Author Topic: ROMA KATOLIK, ORTHODOX dan Gereja Awal YERUSALEM  (Read 7080 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 27, 2011, 02:28:19 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 740
  • Denominasi: Protestan
Asal Usul Gereja didunia adalah Gereja Kristen Awal yang berpusat di Yerusalem yang dipimpin oleh Yakobus.


Kalau kekatolikan dimaksud agama GRK maka menurut apa yang saya baca didalam sejarah kesimpulannya kalau tidak ada ajaran kekatolikan GRK tsb maka Maria tidak akan mengalami distorsi pengajaran.

Saya mencoba menyumbangkan apa yang saya baca mengenai sejarah sinkretisme dengan paganisme memang dimulai sejak Raja Constantine berkuasa di Roma.

Sejak Constantine berkuasa tahun 312 M di Roma Barat bersama iparnya Licinus yang menguasai Roma Timur mereka berdua mengeluarkan "Edik Milano" tahun 313 dimana ditetapkan bahwa gereja mendapat kebebasan sepenuh-penuhnya untuk beribadah. Sejak saat itulah gereja berhenti dianiaya.

Gereja mulai berdamai dengan negara dan lama kelamaan kedudukan gereja meningkat dan kedudukannya semakin kokoh serta banyak mendapat fasilitas bantuan dari negara.

Setelah Constantine mengalahkan Licinus dan menguasai seluruh Roma tahun 324 Constantine mulai berusaha menyatukan kuasa agama dan negara ditangan satu orang yaitu dirinya sendiri. Tetapi barulah tahun 380 Gereja diresmikan menjadi 'Gereja Negara' oleh kaisar Theodosius.

Sejak berkuasa penuh Constantine membasmi semua gereja gereja sekte diluar gereja yang mulai disebut sebagai Gereja Roma Katolik (GRK). Dari sebelumnya gereja teraniaya sekarang gereja yang menganiaya gereja sekte lainnya seperti Marcion,Montanus,Novatinus dll.

Sebenarnya dari segi kemurnian ajaran maka perpaduan antara kuasa agama dan politik ini sangat merugikan gereja,gereja menjadi lebih diduniawikan dan mulai terjadi sinkretisme dengan agama atau lebih tepat disebut kebudayaan Romawi yaitu menyembah berbagai dewa dewi.

Bahwa gereja berada dibawah perlindungan kaisar membuat pemimpin gereja sungkan dan takluk kepada kehendak kaisar sehingga benih benih penyembahan berhala tidak kuasa dibendung lagi masuk kedalam ajaran gereja.

Karena Kekristenan menjadi agama resmi negara maka motivasi orang orang untuk masuk menjadi angggota gereja sudah terkontaminasi bukan saja karena iman tetapi juga gengsi dan kehormatan diri.

Inilah masa dimulainya proses sekularisasi dan sinkretisme gereja dimana tradisi paganisme mulai mewarnai gereja seperti upacara kebaktian yang megah,jubah jubah mewah,lilin,kemenyan,gedung gereja yang besar dan megah,dll.

Secara lahiriah Gereja masih disebut Kristen tetapi kesalehan para pengurusnya bercorak kafir karena mulai menggunakan berbagai perangkat penyembahan patung patung dan relikwi,menghormati orang kudus,malaikat,dan Maria.

Orang orang kafir masuk Kristen kehilangan dewa dewi mereka yang dapat memberikan pertolongan selama ini dalam rupa rupa kesulitan sekarang pengganti mereka diangkatlah orang orang kudus. Hari raya dewa dewa diganti menjadi hari raya Gereja untuk memuja orang kudus. Ibadah pada dewa dewi dijadikan ibadah kepada Maria selaku 'Bunda Allah' yang memelihara dan melindungi segala orang percaya.

Demikianlah sekilas asal mula GRK.

Sumber : Sejarah Gereja (Dr.Berkhof ; Dr.L.H.Enklaar).


Istilah ‘am’ atau katolik itu sama sekali bukanlah nama tetapi kata sifat yang berarti universal. Gereja sebagai tubuh KRISTUS hanya satu dan itulah yang disebut sebagai gereja universal.

Tetapi Gereja Katolik Roma hanyalah sebuah nama denominasi dan merupakan sebagian dari gereja yang universal itu.

Jadi jangan termanipulasi hanya oleh satu istilah atau nama belaka tetapi yang penting apa maknanya.

Kalau seorang menggunakan nama diri  ‘selamat’ tidak menjamin bahwa dia sudah selamat secara rohani.

