Author Topic: Apakah Alkitab Mengajarkan Reinkarnasi?  (Read 4116 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 27, 2011, 07:05:41 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 19
Reinkarnasi

Definisi: Kepercayaan bahwa seseorang dilahirkan kembali dalam suatu kehidupan lain, satu kali atau lebih secara berturut-turut, mungkin sebagai manusia atau binatang. Biasanya yang dianggap dilahirkan kembali dalam tubuh lain adalah ”jiwa” yang tidak kasatmata. Bukan ajaran Alkitab.

Apakah perasaan aneh seakan-akan sudah mengetahui kenalan-kenalan atau tempat-tempat yang sama sekali baru membuktikan adanya reinkarnasi?

Pernahkah Anda salah mengira seorang laki-laki atau perempuan yang hidup sebagai orang lain yang juga masih hidup sekarang? Banyak orang pernah mengalami hal itu. Mengapa? Karena ada orang-orang yang mempunyai perangai atau mungkin bahkan rupa yang sama. Oleh karena itu, perasaan mengenal seseorang, meskipun tidak pernah bertemu sebelumnya, sesungguhnya tidak membuktikan bahwa Anda pernah mengenalnya dalam kehidupan yang terdahulu, bukan?

Mengapa tampaknya Anda mengenal sebuah rumah atau kota, padahal sebelumnya Anda belum pernah berada di sana? Apakah karena dalam kehidupan yang terdahulu Anda pernah tinggal di sana? Banyak rumah dibangun menurut desain yang serupa. Perabot di kota-kota yang berjauhan mungkin dibuat berdasarkan pola yang sama. Dan, bukankah pemandangan di beberapa tempat yang sangat berjauhan kelihatannya sangat mirip? Jadi, tanpa mempercayai reinkarnasi, perasaan pernah mengenal dapat dimengerti.

Apakah mengingat kembali suatu kehidupan di masa dan tempat yang berbeda di bawah pengaruh hipnotis membuktikan kebenaran reinkarnasi?

Di bawah pengaruh hipnotis, banyak keterangan yang tersimpan dalam otak dapat dikeluarkan. Ahli-ahli hipnotis dapat menyadap ingatan di bawah sadar. Namun, bagaimana keterangan-keterangan tersebut sampai ke sana? Mungkin Anda membaca buku, menonton film, atau mengamati orang-orang tertentu di televisi. Jika Anda menempatkan diri pada kedudukan orang yang sedang diamati, kesan yang didapat akan jelas sekali, seolah-olah Anda mengalaminya sendiri. Mungkin apa yang Anda lakukan sudah begitu lama sehingga Anda sudah lupa, tetapi di bawah pengaruh hipnotis, hal itu dibangkitkan kembali, seolah-olah Anda mengingat suatu ”kehidupan yang lain”. Namun, kalau ini benar, bukankah setiap orang mempunyai kenangan seperti ini? Tetapi tidak demikian. Perlu diperhatikan bahwa makin banyak pengadilan tertinggi di negara-negara bagian di Amerika Serikat menolak kesaksian hasil pengaruh hipnotis. Pada tahun 1980, Mahkamah Agung Minnesota menyatakan bahwa ”kesaksian dari ahli yang terpandai menunjukkan bahwa tidak seorang ahli pun dapat menentukan apakah ingatan, atau sebagian dari ingatan, yang didapat melalui hipnotisme merupakan kebenaran, dusta, atau omong kosong belaka—pengisi kekosongan dengan khayalan. Secara ilmiah kesaksamaannya tidak dapat diandalkan”. (State v. Mack, 292 N.W.2d 764) Pengaruh saran ahli-ahli hipnotis atas orang yang dihipnotis merupakan suatu faktor mengapa kebenaran hipnotis tidak dapat diandalkan.

Apakah ada bukti dalam Alkitab tentang kepercayaan kepada reinkarnasi
Apakah Matius 17:12, 13 menunjukkan adanya kepercayaan kepada reinkarnasi?
Mat. 17:12, 13: ”[Yesus berkata,] ’Elia sudah datang dan mereka tidak mengenali dia tetapi memperlakukan dia semau mereka. Demikian juga Putra manusia ditentukan untuk menderita di tangan mereka.’ Lalu murid-murid memahami bahwa ia berbicara kepada mereka mengenai Yohanes Pembaptis.”

