Author Topic: Maria diangkat ke Surga  (Read 51212 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 03, 2011, 12:17:21 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
Alkitab tidak mencatat secara eksplisit namun bukan berarti bro bisa menafsirkan yg sebaliknya.
Dogma GKR adalah penegasan dari ajaran yang sudah ada pada saat Gereja Perdana.

Syalom

kamu nambahkan aja,
dalam alkitab deh ,. . . . . . .
October 03, 2011, 12:22:44 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
Lain kali baca lengkap donk Threat ini!!!! Di awal saya menuliskan apa? Udah anda baca belum? Kalau anda sudah baca tidak akan mungkin timbul pertanyaan seperti yang saya bold diatas kecuali kalau anda sekedar berniat tunjukkan kebodohan anda!!!



mana ada ayat dalam alkitab yang mengatakan bahwa maria diangkat ke sorga ??

Quote
Sebelum membaca threat ini ada baiknya membaca juga diskusi tentang pengangkatan Henokh dan Elia di: http://forumkristen.com/index.php?topic=39396.msg522857#msg522857

Pengangkatan  lain yang tidak tertulis dalam Alkitab tetapi ada dalam tradisi Katolik.

Maria diangkat ke surga


Gereja Katolik mengajarkan bahwa Bunda Maria diangkat ke surga, berdasarkan Tradisi Suci yang sudah ada sejak Gereja awal, namun baru ditetapkan/ dijadikan Dogma melalui pengajaran Bapa Paus Pius XII tanggal 1 November 1950, yang berjudul Munificentimtissimus Deus.

Umat Kristen non- Katolik banyak yang mempertanyakan hal ini, dan berpikir bahwa Gereja Katolik ‘menciptakan’ Dogma yang tidak berdasarkan Kitab Suci. Sebab bagi mereka sumber Wahyu Ilahi hanyalah Kitab Suci. Namun bagi orang Katolik, Wahyu Ilahi juga diperoleh dari Tradisi Suci yang telah berakar dan tumbuh di dalam Gereja Katolik, dan sebenarnya ada dasar Kitab Suci-nya, walaupun mungkin tidak dinyatakan secara eksplisit. Maka jika Gereja Katolik mengumumkan suatu doktrin, itu sebenarnya hanya mengumumkan apa yang sudah lama diimani oleh Gereja, dan bukannya sesuatu yang baru tiba-tiba ditambahkan. Sebagai contohnya, pada waktu Gereja Katolik mengumumkan pengajaran tentang Allah Trinitas pada tahun 325 pada Konsili Nicea, adalah bukan berarti sebelumnya tidak ada pengajaran Allah Trinitas ini. Tulisan-tulisan pengajaran para Bapa Gereja menjadi saksi yang hidup atas pengajaran tentang Trinitas ini. Demikian juga pada saat Gereja Katolik menetapkan Kanon Alkitab yaitu pada Konsili Hippo tahun 393 dan Konsili Carthage tahun 397 bukan berarti Gereja Katolik baru ‘menciptakan’ Alkitab pada saat itu. Sebelumnya kitab-kitab yang menjadi bagian Alkitab itu sudah ada, namun baru pada saat itu ditetapkan sebagai kanon Alkitab/ kitab-kitab yang diakui sebagai ‘diilhami oleh ROH KUDUS’, untuk membedakannya dengan kitab-kitab lain yang hanya merupakan karya tulis biasa.

Dengan pengertian yang sama maka Dogma Maria dikandung tanpa noda dan Dogma Maria diangkat ke surga merupakan pengajaran yang telah lama ada dan diimani oleh Gereja, yang nyata ada dalam tulisan para Bapa Gereja.

Di sepanjang sejarah Gereja, sudah banyak sekali gereja dibangun dengan tema Bunda Maria diangkat ke surga (MD 15) Dalam doa-doa Liturgi Gereja Katolik, sudah banyak doa-doa yang menunjukkan iman bahwa Bunda Maria ini diangkat ke surga setelah wafatnya. Hal ini kita ketahui dari Sacramentarium Gregorianum, yang mengatakan, “Sangat terberkatilah hari ini O Tuhan, di mana Bunda Allah menderita wafat, namun tidak terikat oleh belenggu kematian, sebab ia telah melahirkan Sang Putera Allah yang menjelma dalam [tubuh]nya.” (MD 17) Dan juga dalam Menaei Totiu Anni, “Tuhan, Raja semesta Alam, telah memberikan kepadamu [Maria] rahmat yang mengatasi kodrat. Seperti Ia menjagamu tetap perawan saat melahirkan, maka Ia telah menjaga tubuhmu takkan rusak di kubur, dan telah memuliakan tubuhmu dengan perbuatan-Nya yang ilahi, mengangkatnya dari dalam kubur.” (MD 18)