Gereja Roma Katolik walau menggunakan istilah katolik tidaklah otomatis berarti gereja yang bersifat universal melainkan hanya gereja yang berpusat di Roma saja.

Hanya ‘Invisible Church” atau tubuh KRISTUS yang tidak kelihatan adalah benar benar gereja ‘am’ yang sesungguhnya.

Gereja mula mula namanya gereja Kristen yang dimulai disebut demikian di Anthiokia,inilah akar semua gereja.

Kisah Para Rasul 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kisah Para Rasul 26:28 Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!"

Roma  16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

I Korintus 9:5 Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?

II Korintus 12:2 Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau -- entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya -- orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

I Petrus 4:16 Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama KRISTUS itu.

Jadi gereja awal di Yerusalem adalah gereja Kristen namanya,bukan gereja katolik !

Semua uskup diseluruh dunia diawal gereja berdiri sendiri sendiri tidak ada saling membawahi sebagaimana juga para Rasul tidak ada saling membawahi satu sama lain (Sistim Episcopal).

Perpecahan gereja timbul hanya karena Uskup Roma memproklamirkan dirinya sebagai Paus yang membawahi semua Uskup didunia.

Perpecahan dengan Protestan juga terjadi karena Gereja Roma Katolik telah menyalahgunakan ajaran Alkitab.

Pada prinsipnya otoritas tulisan yang bukan Rasul tidak setara dengan tulisan Rasul yang diinspirasikan oleh ROH KUDUS.

Apapun tulisan bapa gereja sepanjang itu tidak bertentangan dengan kebenaran Kitab Suci tidak persoalan karena itu bersifat teologis. Jangankan dulu sekarang saja semua teologia boleh kita pegang kalau sepenuhnya berdasarkan Alkitab.


Sejarah GRK

1.   Tahun 300, Menetapkan tanda salib
2.   Tahun 300, Berdoa bagi orang mati
3.   Tahun 320, Menetapkan penyalaan lilin
4.   Tahun 375, Membuat patung malaikat dan orang kudus yang telah meninggal dan menyembah mereka
5.   Tahun 394, Menetapkan setiap hari melaksanakan misa
6.   Tahun 481, Mulai meninggikan Maria; dalam konsili Efesus untuk pertama kalinya menyebut Maria sebagai "Bunda Allah" (Mother of God)
7.   Tahun 526, Upacara pengurapan minyak pada orang menjelang kematiannya
8.   Tahun 593, Gregory I mengemukakan teory purgatory
9.   Tahun 600, Berdoa kepada Maria, para orang kudus yang telah meninggal, dan kepada malaikat
10.   Tahun 607-610, Boniface III adalah orang pertama yang disebut sebagai Paus
11.   Tahun 709, Mencium kaki Paus
12.   Tahun 786, Menghormati kayu salib, lukisan dan benda-benda peninggalan para orang kudus
13.   Tahun 850, Penyediaan air kudus: percampuran garam dan air yang dilakukan oleh imam
14.   Tahun 890, Menghormati Santo Yusuf (ayah tiri Tuhan YESUS)
15.   Tahun995, Paus Yohanes XV untuk pertama kalinya ditetapkan sebagai orang kudus yang telah meninggal
16.   Tahun 1079, Mengumumkan sistem membujang (selibat) bagi imam
17.   Tahun 1190, Penjualan surat pengampunan dosa
18.   Abad ke-12, Peter Lombard menetapkan 7 sakramen kudus
19.   Tahun 1215, Innocentius III menetapkan teori Transubstansiasi
20.   Tahun1215, Paus Innocentius III menetapkan para imam mewakili Allah untuk mendengarkan pengakuan dosa orang
21.   Tahun 1220, Hororius III mengumumkan penghormatan air kudus
22.   Tahun 1229, Konsili Valencia menetapkan larangan bagi kaum awam membaca Alkitab
23.   Tahun 1251, Simon Stock dari Inggris memugar kuburan-kuburan orang kudus (Scapular-kuburan KRISTUS)
24.   Tahun 1439, Konsili Florence menetapkan doktrin Purgatory
25.   Tahun 1545, Konsili Trent mengumunkan tradisi gereja mempunyai otoritas yang setara dengan Alkitab
26.   Tahun 1546, Konsili Trent menetapkan Deuterokanonika sebagai bagian dari Alkitab
27.   Tahun 1854, Paus Pius IX dengan resmi mengumumkan ajaran resmi dikandung tanpa dosa (Immacullate Conception of Mary)
28.   Tahun 1870, Konsili Vatikan mengumumkan ajaran ketidaksalahan Paus dalam iman kepercayaan dan hidup moral
29.   Tahun 1950, Paus Pius XI mengumumkan Maria naik ke surga
30.   Tahun 1965, Paus Paulus VI mengumumkan Maria sebagai Ibu gereja


Jadi baru diabad ke-7 saja mulai ada jabatan resmi yang namanya Paus.

