Author Topic: Allah Tritunggal - Dasar iman Kristen  (Read 117013 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

February 22, 2009, 02:40:58 AM
Reply #60
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 345
  • Brani JUJUR dalam masalah IMAN???????
1. siapakah ke 24 tua-tua dan 4 makhluk itu?
2. apakah ke 30 mahkluk ini dapat disebut sebagai satu kesatuan ELOHIM (Theoi), dan pusat kesatuannya adalah 'Seorang' sebagai Eloah (YVHV, Ho Theos)?
Tafsir dari Haydock, semoga mungkin bisa membantu meraba-raba  ;D

Ver. 4.  About the throne were four and twenty seats, or lesser thrones, twenty-four seniors or senators upon them, representing the illustrious saints both of the Old and New Testament, clothed in white garments, in token of their innocence, and crowns of gold, signifying the glory of the heavenly inhabitants.  Wi. — These four and twenty elders sitting around the throne of God, represent the judgment which the Almighty was about to pass upon the enemies of his Church.  Thus in Daniel, when he was about to pronounce sentence against Antiochus Epiphanes, "thrones were placed, and the ancient of days sat, . . . the judgment sat, and the books were opened."  Dan. vii. 9, 10.  They represent kings and priests who attend on the Sovereign Judge.  It appears as if God intended to designate by the number the ancient patriarchs and the twelve apostles, who judge with the Lord, and condemn the injustice of their persecutors.  Calmet.

Ver. 6.  A sea of glass, like crystal, calm and transparent, and may signify that the saints had passed a boisterous sea of troubles in this world, which is now changed into everlasting tranquility. — Four living creatures, or animals.  Alcazar (p. 364) takes notice of thirty different expositions of these animals.  He understands the apostles, bishops, and preachers of the Christian faith: others, four of the chief Angels or celestial spirits.  Several others expound them of the four evangelists: yet this was before S. John himself had written his gospel.  Wi. — The extensive sea of glass, here described transparent as crystal, represents what may be called the floor of heaven.  Before the throne and round it stand four living creatures, of an extraordinary shape, which denote the four great prophets, Isaias, Jeremias, Ezechiel, and Daniel.  Their bodies are described full of eyes, both before and behind, an emblem of their prophetic sight, that penetrates into all ages past, present, and to come.  And their being also full of eyes within, indicates that their extensive knowledge arises from an interior divine inspiration.  They have each six wings, in the same manner as the seraphim appeared to the prophet Isaias.  C. vi. 2.  Some have imagined these four symbolical animals to represent the four evangelists; but we think improperly, as S. John was still living and there present in person.  The first animal is here said to resemble a lion, the king of beasts, because the prophet Isaias, represented by it, was descended of the royal race of David.  The second animal resembles a calf, and represents the prophet Jeremias in his character of priest; the calf, which was the principal victim in Jewish sacrifices, being on that account the emblem of the priesthood.  The third animal, exhibiting Ezechiel, has the countenance of a man; because God, in speaking to that prophet, always addresses him by the name of son of man.  The fourth animal, denoting Daniel, resembles a flying eagle, on account of the sublime oracles of this prophet, who soars to the highest objects, and views the succession of all the great empires that were to rise up in the world to the end of time. Probably these four principal prophets are to be understood to represent all the prophets of the old law.  Walmesley.

Ver. 7.  Like a lion, &c.  The qualities in these animals are observed to be courage and strength in the lion; profit to human life, by the calf; reason and wisdom, by the face of man: soaring high, and rapidity or swiftness, by the eagle: whether we understand those spiritual perfections to belong to blessed spirits, or to the apostles in general, or to the four evangelists.  Wi.

