Author Topic: bagaimana cara berpuasa  (Read 13024 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 29, 2008, 07:10:19 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
sallom....

Mohon maaf kalo petanyaan saya agak mendasar...

Saya masi bingung dalam berpuasa... bagaimana cara berpuasa menurut alkitabiah.. waktu puasa sebaiknya kapan ya..? berapa lama..?pada saat kita berpuasa apa sebaiknya yang kita lakukan? Apa ada aturannya?

Mohon teman-teman bantuannya...  Terimakasih.. Tuhan Memberkati..

-Pu3-
November 02, 2008, 09:58:39 PM
Reply #1
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12106
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
setahu aku..... (+ info" konselor & pdt gereja lokal saya) puasa kita tdk sprti SEPUPU kita. taukan..... hanya mengubah pola makan, atau ada yg rutin senin&kamis (tujuannya utk memperlancar agar allah mendengarkan&mengabulkan permintaan mereka).
bila kita berpuasa.... itu tergantung bagaimana niat kita.... of course memang kita sedang dalam mempergumulkan sesuatu hal, tapi kita ttp berserah pada kehendakNya saja. Seperti raja Daud yg memohonkan kesembuhan anaknya (saat anaknya meninggal dia tdk bersedih/marah kepada Tuhan). atau memang kita terlibat dalam pelayanan yg ekstrim (pengusiran setan, sakit-penyakit, menara doa gitulah....). jadi tergantung pada niat & fleksibilitas kita. selama puasa ya tentu kita ga cuma tidur.... ato santai" aja, tapi terutama kita PW&doa dari mulai till slesai waktunya puasa (sekuat kita). 
o ya.... Tuhan kita tu baik jadi DIA ga pake patokan waktu harus berdurasi ....jam atau ....hari (ya itu tergantung) Yesus sendiri memang puasa 40 hari (tapi DIA puasa makan.... makanya kan tertulis Dia Lapar --> cari roti, bukannya haus. jadi seperti PUASA mutih kali.... seperti yg teman" Katholik sering lakukan).

semoga info ini bisa membantu kamu.
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
November 11, 2008, 01:06:59 AM
Reply #2
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2872
  • Gender: Male
  • Iesous
sallom....

Mohon maaf kalo petanyaan saya agak mendasar...

Saya masi bingung dalam berpuasa... bagaimana cara berpuasa menurut alkitabiah.. waktu puasa sebaiknya kapan ya..? berapa lama..?pada saat kita berpuasa apa sebaiknya yang kita lakukan? Apa ada aturannya?

Mohon teman-teman bantuannya...  Terimakasih.. Tuhan Memberkati..

-Pu3-

Shalom pu3..
 
apa itu Puasa?
Puasa artinya mencari hadirat Tuhan dengan merendahkan diri di hadapan-Nya agar terjadi pendamaian dengan Tuhan.

Bagaimanakah cara berpuasa yang benar?

-Mencari Tuhan
Hal terpenting dari berpuasa bukanlah hal tidak makannya tetapi hal mencari Tuhan. (Yoel 2:12, “‘Tetapi sekarang juga,’ demikianlah Firman Tuhan, ‘berbaliklah kepadaKu dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh,’”)

-Merendahkan diri
Hal kedua yang penting di dalam berpuasa adalah merendahkan diri di hadapan Tuhan.

* Imamat 16:29, “
… kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa.”

Merendahkan diri artinya kita mengakui bahwa kita membutuhkan Tuhan, kita mengakui bahwa kita telah berdosa kepada-Nya.

Membuka belenggu kelaliman dan melepaskan tali kuk
Hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah bertobat dari kesalahan dan dosa yang kita lakukan.

* Yesaya 58:6,
“Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk.”

Tuhan tidak senang dengan segala bentuk ketidakadilan, kebengisan, kekejaman dan penganiayaan, termasuk di dalamnya mendesak buruh, berbantah dan berkelahi (Yesaya 58:3-4), menunjuk-nunjuk orang dan memfitnah (Yesaya 58:9).

-Mengasihi dan berbelaskasihan
Sebagai wujud nyata pertobatan, maka kita mulai menunjukkan kasih dan berbelas kasihan kepada sesama, khususnya kepada mereka yang benar-benar membuthkan pertolongan, termasuk kepada pembantu dan karyawan.

* Yesaya 58:7, “
… supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkaumelihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!”



Apa manfaatnya berpuasa?

