Author Topic: Allah Tritunggal - Dasar iman Kristen  (Read 85221 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 24, 2009, 04:26:06 AM
Reply #40
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
intermezzo dikit ya...
cuma mau meluruskan aja pendapat bung konyolis berikut :
'N perlu dinget substansi 3 dlm atu 2 lair setelah da koncili nicea yang di adain 5 kaisar konstantin nyang agamanye pagan,,'N...........pasti dh tau critanye kan??

matur tengkyu......

o-------------o
Pemikiran atau pemahaman tentang Allah Bapa, Anak dan ROH KUDUS, yg kemudian dirumuskan dlm doktrin Trinitas sudah ada jauh sebelum Konsili Nicea, walaupun benar adanya penggunaan doktrin Trinitas tsb pertama kali ditampilkan secara resmi pada Konsili Nicea thn 325 M - tetapi konsep dan aplikasinya telah ada jauh sebelumnya dalam komunitas Kristiani
o-------------o
Mungkin daftar singkat ini dpt membantu, terlepas dr dpt diterima/tdk nya isi atau substansi doktrin Trinitas yg akan dibahas para forumer di sini
(utk melengkapi apa yg telah disampaikan bung roti hidup pd posting awal)
o-------------o
Berikut adalah masa dan tokoh2 yg mulai mempopulerkan dan menyumbangkan substansi pemikiran yg menjadi esensi dalam formulasi doktrin Trinitas nantinya -- walaupun ada pemikiran individu tokoh2 tsb yg tdk sepenuhnya sama dgn penjabaran makna yg diberikan dalam doktrin Trinitas yg ditetapkan kemudian
(tdk mencantumkan para murid dan rasul yg surat2 nya termasuk dlm kanon Alkitab - krn Alkitab diakui oleh golongan Trinitarian maupun Unitarian) :
- 50 M : Barnabas
- 80 M : Hermas
- 140 M : Aristides
- 150 M : Justin Martyr, Polycarpus dr Smirna
- 160 M : Mathetes
- 170 M : Tatian dr Siria
- 177 M : Melito dr Sardis
- 180 M : Theofilus dr Antiokia, Irenaeus
- 190 M : Clement dr Alexandria
- 200 M : Tertullianus, Hypolytus
- 225 M : Origen
- 235 M : Novatian
- 250 M : Ignatius dr Antiokia
- 262 M : Dionysius
- 307 M : Lactantius
- 325 M : Konsili Nicea I
o-------------o
@ bro Kasih, ayat tsb memang merefleksikan adanya indikasi Trinitas dinyatakan dlm Alkitab (sorry msh sy tuliskan 'indikasi' krn msh blm dpt secara tuntas menjelaskan pertanyaan dan perdebatan utama atas substansi pengertian Trinitas)
Ayat tsb merupakan salah satu ayat yg  mencantumkan seluruh 'pribadi' Allah Tritunggal dan berpotensi menjadi indikator kuat memberikan dukungan Alkitabiah bagi Trinitas, tetapi masih blm dpt meredam kontroversi yg muncul
o-------------o
Ada baiknya kita melihat dulu apa yg dimaksud Trinitas dan permasalahan yg dihadapi doktrin ini
o-------------o
Substansi pengertian Trinitas, 'Allah Tritunggal/Triune God' [berdasar kredo Anastasian] :
 - Bapa adalah Allah
 - Anak adalah Allah
 - ROH KUDUS adalah Allah
 - Ketiganya adalah esa
 - Ketiganya adalah sederajat (co-equal)
 - Ketiganya adalah sehakekat
 - Ketiganya adalah abadi (co-eternal)
 - Ketiganya adalah tidak diciptakan
 - Ketiganya adalah Mahakuasa (omnipotent)
Mengenai Yesus Kristus, dinyatakan :
 - adalah sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia
 - dalam keilahiannya sehakekat dgn Bapa
 - dalam kemanusiaannya sama dgn semua org di dunia
 - dalam keilahiannya sejajar dg Bapa, dan dalam kemanusiaannya lebih rendah dr Bapa
.-.-.-.-
Dalam kalimat yg disampaikan oleh bung roti hidup :
TUHAN Allah (YHWH ELOHIM) yang esa itu menyatakan dirinya kepada manusia dalam tiga pribadi yang sehakekat, sederajat, setingkat, yaitu Allah Bapa, Allah Anak dan Allah ROH KUDUS
o-------------o
Kenyataan menunjukkan bahwa Trinitas ditentang habis2an oleh umat yg 'serumpun' dengan ajaran Kristen, yaitu Yahudi dan Islam
Bahkan dalam tubuh umat Kristen pun terjadi perbedaan keyakinan, yg memisahkan antara golongan Trinitarian (yg menerima dan mengimani Allah dalam pengertian Trinitas) dan Unitarian (yg menolak konsep Trinitas - mereka pun umat Kristiani, krn tetap meyakini Yesus Kristus sbg Juruselamat)
o-------------o
Bagaimana menyampaikan pengertian dan rujukan bukti serta tafsir yg dpt diterima menjadi sangat sulit, walaupun tetap mungkin dilakukan - namun tidak menjamin pula dpt membuat semua kalangan bersepakat menerimanya
o-------------o
Bung roti hidup sudah menjelaskan beberapa di antaranya
Bro Kasih jg memberikan dukungan penjelasan
Akan dicoba untuk membantu walaupun dg pengetahuan yg terbatas pula, melalui beberapa posting di forum ini nantinya, semoga dpt saling menambah wawasan dan memperkuat iman
Kalau ada kesalahan dikoreksi ya...
o------bersambung lg ya... biar ga kepanjangan postingnya (alasan utamanya udah ngantuk sih, hehe...)-------o
GBU
January 24, 2009, 04:38:58 AM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9645
  • Gender: Male
    • my Christian Blog
  • Denominasi: gak ada aliran
asik nieh di temenin pagi2 sama shin3 .. hehehe