Bruce,

Bagi YESUS tidak pernah ada yang namanya denominasi,melainkan tubuh KRISTUS,karena hanya satu gereja yang didirikan oleh YESUS yaitu ‘invisible church.’

I Korintus 12:27 Kamu semua adalah tubuh KRISTUS dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

Satu tubuh KRISTUS tetapi banyak anggotanya seperti tubuh manusia juga.

Dan gereja tubuh KRISTUS terdiri dari orang orang percaya bukan organisasi atau institusi,gedung gereja,hierarchie gereja,tradisi gereja,nama gereja dll.

Sekali lagi istilah katolik itu hanya berarti am tetapi itu hanya kata sifat dan tidak mewakili semua gereja lokal yang menjadi tubuh KRISTUS.

Gereja anda yaitu Katolik Roma hanya organisasi gereja Katolik yang berpusat di Roma,tidak kurang dan tidak lebih.

Asal usul gereja anda dan semua gereja didunia adalah Gereja Kristen Awal yang berpusat di Yerusalem yang dipimpin oleh Yakobus.



Kalau mau pakai nama Gereja Rasuli tentunya semua gereja yang benar benar memegang teguh ajaran para Rasul yang merupakan fondasi gereja (Ef.2:19,20),bukan menambah nambah ajaran para Rasul sepanjang sejarah.

Gereja yang tetap memegang teguh ajaran para Rasul yang tertulislah yaitu prinsip ‘Back to Bible’ yang mencerminkan gereja rasuli yang sejati,seperti yang dicanangkan oleh gerakan Reformasi Gereja abad 16.

Pemahaman anda mengenai gereja masih bersifat institutional organisatif sehingga hanya melihat formalitas administrative duniawi gereja,oleh karena itu silahkan dalami lagi makna gereja secara spiritual berdasarkan Kitab Suci agar tidak melenceng terus argumentasinya.



Kalau istilah itu anda gunakan bagi Petrus yang anda anggap pendiri GRK maka sudah pasti kebablasan sifatnya karena :

1.   YESUS tidak pernah mendirikan sistim kepausan seperti GRK

2.   Petrus tidak pernah diangkat menjadi Paus

3.   Petrus tidak pernah mengangkat Paus

4.   Petrus bukan pendiri gereja di Roma melainkan Paulus

5.   Petrus menikah bukan seperti Paus sekarang

6.   Petrus dan semua Rasul lainnya sama derajatnya dimata Tuhan,hanya berbeda talenta dan karunianya. Malah Petrus yang paling sering melakukan kesalahan teologis dan ditegur oleh YESUS dibandingkan dengan Paulus misalnya.

Kalau istilah itu digunakan untuk penggolongan maka pada prinsipnya Kitab Suci tidak pernah mengajarkan golongan golongan didalam gereja yang merasa dirinya super melebihi yang lain,hal itu dikutuk habis oleh Paulus sendiri:

I Korintus 3:4 Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?

Hanya manusia duniawi yang hidup berdasarkan kedagingan yang rohaninya tidak mampu melihat gereja yang satu dan am yaitu tubuh KRISTUS yang bersifat universal.





Pertama-tama Paulus sendiri tidak menafikan perpecahan kalau itu diperlukan !

I Korintus 11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

YESUS bukan saja membawa damai tetapi juga pedang pemisah ….karena demi kebenaran maka konsekwensi beriman kepada YESUS dan kebenaran Injil  juga bisa membawa perpecahan baik didalam keluarga apa lagi dengan orang luar.

Mat. 10:34 - 39 "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.  Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Jadi jelas Kitab Suci sudah menjawab pertanyaan anda sendiri yaitu ‘Gerakan Reformasi’ lahir karena konsekwen kepada kebenaran ajaran tertulis para Rasul dimana Kitab Suci merupakan satu satunya otoritas tertinggi bukan manusia fana dan para pemimpin gereja yang kerjanya cuman bikin dosa melulu.




Sebaiknya anda dalami lebih dahulu apa itu makna gereja sebelum terlalu banyak komentar soal gereja bro.

Gereja adalah kumpulan orang percaya yang dipanggil bersekutu untuk dikhususkan melayani Tuhan.

Gereja adalah manusianya bukan gedung,organisasi,institusi,hierarchi,sistim,sakramen dsb.

Cikal bakal semua gereja adalah Gereja Kristen Awal yang berpusat di Yerusalem dibawah pimpinan Yakobus.