Ver. 8.  Each of them six wings.  See the like visions, Ezech. i. 4.  Isai. vi. 2.  These signify their swiftness in executing God's just commands. — Full of eyes: a symbol of knowledge and watchfulness. — They rested not day and night.  There is no night in heaven; but hereby is signified, that they praised God without intermission for all eternity, saying: Thou art worthy, O Lord, our[2] God, &c.  Wi. — They repeat the word holy three times, probably in honour of the blessed Trinity.  And the four and twenty elders prostrate before the throne, in token of their acknowledging all their happiness and pre-eminence to be his gift.  Walmesley.
jangan berdebat dengan saya krn saya punya http://www.hadithcollection.com
February 24, 2009, 12:32:34 AM
Reply #61
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
hai ya ...., lu olang kalo pake bahasa asing ya ...., yo mbok ditejemahken .... . Apa lagi yang panjang-panjang kaya written above; cuapek kan buka kamus-nya??? hehehehe ...

bat .., de eksplenesien wic writen abof is gud enoug  :D
« Last Edit: February 24, 2009, 12:44:00 AM by Kasih »
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
February 24, 2009, 10:06:28 PM
Reply #62
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
@ bayi_imut, Kasih
hehe jgn memuji berlebihan ah ntar ke ge er an sy
Sy cuma seorg umat awam kok, ga lebih ga kurang
Sebenarnya posting2 sy di topik lain jg berhubungan dgn Trinitas, namun sy coba menyampaikan dgn bhs umum sesuai keyakinan dan kemampuan sy
Tp cape jg melayani tipe2 yg menyerang iman Kristen yg terkesan 'ga fair' hanya mengalir mencari kelemahan penyampaian dr rekan2 forumer Kristen
Sy sdg mencoba menata lg supaya dpt disampaikan scr singkat di topik ini, ternyata lumayan sulit ya
Krn kalo panjang2 ntar pada males bacanya, hehe
Mungkin dlm wkt dekat akan balik lg ke sini dan topik2 menarik dlm Kekristenan, cape ah melayani yg memang hanya mau menyerang saja, muter2 ga ada hbsnya, hehe
Semoga para bro n sis tetap yakin dan mantap imannya saja walaupun bnyk pengejek2 spt yg sdh diingatkan Alkitab
Tetap diberi masukan ya bro...supaya kalo sy salah dpt dikoreksi
Thanks n Gbu all
February 28, 2009, 11:56:00 PM
Reply #63
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 63
  • Gender: Male
@bro shine ..
mantep banged tuh penjelasan nya . .

kalau saya pcaya Trinitas cuma pegang dari kitab kejadian aja yang ini :

Kej 1:26. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
walopun di ayat itu gak dengan jelas d tulis "Bapa, Anak n ROH KUDUS" .. tapi dari sini saya udah percaya itupun setelah ada proses  :D ..

