Author Topic: Israel Vs Palestina  (Read 7606 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 03, 2011, 08:29:15 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
Teman-teman di dalam forum Kristen,
sedikit sharing saya mendapatkan tugas presentasi dari dosen
tentang, DAPATKAH KERUKUNAN DAPAT TERJADI ANTARA ISRAEL DAN PALESTINa???.

oleh sebab itu saya minta sharing nya dong teman2 mengenai hal ini,,
Pandangan Alkitab mengenai Hal ini,
trus awal-awal kok bisa terjadi peperangan,
trus peperangan nya tidak bisa berhenti sampai sekarang ini,
(apakah smua nya itu adalah rencana Tuhan??)

peran kita sebagai anak Tuhan yang di ajarkan untuk saling mengasihi menanggapi hal ini??

terima kasih
GBU
November 03, 2011, 08:56:04 PM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Protestab
menurut saya, kalau dari sisi israel sangat mungkin untuk berdamai karena dalam agama yahudi tidak ada rasanya ajakan untuk membenci orang lain, hal ini berbeda dengan palestina yang notabene adalah (sebagian besar) muslim dimana di dalam alkuran mereka menganggap yahudi adalah babi dan monyet.
Jikalau pun orang israel/yahudi masuk islam mereka akan tetap dimusuhi. :char12:
November 03, 2011, 11:01:19 PM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 469
  • Gender: Male
  • Pengamat
Saranku coba kamu cari tahu tentang kehancuran dunia Yahudi. Ini berkaitan dengan pemberontakan yang berujung ke kehancuran Yerusalem di tahun 60an M.

Gw juga pernah dapet info kalau setelah dunia Yahudi itu hancur, pihak Romawi menamakan tanah Kanaan menjadi Palestine, yang diambil dari nama musuh bebuyutan kaum Israel (Filistin). Terus coba cari tahu setelah kehancuran dunia Yahudi itu statusnya tanah Kanaan gimana, yang kemudian kita tahu terjadinya Perang Salib. Muslim selalu mengklaim bahwa perang salib bukti ke-barbar-an Kekristenan, tapi Gw juga pernah dapet info kalau pangkal masalahnya terjadi jauh sebelumnya, yaitu infasi Muslim (coba cek kekaisaran Ottoman, mungkin ada petunjuk di situ mengenai tanah Kanaan ini).

Kalau pangkal dari kemelut dalam dunia modern kamu bisa cek dari Wikipedia. Yang Gw tau masalah Intifada Al Aqsa, waktu PM Israel waktu itu (Gw lupa) menginjakkan tanah ke salah satu Masjid di Palestina yang menimbulkan kemarahan dari Palestina. U can search on wikipedia. It should help you.

Kalau sampai sekarang konflik masih terus berkecamuk, kerap kali kita melihat dari sudut pandang kekejaman Israel. Gw rasa Israel menginginkan menduduki tanah sebagaimana jaman PL dulu. Tapi kemaren pas Gw maen-maen di kaskus ada sesuatu yang menarik mengenai propaganda Palestina. Coba cek :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10854821

Di situ, menurut Reuters Palestina sengaja menggunakan tameng anak-anak, bahkan membunuh warganya sendiri! untuk menarik perhatian Internasional. Ada video dokumenternya juga. Bisa kamu cek.

Menurut Gw, nyatanya kesalahan ada di dua belah pihak.  Tapi kalau kita lihat di dunia modern ini, Israel emang rada-rada keterlaluan. Gw pernah baca buku "Palestina Milik Siapa" (baru awalnya doang sih :D), di situ dibilang kalau pengungsi Palestina jadi masalah buat Lebanon dan negara-negara sekitar. Mereka terpaksa mengungsi karena diusir oleh Israel. Bahkan kamp pengungsian mereka sangat tidak layak. Pengangguran di mana-mana. Kesejahteraan jelas tak terurus. Kerap kali Israel tidak mematuhi resolusi PBB.

Di sisi lain dari pihak Palestina, kamu coba kroscek info yang aku kasih berdasarkan thread kaskus sama yang ini :

http://whyweleft.blogspot.com/2009/08/pasal-2-mengapa-saya-meninggalkan-islam.html

Di situ dikatakan oleh seorang pemuda kelahiran Betlehem yang menjadi Muslim radikal dan semenjak kecil sudah bercita-cita mati syahid (mengharapkan tertembak oleh tentara Israel dan wajahnya terpampang dalam media-media).

Sikap kita sebagai orang Kristen, kita doakan saja supaya perdamaian terjadi di sana. Supaya Israel mematuhi resolusi yang telah dikeluarkan PBB. Kalau gak salah mereka diminta untuk menuruti batas negara Israel-Palestina yang sudah disepakati tahun 60-an (koreksi saya jika saya salah).