Disamping berdoa, Puasa dapat dilakukan saat kita sungguh-sungguh mau mencari wajah Tuhan dan memohon petunjuk-Nya. Puasa juga dapat dilakukan secara berkala dengan teratur, misalnya setiap minggu. Ada banyak manfaat yang akan kita peroleh jika puasa dilakukan dengan benar. Mari kita simak Yesaya 58:8-12, Di sini kita bisa melihat paling tidak ada sepuluh berkat yang tersedia bagi mereka yang melakukan puasa dengan benar.

1. Terang
2. Kesembuhan
3. Kebenaran
4. Kemuliaan
5. Doa yang terkabul
6. Tuntunan yang berkesinambungan
7. Kepuasan hati
8. Kekuatan diperbaharu
9. Berkat kehidupan
10. Pemulihan


God bless You
I've HanDs, BuT i Can't aLwaYs ToUcH Ur HanDs.

I've EaRs,But i Can't aLwaYs HeaR Ur vOiCe.
 
I've MouTh,BuT i Can't aLwaYs TaLk To U.
 
I've eYes,But i Can't aLwaYs LooK aT U.
 
But.. I've HEART!!
ThaT HEART aLwaYs PraY FoR U..
November 12, 2008, 04:29:41 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1060
  • Gender: Male
  • "Die Freude am Gott ist meine St?rke"
mantap banget tu bro manusia kasih masukannya..:D

karena apa yang di bilang bro manusia itu saya pernah melakukannya.....:D

dan itu bener terjadi dalam kehidupan ku loh..:D
Gott gibt mir einen Hinweise fόr mein Leben.. "Die Freude am Gott ist meine Stδrke"
November 13, 2008, 12:33:49 PM
Reply #4
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 10
  • Gender: Male
  • Hi all friends...... nice to meet you all...
nih aq tambahin tentang berpuasa
mudah2 an bisa membantu tman2

Puasa dalam Agama Kristen

Apakah tujuannya kita berpuasa?
1. Untuk merendahkan diri di hadapan Allah
2. Untuk menyatakan rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus
3. Untuk mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama, agar bisa merasakan penderitaan orang lain.
5. Untuk meminta jawaban Tuhan atas permasalahan kita.
6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan doa puasa.

Apakah dalam Agama Kristen ada yang namanya Puasa?
Agama Kristen Protestan tidak mewajibkan untuk berpuasa, sedangkan Kristen Katolik mewajibkan untuk berpuasa pada masa pra-paskah.

Bagaimana cara kita berpuasa?
Terserah pribadi masing-masing. Tentukan sendiri jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst. Tentukan jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti ; tidak merokok, tidak berjudi, dll.Perbanyak jam doa, pujian penyembahan dan baca Alkitab spy lebih efektif.

Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus berkata: "Dan apabila kamu berpuasa,…" (Mat 6:16). Kata apabila artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh agama, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.

Apa yang Yesus ajarkan ketika kita berpuasa?
Sedapat mungkin agar tidak ada orang lain yang tahu jika kita berpuasa. Biar hanya Tuhan yang tahu dan memberi upah kepada kita. Oleh karena itu agama Kristen tidak mewajibkan waktu puasa.

Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa ketika Ia bersama mereka?
Karena puasa adalah untuk menunjukkan kepada Allah, sedangkan Yesus adalah Imanuel (=Allah beserta kita).

Untuk apa berpuasa jika Allah sudah ada di tengah-tengah mereka?
Yesus telah menjelaskan dalam Mat 9:15. Yesus juga menerangkan lewat perumpamaan bahwa puasa dalam Perjanjian Lama berbeda dengan puasa dalam Perjanjian Baru. (Mat 9:16-17).

Apakah bedanya puasa dalam PL dan PB?
Puasa dalam PL yang dilakukan secara rutin oleh bangsa Israel adalah untuk menantikan kedatangan Mesias, Penyelamat bangsa Israel yang dijanjikan dalam kitab Taurat dan kitab para nabi. Sedangkan dalam PB, Mesias telah datang dan berkarya. Artinya Keselamatan sudah datang, dan kita berpuasa untuk menjaga keselamatan yang sudah kita miliki.

Apakah ada niat puasa selain jawaban diatas?
Ya, seperti Musa dan Elia, mereka berpuasa karena memang Tuhan memberikan kekuatan untuk bersekutu secara intim dengan Tuhan, sehingga mereka tidak merasa lapar dan haus, seperti keadaan di sorga. Lainnya untuk situasi yang mendesak, untuk meminta belas kasihan dati Tuhan, untuk meminta agar Tuhan bertindak dalam masalah kehidupan kita, untuk meminta kekuatan Allah dalam pelayanan.

