Author Topic: Antara Teologi Kemiskinan dan Teologi Kemakmuran  (Read 13430 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 31, 2011, 06:09:11 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
He he he he, emang aneh juga si purba itu, apa dia penganut salah satu theology yang di atas? Kalau iya, koq protes kalau theology nya disebutkan? Kalau bukan penganut keduanya, koq protes juga? Lha mauya apa? Masa mau jadi protestan lagi, he he he he.
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 01, 2011, 01:25:53 AM
Reply #51
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 346
  • Gender: Male
  • Cetak pin @ cuma Rp1500
    • www.pesanpin.com
Dalam pandangan Weberian, teologi kemakmuran mempunyai akar dari protestant ethics-nya Calvin. Sejak masa itulah akumulasi kekayaan akibat kerja keras tidak lagi dipandang tabu, setidaknya jika dibandingkan secara relatif dengan kalangan Katolik dan Lutheran.

Retakan yang semula kecil ini kemudian menjadi besar, dan terjadi patahan di era TV-evangelism Amerika Utara.

Teologi Kemakmuran adalah produk sampingan dari predestinasi, namun teologi kemakmuran justru cenderung Arminian  :cheesy:
Pin 44mm, 58mm, 75mm
Gantungan Kunci, ID Card
November 01, 2011, 01:59:53 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
waduh...kok jadi ngambek lagi ....kita diskusi adem ayem aja kok...kalau memang bro purba tidak ada sharing disini yah sudah see u in the other topic :)

shalom :)

waduhh..juga...hahahahahaha..

Broo@ LEO.... kok saya memuji gereja anda..malah ga di bilang shering seh..?? Knapa BROO..??
Salah kah pandangan saya itu..?? kurang berkenankah..??

Salam.piss
November 01, 2011, 02:05:01 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
He he he he, emang aneh juga si purba itu, apa dia penganut salah satu theology yang di atas? Kalau iya, koq protes kalau theology nya disebutkan? Kalau bukan penganut keduanya, koq protes juga? Lha mauya apa? Masa mau jadi protestan lagi, he he he he.

Lhaa...terus menurut anda..??, saya ini orang Kristen yang mana broo@ bruce...??? hahahahhaha..
Kok malah binun seh anda ..???

Kalu saya sudah tau anda seorang KATOLIK broo..!! sama dng bro@ leo...

Tapi keduanya anda itu tidak berani mengoreksi gereja anda sendiri apakah sudah terkonatminasi oleh teologi kemiskinan dan kemakmuran ato abelum...??? EEHHHHH...?? MALAH MAU MENGOREKSI GEREJA ORANG SEGALA..??

Salam.pissss..
November 01, 2011, 03:17:22 PM
Reply #54
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 346
  • Gender: Male
  • Cetak pin @ cuma Rp1500
    • www.pesanpin.com
Biasanya yang 'dianggap penganut' teologi kemakmuran adalah gereja gereja dari GBI (cmiiw)

Saya bergereja di GBI (Gereja Berkat Indonesia) dan memang menganut Teologi Kemakmuran. Tema tahun ini adalah "Promosi dan Multiplikasi". Namun jangan salah kira. Tiap kali gembalanya kotbah mengutarakan tema ini, biasanya garing dan jemaat ngantuk, ngobrol dan bnyk pulang cepat dengan loyo. Musik sering salah stem, pendoa sering salah ucap dan peralatan gereja sering rusak. Makanya saya percaya bahwa makin kacau teologinya, makin besar kuasa Allahnya. Namun tiap yg bicara adalah pendeta lain yg ajarannya lebih beres, jemaat bersemangat, antusias dan pulang dengan muka bunder berseri-seri.

Yesus menggambarkannya sebagai "ilalang di antara gandum". Artinya gandum lebih banyak dibanding ilalang, karena ilalang ada di antara gandum. Artinya keadaan itu baik-baik saja dan dalam kontrol Allah. Dunia ini adalah ladang gandum, yg diselipi ilalang di sana sini.

Bahkan dalam gereja berteologi kemakmuran pun, Allah masih in charge, masih in control. Allah belum pernah kalah lawan setan, ataupun guru-guru palsu, yg biasa disebut serigala berbulu domba. Dunia ini masih penuh gandum. Ilalang ada, dan ilalang ada di antara gandum. Namun bukan gandum di antara ilalang.
Pin 44mm, 58mm, 75mm
Gantungan Kunci, ID Card
November 01, 2011, 03:23:56 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Lhaa...terus menurut anda..??, saya ini orang Kristen yang mana broo@ bruce...??? hahahahhaha..
Kok malah binun seh anda ..???

Kalu saya sudah tau anda seorang KATOLIK broo..!! sama dng bro@ leo...

Tapi keduanya anda itu tidak berani mengoreksi gereja anda sendiri apakah sudah terkonatminasi oleh teologi kemiskinan dan kemakmuran ato abelum...??? EEHHHHH...?? MALAH MAU MENGOREKSI GEREJA ORANG SEGALA..??

Salam.pissss..

Kapan saya mau mengoreksi gereja orang broooo ?

Coba tunjukan kalau saya menyatakan gereja ini salah, gereja itu tidak Alkitabiah, dsb, silahkan kalau ada.

Biasanya, kalau sudah mengandung doktrin gereja, saya ngga mau ikut campur. Saya hanya sampaikan kalau gereja saya begini, titik, dan terserah bagaimana gereja anda. Coba check postingan saya, anda toh cukup teliti biasanya. Tunjukan deh kalau saya pernah bilang itu salah atau anu salah.

