas menuntut sdr CLAY membuktikan secara alkitabiah bahwa para Paus adalah penerus para Rasul?? ingat loh para rasul banyak yang menikah, darimana ajaran pelayan grj tidak boleh menikah?? padahal menurut Paulus, larangan menikah adalah salah satu tanda2 kesesatan (kec Kasus khusus Tuhan menghendaki demikian)

1Ti 4:3  Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.

kec kasus khusus demi Tuhan dan sebab 2 lain:
Mat 19:11  Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.
Mat 19:12  Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."

nah lho, silakan CLAY membuktikan nya, buktikan bahwa sistem kepausan itu alkitabiah
November 01, 2011, 11:41:26 PM
Reply #74
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 21
soalnya saya tidak menemuka kata paus di alkitab, kalau rasul ada sih
November 02, 2011, 01:13:59 AM
Reply #75
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3691
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
soalnya saya tidak menemuka kata paus di alkitab, kalau rasul ada sih

Coba tunjukan kata trinitas tertulis di dalam Alkitab?
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
November 02, 2011, 09:02:48 PM
Reply #76
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 21
makanya saya tanya, darimana dasar bahwa ada pemimpin umat yang namanya paus dan juga para pelayan grj tidak boleh menikah, mana dasarnya??
November 02, 2011, 11:10:23 PM
Reply #77
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Damai bagi FKers.
Jika ini
Quote
makanya saya tanya, darimana dasar bahwa ada pemimpin umat yang namanya paus dan juga para pelayan grj tidak boleh menikah, mana dasarnya??
dihubungkan ke sini (istimewa yang ditebalkan),
Quote
Mat 19:12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."
bisa nggak ya?

Rasanya sih, bisa. Sebab, secara merdeka Paus dan para biarawan yang selibat itu memilih membiara, agar lebih konsen mengabarkan kabar sukacita. Berarti, alkitabiah dong, ya?

Damai, damai, damai.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
November 02, 2011, 11:39:24 PM
Reply #78
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Damai bagimu haritenang.
Engkau menulis,
Quote
Kesan yg saya dapat dari PB, posisi Petrus tidaklah lebih tinggi dari rasul lain. Jika ada perbedaan pendapat, diselesaikan dengan musyawarah diantara rasul. Paulus bahkan pernah menegur keras Petrus, dengan mengatakan Petrus telah bersikap munafik. Doktrin kepausan itu berkembang secara gradual, sama seperti doktrin Trinitas. Bedanya, Trinitas ada baik eksplisit maupu implisit dalam Alkitab, sedangkan klaim bahwa Petrus adalah "wakil Tuhan" dan pimpinan umat Kristen tampaknya tdk mendapat dukungan dari fakta PB.
Di Injil yang merupakan PB itu, pada Yohanes 21:17, dikatakan:
Quote
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah  engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.
Apakah ayat ini dapat dikatakan sebagai penghunjukan langsung oleh Yesus Kristus kepada Simon anak Yohanes itu agar Simon anak Yohanes itu menggembalakan domba-dombaNya? Rasanya memang iya.
Perkataan itu dikatakan setelah sarapan (ayat 15), yang berarti mereka (Yesus Kristus dan ke-12 muridNya) masih ngumpul. Mungkin ada yang sambil mencongkel-congkel gigi karena ada sisa sarapan yang terjepit, mungkin ada yang berbenah-benah mengumpulkan peralatan sarapan, pokoke macam-macam. Artinya, penghunjukan itu dilakukan Yesus Kristus secara terbuka, terang-terangan didengar oleh semua murid. Menurut pemahaman saya, penghunjukan itu memberi suatu 'kelebihan' bagi Simon anak Yohanesdibandingkan dengan murid lainnya.

Damai, damai, damai.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
November 03, 2011, 12:20:31 AM
Reply #79
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Damai bagi FKers.

Jika Yoh 21:17 menunjukkan pemilihan Petrus sebagai pemimpin (gembala) secara langsung oleh Yesus Kristus, maka pada
Quote
Mat 28:19-20, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Dapat diartikan sebagai janji Yesus bahwa Yesus akan menyertai para murid itu dalam rangka menjadikan semua bangsa murid Kristus. Sampai akhir zaman. Bukan hanya sampai sebatas usia para murid. Sampai akhir zaman, proses pemuridan bangsa-bangsa menjadi murid Kristus akan disertai oleh Yesus Kristus.

Jadi, menurut pemahaman saya, berdasarkan ayat-ayat tersebut (Yoh 21:17 dan Mat 28:19-20), bahwa pemimpin para murid adalah Petrus yang bernama Simon anak Yohanes itu, dan sampai akhir jaman, Yesus Kristus akan menyertai karya-karya pemuridan bangsa-bangsa menjadi murid Kristus.

Banyak member FK yang meragukan 'nilai lebih' tugas penggembalaan yang diberikan Yesus Kristus langsung kepada Petrus di hadapan murid lainnya. Padahal, member FK dapat membaca sendiri ayat-ayat dalam PB yang mengisahkannya. Lebih lanjut, ketika 'nilai lebih' hak penggembalaan Petrus diwariskan kepada para Paus penerusnya, semakin banyak yang meragukan hak penggembalaan tersebut. Janji Yesus Kristus yang mengatakan bahwa Yesus Kristus akan senantiasa menyertai proses pemuridan bangsa-bangsa itu sampai akhir zaman, dilupakan (atau pura-pura lupa?).

Jika Yesus Kristus menyertai sampai akhir zaman, sementara para pihak yang mendengar janji itu diucapkan sudah wafat seluruhnya, bagaimana mungkin? Dalam hal seperti itulah saya memaklumi bahwa suksesi kepausan sebagai cara meneruskan tongkat estafet hak penggembalaan.

Muncul pertanyaan, kok hanya kepada seorang? Dan Petrus? Untuk menjawabnya, saya pikir, kita harus bertanya langsung kepada Yesus Kristus. Tetapi dengan menyadari peristiwa pemilihan Petrus ketika itu, kiranya dapat kita pahami bahwa hanya Petrus seorang saja pemegang "hak lebih" dari murid-murid. Walaupun Petrus pernah menyangkal Yesus ketika di pekarangan pengadilan sebelum Yesus disalibkan, walaupu kepercayaan Petrus pernah menjadi ragu pada saat dia berjalan diatas air, tapi kepada Petrus kunci sorga diberikan, kepada Petrus hak keutamaan penggembalaan diberikan.

Damai, damai, damai.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)