Apakah ini berarti bahwa Yohanes Pembaptis adalah reinkarnasi Elia? Ketika imam-imam Yahudi bertanya kepada Yohanes, ”Apakah engkau Elia?” ia mengatakan, ”Bukan!” (Yoh. 1:21) Jadi, apa yang Yesus maksudkan? Sebagaimana dinubuatkan malaikat Yehuwa, Yohanes mendahului Mesias Yehuwa ”dengan roh dan kuasa Elia, untuk membuat hati para bapak berbalik kepada anak-anak dan orang-orang yang tidak taat kepada hikmat yang praktis dari orang-orang adil-benar, untuk mempersiapkan bagi Yehuwa suatu umat yang siap”. (Luk. 1:17) Jadi, Yohanes Pembaptis menggenapi nubuat itu dengan melakukan pekerjaan seperti nabi Elia.—Mal. 4:5, 6.

Apakah catatan Yohanes 9:1, 2 menunjuk kepada reinkarnasi?
Yoh. 9:1, 2: ”Ketika ia sedang berjalan, ia melihat seorang pria yang buta sejak lahir. Dan murid-muridnya bertanya kepadanya, ’Rabi, siapa yang berbuat dosa, pria ini atau orang-tuanya, sehingga ia lahir buta?’”
Mungkinkah murid-murid ini sudah dipengaruhi oleh kepercayaan orang-orang Farisi Yahudi, yang berkata ”hanya jiwa orang-orang baik yang dipindahkan ke tubuh-tubuh lain”? (Wars of the Jews, Josephus, Buku II, ps. VIII, par. 14) Tidak mungkin, karena pertanyaan mereka tidak menunjukkan bahwa mereka menganggap orang itu ’orang yang baik’. Yang lebih masuk akal, sebagai murid-murid Yesus mereka percaya kepada Firman Allah dan tahu bahwa jiwa dapat mati. Namun, karena bahkan seorang bayi dalam kandungan mempunyai kehidupan dan dikandung dalam dosa, mereka bertanya-tanya apakah ia sudah berbuat dosa sebelum lahir sehingga menjadi buta. Bagaimanapun, jawaban Yesus tidak menunjang reinkarnasi ataupun gagasan bahwa seorang anak yang masih dalam kandungan ibunya sudah berbuat dosa sebelum ia dilahirkan. Yesus sendiri menjawab, ”Pria ini ataupun orang-tuanya tidak berbuat dosa.” (Yoh. 9:3) Yesus tahu, kita sebagai keturunan Adam mewarisi cacat dan ketidaksempurnaan manusia. Yesus menggunakan situasi itu untuk memuliakan Allah dengan menyembuhkan orang buta tersebut.

Apakah ajaran Alkitab tentang jiwa dan kematian menunjukkan adanya reinkarnasi?
Kejadian 2:7 menyatakan, ”Allah Yehuwa membentuk manusia dari debu tanah dan mengembuskan ke dalam lubang hidungnya napas kehidupan, dan manusia itu menjadi jiwa yang hidup.” Perhatikan bahwa manusia sendiri adalah jiwa; jiwa tidak bersifat roh, terpisah dan berbeda dari tubuh. ”Jiwa yang berbuat dosa—jiwa itulah yang akan mati.” (Yeh. 18:4, 20) Orang yang sudah meninggal disebut ”jiwa yang mati”. (Bil. 6:6) Pada waktu mati, ”rohnya keluar, ia kembali ke tanah; pada hari itu lenyaplah segala pikirannya”. (Mz. 146:4) Jadi, jika seseorang mati, seluruh pribadinya mati; tidak ada bagian yang tetap hidup dan dapat berpindah ke tubuh lain. (Untuk perincian selanjutnya, lihat judul utama ”Jiwa” dan ”Kematian”.)

Pkh. 3:19: ”Ada suatu akhir sehubungan dengan putra-putra manusia dan suatu akhir sehubungan dengan binatang, dan mereka mempunyai akhir yang sama. Sebagaimana yang satu mati, begitu juga yang lain mati.” (Seperti manusia, jika seekor binatang mati, tidak ada bagiannya yang tetap hidup. Tidak ada bagian yang dapat dilahirkan kembali dalam tubuh yang lain.)

Pkh. 9:10: ”Semua yang dijumpai tanganmu untuk dilakukan, lakukanlah dengan segenap kekuatanmu, sebab tidak ada pekerjaan atau rancangan atau pengetahuan atau hikmat di Syeol, tempat ke mana engkau akan pergi.” (Orang mati tidak pergi ke tubuh yang lain, melainkan ke Syeol, kuburan umum umat manusia.)