lanjut dunks bahasan nya ..  :afro: di tunggu loh  :afro:
Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
March 07, 2009, 12:36:01 AM
Reply #64
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 103
Lanjut ya...
o-------------o
Menyambung 'kontradiksi' yg ada dlm Yesaya 9:5-6 pd posting sebelumnya, apa yg membuat orang2 menyebut 'anak' tsb --yg digenapi dlm Yesus Kristus-- sbg Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai?
Jawabnya ada pada ayat 6 : 'Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.'
Nah apa maksud kecemburuan TUHAN semesta alam?
o-------------o
Mari kita menengok sejenak apa yg dinyatakan Alkitab tentang yg dimaksud 'kecemburuan' TUHAN, Allah semesta alam :
Quote
Hati-hatilah, supaya jangan kamu melupakan perjanjian TUHAN, Allahmu, yang telah diikat-Nya dengan kamu dan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang oleh TUHAN, Allahmu, dilarang kauperbuat.
Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu. (Ulangan 4:23-24)
Quote
Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu, sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Allahmu, terhadap engkau, sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi. (Ulangan 6:14-15)
Quote
Tetapi Yosua berkata kepada bangsa itu: "Tidaklah kamu sanggup beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah yang kudus, Dialah Allah yang cemburu. Ia tidak akan mengampuni kesalahan dan dosamu.
Apabila kamu meninggalkan TUHAN dan beribadah kepada allah asing, maka Ia akan berbalik dari padamu dan melakukan yang tidak baik kepada kamu serta membinasakan kamu, setelah Ia melakukan yang baik kepada kamu dahulu." (Yosua 24:19-20)
Kita akan memahami apa yg menimbulkan cemburu TUHAN, yaitu menyembah atau beribadah kepada berhala atau allah selain TUHAN -- hal ini melanggar hukum Taurat yg difirmankan Allah sendiri :
Quote
Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
(Keluaran 20:3-6)
Kita juga akan memahami apa yg diakibatkan oleh kecemburuanNya, yaitu kebinasaan, yg dpt dilihat pula di antaranya dlm Ulangan 29:1-29 dan Yehezkiel 8-11 --dan berbagai bagian Alkitab, utamanya Perjanjian Lama--
o-------------o
Nampaknya hal itu pula mempengaruhi para imam dan rabi Yahudi menentang keras sikap, pernyataan dan pengajaran yg 'melanggar' ke-esa-an Allah --menghujat Allah-- pada masa pelayanan Yesus Kristus spt yg dicatat dlm Injil :
Quote
Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah." (Yohanes 10:33)
Quote
Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!" (Matius 26:65-66)
o-------------o
Nah, kita sebagai umat Kristen, khususnya dr kalangan yg mengimani Yesus Kristus dgn pemahaman sesuai doktrin Trinitas, telah menggenapi nubuat nabi Yesaya dgn menyebutkan Dia sebagai Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai
Namun apakah umat Kristen telah melihat kebenaran ataukah kecemburuan TUHAN semesta alam yg telah menetapkan hal ini shg umat Kristen nantinya harus menanggung akibat kecemburuan-Nya???
Maybe yes...maybe no...
o-------------o
Quote
Kuatkanlah tangan yang lemah lesu dan teguhkanlah lutut yang goyah.
Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: "Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!"
Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka.
Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara; tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan. (Yesaya 35:3-7)
Nubuat inilah yang dirujuk oleh Yesus ketika menjawab pertanyaan Yohanes Pembaptis yg disampaikan melalui muridnya
Nubuat inilah yg menjawab pula siapa Dia yg datang untuk menyelamatkan
Siapakah Dia? Allah, Ia sendiri datang menyelamatkan
Ayat berikutnya menyatakan:
Quote
Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya.
Di situ tidak akan ada singa, binatang buas tidak akan menjalaninya dan tidak akan terdapat di sana; orang-orang yang diselamatkan akan berjalan di situ, dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh. (Yesaya 35:8-10)
Apakah yg dinyatakan Yesus Kristus?
Yesus Kristus lah Jalan Kebenaran dan Hidup, Dialah Jalan Kudus
o-------------o
Apakah kaitan nubuat dan penggenapannya tsb oleh Yesus Kristus dgn 'kecemburuan' TUHAN semesta alam?
Quote
Hukum telah terdesak ke belakang, dan keadilan berdiri jauh-jauh, sebab kebenaran tersandung di tempat umum dan ketulusan ditolak orang.
Dengan demikian kebenaran telah hilang, dan siapa yang menjauhi kejahatan, ia menjadi korban rampasan. Tetapi TUHAN melihatnya, dan adalah jahat di mata-Nya bahwa tidak ada hukum.
Ia melihat bahwa tidak seorangpun yang tampil, dan Ia tertegun karena tidak ada yang membela. Maka tangan-Nya sendiri memberi Dia pertolongan, dan keadilan-Nyalah yang membantu Dia.
Ia mengenakan keadilan sebagai baju zirah dan ketopong keselamatan ada di kepala-Nya; Ia mengenakan pakaian pembalasan dan menyelubungkan kecemburuan sebagai jubah