Pula aku ingin menambahi, ini sih sebagai argumen pribadi. Coba perhatikan bahwa kurang lebih 30 tahun setelah wafat dan kebangkitan Yesus (kebangkitan gerakan Yesus oleh para pengikut-Nya), Bait Salomo yang menjadi lambang Hukum Taurat (karena dipercaya di sana diletakkan Tabut Perjanjian dan dua loh batu Sepuluh Perintah Allah -ada yang menyebutkan hilang sebelum penjajahan Babel-) dihancurkan oleh kekaisaran Romawi pada tahun 60an. Aku melihat ini sebagai tanda bahwa Hukum Taurat sudah digenapi, sudah selesai, dan dimulailah era baru hukum kasih karunia dalam Yesus Kristus.

Dengan demikian sebagai orang Kristen kita harus menjunjung tinggi perdamaian dan bukannya memandang konflik Israel-Palestina sebagai detak jam eskatologis hingga kedatangan Yesus yang kedua kalinya.

Tuhan Yesus memberkati.
November 04, 2011, 03:18:35 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2491
  • Gender: Male
Hmmm............ dari jaman Abraham yang namanya orang filistin(palestina) selalu cari gara2 terhadap umat TUHAN, klo ga salah sampai TUHAN menyuruh israel untuk menumpas habis orang filistin ini. Tapi karena belas kasih israel tidak mendengarkan TUHAN dan tidak menumpas habis filistin hingga akhirnya permsalahan ini tidak pernah berakhir.... akan tetapi TUHAN sendirilah yang telah berfirman untuk membinasakan filistin ini.............

Inilah daerah Filistin atau Palestina dahulu
P. Lama: Yosua: 13
13:2 Inilah negeri yang tertinggal: segenap wilayah orang Filistin dan seluruh negeri orang Gesur,
13:3 mulai dari sungai Sikhor di sebelah timur Mesir sampai ke daerah Ekron ke arah utara--semuanya itu terhitung tanah orang Kanaan--;ada lima raja kota orang Filistin, yakni di Gaza, di Asdod, di Askelon, di Gat dan di Ekron--;dan orang Awi


Firman Tuhan melalui nubuatan Yeremia
P. Lama: Yeremia: 47
47:1. Firman Tuhan yang datang kepada nabi Yeremia mengenai orang Filistin, sebelum Firaun mengalahkan Gaza.
47:2 "Beginilah Firman Tuhan: Lihat, air yang meluas mengamuk dari utara menjadi sungai yang membanjir, membanjiri negeri serta isinya, kota serta penduduknya. Manusia akan berteriak, dan seluruh penduduk negeri akan meratap,
47:3 mendengar bunyi derap kuku kudanya, mendengar derak-derik keretanya, kertak-kertuk rodanya. Para ayah tidak lagi berpaling menoleh kepada anak-anak, sebab tangan mereka sudah lemas,
47:4 oleh karena telah tiba harinya untuk membinasakan semua orang Filistin, dan melenyapkan bagi Tirus dan Sidon setiap penolong yang masih tinggal. Sungguh, TUHAN akan membinasakan orang Filistin, yakni sisa orang yang datang dari pulau Kaftor.
47:5 Gaza telah menjadi gundul, Askelon telah menjadi bungkam; hai Asdod, sisa orang Enak, berapa lama lagi engkau menoreh-noreh diri?

TUHAN sendiri berfirman akan membinasakan orang Filistin...........


Firman Tuhan dari nubuatan Yehezkiel
P. Lama: Yehezkiel: 25
25:15 Beginilah Firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena orang Filistin membalaskan dendam kesumat dan di dalam kegembiraannya atas kecelakaan Israel melakukan pembalasan dengan melakukan pembinasaan karena rasa permusuhan yang turun-temurun,
25:16 oleh sebab itu, beginilah Firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan orang Filistin dan melenyapkan orang Kreta dan membinasakan yang lain-lain di tepi pantai laut.
25:17 Aku akan melakukan pembalasan yang kejam terhadap mereka disertai penghajaran-penghajaran kemarahan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku melakukan pembalasan-Ku terhadap mereka."

dapat dilihat bahwa permusuhan sudah turun temurun, dan TUHAN mengacungkan tangan untuk melenyapkan orang Filistin.