dah SATE bro ?
My Christian Blog : inspireoffaith.blogspot.com

lebih baik menjadi Pelaku Firman, Daripada
menjadi Penjabar/pendebat Firman
January 24, 2009, 04:54:57 AM
Reply #42
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
asik nieh di temenin pagi2 sama shin3 .. hehehe

dah SATE bro ?
eh arranger, mau mau SATE...
jadi ga ngantuk lg nie
td hbs begadang maklum weekend, hehe
salam kenal ya bro
January 24, 2009, 05:13:03 AM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9645
  • Gender: Male
    • my Christian Blog
  • Denominasi: gak ada aliran
salam knal bro..


lanjut deh diskusi nya :D ngamatin aja :D
My Christian Blog : inspireoffaith.blogspot.com

lebih baik menjadi Pelaku Firman, Daripada
menjadi Penjabar/pendebat Firman
January 24, 2009, 05:18:17 AM
Reply #44
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
diteriakin SATE sama bro arranger jd laper dobel nich
laper rohani dikenyangin dg SAat TEduh...
laper beneran tp ga ada SATE lewat....
masak mie deh...
January 24, 2009, 05:36:49 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9645
  • Gender: Male
    • my Christian Blog
  • Denominasi: gak ada aliran
duh jadi laper juga nieh... abis SATE.. harusnya mam sate beneran. hahaha !

anyway , TRITUNGGAL itu masih jadi pembahasan yang "menjatuhkan" orang Kristen terhadap pernyataan / debatan kaum kedar .. hehe..