Seberapa besar perbedaan antara reinkarnasi dengan harapan yang ditawarkan dalam Alkitab?
Reinkarnasi: Menurut kepercayaan ini, apabila seseorang mati, jiwanya, ”dirinya yang sesungguhnya”, berpindah kepada kehidupan yang lebih baik jika ia telah menempuh kehidupan yang baik dan layak, tetapi mungkin juga pindah kepada kehidupan sebagai seekor binatang jika catatan hidupnya lebih banyak keburukan daripada kebaikannya. Menurut kepercayaan ini, setiap kelahiran kembali membawa seorang pribadi kembali kepada sistem yang sama, tempat ia akan menghadapi penderitaan lebih lanjut dan akhirnya kematian. Siklus kelahiran kembali ini dianggap tidak ada akhirnya. Hari depan semacam itukah yang menanti Anda? Ada yang percaya bahwa satu-satunya jalan keluar ialah dengan mematikan semua keinginan yang dapat menyenangkan indra kita. Ke mana mereka akan pergi? Kepada apa yang digambarkan sebagai kehidupan di luar kesadaran.

Alkitab: Menurut Alkitab, jiwa adalah manusia secara keseluruhan. Meskipun telah melakukan hal-hal yang jahat di masa lampau, jika ia bertobat dan mengubah haluannya, Allah Yehuwa akan mengampuninya. (Mz. 103:12, 13) Jika seseorang mati, tidak ada bagian yang tetap hidup. Kematian bagaikan tidur lelap tanpa mimpi. Akan ada kebangkitan orang-orang mati. Ini bukan reinkarnasi, melainkan kepribadian yang sama dihidupkan lagi. (Kis. 24:15) Bagi kebanyakan orang, mereka akan dibangkitkan kepada kehidupan di bumi. Ini akan terjadi setelah Allah mengakhiri sistem sekarang yang fasik. Penyakit, penderitaan, bahkan kematian akan berlalu. (Dan. 2:44; Pny. 21:3, 4) Apakah Anda terdorong untuk mengetahui lebih banyak dan meneliti alasan-alasan untuk mempercayainya?

Sumber Buku : Bertukar Pikiran : Halaman 303 - 307; penerbit Perkumpulan Siswa-Siswa Alkitab

Bye,
 :cheesy:
June 19, 2012, 06:13:03 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1030
  • Denominasi: katolik
Reinkarnasi

Definisi: Kepercayaan bahwa seseorang dilahirkan kembali dalam suatu kehidupan lain, satu kali atau lebih secara berturut-turut, mungkin sebagai manusia atau binatang. Biasanya yang dianggap dilahirkan kembali dalam tubuh lain adalah ”jiwa” yang tidak kasatmata. Bukan ajaran Alkitab.

Apakah perasaan aneh seakan-akan sudah mengetahui kenalan-kenalan atau tempat-tempat yang sama sekali baru membuktikan adanya reinkarnasi?

Pernahkah Anda salah mengira seorang laki-laki atau perempuan yang hidup sebagai orang lain yang juga masih hidup sekarang? Banyak orang pernah mengalami hal itu. Mengapa? Karena ada orang-orang yang mempunyai perangai atau mungkin bahkan rupa yang sama. Oleh karena itu, perasaan mengenal seseorang, meskipun tidak pernah bertemu sebelumnya, sesungguhnya tidak membuktikan bahwa Anda pernah mengenalnya dalam kehidupan yang terdahulu, bukan?

Mengapa tampaknya Anda mengenal sebuah rumah atau kota, padahal sebelumnya Anda belum pernah berada di sana? Apakah karena dalam kehidupan yang terdahulu Anda pernah tinggal di sana? Banyak rumah dibangun menurut desain yang serupa. Perabot di kota-kota yang berjauhan mungkin dibuat berdasarkan pola yang sama. Dan, bukankah pemandangan di beberapa tempat yang sangat berjauhan kelihatannya sangat mirip? Jadi, tanpa mempercayai reinkarnasi, perasaan pernah mengenal dapat dimengerti.


Seberapa besar perbedaan antara reinkarnasi dengan harapan yang ditawarkan dalam Alkitab?
Reinkarnasi: Menurut kepercayaan ini, apabila seseorang mati, jiwanya, ”dirinya yang sesungguhnya”, berpindah kepada kehidupan yang lebih baik jika ia telah menempuh kehidupan yang baik dan layak, tetapi mungkin juga pindah kepada kehidupan sebagai seekor binatang jika catatan hidupnya lebih banyak keburukan daripada kebaikannya. Menurut kepercayaan ini, setiap kelahiran kembali membawa seorang pribadi kembali kepada sistem yang sama, tempat ia akan menghadapi penderitaan lebih lanjut dan akhirnya kematian. Siklus kelahiran kembali ini dianggap tidak ada akhirnya. Hari depan semacam itukah yang menanti Anda? Ada yang percaya bahwa satu-satunya jalan keluar ialah dengan mematikan semua keinginan yang dapat menyenangkan indra kita. Ke mana mereka akan pergi? Kepada apa yang digambarkan sebagai kehidupan di luar kesadaran.