Apa saja puasa yang tercatat dalam PL?
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)

Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kis 13:2-3)

Selamat berpuasa!Tuhan Yesus memberkati.


dicuplik  dari http://gemawarta.wordpress.com
« Last Edit: November 13, 2008, 12:37:28 PM by Manullang »
November 13, 2008, 07:56:05 PM
Reply #5
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12106
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
makin mantap & lengkap aja referensinya.
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
November 20, 2008, 06:32:58 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2959
  • Gender: Male
  • Teologi Kaum Awam
    • Teologi Kaum Awam
sallom....

Mohon maaf kalo petanyaan saya agak mendasar...

Saya masi bingung dalam berpuasa... bagaimana cara berpuasa menurut alkitabiah.. waktu puasa sebaiknya kapan ya..? berapa lama..?pada saat kita berpuasa apa sebaiknya yang kita lakukan? Apa ada aturannya?

Mohon teman-teman bantuannya...  Terimakasih.. Tuhan Memberkati..

-Pu3-


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Puasa adalah sebuah tindakan menghindari makan dan minum dengan sengaja (terutama berhubungan dengan keagamaan).
Dalam Kamus Webster dijelaskan bahwa berpuasa adalah to abstain from food beyond the usual time; to go without food, to eat very little or nothing. Selain itu diartikan to abstain from food or from certain kinds of food voluntarily, as in observance of a holy day or as a token of grief, sorrow, repentance etc.

Menurut pemahaman saya.. Puasa yang dilakukan dalam Alkitab dilakukan sebagai wujud dari kedukaan.. itu makanya Tuhan Yesus menjawab orang Farisi yang menanyakan kenapa para murid tidak berpuasa.. dan jawaban Yesus adalah karena Dia masih ada di dunia..

Bagaimana caranya.. cara orang yahudi adalah berpuasa dari petang hingga petang hari.. masalah bagaimana detailnya lakukan dengan iman..

kita perlu selalu berduka bahwa kita tidak dapat sesuai dengan kehendak Allah.. itu makanya kita perlu berpuasa..

menurut saya ya....

salam
Hidup sudah susah... jangan dibikin lebih susah.. lihat senyumnya...

http://teologikaumawam.blogspot.com/
January 12, 2010, 12:37:32 PM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 210
  • Gender: Male
  • Just Me :)
  • Denominasi: Tubuh Kristus
sallom....

Mohon maaf kalo petanyaan saya agak mendasar...

Saya masi bingung dalam berpuasa... bagaimana cara berpuasa menurut alkitabiah.. waktu puasa sebaiknya kapan ya..? berapa lama..?pada saat kita berpuasa apa sebaiknya yang kita lakukan? Apa ada aturannya?

Mohon teman-teman bantuannya...  Terimakasih.. Tuhan Memberkati..

-Pu3-


1. merendahkan diri dihadapan TUHAN
2. Kapan pun, tidak di tentukan waktunya.
3. puasa adalah kita menahan lapar dan nafsu duniawi, Jd kenyangkalah dan puaskanlah dirimu dengan firman Allah. sebab ada tertulis:
    manusia bukan hidup dari roti saja melainkan firman yang keluar dari mulut Allah.
4. perbanyaklah membaca Alkitab.


Yes. 46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
September 14, 2010, 06:06:38 PM
Reply #8
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
merujuk ke penjelasan bro manullang, mang jenis2 setan seperti apa saja yang dapat diusir melalui puasa? thanks
September 16, 2010, 09:35:57 PM
Reply #9
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 104
  • Gender: Male
klo yang di alkitab aq jga gk begitu tahu, tspi menurt yg pernh saya denger dri gruQ,,,
klo puasa itu : hrus niat, :happy0158: waktu gk d tentuin, durasi,, klo gk salah 24 jam atau semampu qt :party0048:.. usahakan gk ada yg tahu klo qta lgi puasa, jelass tahan emosi and nafsu,, mendekatkan hati dan berserah padaa Tuhan...
kklo aq sendiri sci,,, yg bkin smap saat ini aq gk pernh puasa, krna gk bleh d tahu, sma orang,,, selain itu,, aq malu klo mau puasa.... ntar d blangin anak alim,,, hehehehe :ashamed0002:
GBU ALL

:)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)