Liturgi memang tidak menyebabkan/ menjadi sumber iman Katolik, tetapi merupakan hasil/ disebabkan oleh iman Katolik. Jadi liturgi di sini adalah seperti buah yang dihasilkan dari pohon (lihat MD 20). Maka di sini diketahui bahwa iman Gereja tentang pengangkatan Bunda Maria ke surga, telah lama berakar dalam Gereja. Para kudus yang mengajarkan hal ini antara lain adalah: St. Yohanes Damaskus (676-754), St. Antonius Padua, (1195-1231), (1206-1280), St. Thomas Aquinas (1225-1274), St Albert Agung, St. Benardinus (1380-1404), St. Robertus Belarminus (1542-1621), St. St. Petrus Kanisius (1520-1597), Alphosus Liguori (1696-1787).


Beberapa tulisan Bapa Gereja tentang Maria diangkat ke surga:

1. Pseudo- Melito (300): Oleh karena itu, jika hal itu berada dalam kuasaMu, adalah nampak benar bagi kami pelayan- pelayan-Mu, bahwa seperti Engkau yang telah mengatasi maut, bangkit dengan mulia, maka Engkau seharusnya mengangkat tubuh Bundamu dan membawanya dengan-Mu, dengan suka cita ke dalam surga. Lalu kata Sang Penyelamat [YESUS]: “Jadilah seperti perkataanmu”

2. Timotius dari Yerusalem (400)
Oleh karena itu Sang Perawan [Maria] tidak mati sampai saat ini, melihat bahwa Ia yang pernah tinggal di dalamnya memindahkannya ke tempat pengangkatannya.

3. Yohanes Sang Theolog (400)
Tuhan berkata kepada Ibu-Nya, “Biarlah hatimu bersuka dan bergembira. Sebab setiap rahmat dan karunia telah diberikan kepadamu dari Bapa-Ku di Surga dan dari-Ku dab dari ROH KUDUS. Setiap jiwa yang memanggil namamu tidak akan dipermalukan, tetapi akan menemukan belas kasihan dan ketenangan dan dukungan dan kepercayaan diri, baik di dunia sekarang ini dan di dunia yang akan datang, di dalam kehadiran Bapa-Ku di Surga”… Dan dari saat itu semua mengetahui bahwa tubuh yang tak bercacat dan yang berharga itu telah dipindahkan ke surga

4. Gregorius dari Tours (575)
Para Rasul mengambil tubuhnya  [jenazah Maria] dari peti penyangganya dan menempatkannya di sebuah kubur, dan mereka menjaganya, mengharapkan Tuhan [YESUS] agar datang. Dan lihatlah, Tuhan datang kembali di hadapan mereka; dan setelah menerima tubuh itu, Ia memerintahkan agar tubuh itu diangkat di awan ke surga: dimana sekarang tergabung dengan jiwanya, [Maria] bersukacita dengan para terpilih Tuhan …

5. Theoteknos dari Livias (600)
Adalah layak … bahwa tubuh Bunda Maria yang tersuci, tubuh yang melahirkan Tuhan, yang menerima Tuhan, menjadi ilahi, tidak rusak, diterangi oleh rahmat ilahi dan kemuliaan yang penuh …. agar hidup di dunia untuk sementara dan diangkat ke surga dengan kemuliaan, dengan jiwanya yang menyenangkan Tuhan

6. Modestus dari Yerusalem (sebelum 634)
Sebagai Bunda KRISTUS yang termulia… telah menerima kehidupan dari Dia [KRISTUS], ia telah menerima kekekalan tubuh yang tidak rusak, bersama dengan Dia yang telah mengangkatnya dari kubur dan mengangkatnya kepada Diri-Nya dengan cara yang hanya diketahui oleh-Nya