Alkitab: Menurut Alkitab, jiwa adalah manusia secara keseluruhan. Meskipun telah melakukan hal-hal yang jahat di masa lampau, jika ia bertobat dan mengubah haluannya, Allah Yehuwa akan mengampuninya. (Mz. 103:12, 13) Jika seseorang mati, tidak ada bagian yang tetap hidup. Kematian bagaikan tidur lelap tanpa mimpi. Akan ada kebangkitan orang-orang mati. Ini bukan reinkarnasi, melainkan kepribadian yang sama dihidupkan lagi. (Kis. 24:15) Bagi kebanyakan orang, mereka akan dibangkitkan kepada kehidupan di bumi. Ini akan terjadi setelah Allah mengakhiri sistem sekarang yang fasik. Penyakit, penderitaan, bahkan kematian akan berlalu. (Dan. 2:44; Pny. 21:3, 4) Apakah Anda terdorong untuk mengetahui lebih banyak dan meneliti alasan-alasan untuk mempercayainya?

Sumber Buku : Bertukar Pikiran : Halaman 303 - 307; penerbit Perkumpulan Siswa-Siswa Alkitab

Bye,
 :cheesy:

Jesus tidakmengajarkan reinkarnasi dengan versi yang sama engan kepercyaan  agama setempat, (ala india)tetapi masyarakat pada zaman yesus memang sebagian percaya akan reinkarnas ala kepercayaan india dan yesuspun pernah mengetest muridny tentang keprercayaan itu

sedangkan reinkarnasi ala yesus bicara babtisan.

GBU
HANYA DENGAN FIRMAN YANG KELUAR DARI MULUT ALLAH ,MANUSIA DAPAT HIDUP
June 20, 2012, 05:56:50 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3317
  • Denominasi: protestan
Reinkarnasi
Bye,
 :cheesy:
Alkitab mengajarkan hanya ada satu INKARNASI yaitu pada Allah sendiri yg merendahkan diri (mengosongkan diri) menjadi Manusia.
Tidak ada yg namanya reinkarnasi dalam Alkitab.....karena semua manusia hanya hidup sekali setelah itu akan di ADILI oleh Sang Hakim Agung di Pengadilan Anak Domba (bagi Umat Tebusan-Nya) atau di Pengadilan Tahta Putih bagi yg Non Umat Tebusan-Nya.
Untuk Re Inkarnasi maka sosok itu harus MATI dulu.......berbeda dengan Nabi Musa dan Elia yg belum MATI akan turun kembali kedunia mengabarkan INJIL bagi orang2 Israel...........lalu DIBUNUH !

ITU lah yg tertulis dan tercatat dalam Firman Allah di Alkitab. :angel:

June 20, 2012, 07:02:43 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 38923
Re: Apakah Alkitab Mengajarkan Reinkarnasi?

alkitab tidak mengajarkan demikian.
June 20, 2012, 09:36:54 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 17428
  • Gender: Male
  • sssttt
  • Denominasi: Protestan Konservatif
Alkitab tidak mengajarkan Reinkarnasi

Ibrani 9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,
Manusia mati cuma sekali LALU dihakimi, bukan kembali lagi ke bumi jadi makhluk yang lain. Itu ajaran hindu budha kali.... Ga ada di alkitab ajaran reinkarnasi
kar'na rencanaMu indah bagiku.
ANTI Kristen LIBERAL
June 20, 2012, 10:10:32 PM
Reply #5
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 277
Reinkarnasi

Apakah ini berarti bahwa Yohanes Pembaptis adalah reinkarnasi Elia? Ketika imam-imam Yahudi bertanya kepada Yohanes, ”Apakah engkau Elia?” ia mengatakan, ”Bukan!” (Yoh. 1:21)

Mungkin...... Yohanes tidak tahu kalau roh dalam jiwanya adalah roh Elia.
Kalo mau detailnya, baca di gnosis (early christian writing).
----------

Reinkarnasi = Arwah orang yg telah meninggal, terlahir lagi..
Very special case... tidak berlaku bagi semua orang.