Dan dari cikal bakal ini gereja tersebar keseluruh pelosok dunia bukan hanya di Roma doang.

GRK hanyalah gereja lokal (bukan universal) yang berpusat di Roma yang merupakan negara agama dan politik bercampur menjadi satu.

Hanya gereja sebagai tubuh KRISTUS yang bersifat Universal karena diikat hanya oleh satu otoritas yaitu Injil kebenaran Allah.

Gereja yang satu dan am yaitu tubuh KRISTUS itu berdiri pada hari Pentakosta.



Mau tahu sejarah jabatan  gerejawi   ?

1.   Setelah Pentakosta para Rasul dengan pimpinan ROH KUDUS  menyebar keberbagai pelosok dunia untuk membawa kabar baik yaitu Injil. Dunia pada masa itu sering disebut ‘Mediterranean world.’

2.   Jabatan gereja kelompok  yang pertama disebut ‘diakonoi’ atau ‘diaken’ yang berarti pelayan (1 Tim.3:8 – 13).Mereka melayani kebutuhan gereja dan para janda (Kis.6:1-6 ; 1 Tim.5:9-16)

3.   Kelompok berikutnya adalah ‘presbuteroi (1 Tim.3:1-7 ; Titus 1:5-9). Istilah itu berarti Penatua/Tua Tua (older man atau elders). Mereka dianggap yang memiliki pengetahuan rohaniah yang baik khususnya Kitab Suci. PB sering menyebutnya juga dengan ‘episkopoi’ yang berarti over-watcher,overseers atau juga bishops (uskup).(Kis.20:17 ,28 ; Titus 1:5,7).

4.   Periode abad pertama sampai ketiga terjadi perkembangan jabatan gerejawi  seiring dengan semakin tersebar-luasnya gereja. Terdapat seorang pemimpin gereja yang bergelar ‘bishop’ pada suatu daerah tertentu. Jadi sudah ada mulai hierarchi yaitu Bishop – kelompok Penatua – kelompok Diaken. Inilah pola dasar kepemimpinan gereja sejak awalnya.

5.   Perkembangan selanjutnya khususnya di Barat setelah Kristen menjadi agama negara pada era Constantine dan penerusnya,dimana unsur politik sudah memasuki gereja dan banyak timbul kota kota metropolitan maka timbul jabatan baru bagi bishop atau uskup yaitu ‘archbishops atau kalau di Timur disebut ‘metropolitants.’ Mereka sering dianggap menduduki jabatan lebih penting  karena pengaruh lokasinya,yaitu kota yang penting sebagai pusat Kekristenan.

6.   Selama abad ke-4 dimana Kristen sudah merupakan agama negara maka kaisar  Roma memberikan status tambahan sebagai  ‘Government Officials’ kepada para uskup dikota kota besar. Archbishop yang paling besar pada masa itu adalah yang menjabat di Roma,Konstantinopel,Alexandria dan Antiokia. Sedangkan bishop Yerusalem tetap dianggap yang terpenting dan dijuluki sebagai ‘patriarchs.’

7.   Pada abad kelima seorang bishop sudah dianggap sebagai pemimpin resmi dan guru kepala  sebuah gereja tertentu.

8.   Cikal bakal kepausan (papacy) jejaknya dimulai bishop Roma yg ke-8 yaitu Sylvester (314-335). Ketika Kaisar Constantine tahun 330 memindahkan ibukotanya ke Konstantinopel maka terdapat kevakuman kuasa politik di Roma (Eropa Barat). Kevakuman kuasa politik ditambah mulai suramnya kekuasaan kerajaan Romawi melahirkan benih dan ide berkuasa dari bishop Roma Sylvester dan penerusnya yang lain.

9.   Setelah Sylvester maka bishop Leo I (440 – 461) memegang tampuk kekuasaan gereja di Roma. Dia dipanggil sebagai ‘ Leo yang Agung’ atas jasa jasanya menghindarkan Roma dari kehancuran total oleh pendudukan pasukan Barbar Attila tahun 452. Demikian juga Paus Leo ini yang menyelamatkan Roma dari kehancuran serangan Vandals tahun 455.

10.   Banyak pengamat sejarah menobatkan bahwa bishop Leo ini yang pertama kali memproklamirkan bahwa Petrus adalah pendiri gereja Roma dan mengklaim bahwa Bishop Roma adalah ‘Primary Peter’s Sucessor.’ ( Klaim GRK masalah Petrus ini sudah banyak didiskusikan dan ditolak diforum ini karena memang tidak ada dasar Kitab Sucinya sama sekali.)