7. Germanus dari Konstantinopel (683)
Engkau adalah ia, …. yang nampak dalam kecantikan, dan tubuhmu yang perawan adalah semuanya kudus, murni, keseluruhannya adalah tempat tinggal Allah, sehingga karena itu dibebaskan dari penguraian menjadi debu. Meskipun masih manusia, tubuhmu diubah ke dalam kehidupan surgawi yang tidak dapat musnah, sungguh hidup dan mulia, tidak rusak dan mengambil bagian dalam kehidupan yang sempurna

8. Yohanes Damaskinus (697)
Adalah layak bahwa ia, yang tetap perawan pada saat melahirkan, tetap menjaga tubuhnya dari kerusakan bahkan setelah kematiannya. Adalah layak bahwa dia, yang telah menggendong Sang Pencipta sebagai anak di dadanya, dapat tinggal di dalam tabernakel ilahi. Adalah layak bahwa mempelai, yang diambil Bapa kepada-Nya, dapat hidup dalam istana ilahi. Adalah layak bahwa ia, yang telah memandang Putera-Nya di salib dan yang telah menerima di dalam hatinya pedang duka cita yang tidak dialaminya pada saat melahirkan-Nya, dapat memandang Dia saat Dia duduk di sisi Bapa. Adalah layak bahwa Bunda Tuhan memiliki apa yang dimiliki oleh Putera-nya, dan bahwa ia layak dihormati oleh setiap mahluk ciptaan sebagai Ibu dan hamba Tuhan.

9. Gregorian Sacramentary (795)
Terhormat bagi kami, O Tuhan, perayaan hari ini, yang memperingati Bunda Allah yang kudus yang meninggal dunia untuk sementara waktu, namun tetap tidak dapat dijerat oleh maut, yang telah melahirkan Putera-Mu, Tuhan kami yang menjelma dari dirinya.

Perlu kita ketahui bahwa Bunda Maria ‘diangkat’ ke surga, dan bukan ‘naik’ ke surga. ‘Diangkat’ berarti bukan karena kekuatannya sendiri melainkan diangkat oleh kuasa Allah, sedangkan YESUS ‘naik’ ke surga oleh kekuatan-Nya sendiri. Bagi orang Katolik, peristiwa Bunda Maria diangkat ke surga adalah peringatan akan pengharapan kita akan kebangkitan badan di akhir zaman, di mana kita sebagai orang beriman, jika hidup setia dan taat kepada Allah sampai akhir, maka kitapun akan mengalami apa yang dijanjikan Tuhan itu: bahwa kita akan diangkat ke surga, tubuh dan jiwa untuk nanti bersatu dengan Dia dalam kemuliaan surgawi. Maka, Dogma Maria diangkat ke surga, bukan semata-mata doktrin untuk menghormati Maria, tetapi doktrin itu mau menunjukkan bahwa Maria adalah anggota Gereja yang pertama yang diangkat ke surga. Jika kita hidup setia melakukan perintah Allah dan bersatu dengan KRISTUS, seperti Bunda Maria, kitapun pada saat akhir jaman nanti akan diangkat ke surga, jiwa dan badan, seperti dia.

Dengan diangkatnya Bunda Maria ke surga, maka ia yang telah bersatu dengan YESUS akan menyertai kita yang masih berziarah di dunia ini dengan doa-doanya. Karena berpegang bahwa doa orang benar besar kuasanya (Yak 5:16), maka betapa besarlah kuasa doa Bunda Maria yang telah dibenarkan oleh Allah, dengan diangkatnya ke surga.


Salam
October 03, 2011, 12:24:57 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
Alkitab tidak mencatat secara eksplisit namun bukan berarti bro bisa menafsirkan yg sebaliknya.
Dogma GKR adalah penegasan dari ajaran yang sudah ada pada saat Gereja Perdana.

Syalom

kamu bicara dogma, its ok, menurut kamu,

saya dasar alkitab,
makanya dalam alkitab tidak mencatat, bahwa maria diangkat ke sorga.

klo saat ini roh maria, saya percaya berada di sorga.
October 03, 2011, 12:28:22 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
Tulisan Rasul Yohanes mengenai pengangkatan Bunda Maria ke surga bisa dibaca di sini:
http://www.newadvent.org/fathers/0832.htm


Berikut sedikit kutipannya:

And on the same Lord's day the mother of the Lord says to the apostles: Cast incense, because CHRIST is coming with a host of angels; and, behold, CHRIST is at hand, sitting on a throne of cherubim. And while we were all praying, there appeared innumerable multitudes of angels, and the Lord mounted upon cherubim in great power; and, behold, a stream of light coming to the holy virgin, because of the presence of her only-begotten Son, and all the powers of the heavens fell down and adored Him. And the Lord, speaking to His mother, said: Mary. And she answered and said: Here am I, Lord. And the Lord said to her: Grieve not, but let your heart rejoice and be glad; for you have found grace to behold the glory given to me by my Father. And the holy mother of God looked up, and saw in Him a glory which it is impossible for the mouth of man to speak of, or to apprehend. And the Lord remained beside her, saying: Behold, from the present time your precious body will be transferred to paradise, and your holy soul to the heavens to the treasures of my Father in exceeding brightness, where there is peace and joy of the holy angels—and other things besides. And the mother of the Lord answered and said to him: Lay Your right hand upon me, O Lord, and bless me.

And when she had thus prayed, the Lord said to His mother: Let your heart rejoice and be glad; for every favour and every gift has been given to you from my Father in heaven, and from me, and from the Holy Spirit: every soul that calls upon your name shall not be ashamed, but shall find mercy, and comfort, and support, and confidence, both in the world that now is, and in that which is to come, in the presence of my Father in the heavens.

And the Lord turned and said to Peter: The time has come to begin the singing of the hymn. And Peter having begun the singing of the hymn, all the powers of the heavens responded with the Alleluiah. And then the face of the mother of the Lord shone brighter than the light, and she rose up and blessed each of the apostles with her own hand, and all gave glory to God; and the Lord stretched forth His undefiled hands, and received her holy and blameless soul. And with the departure of her blameless soul the place was filled with perfume and ineffable light; and, behold, a voice out of the heaven was heard, saying: Blessed are you among women.

.......
And when this miracle had been done, the apostles carried the couch, and laid down her precious and holy body in Gethsemane in a new tomb. And, behold, a perfume of sweet savour came forth out of the holy sepulchre of our Lady the mother of God; and for three days the voices of invisible angels were heard glorifying CHRIST our God, who had been born of her. And when the third day was ended, the voices were no longer heard; and from that time forth all knew that her spotless and precious body had been transferred to paradise.

And after it had been transferred, behold, we see Elisabeth the mother of St. John the Baptist, and Anna the mother of the Lady, and Abraham, and Isaac, and Jacob, and David, singing the Alleluiah, and all the choirs of the saints adoring the holy relics of the mother of the Lord, and the place full of light, than which light nothing could be more brilliant, and an abundance of perfume in that place to which her precious and holy body had been transferred in paradise, and the melody of those praising Him who had been born of her— sweet melody, of which there is no satiety, such as is given to virgins, and them only, to hear. We apostles, therefore, having beheld the sudden precious translation of her holy body, glorified God, who had shown us His wonders at the departure of the mother of our Lord JESUS CHRIST, whose prayers and good offices may we all be deemed worthy to receive, under her shelter, and support, and protection, both in the world that now is and in that which is to come, glorifying in every time and place her only-begotten Son, along with the Father and the Holy Spirit, for ever and ever. Amen.


apakah ada tertulis dalam ALKITAB ??
October 03, 2011, 12:53:52 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2051
  • Gender: Male
  • oohh bulan, indah sekali
  • Denominasi: Katolik
kamu bicara dogma, its ok, menurut kamu,

saya dasar alkitab,
makanya dalam alkitab tidak mencatat, bahwa maria diangkat ke sorga.

klo saat ini roh maria, saya percaya berada di sorga.


lumayan lah bro cutz, ada kemajuan he he.... dulu,dulu bangetkan , pendapatnya belum seperti itu yah...:)

kan dah percaya Dia diSorga, cobain sekali-sekali berkomunikasi dan menyapa Bunda maria :)

begadang jangan begadang
October 03, 2011, 01:03:39 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
lumayan lah bro cutz, ada kemajuan he he.... dulu,dulu bangetkan , pendapatnya belum seperti itu yah...:)

kan dah percaya Dia diSorga, cobain sekali-sekali berkomunikasi dan menyapa Bunda maria :)



emangnya maria sendiri aja di sorga ??

bukankah semua "roh" orang kudus, setelah meninggal tempatnya di sorga ??

tetapi tubuh mereka masih di dalam kubur. nanti saatnya tiba, terjadi kebangkitan orang mati, maka tubuh orang kudus ini bangkit.

sekarang ini yang telah bangkit dari kematian - orang kudus - adalah ketika Yesus mati, mereka bangkit.

selain mereka tidak ada.

sesuai alkitab.