Referensi ayat tentang Reinkarnasi cuma sedikit, n tersirat (maybe aku yg salah menafsir):

(Ibrani 11)
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.
11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.
11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ.
11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

(Maleakhi) - Elia.
3:1 Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, Firman Tuhan semesta alam.
4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.

paralel

(Lukas 1)
1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

(Mark 9)
9:13 Tetapi Aku berkata kepadamu: Memang Elia sudah datang dan orang memperlakukan dia menurut kehendak mereka, sesuai dengan yang ada tertulis tentang dia."

(Mat 11)
11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes
11:14 dan--jika kamu mau menerimanya--ialah Elia yang akan datang itu.

(Mat 17)
17:12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka."
17:13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
-----------

Kelak dua saksi Allah reinkarnasi lagi menjelang hari kiamat.
-------------

Elia, Henokh, Musa sudah meninggal.. walau tidak tertulis detail

(1Kor 15:50) Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah  dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.
(Yoh 3:13) Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
======================

Ayat2 pendukung yg menolak Reinkarnasi = banyak banget.
salah satunya:

(Ibrani 9:27) Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,
=================

Kristen tidak mengajarkan reinkarnasi.
Judaism sekte tertentu mengajarkan reinkarnasi.. kerna konsep mereka; Tuhan itu baik, pengasih... semua orang akan masuk surga..andai dikehidupan skr banyak dosa, ada kesempatan reinkarnasi lg 3x..... tidak ada neraka. hanya ada surga.

Jika anda Kristen, percaya yg diajarkan Kekristenan saja.

June 20, 2012, 11:37:20 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2494
  • Gender: Male
Memang sih di alkitab ditulis secara tersirat...........
Namun ada suatu pemikiran bahwa........ reinkarnasi itu ada untuk jiwa2 yang belum mengenal TUHAN......... dan bila ada jiwa2 yang sudah mengenal TUHAN dan menolaknya maka Jiwa itu tidak akan dilahirkan kembali namun menunggu penghakiman.......... dan bagi yang sudah mengenal TUHAN akan diselamatkan............
"Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
June 20, 2012, 11:40:44 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 17428
  • Gender: Male
  • sssttt
  • Denominasi: Protestan Konservatif
Memang sih di alkitab ditulis secara tersirat...........
Namun ada suatu pemikiran bahwa........ reinkarnasi itu ada untuk jiwa2 yang belum mengenal TUHAN......... dan bila ada jiwa2 yang sudah mengenal TUHAN dan menolaknya maka Jiwa itu tidak akan dilahirkan kembali namun menunggu penghakiman.......... dan bagi yang sudah mengenal TUHAN akan diselamatkan............
Kayaknya itu pandangan baru aku dengar..
kar'na rencanaMu indah bagiku.
ANTI Kristen LIBERAL
June 21, 2012, 12:07:23 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2494
  • Gender: Male
Kayaknya itu pandangan baru aku dengar..

nah baru tau kan ada heheheh........... namun bagi saya yang menjadi salah satu perenungan yang terpenting adalah apakah kita itu termasuk dari jiwa2 yang mengenal TUHAN tapi menolaknya..........???
"Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
June 21, 2012, 12:44:17 AM
Reply #9
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 277
Memang sih di alkitab ditulis secara tersirat...........
Namun ada suatu pemikiran bahwa........ reinkarnasi itu ada untuk jiwa2 yang belum mengenal TUHAN......... dan bila ada jiwa2 yang sudah mengenal TUHAN dan menolaknya maka Jiwa itu tidak akan dilahirkan kembali namun menunggu penghakiman.......... dan bagi yang sudah mengenal TUHAN akan diselamatkan............

Sekedar tafsiran (not sure-butuh pendalaman alkitab lbh lanjut)..
kalo dari Ibrani 11, justru kesannya org yg mati dalam iman(seumur hidupnya banyak berbuat baik) namun bukan kristian diberi pilihan.. mau lahir lg didunia.. lebih menyempurnakan imannya atau langsung ke Paradise tapi pangkatnya disana kecil, jadi tukang kebun maybe.

(Ibrani 11) - berbicara ttg jiwa setelah wafat, dlm perjalanan ke alam Sheol.
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.
11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.
11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ.
[Disini ada dua tafsir: mereka ingat lalu bisa memilih, atau mereka 'tidak ingat' pernah hidup didunia]

11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.
================
Referensi Ayat2 sulit lainnya dalam Alkitab yg butuh pendalaman lbh lanjut mengenai 'reinkarnasi':

(Yeremia 1)
4 Firman Tuhan datang kepadaku, bunyinya:"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.

(Efesus)
4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya.

(Roma 9)
11 Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat,--supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya--dikatakan kepada Ribka: "Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda,

(Ayub 1)
21 katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya."


Maybe..... dunno.... i'm not sure.......
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)