Author Topic: Allah Tritunggal - Dasar iman Kristen  (Read 118461 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 23, 2010, 07:47:41 PM
Reply #110
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 438
  • Gender: Male
Saudara ku, apa yang saudara kutip diatas adalah benar, tetapi yang menjadi permasalahan adalah : Apakah Doktrin Tritunggal itu berasal dari Roh Allah ? Kalau Doktrin Tritunggal itu berasal dari Allah, maka akan menjadi pertanyaan kembali adalah : Dimana ayatnya tertulis didalam Alkitab ? Jika ternyata Doktrin Tritunggal itu tidak terdapat dalam Alkitab, bukankah artinya bahwa 1 Korintus 2 ayat 14 diatas, TIDAK  DAPAT kita jadikan untuk membenarkan Ajaran Tritunggal. Mengapa ? Sebab setelah Kedatangan YESUS menjadi manusia, untuk selamatkan manusia dari dosa, maka TIDAK ADA LAGI YANG  TERSEMBUNYI , artinya : Semua Keimanan Kristen telah dapat diuraikan dengan sejelas-jelasnya berdasarkan Alkitab, sehingga JIKA ADA keimanan Kristen yang TIDAK DAPAT DIBUKTIKAN dalam Alkitab, maka Keimanan tersebut adalah suatu TAFSIRAN.

Salam Kasih dalam Damai

Bro.... sejauh ini sy msh sangat menikmati penjelasan anda...... walaupun istilah yg bro beri nama TUNGGALTRI tetap sy tdk c7....... tp penjelasannya msh logic.....  :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :happy0065: :happy0064: :onion-head30: :monkeys29:
April 24, 2010, 07:46:23 AM
Reply #111
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Bro CosmicBoy.

Tentang satu nama Anda setuju tidak? Lihat Post#100.

Setelah ini baru kita bicara tentang pribadi Allah.

Regards,
Hans188

Hanya Firman kekal, qadim & qidam yg menjadi manusia BUKAN Allah Bapa & ROH KUDUS.

Firman kekal yg menjadi manusia namanya Tuhan YESUS KRISTUS.

Karena Firman kekal tidak diciptakan, qaimah (melekat) pada Hakikat Allah yg ESa/Tunggal/Satu dalam kekekalan, maka Firman kekal itu adalah Allah itu sendiri.

Jadi Tuhan YESUS KRISTUS adalah Allah.

Hanya karena Tuhan YESUS KRISTUS adalah Allah, bukan bermakna Allah Bapa dan ROH KUDUS bukan Allah.

Baca alkitab, Allah Bapa, Tuhan YESUS KRISTUS dan ROH KUDUS disebut Allah (atau minimal memiliki kriteria Allah)  NAMUN bukan Tiga Allah melainkan Satu Allah. Anda pikir TriTunggal memperkosakan keesaan Allah. Itu asumsi yg salah. Asumsi anda ini dituangkan dalam alkitab sehingga anda melakukan insegese (memasukkan pikiran/dogma) bukan eksegese (menggali & menemukan pikiran/dogma para penulis) sehingga anda berpikir tidak mungkin Bapa, Anak & ROH KUDUS (yg jumlahnya TIGA) BISA ESA/TUNGGAL. Nah sekali lagi pikiran anda salah karena dalam PL, Dabar YHWH (Firman-Nya) dan Ruah YHWH (Roh-Nya) diyakini YHWH yg ESa tanpa harus mempercayai adanya TIGA YHWH. Sila renungkan.

Mengenai satu nama, itu kita bisa lanjutkan. Soalnya sekarang anda belum menjawab permasalahan saya, Bapa, Anak & ROH KUDUS cuman KUASA/OTORITAS, itu ajaran darimana? Bukankah sangat2 jelas Bapa, Anak & ROH KUDUS PRIBADI-PRIBADI YG REAL, Yang ADA, yg aktif, yg berfirman, berkomunikasi, yg memiliki emosi dan perasaan, mana mungkin mereka cuma SUATU OTORITAS/KUASA??? Mana mungkin Bapa, Anak & ROH KUDUS itu SESUATU? Sila jawab dulu kawan.
« Last Edit: April 24, 2010, 07:55:16 AM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
April 24, 2010, 12:37:48 PM
Reply #112
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Quote
Mana mungkin Bapa, Anak & ROH KUDUS itu SESUATU? Sila jawab dulu kawan.