My Christian Blog : inspireoffaith.blogspot.com

lebih baik menjadi Pelaku Firman, Daripada
menjadi Penjabar/pendebat Firman
January 28, 2009, 02:52:09 AM
Reply #46
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
@ arranger, memang Trinitas merupakan satu masalah utama dan kesulitan terbesar bagi bnyk umat Kristen, baik Katolik maupun Protestan
Telah menjadi batu sandungan yg menjatuhkan dan menjauhkan iman bnyk org, bahkan yg mempelajari theologi pun bnyk yg malah jd berbalik ragu akan kebenaran imannya
o-------------o
Menurut sy, doktrin ini, terlepas dr benar tidaknya, sangat rawan krn merambah eksistensi Allah
Setiap usaha utk mendeskripsikan Allah adalah usaha yg berbahaya
Maka dr itu dlm diskusi yg ada sebaiknya dibatasi supaya tdk terjadi hujat kepada Allah, tetap tulus dlm mencari dan menyatakan kebenaran Allah
o-------------o
Lanjut ya diskusinya....
Mungkin kita dpt menyatakan sepakat bhw pernyataan iman 'Bapa adalah Allah' relatif diterima oleh semua pihak
o-------------o
Bgmn dgn pernyataan iman 'Anak adalah Allah'?
'Anak' yg dimaksudkan adalah Yesus Kristus, apakah benar adalah Allah?
o-------------o
Kalau kita tengok kembali pengertian istilah 'Allah', maka tdk ada alasan menyatakan bhw Yesus Kristus tdk boleh dinyatakan sbg 'ELOHIM'
Tapi apakah sama dgn Musa sebagai 'ELOHIM' bagi Firaun dan Harun?
Apakah sama seperti TUHAN sebagai 'ELOHIM'?
o-------------o
Pertama kita akan mencoba melihat apakah Yesus Kristus dalam pemahaman iman Kristen, berdasarkan Alkitab
o~o~o
Quote
Kita melihat pembukaan Injil Yohanes, seperti di bwh ini:
Quote
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (Yohanes 1:1)
Quote
en arche en ho logos kai ho logos en pros ton theon kai theos en ho logos
Membaca ayat tersebut, harus diakui akan membuat bnyk org pusing tujuh keliling memahami maknanya
Apalagi bila dikaitkan dgn:
Quote
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yohanes 1:14)
Ayat dr bagian awal Injil Yohanes itu merupakan salah satu pijakan yg bnyk digunakan untuk mendukung doktrin Trinitas, yg uniknya juga ditentang oleh golongan Kristen Unitarian
o~o~o
Namun ayat tsb memberikan pemahaman tentang 'firman' yang berbeda dgn pemahaman umum
Kita secara umum memahami firman Allah adalah perintah atau 'perkataan' Allah yg disampaikan melalui nabi2 -- dan kita pun meyakini firman Allah pasti akan terjadi/terlaksana, akan digenapi
o~o~o
Tetapi ketika dinyatakan bhw Firman itu telah menjadi manusia, dan Yesus adalah Firman, Yesus melaksanakan apa yg diperintahkan oleh Bapa, yg berarti bhw Allah menyuruh FirmanNya utk melaksanakan kehendakNya
Kita sulit membayangkan Allah menyuruh firmanNya untuk melakukan kehendak Allah
o~o~o
Sisi lain 'firman' ditemui pula jika kita melihat ayat berikut ini :
Quote
Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. (Yesaya 55:10-11)
o~o~o
Ayat dlm kitab nabi Yesaya tsb menunjukkan:
 - Allah menyuruh firmanNya
 - firmanNya akan melaksanakan kehendak Allah
 - firmanNya akan berhasil melaksanakan apa yg disuruhkan Allah
Di sini nampak bhw 'firman' tsb aktif: disuruh, melaksanakan dan berhasil
o~o~o
Mungkin ada yg mengartikan ayat tsb sbg penegasan Allah bgw firmanNya pasti akan terlaksana dan digenapi
Namun tetap ada perbedaan, yaitu bhw dlm pengertian tsb peran 'firman' cenderung pasif, terlaksananya atau terpenuhinya tergantung 'pihak luar', dpt dr manusia atau bahkan kadangkala TUHAN, Allah sendiri yg akan memastikan terlaksananya apa yg tlh difirmankanNya :
Quote
Lalu Firman Tuhan kepadaku: "Baik penglihatanmu, sebab Aku siap sedia untuk melaksanakan firman-Ku." (Yeremia 1:12)
o------bersambung-------o
« Last Edit: January 28, 2009, 03:21:53 AM by sh1n3 »
January 28, 2009, 03:43:04 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Menarik! Lanjutannya ditunggu bro.
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
February 01, 2009, 06:41:12 PM
Reply #48
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
Firman yg menjadi manusia
Mengapa tidak manusia 'normal' yg diberikan hikmat, kekuatan dan kuasa oleh Allah untuk rencanaNya atas penebusan dosa umat manusia, yg petunjuknya disajikan secara tersamar dlm berbagai nubuat nabi2?