11.   Bishop Leo mengklaim berdasarkan ‘Hukum Roma’ bahwa semua bishop berikutnya yang diangkat di Roma adalah suksesi jabatan Petrus yang dianggap sebagai bishop yang pertama di Roma dan semua bishop didunia harus tunduk kepadanya.

12.   Sudah tentu klaim sepihak bishop Roma ini ditolak mentah mentah oleh Bishop penting lainnya yang berada di Timur seperti Yerusalem,Konstantinopel,Alexandria dan Antiokia. Mereka yang di Timur tetap menganggap bahwa semua bishop adalah setara.  Klaim Bishop Roma yang haus kekuasaan inilah yang pertama kali menimbulkan bibit dan sumber perpecahan didalam tubuh gereja Kristen.

13.   Agenda mendirikan dinasti papacy ini tetap diperjuangkan oleh bishop Roma dan mencapai puncaknya oleh bishop Gregory The Great (590 – 604). Dialah yang sering dianggap sebagai yang pertama kali memegang jabatan yang disebut Paus,walaupun ia mendapat tantangan keras dari John IV Patriarch Konstantinopel yang menganggapnya sangat arogan karena menyatakan dirinya sebagai ‘Universal Bishop.’  Pada era ini bishop Roma disebut ‘papa’ (Latin) atau ‘papas’ (Greek) yang berarti ‘Bapa.’Istilah ‘Bapa’ ini sebenarnya sudah melawan ajaran YESUS sendiri yang mengatakan : Matius 23:9 Dan janganlah kamu menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.

Demikian sedikit uraian sejarah gereja di Barat mudah mudahan bisa menyadarkan keangkuhan dan arogansi anda terhadap gereja anda dan bisa melihat secara clear fakta fakta sejarah yang obyektif.

Salam
October 27, 2011, 02:31:26 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 740
  • Denominasi: Protestan
Sejarah Gereja Katolik adalah delusi, dongeng, eerrrooorrr  

Dapat ilmu dari mana bro, kalau dapat bocoran, di share dong, kalau dapat ilham baru boleh di sampaikan ke kita kita semua, hi hi hi.

Makanya saya tanyakan ke anda, dimana gereja anda saat awal itu, beum turun dari surga barangkali?

Itu namanya delusi bro, menyangkal apa yang sudah tertulis sejarah, ngga apa apa juga sih, hitung hitung menghibur diri sendiri, paling tidak anda boleh berbangga sedikit tentang gereja anda.

Makanya belajar sejarah gereja dengan benar, bukan manggut manggut dari kata gembala gereja ada saja, coba tanya tanya pihak lain, pihak Gereja Orthodox, Belajar dari sejarah dunia, baca buku2 lain yang memberi pencerahan, jangan cuma lihat Alkitab terus merasa sudah jadi nabi.

Ya betul, makanya gereja anda sekarang pecah makin lama makin kecil dan makin banyak, bagai deret ukur, semakin banyak dan semakin kecil.

Nah, kita lihat mana gereja yang tetap solid selama 2000 tahun? Ehm kalau boleh tahu, kapan gereja anda pertama kali didirikan? 5 tahun lalu ? atau 10 tahun? Bisa bertahan hingga kapan bro? 20 tahun lagi barangkali? :D

Dapat sejarah gereja seperti ini dari mana bro? Punya sumber yang bisa dipercaya? Di share dong, terutama pengarangnya.

Untuk dongeng anda tentang sejarah gereja versi anda, bisa dibuat kan thread baru bro, karena banyak yang harus anda revisi tuh, karena semuanya eerrrooorrr he he he he.


Sejarah Gereja gelap dan dilupakan saja
Seingat saya dulu waktu SMP dan SMA, titik awalnya selalu reformasi. Tidak pernah ada yang menyinggung tentang para Rasul ataupun Bapa Gereja. Jadi 'masa kegelapan' itu ya dilupakan saja, bahkan tidak pernah disentuh. Kan 'gelap'?

YESUS jubah putih, Bapa tidak berwajah (ala komik Jack Chick), Sorga sepi
Sejujurnya, saya tidak pernah merasa sedekat kini dengan KRISTUS, Maria, dan para Rasul-Nya daripada dulu saat saya hanya tahu yang namanya YESUS dengan jubah putihNya, tanpa disertai siapapun. Dulu sorga terasa begitu sepi, hanya Bapa yang tidak berwajah (ala komik Jack Chick), YESUS, dan seekor burung merpati, serta beberapa malaikat bersayap. Kini surga terasa begitu ramai dengan KRISTUS dan para Kudus-Nya...

