Author Topic: Daftar Gereja Di Indonesia  (Read 10608 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 14, 2011, 03:38:07 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 525
Kalau data dari PGI memang cuma segitu bro. Tetapi seperti juga kita semua ketahui, bahwa banyak gereja Kristen yang tidak terdaftar di PGI. Itu yang saya sebut gereja abal-abal, karena tidak berujung kemanapun.

 :coolsmiley:

Semoga gereja-gereja yang baru tidak menyimpang dari ajaran-ajaran yg benar.
Kalo tidak salah, SSY, Advent masuk Protestan ya? Padahal dari doktrin-nya bertentangan dengan Kristen.

Syalom
October 14, 2011, 03:43:08 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Kalau advent sih iya, tapi kalau ssy, oneness, mormon, sepertinya ngga akan diterima di PGI deh
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
October 14, 2011, 04:13:24 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 525
Kalau advent sih iya, tapi kalau ssy, oneness, mormon, sepertinya ngga akan diterima di PGI deh

tapi klo nggak salah di departemen agama, mereka dimasukkan ke Protestan ya?
October 14, 2011, 06:09:31 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
tapi klo nggak salah di departemen agama, mereka dimasukkan ke Protestan ya?

Oya? Wa ha ha ha, memang mereka pecahan dari Protestan juga sih, untung ngga masuk ke Katolik, ya.
Pihak Protestan ngga protes ke departemen agama?

Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
October 14, 2011, 07:42:42 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 543
  • Gender: Male
  • Denominasi: Recovery Protestant
Bro bruce, anda gak tau ya ada gereja namanya: Gereja Sidang Jemaat Kristus? Di Surabaya cuma ada 2: satu di jl.sulung, satu lagi di jemursari. Disana gak ada pendetanya. Jemaat disuruh baca Alkitab sendiri, trus ada yg mengartikan trus ada yg mengomentari, ada yg nambahi, dst, dst. Apa gak jadi debat kusir ya?
Tapi mereka bilang: Coba aja lu cari di Kisah para rasul, mana ada pendeta waktu jemaat mula2 beribadah? Gua pikir: ya memang gak tertulis di Alkitab ada pendeta yg memimpin sih. Tapi gimana dgn pertumbuhan iman jemaat ya? Apa gak kacau tuh?
mereka juga percaya ada mujizat, bro! Mereka juga percaya Yesus adl Tuhan, Yesus mati di kayu salib bangkit hari ke3, Yesus adl satu2nya Juruselamat umat manusia. Yg aku nggak suka: mereka nggak ngakui Natal dan Paskah itu perayaan hari suci orang Kristen!  :)
"It's not how much we give but how much love we put into giving". (Mother Teresa) :)
October 14, 2011, 07:56:33 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Waktu jaman Rasul, memang tidak ada pendeta/pastor, tetapi ada Rasul dan murid2 para Rasul, bro. Itu suatu keharusan, mengapa saya katakan itu, karena pada jaman Kisah Para Rasul, blum ada ayat ayat tertulis, semua disampaikan dari mulut para Rasul. Sekaligus para Rasul menjaga arah dan iman jemaat nya.

Kalau sekarang, dimana ayat ayat Alkitab bisa dimultitafsirkan, mereka kumpul tanpa gembala, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Setiap saat akan ada pengertian baru dari ayat yang mereka baca. Akibatnya sudah pasti, semakin hari, arah gereja mereka menjadi semakin aneh.

Belum lagi pada kasus pembabtisan, siapa yang membaptis mereka, siapa yang menikahkan mereka, siapa yang memimpin upacara penguburan kalau ada yang meninggal?

Btw, bagaimana dengan gereja atau perwakilan PGI di Surabaya, pa tidak ada teguran atau pembinaan kepada umat yang kesasar seperti itu, bro?


Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
October 14, 2011, 09:27:40 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 543
  • Gender: Male
  • Denominasi: Recovery Protestant
Oh iya, mereka masih punya yg namanya penatua dan (pengerja/diaken ya menurut Alkitab?). Saya lupa jabatan satunya, bro. Tolong kasih tau saya kalo ketemu ayatnya. Yang jelas di Alkitab cuma ada dua jabatan ini. Yg ngurus pernikahan, yg bayar pengeluaran gereja, yg memimpin perjamuan kudus (mereka menyebutnya perjamuan kasih), yg keluarin duit buat ini dan itu ya salah satu dari jabatan diatas.
Aneh ya? Ya, tapi ini kenyataan terjadi disini.
Alkitabnya juga beda. Alkitabnya namanya: Kitab PL versi Pemulihan dengan catatan kaki dan Kitab PB versi pemulihan dengan catatan kaki.
Isinya sama dgn Alkitab kita, cuma catatan kakinya itu yg buaanyaak sekali. Sampai2 jadi 2 buku PL dan PB. Yg PL tebal banget sampai 5 cm tebalnya. Yg PB "cuma" 2 cm.
Saya senang isi Alkitabnya. Sangat2 lengkap termasuk ada yg dijelaskan arti dari bahasa aslinya, tapi nggak semua ayat.
"It's not how much we give but how much love we put into giving". (Mother Teresa) :)
October 14, 2011, 11:02:38 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Apa maksud anda yang tertulis di ayat ini :

Flp 1:1   Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken.