Anda terlalu curiga, sudah saya katakan orang Katolik itu nyaris tidak pernah mengusik gereja orang, mengapa?? Mungkin, ini mungkin ya, karena sudah terlalu puas dengan doktrin gereja sendiri, jadi sudah tidak mau mencari cari yang lain lagi.

 :angel:
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 01, 2011, 03:40:29 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4430
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
waduhh..juga...hahahahahaha..

Broo@ LEO.... kok saya memuji gereja anda..malah ga di bilang shering seh..?? Knapa BROO..??
Salah kah pandangan saya itu..?? kurang berkenankah..??

Salam.piss

Maksudnya gini bro...

menurut bro Purba yang bro Purba yakini dalam pandangan kristiani itu seperti apa ...apakah condong ke salah satu nya atau kah tidak keduanya...

Gimana menurut bro Purba Kristen itu ......

apakah tanda diberkatinya seseorang itu mutlak dari materi...kalau materinya bertambah2..berarti orang itu berkenan di mata Tuhan..

atau kontras sebaliknya..mengikut Tuhan yah harus miskin dan tidak punya apa2...jadi pelayan Tuhan yah harus mengabdi se abdi2nya...kalau mimpin kebaktian di rumah umatnya jangan terima stipendium dll...

Jadi walaupun bro Purba tidak berafiliasi ke salah satu pandangan tetapi bro Purba bisa mensharingkan pandangan bro Purba ke kita2...

kurang lebih seperti itu bro...

horas bah :)
November 01, 2011, 04:47:07 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
Maksudnya gini bro...

menurut bro Purba yang bro Purba yakini dalam pandangan kristiani itu seperti apa ...apakah condong ke salah satu nya atau kah tidak keduanya...

Gimana menurut bro Purba Kristen itu ......

apakah tanda diberkatinya seseorang itu mutlak dari materi...kalau materinya bertambah2..berarti orang itu berkenan di mata Tuhan..

atau kontras sebaliknya..mengikut Tuhan yah harus miskin dan tidak punya apa2...jadi pelayan Tuhan yah harus mengabdi se abdi2nya...kalau mimpin kebaktian di rumah umatnya jangan terima stipendium dll...

Jadi walaupun bro Purba tidak berafiliasi ke salah satu pandangan tetapi bro Purba bisa mensharingkan pandangan bro Purba ke kita2...

kurang lebih seperti itu bro...

horas bah :)

Broo@ LEO..

Pernyataan seperti itu lah yang paling saya sukai dan saya hargai...karena disamping berdiskusi saya pun tidak merasa bosan bosannya untuk sama sama belajar menjadi orang Kristen yang semakin dewasa dalam berolah pikir dan berolah argumenttasi. Namun saya terus terang menjadi risih dan prihatain jika melihat sebagaian pihak menjadikan pihak lain sebagai umpan / domba sembelihan ..untuk dikuliti. Padahal siapasih yang menjadi menganggap dirinya paling berhak menghakimi pihak lain...??
Semoga anda memahaminya ya Broo@ leo...

Karena saya prihatin dalam konteks  yang sudah dibuat rekan anda seperti ini :

"""Biasanya yang 'dianggap penganut' teologi kemakmuran adalah gereja gereja dari GBI (cmiiw)"""

Hhhhhehe laannooot...!!! balik maning to laptop...!!

Salam GBU
November 01, 2011, 04:53:24 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Quote
"""Biasanya yang 'dianggap penganut' teologi kemakmuran adalah gereja gereja dari GBI (cmiiw)"""

Itu kan post saya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan bro, sebutkan kalau saya salah (GBI bukan penganut theology kemakmuran), dan akan saya cium kaki anda. Bagaimana kalau sebaliknya? Anda akan lakukan yang sama?

Keberatan anda sudah saya jawab dua kali, sementara omelan anda tetap saja tidak berubah, sebenarnya keberatan anda apa dengan jawaban saya itu? Ayo dong, anak Batak masa ngga berani ngomong.

Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 01, 2011, 04:56:05 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4430
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
Broo@ LEO..

Pernyataan seperti itu lah yang paling saya sukai dan saya hargai...karena disamping berdiskusi saya pun tidak merasa bosan bosannya untuk sama sama belajar menjadi orang Kristen yang semakin dewasa dalam berolah pikir dan berolah argumenttasi. Namun saya terus terang menjadi risih dan prihatain jika melihat sebagaian pihak menjadikan pihak lain sebagai umpan / domba sembelihan ..untuk dikuliti. Padahal siapasih yang menjadi menganggap dirinya paling berhak menghakimi pihak lain...??
Semoga anda memahaminya ya Broo@ leo...

Karena saya prihatin dalam konteks  yang sudah dibuat rekan anda seperti ini :

"""Biasanya yang 'dianggap penganut' teologi kemakmuran adalah gereja gereja dari GBI (cmiiw)"""

Hhhhhehe laannooot...!!! balik maning to laptop...!!

Salam GBU

sip2...

oke deh bro...mengenai bro bruce saya yakin jauh dari lubuk hatinya untuk menghakimi orang lain..oleh karena itu ada keterangan di belakang CMIIW = correct me if I am wrong...:)

semoga kita semakin mengenal satu sama lain termasuk dengan bro bruce dan rekan2 yang lain  dan bersama2 memperluas wawasan masing2 dalam iman Kristiani sebagai pengikut Kristus.



GBU :)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)