Protestan tidak tahu apa2 kecuali setelah Reformasi. Bruce tahu sejarah gereja secara lengkap.
Ha ha ha, thanks atas share anda bro, paling ngga saya ngga terlalu heran lagi, melihat mengapa member Protestan seolah ngga tahu apa apa kecuali setelah masa reformasi saja. Rupanya itu sebabnya.

Dalam hal ini, saya lebih beruntung, saya mengenal sejarah gereja dengan lengkap.

Bruce Katolik Orthodox

Pantekosta bro. Nenek dari papa saya lah yang membawa seluruh keluarga besar saya akhirnya mengenal KRISTUS.

Hanya beliau satu-satunya yang begitu setia dan sederhana membawa keluarganya kepada pengenalan akan KRISTUS. Kakek saya budhist, dan dari mama saya konghucu atau budhist, gak jelas. Akhirnya mama saya ketemu papa saya, yang adalah seorang pantekosta yang setia, seperti halnya nenek saya.

Mama saya sendiri pada mulanya tidak suka dengan yang namanya 'gereja'. Sejak kecil selalu papa saya yang mengantar saya dan adik-adik ke sebuah gereja pantekosta di kota saya. Dari kesaksian hidup papa saya, hampir seluruh keluarga dari mama saya akhirnya mengenal KRISTUS, bahkan mama saya yang paling fanatik.
;D

Beliau marah dan sampai menangis saat saya memutuskan memeluk iman Orthodox. :)
Hopefully, dia akan menerima saya pada akhirnya, dan bersama-sama juga masuk dalam Gereja-Nya. Entah kapan. Tuhan yang tahu.
:)


Maria ala Katolik (MAK) berbeda dengan Maria bunda YESUS

Coba kita lihat peran gembala penerus Petrus (bapa Paus). Sang gembala tetap dijadikan panutan bagi domba-dombanya.

Entah kenapa, ketika gembala berkata pada dombanya : MARIA itu Bunda YESUS,.. masih ada juga yg mengatakan bahwa Maria ala Katolik (MAK) berbeda dengan Maria bunda YESUS yg tertulis di alkitab.

FAKTA jika tidak ada katolik

klo nggak ada katolik, Protestan nggak ada.
Klo mo lebih ke belakang, ya nggak ada Kristen!!
so...fakta tidak bisa dihilangkan walaupun ada yg mo menyangkal. he..he..

Tanpa ada Katolik, tidak ada yang namanya Protestan,
anda tidak kenal KRISTUS,
anda tidak punya Alkitab,
anda tidak kenal sekolah, anda tidak tahu Universitas.
Tanpa Katolik, anda masih menyembah batu di hutan.
Dengan kata lain

Tanpa ada agama Katolik, maka KRISTUS tidak dapat mengenalkan diriNya pada manusia

Tanpa ada agama Katolik, maka jemaat yang percaya KRISTUS tidak akan punya Alkitab

Tanpa ada agama Katolik, maka tidak ada sekolah maupun universitas

Manusia akan tetep nyembah batu di hutan sekalipun Firman sudah turun ke dunia kalau gak ada gereja katolik.

Terima kasih untuk kesaksian betapa berkuasanya agama Katolik di dunia ini.

Ngga usah berandai andai, itu FAKTA, mau ngaku atau tidak, bukan urusan saya toch ?

4. Nama ‘Gereja Katolik’ pertama diresmikan pada awal abad ke-2 (tahun 107), ketika Santo Ignatius dari Antiokhia menjelaskan dalam suratnya kepada jemaat di Syrma 8, untuk menyatakan Gereja Katolik sebagai Gereja satu-satunya yang didirikan YESUS, untuk membedakan umat Kristen dari para heretik pada saat itu yang menolak bahwa YESUS adalah Allah yang sungguh-sungguh menjelma menjadi manusia, yaitu heresi/ bidaah Docetism dan Gnosticism.

Dengan surat ini St. Ignatius mengajarkan tentang hirarki Gereja, imam, dan Ekaristi yang bertujuan untuk menunjukkan kesatuan Gereja dan kesetiaan Gereja kepada ajaran yang diajarkan oleh KRISTUS. Demikian penggalan kalimatnya,

“…Di mana Uskup berada, maka di sana pula umat berada, sama seperti di mana ada YESUS KRISTUS, maka di sana juga ada Gereja Katolik.”