Apa yang terdapat di dlam organisasi ssy juga seperti itu bro, ada penilik ada diaken, tetapi kemudian ada juga penetua, terus ke atas hingga presiden. Susunan hirarkinya seperti dalam perusahaan karir, dimana anggta berprestasi naik jadi diaken, bisa naik lagi jadi penetua, dst.

Mengacu pada post anda, itu sih sudah gereja sesat bro, apalagi mereka berani membuat 'alkitab' sendiri, seperti juga ssy yang menerbitkan kitab sendiri, juga diartikan sesuka mereka sendiri.

Beginilah sejak diberi kebebasan saat jaman Gus Dur dulu, pihak Kristen jadi tidak bisa menuntut mereka ditutup. Sebenarnya ada UU Penodaan agama yang bisa dipakai, yakni pihak yang dianggap menodai agama yang diakui, ditandai dengan penggunaan atribut/kitab-suci/tokoh agama dari agama yang diakui, bisa dituntut, cukup berat, cuma sepertinya kok ngga dijalankan. Karena orang Muslim aja masih pilih jalan kekerasan terhadap Ahmadiyah.

Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
October 15, 2011, 09:24:08 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 543
  • Gender: Male
  • Denominasi: Recovery Protestant
Makanya saya gak berani ikut ibadah mereka. Kalo ibadah yg ngomong semua orang, itu bukan ibadah namanya. Itu persekutuan doa!
Trus kalo baca FT diulang2. 1 ayat bisa diulang sampai 20x, 30x. Sambil diulang, jemaat lain meneriakkan: Amen!! Katanya biar meresap dalam roh kita hingga kita sudah nggak perlu baca Alkitab, ayat itu akan keluar sendiri dari alam bawah sadar kita. Waktu gua tanyakan teman, mereka membantah itu sama dengan jampi2. kalau jampi2 itu kan mantranya Iblis. Kalo FT kan kudus?
Yesus kan bilang: Akulah Roti hidup! Makan roti gimana caranya? Ya dimasukkan mulut lalu dikunyah lalu ditelan masuk ke lambung, dst. Itu namanya proses metabolisme. Menikmati FT gimana? Ya sama kayak makan roti gitu : dikunyah dulu. Gimana cara mengunyah FT? Ya diresapi, dikecap, dinikmati. Jalannya? Ya diulang2! Kan Alkitab bilang: Iman timbul dari pendengaran akan FT.
Iman memang timbul dari pendengaran akan FT. Tapi apa memang benar caranya diulang2 kayak gitu?
"It's not how much we give but how much love we put into giving". (Mother Teresa) :)
October 15, 2011, 11:36:16 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Makanya saya gak berani ikut ibadah mereka. Kalo ibadah yg ngomong semua orang, itu bukan ibadah namanya. Itu persekutuan doa!
Trus kalo baca FT diulang2. 1 ayat bisa diulang sampai 20x, 30x. Sambil diulang, jemaat lain meneriakkan: Amen!! Katanya biar meresap dalam roh kita hingga kita sudah nggak perlu baca Alkitab, ayat itu akan keluar sendiri dari alam bawah sadar kita. Waktu gua tanyakan teman, mereka membantah itu sama dengan jampi2. kalau jampi2 itu kan mantranya Iblis. Kalo FT kan kudus?
YESUS kan bilang: Akulah Roti hidup! Makan roti gimana caranya? Ya dimasukkan mulut lalu dikunyah lalu ditelan masuk ke lambung, dst. Itu namanya proses metabolisme. Menikmati FT gimana? Ya sama kayak makan roti gitu : dikunyah dulu. Gimana cara mengunyah FT? Ya diresapi, dikecap, dinikmati. Jalannya? Ya diulang2! Kan Alkitab bilang: Iman timbul dari pendengaran akan FT.
Iman memang timbul dari pendengaran akan FT. Tapi apa memang benar caranya diulang2 kayak gitu?

Yah memang susah, pernah di sebuah forum Kristen lain, ada juga semacam persekutuan yang mengadakan kebaktian berdasarkan berbagai macam denom Kristen secara bergantian. Begitu juga mereka membaca berbagai macam kitab. Kalau menurut saya itu juga sudah menjurus ke aliran aneh aneh.

Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)