October 03, 2011, 01:08:53 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
lumayan lah bro cutz, ada kemajuan he he.... dulu,dulu bangetkan , pendapatnya belum seperti itu yah...:)

kan dah percaya Dia diSorga, cobain sekali-sekali berkomunikasi dan menyapa Bunda maria :)



untuk apa,

no use.

lebih baik / lebih indah / lebih mulia berkomunikasi dengan TUHAN YESUS KRISTUS dalam doa dan penyembahan
  :afro:
October 03, 2011, 06:56:50 PM
Reply #47
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 136
  • Gender: Male
Ijinkan saya menjawab pertanyaan yang ini lebih dahulu.
Soal Yohanes sebagai yang terbesar, dan perkataan YESUS dalam Lukas 7:28 "AKu berkata kepadamu: Di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan[/b] tidak ada seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes,.."[/color]


Yohanes Pembatis

Dengan logika, maka kalimat tersebut juga berlaku buat YESUS juga sebab YESUS juga dilahirkan oleh perempuan , dengan demikian Yohanes juga lebih besar daripada YESUS.


Sudah saya jelaskan sebenarnya somewhere. Kelahiran Yesus berbeda dg kelahiran Yohanes Pembabtis dan manusia lain, karena tidak melibatkan unsur birahi dan seksual, jadi tidak masuk kriteria ini.

Ayat ini berbicara tentang dua figur, bukan saja satu figur dalam hal ini Yohanes saja.
Ayat ini tidak saja berbicara tentang Yohanes, tetapi juga berbicara tentang "YANG TERKECIL" dalam kerajaan Surga. Nah siapakah yang dimaksud oleh YESUS sebagai yang terkecil? Jika kita mengetahui hal ini maka kita akan mudah memahami makna dari Lukas 7:28. Sebab tidak mungkin  Yohanes adalah lebih besar dari YESUS sendiri karena YESUS juga dilahirkan oleh perempuan, Yohanes sendiri mengakui hal itu (Yohanes 1:27)   


Penjelasannya di atas :)

Ratusan tahun ahli teologi disibukan untuk menjelaskan maksud ayat ini, namun seorang Bruder yang bernama Kostka Wisel seorang yang sangat dekat dengan TUHAN menjelaskan: Yohanes adalah yang terbesar, karena dia sudah dikuduskan di dalam kandungan ibu, dilahirkan sebagai orang kudus. Tetapi SANTO YOSEF (Suami Maria, Bapa asuh YESUS) adalah lebih besar (dari Yohanes Pembaptis) , karena dia adalah YANG SANGAT RENDAH HATI, yang adalah "YANG PALING KECIL" di dalam kerajaan surga."Ia berdiri di samping Bunda Maria langsung dekat Takhta Tuhan.


Yesus berkata tidak ada yg lebih besar dari Yohanes. Tidak Yusuf, tidak Maria. Saya juga tidak menemukan satupun ayat yg baik tersurat maupun tersirat yg mengatakan Yusuf dan Maria lebih besar dari Yohanes Pembabtis. Saya sangat menghormati Maria dan Yusuf. Tapi daripada berspekulasi menggunakan pendapat seorang Bruder, bukankah jauh lebih baik kita mengacu pada pernyataan Yesus?

:)
Peace
October 03, 2011, 07:32:45 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Menurut TRADISI SUCI (Katolik): Tahun berapa Maria (ibu Tuhan YESUS) diangkat naik ke sorga?
Please Advise. Thanks.

Sebab yang ditulis dengan tahunnya hanya pendapat para tokoh Katolik, dan tokoh-tokoh itupun tidak dikenal dari dalam Alkitab.

Salam.
Ada yang sudah ketemu kapan "Bunda Maria" diangkat naik ke sorga? Please share.
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
October 03, 2011, 09:50:48 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2051
  • Gender: Male
  • oohh bulan, indah sekali
  • Denominasi: Katolik
Ada yang sudah ketemu kapan "Bunda Maria" diangkat naik ke sorga? Please share.
belum ketemu, atau mungkin ngga ada !!!!
coba aja, masuk ke google ketik "Tahun berapa Maria (ibu Tuhan YESUS) diangkat naik ke sorga?" trus [enter]
begadang jangan begadang
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)