5. Jadi benar, bahwa pada Kis 11:26 memang murid-murid YESUS pertama disebut sebagai Kristen. Namun ada sebagian orang yang mengaku Kristen tersebut mengajarkan doktrin yang sesat, seperti Docetim dan Gnosticism. Maka istilah Gereja Katolik digunakan untuk menandai Gereja yang didirikan oleh KRISTUS, yang mengajarkan doktrin yang lengkap, bukan seperti pemahaman para heretik tersebut yang juga mendirikan gereja mereka sendiri.

6. Penambahan “ROMA” pada Gereja Katolik, maksudnya hanya untuk menunjukkan di mana kepemimpinan Gereja berada.

Sejak dari abad awal yaitu pada jaman St. Klemens (96 AD), diketahui bahwa St. Petrus sebagai Uskup di Roma memang telah terbukti memegang kepemimpinan untuk menyelesaikan konflik antar jemaat di Korintus. Pada kenyataannya, tanpa menyebut Roma sekalipun, istilah Gereja Katolik yang kita kenal sekarang mengacu pada Gereja yang didirikan oleh KRISTUS, yang kini dipimpin oleh seorang Paus di Roma.

7. Sekitar tahun 325 memang agama Kristen dinyatakan sebagai agama negara oleh Kaisar ROMA Konstantin, tetapi, tidak berarti bahwa sejak itu pengajaran diselewengkan dengan mudahnya.

Namun ia dan juga semua umat Kristen pada saat itu tidak dapat mengubah doktrin sesuai dengan kehendak mereka. Sebab yang berperan dalam pengajaran adalah para Uskup, pengganti para rasul. Kepada merekalah YESUS berjanji bahwa Ia akan menyertai sampai akhir jaman (Mat 28:20), dan penyertaan YESUS ini terutama terlihat dari campur tangan-Nya dalam menjaga kemurnian ajaran Gereja.

Prinsip yang sangat keliru yang dituliskan dalam buku Roman Catholicism itu adalah tuduhan secara umum bahwa ajaran yang diumumkan oleh Magisterium Gereja pada suatu tahun tertentu, diartikan sebagai ajaran yang ‘baru saja ditemukan’, yang berupa ‘penyelewengan’ dari ajaran Alkitab. Betapa kelirunya pola pandang seperti ini! Padahal jika kita mempelajari sejarah dengan membaca tulisan para Bapa Gereja, kita akan mengetahui bahwa ajaran-ajaran yang ditetapkan dalam Konsili para Uskup atau doktrin yang diumumkan oleh Paus, semuanya berakar dari ayat-ayat Alkitab dan pengajaran para Rasul dan Bapa Gereja.

Magisterium (dalam hal ini Paus dan para uskup dalam persekutuan dengannya) hanya menegaskan kembali secara definitif. Biasanya untuk maksud memperjelas, atau untuk menanggapi adanya heresi/ ajaran sesat yang ada pada saat itu, sehingga ajaran yang benar harus ditegaskan.

Perhatikan ucapan para Bapa Gereja yang sudah diucapkan jauh SEBELUM kaisar Konstantin ada :

1. St. Yustinus Martir (155) membandingkan Hawa dengan Bunda Maria. Hawa, manusia perempuan pertama terperdaya oleh Iblis yang kemudian membawa maut; sedangkan Maria percaya kepada pemberitaan malaikat Gabriel, dan karena itu ia mengandung Putera Allah yang membawa hidup. (St. Yustinus Martir, Dialogue with Trypho the Jew, 155 AD, p.100)

2. St. Irenaeus (180): “Ikatan ketidaktaatan Hawa dilepaskan oleh ketaatan Maria. Apa yang terikat oleh ketidakpercayaan Hawa dilepaskan oleh iman Maria.” (St. Irenaeus, Against Heresies, 189 AD, 3:22:24)

Jadi, mana yang lebih kita percayai, ucapan para Bapa Gereja yang sudah menyatakannya sejak th 155 AD, atau para 'ahli' yang menulis sejarah gereja ribuan tahun kemudian ?

Apakah sebelum abad 7, gereja tidak punya pemimpin?
Apakah kalau tidak disebut berarti tidak ada?
Gereja apa yang dipimpin oleh Paus itu sejak abad 7 hingga abad 16 ?
Gereja apa yang dipimpin oleh Paus itu sejak abad 16 hingga sekarang ?

Jawabnya perlahan dan hati hati bro, karena butuh mengerti apa yang saya tanyakan.

« Last Edit: October 27, 2011, 11:40:33 AM by apples »
October 27, 2011, 02:45:46 AM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 175
  • Gender: Female
  • Denominasi: Pengikut Yesus
ooohhhh begitu to sejarahnya,, berarti emang pengajaran di katolik beda,, hehe selama ini saya sekolah di sekolah katolik sih,, jadi baru tau,,, tengkyu tengkyu,, :happy0025:
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia." (yohanes 14:23)
October 27, 2011, 04:23:39 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7584
 :afro: :afro:

Itulah fakta sejarah yang terus menerus oleh GRK di sembunyikan, dan mengatakan bahwa Gereja Roma katolik lah Gereja mula2, oleh Bruce.