Lalu apakah Firman tsb, stlh menjadi manusia, dpt dinyatakan sbg Allah atau hanya kuasa Ilahi di bwh Allah atau hanya manusia yg 'unik' dan 'spesial' saja atau memang manusia saja sbg seorg nabi?
o-------------o
Apakah umat Kristiani yg meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan - atau bahkan Allah, lebih dr nabi, rasul atau malaikat sekalipun, telah melihat dan menemukan kebenaran firman Allah?
Ataukah mereka telah tertipu dan tersesat?
o-------------o
Apakah yg benar adalah keyakinan umat Yahudi, bahwa Yesus dr Nazareth adalah tukang sihir, penipu dan penyesat --- sama sekali tdk memenuhi kualifikasi sbg nabi, apalagi sbg Kristus/Mesias, apalagi bersifat ilahi?
o-------------o
Apakah yg benar adalah keyakinan sebagian sekte Kristen dan umat Islam bahwa Yesus, walaupun adalah Kristus/Al-masih/Mesias, hanyalah manusia biasa dan tidak lebih merupakan nabi utusan Allah?
o-------------o
Kita mencoba melihat dg alur pemikiran dr bwh ke atas, yakni dr alur manusia ke Allah
Mengapa Allah tdk mengutus manusia biasa, mempunyai bapak dan ibu, tetapi memutuskan bhw hanya akan ada ibu secara biologis saja?
Maka jwbn yg bnyk dirujuk adalah hal itu merupakan penggenapan dr kehendak TUHAN:
Quote
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya. (Kejadian 3:15)
Keunikan yg terlihat adalah bhw ayat ini menyatakan keturunan perempuan sedangkan scr umum Alkitab bersifat paternalistik dlm hal penetapan garis keturunan
Secara unik pula Allah membuat penggenapannya dgn benar2 melalui keturunan seorang perempuan, tanpa bapak biologis
Ayat ini menandai nubuat pertama dlm Alkitab yg disampaikan langsung oleh Allah
o-------------o
Kelahiran Yesus dr seorg perawan diyakini pula menggenapi nubuat dlm Yesaya 7:14
Quote
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
Walaupun apakah pengertian kata'perempuan muda' dlm ayat tsb dpt diartikan 'perawan' atau tdk msh didebat beberapa kalangan terutama apakah konteks ayat tsb relevan dinyatakan sbg nubuat tentang Mesias
o-------------o
Tetapi mengartikan Imanuel (Tuhan beserta kita) sebagai tanda bhw Yesus Kristus adalah Allah, tanpa mempertimbangkan keberatan2 tafsir lainnya, tentunya merupakan tindakan yg terburu2
o-------------o
Kita akan melihat nubuat lain yg telah membawa cukup bnyk org meyakini ketuhanan atau keallahan dalam diri Yesus Kristus:
Quote
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.(Yesaya 9:5-6)
Perhatikan bahwa namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai
Bnyk yg takjub dan percaya akan hal ini, terkesiap akan bukti nyata dlm Perjanjian Lama yg menyatakan bhw Yesus adalah Allah
o-------------o
Tetapi pihak penentang Trinitas pun tdk kalah menanggapi: perhatikan bhw namanya disebutkan orang, bukan dinyatakan oleh TUHAN
Kalau orang menyebut Yesus sesat, apakah lalu benar demikian adanya; maka tdk bisa juga kalau orang menyebut Yesus Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal maka benar demikian adanya
Ayat tsb menunjukkan ciri2 orang yg akan menggenapinya, yaitu bhw org2 akan memanggilnya dgn nama2 tsb, tdk bermakna mengesahkan bhw 'anak' atau 'putera' yg lahir adalah  Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal
o-------------o
Tetapi ayat tsb mempunyai keunikan 'kontradiksi' tersendiri:
 - orang menyebut namanya dgn nama2 yg digelarkan untuk TUHAN (indikasi keilahian -- atau indikasi nama saja spt tafsir yg lain)
 - kekuasaan yg besar, damai sejahtera yg tdk berkesudahan (indikasi kekekalan)
 - dan semua itu justru dilakukan oleh karena kecemburuan TUHAN semesta alam yg dgn tegas menyatakan ke-esaanNya
o-------------o
Mungkin jd membingungkan sebagian org ya?
o------bersambung-------o
February 01, 2009, 08:20:41 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Hmmm, sejauh ini saya masih melihat Anda sebagai orang yang sedang menjelaskan pembuktian Tri Tunggal dengan sistematis. It's good bro, saya tidak sabar menunggu kelanjutan yang berakhir dengan kesimpulan dari penjelasan Anda ini. Sambungannya dinantikan segera ya?
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)