Aku tidak penah bilang BAPA, ANAK dan ROH KUDUS adalah sesuatu. Boleh cek ulang yah di post# mana saya katakan seperti itu.

Apa yang beredar sekarang adalah Allah itu Dzat, satu Esensi, dsb. Entah dari mana sumber referensi Alkitabnya.

Ini yang ada di Alkitab
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Allah itu ROH, ini yang tertulis dalam Alkitab. Tentang istilah Esensi, Dzat, Pribadi, whatever... itu tidak ada di Alkitab. Bila kita mencoba mengenal Tuhan keluar dari konteks yang ada di Alkitab, Apa kata dunia???? Masihkah kita memperoleh pengetahuan yang benar???

Alkitab menulis Allah itu Esa dalam beberapa kutipan ayat.
Maleakhi 2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.
I Timotius 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
I Timotius 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
I Korintus 8:4. Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."
Ulangan 6:4. Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
Markus 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Trinitas keluar entah dari bagian mana Alkitab. Tersirat, tersurat atau terseret entah lah....
Kalo mau berpendapat silahkan pakai ayat yang mendukung dari Alkitab, .... bukan yang lain.

Biasanya hanya menggunakan
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,

Post#100 telah dinyatakan hanya BAPA, ANAK dan ROH KUDUS hanya Satu Nama yaitu YESUS Kristus.

Pengajaran Rasul-rasul juga sama membaptis dalam nama Yesus Kristus.
Petrus
Kis 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh
Kudus.
 
Kis 10:48 Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Paulus
Kis 19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Apakah mereka membaptis dalam nama BAPA, ANAK dan ROH KUDUS sesuai petunjuk Tuhan? Iya, mereka melakukannya yaitu dalam nama Yesus Kristus, sebab itulah nama Tuhan.

Regards,
Hans188
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
April 24, 2010, 12:42:55 PM
Reply #113
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
BAPA memiliki nama Yesus, Satu-satunya Allah yang Hidup
ANAK memiliki nama Yesus,
ROH KUDUS memiliki nama Yesus.

So. Koq bisa jadi tiga Pribadi????? Satu nama, satu-satunya Allah yang Hidup.
Yang membedakan hanya peran dan otoritasnya dalam misi penyelamatan manusia.