Jenova dan Fantioz lebih jujur dan terbuka, mereka mengatakan dengan berani apa yang tertulis, tidak manipulasi dan membohongi jemaat yang tidak tahu apa2.

Bersyukurlah Tuhan memakai internet memberi informasi yang benar, buku2 sejarah gereja dll

Seperti yang Alkitab katakan, tidak ada yang tersembunyi, pasti akan terbuka semua yang tidak benar.

Gereja adalah persekutuan orang orang yang di panggil keluar oleh Allah dan di pisahkan untuk Allah , suatu Umat pilihan dimana Kristus sebagai kepala dan anak anak Allah adalah TUBUH KRISTUS.

Gereja bukan organisasi, lembaga, gedung, KEPALA GEREJA ADALAH TUHAN YESUS SENDIRI.

Kepala Gereja bukan Paus , Pendeta, atau yang lainnya, tidak ada satupun manusia mempunyai kuasa menguasai suatu jemaat.

Setia pemimpin jemaat akan di adili lebih berat dari orang lain, karena tanggung jawabnya yang besar memimpin jemaatnya, untuk mengenal Tuhan yang benar.

 
October 27, 2011, 06:08:26 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 739
  • FK - Reborn
  • Denominasi: Jesus seeker
Kalau gereja Orthodox apakah menurut TS / Robin Tweety juga terpengaruh oleh Romawi dan kekaisarannya?

Karena pusat-nya kan bukan di roma, tapi tersebar di banyak kota / negara
October 27, 2011, 07:01:28 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11325
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Quote
Itulah fakta sejarah yang terus menerus oleh GRK di sembunyikan, dan mengatakan bahwa Gereja Roma katolik lah Gereja mula2, oleh Bruce.

Maksud sis, Gereja Protestan lah Gereja mula2...
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
October 27, 2011, 07:03:01 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11325
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Bagaimana apples? Thrend kamu tujuannya apa? Apakah kamu mau mengatakan bahwa Protestan ialah lanjutan dari Gereja Awal yg berpusat di Yerusalem?
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
October 27, 2011, 07:09:21 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
BTW Orthodox punya doktrin Mariology tidak yach? Please advise.
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
October 27, 2011, 07:36:46 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11325
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
BTW Orthodox punya doktrin Mariology tidak yach? Please advise.

Bagaimana kamu mengertikan Mariology?

Mariology ialah penelitian tentang siapakah Maria itu sama seperti Anthropology ialah penelitian tentang siapakah Manusia itu, paham?

Jangan mengertikan secara negatif seolah2 Mariology itu satu tindakan penyembahan.

Kalu Mariology ialah satu tindakan penyembahan maka hal yang sama boleh dikatakan pada Anthropology. Tetapi apakah Antropology ialah satu tindakan penyembahan kepada Manusia!

Paham?

Makanya kamu banyak belajar, biar ngga di ketawain orang Kristen.

Orang Kristen yang baca tulisan kamu tuh cuma ketawa-ketiwi terus pergi..

agak bosan gitu lho..

Kenapa?

Karena tulisan kamu itu semuanya lucu.. kamu merasa sudah ngerti tentang Mariology, tapi padahal tulisanmu membuktikan sebaliknya.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
October 27, 2011, 01:14:57 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4540
  • Gender: Male
  • Stella-Maris---Living-It-Up
  • Denominasi: the origin of Church
aples, rita:

nyatakanlah kalau gereja anda adalah gereja mula2... maka saya akan pindah ke gereja anda, segera!


membuat sejarah adalah hal yg mudah.. tapi mempertanggungjawabkannya???
jadi, Gereja katolik bukanlah kelanjutan dari gereja mula2..

GEREJA PROTESTANLAH KELANJUTAN DARI GEREJA MULA2!  ;D  ;D  ;D

nyatakanlah bro, sis! maka itu akan menjadi joke of the day!

protestan yg mana?
hoi.. andre, taukah sejarah gerejamu?
“…jadilah pendosa, dan biarkan dosa2mu menjadi kuat. Tapi biarkan kepercayaanmu akan Kristus lebih kuat. Tidak ada dosa yg dapat memisahkan kita dariNya, sekalipun jika kita melakukan pembunuhan dan perzinahan ribuan kali sehari..." (SolaFide by Luther)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)