Sesuai dengan perbuatan-perbuatan orang, demikianlah Ia memberi pembalasan: kehangatan murka kepada lawan-lawan-Nya, ganjaran kepada musuh-musuh-Nya; bahkan kepada pulau-pulau yang jauh Ia memberi ganjaran.
Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat matahari terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN.
Dan Ia akan datang sebagai Penebus untuk Sion dan untuk orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakannya, demikianlah Firman Tuhan.
Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, Firman Tuhan: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, Firman Tuhan.
(Yesaya 59:14-21)
o-------------o
Maka saya pun berkeyakinan dlm iman bahwa Allah telah datang dalam Yesus Kristus
Kalau kita memperhatikan bagian yg sy pertebal, kita akan melihat inti penebusan Yesus Kristus
Keadilan, keselamatan, pembalasan dan kecemburuan yg dari TUHAN
o-------------o
Apakah kita masih meragukan Allah yg menyatakan diriNya dlm Yesus Kristus?
Apakah kita masih meragukan kesaksian Injil dan para rasul mengenai ke-esa-an Allah dlm Bapa, Anak dan ROH KUDUS?
Semoga kita semakin teguh dlm iman dan bertumbuh dlm keyakinan dan kecintaan tanpa melupakan ataupun mengabaikan bahwa Allah itu esa dan kesaksian Injil dan para rasul yg kita terima dlm iman Kristen adalah benar
o-------------o
Semoga sudut pandang berbeda ini --umumnya kita diajak memandang dr sudut pandang yg berdasar ayat2 Perjanjian Baru-- dpt bermanfaat, walaupun jauh dr sempurna
Jika ada kesalahan mohon koreksi dr para member Kristen, senior atau advisor ya...
Thanks n Gbu all
« Last Edit: March 07, 2009, 12:51:39 AM by sh1n3 »
March 07, 2009, 01:41:49 AM
Reply #65
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 345
  • Brani JUJUR dalam masalah IMAN???????
Maka saya pun berkeyakinan dlm iman bahwa Allah telah datang dalam Yesus Kristus
Kalau kita memperhatikan bagian yg sy pertebal, kita akan melihat inti penebusan Yesus Kristus
Keadilan, keselamatan, pembalasan dan kecemburuan yg dari TUHAN
Singkatnya sih, inti penebusan adalah mengembalikan status rahmat keputraan dari manusia yg telah "dicabut" krn ketidak taatan Adam (dosa asal). Dan misi Yesus (Sang Putra), dengan peristiwa inkarnasi sampai wafatnya adalah untuk mengembalikan status rahmat keputraan manusia (Yesus diidentikan dengan Adam baru yg taat kepada Bapa). Sehingga kita yg menanggapi & menerima rahmat keputraan (disatukan dengan Keputraan Yesus dengan lahir baru dari air & Roh alias baptis, Yoh 3:5) bisa memanggil Allah "ya Abba ya Bapa" (Rom 8:15). Dan sebagai putra maka sudah selayaknya mengimitasi ketaatan Yesus kepada Bapa (Rom 1:5).

Yah, kalo gak jadi putra kan gak jadi ahli waris maka otomatis tidak mewarisi hidup abadi (surga) Rom 8:17.  ;D ;D ;D
jangan berdebat dengan saya krn saya punya http://www.hadithcollection.com
March 07, 2009, 06:24:28 PM
Reply #66
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Akhirnya....., halleluyah! bravo bro sh1n3! bravo bro/sis penonton! LUARRRRR BIASA!
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
March 07, 2009, 06:26:48 PM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Kita gali lebih jauh lagi. Orang lalu mendesak dan bertanya:"Apa buktinya kalau ROH KUDUS juga adalah TUHAN?"

Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
March 07, 2009, 10:01:34 PM
Reply #68
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 345
  • Brani JUJUR dalam masalah IMAN???????
Kita gali lebih jauh lagi. Orang lalu mendesak dan bertanya:"Apa buktinya kalau ROH KUDUS juga adalah TUHAN?"
Pake jawaban gampangan aja, dari :

Yoh 14: 16-17

16  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
17  yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yoh 15:26

26  Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Yang berasal dari Bapa adalah sehakikat dengan Bapa (Allah), Yesus berasal dari Bapa, maka Ia adalah Allah, Penolong/Penghibur/Roh Kebenaran adalah Allah juga krn berasal dari Bapa.

 :afro:
jangan berdebat dengan saya krn saya punya http://www.hadithcollection.com
March 07, 2009, 10:16:55 PM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Lebih jauh lagi? Yang lebih tegas menyatakan/menunjukan bahwa ROH KUDUS=dengan Allah=Yesus?
« Last Edit: March 07, 2009, 10:36:51 PM by Kasih »
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)