Regards
Hans188
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
April 24, 2010, 01:32:29 PM
Reply #114
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Pembaptisan tidak selalu memakai formula Bapa, Anak, dan ROH KUDUS. Dalam Kisah Rasul yang ditulis oleh Lukas, baptisan yang dilakukan Petrus dan Paulus hanya dalam nama Yesus. Pentingnya baptisan, membuat Petrus membaptis kembali orang2 yang telah dibaptis oleh Yohanes. Baptisan mempunyai makna orang percaya mempersembahkan diri menjadi murid Yesus. Hal itu yang menyebabkan baptisan dalam Kisah Rasul dilakukan hanya dalam nama Yesus. Bagaimana halnya dengan Mat28:19, makna baptisan tetap sama artinya menjadikan semua bangsa menjadi orang percaya yang mempersembahkan diri untuk menjadi murid Yesus. Yang perlu dicermati adalah pengakuan iman Rasul Matius atas oknum Bapa, Anak, dan ROH KUDUS. Matius adalah seorang Yahudi, berbeda dengan Lukas yang seorang Yunani. Perhatikan bahwa kalimat “baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS” tidak ditemukan atau ditulis oleh Injil sinoptik lainnya. Bagi Matius, yang seorang Yahudi wajar kalau baptisan memiliki makna sangat penting. Pengakuan apa yang dimiliki Matius, seorang Yahudi:
1. Kesadaran bahwa menjadi murid Yesus adalah menjadi murid YHWH. Tidak menyebutkan YHWH karena Ia memiliki iman Bapa, Anak, dan ROH KUDUS adalah YHWH (Allah orang Yahudi).
2. Pengakuan bahwa Bapa, Anak, dan ROH KUDUS adalah pribadi dan pengakuan ke-3 oknum tersebut memiliki otoritas. Perhatikan “dalam nama” / “in the name”, dlm bahasa Yunaninya eis ho ho onoma, yang memiliki arti sebuah nama, otoritas, dan karakter (tokoh/pelaku utama). Demikian pula arti nama dalam bahasa Ibrani “shem” yang memiliki arti suatu tanda identitas atau peringatan terhadap suatu individu yang berimplikasi pada kehormatan, otoritas, dan karakter. Jelas doktrin Saksi Yehowah mengenai ROH KUDUS bertentangan dengan hal ini. ROH KUDUS adalah pribadi (oknum dari pribadi YHWH), yang memiliki eksistensi, fungsi, peranan, dan otoritas/wewenang. Yesus jelas memandang ROH KUDUS sebagai pribadi, Ia memperkenalkan ROH KUDUS juga sebagai pribadi/seseorang (Yoh14:16-17).
3. Pengakuan kesejajaran/kesetaraan, mustahil Matius yang seorang yahudi ketika bicara tentang tanda identitas/peringatan terhadap individu yang menyangkut kehormatan, otoritas, serta karakter, mensejajarkan Allah YHWH dengan ciptaan, dan sesuatu benda (benda tidak kongkrit). Ini bertentangan dengan iman Yahudinya, lain halnya jika Matius memiliki iman bahwa kesatuan oknum Bapa, Anak, dan ROH KUDUS adalah YHWH.
Demikian penjelasan saya mengenai Mat28:19. Gereja2 yang melakukan pembaptisan dengan rumusan dalam Mat28:19, secara tidak sadar memberikan pengakuan seperti pengakuan iman seorang Matius, penulis Injil, Rasul Yesus.
April 24, 2010, 01:45:52 PM
Reply #115
  • Guest
BAPA memiliki nama YESUS, Satu-satunya Allah yang Hidup
ANAK memiliki nama YESUS,
ROH KUDUS memiliki nama YESUS.

So. Koq bisa jadi tiga Pribadi????? Satu nama, satu-satunya Allah yang Hidup.
Yang membedakan hanya peran dan otoritasnya dalam misi penyelamatan manusia.

Regards
Hans188

Yup setuja :wink:
April 24, 2010, 01:49:05 PM
Reply #116
  • Guest

AC 4:11-12
Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru.  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."
 
April 24, 2010, 02:08:07 PM
Reply #117
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Mbak Alice, nama di atas segala nama bukan Yesus melainkan Yahwe. Nantinya Yesus akan menyandang nama tersebut, sehingga semua manusia tidak dapat berdalih dan menyangkal bahwa Yesus adalah Yahwe.
April 24, 2010, 02:17:53 PM
Reply #118
  • Guest
Mbak Alice, nama di atas segala nama bukan YESUS melainkan Yahwe. Nantinya YESUS akan menyandang nama tersebut, sehingga semua manusia tidak dapat berdalih dan menyangkal bahwa YESUS adalah Yahwe.

Php 2 :8-9

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,  supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

Ayat diatas cukup jelas... yang ditunjuk adl YESUS :afro:
 
April 24, 2010, 02:28:41 PM
Reply #119
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Mbak Alice, nama di atas segala nama bukan YESUS melainkan Yahwe. Nantinya YESUS akan menyandang nama tersebut, sehingga semua manusia tidak dapat berdalih dan menyangkal bahwa YESUS adalah Yahwe.

Php 2 :8-9

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,  supaya dalam nama YESUS bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

Ayat diatas cukup jelas... yang ditunjuk adl YESUS :afro:
 
Tapi Mbak Alice tidak membaca ayat ini.
Filp 2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama.
Nama Yesus adalah nama yang diberikan saat Yesus lahir/berinkarnasi ke dunia (berarti sudah diberikan nama). Namun nama segala nama yang akan diberikan Allah adalah nama yang dikaruniakan karena ketaatan Yesus (Filp 2:8). Sepanjang sejarah Yahudi, nama di atas segala nama adalah YHWH. Dan Yesus akan menyandang nama tersebut. Yesus Kristus adalah YHWH.
Filp 2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!


 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)