Firman Tuhan melalui nubuatan Amos
P. Lama: Amos: 1
1:6 Beginilah Firman Tuhan: "Karena tiga perbuatan jahat Gaza, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah mengangkut ke dalam pembuangan suatu bangsa seluruhnya, untuk diserahkan kepada Edom,
1:7 Aku akan melepas api ke dalam tembok Gaza, sehingga purinya dimakan habis;
1:8 Aku akan melenyapkan penduduk dari Asdod dan pemegang tongkat kerajaan dari Askelon; Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Ekron, sehingga binasalah sisa-sisa orang Filistin," Firman Tuhan ALLAH.

dapat dilihat yang dibold bahwa seluruh kota Filistin dihancurkan oleh TUHAN dan binasalah orang Filistin........


dan yang terakhir Firman Tuhan melalui nubuatan Zefanya

P. Lama: Zefanya: 2
Terhadap kamulah Firman Tuhan ini: Hai Kanaan, tanah orang Filistin! Aku akan membinasakan engkau, sehingga tidak ada lagi pendudukmu.
2:6 Daerah Tepi Laut akan menjadi tempat kediaman bagi gembala-gembala dan kandang berpagar bagi kambing domba.
2:7 Daerah Pinggir Laut akan menjadi kepunyaan sisa-sisa kaum Yehuda. Mereka akan merumput di sana dan berbaring di rumah-rumah Askelon pada malam hari; sebab TUHAN, Allah mereka, akan memperhatikan mereka dan akan memulihkan keadaan mereka.

dari yang di bold diatas dapat dilihat nasib akhir bangsa filistin/palestina bahwa penduduk mereka terakhir akan ada di gaza dan itupun akan dilenyapkan kemungkinan oleh orang Yahudi sebab pada akhirnya daerah pantai itu atau gaza akan ditempati oleh sisa sisa kaum Yehuda.


Jadi kesimpulannya atas jawaban pertanyaan anda tidak akan ada yang namanya perdamaian sebenarnya antara Israel dan Palestina............. Sebab TUHAN sendiri sudah berfirman untuk melenyapkan dan membinasakan Palestina. Menyedihkan memang akan tetapi itulah kenyataannya............. Semoga dapat membantu..................... TUHAN YESUS memberkati.....................
"Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
November 04, 2011, 06:46:30 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3219
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

menurut saya, kalau dari sisi israel sangat mungkin untuk berdamai karena dalam agama Yahudi tidak ada rasanya ajakan untuk membenci orang lain, hal ini berbeda dengan palestina yang notabene adalah (sebagian besar) muslim dimana di dalam alkuran mereka menganggap Yahudi adalah babi dan monyet.
Jikalau pun orang israel/Yahudi masuk islam mereka akan tetap dimusuhi. :char12:

tahu ngga' orang2 Yahudi anggap bangsa-bangsa lain selain Yahudi itu "ANJING"?
Anda dan saya pun dalam kategori "ANJING" dalam pandangan orang Yahudi.

Dan harus dipahami bahwa perang Israel-Palestina BUKAN PERANG AGAMA tetapi PERANG WILAYAH, jadi tidak perlu bawa2 sentimen agama Islam-Kristen-Yahudi.

Yahudi/ Israel masa kini tidak identik dengan Kristen dan Palestina pun tidak identik dengan Islam. Mayoritas Israel adalah Yahudi dan 'sebagian kecil' Yahudi adalah Kristen. Israel sebagian kecilnya penduduknya adalah juga Arab Muslim (warga Arab-Israel) 16%.
Palestina sebagian besar adalah beragama Islam dan sebagian kecilnya adalah Kristen-Arab Palestina. Di daerah Betlehem, hampir 30 persen penduduknya adalah Palestina Kristen atau Katolik.
Jadi lebih baik tidak membawa isyu perang Israel-Palestina berhubungan dengan agama Kristen. Yudaisme adalah akar Kekristenan, betul. Perjanjian Lama (TANAKH) menjadi bagian dalam Alkitab kita, betul. Namun jangan lupa orang Yahudi tidak menganggap Kekristenan itu kontinuitas dari Yudaisme. Terlebih mereka menolak Yesus Kristus sebagai Mesias (Almasih) dan mereka sekarang ini masih menanti-nantikan Mesias yang lain.

Maka tidak seharusnya hal tersebut menjadikan iman kita condong kepada Nasionalisme Yahudi (zionist) secara fisik. Iman Kekristenan menekankan hal-hal rohaniah bukan hal-hal fisik ataupun perang-perang secara fisik. Perang Israel-Palestina, bukan perang kita. Tidak ada alasan bagi kita untuk menjadi supporter salah satu pihak dengan alasan Palestina itu arab/muslim, ataupun menggunakan isu-isu Zionist! Pendek kata, tak perlu kita menjadi supporter salah satunya karena sentimen keagamaan.
 
Blessings,
BP

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
November 04, 2011, 07:50:27 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 711
  • Gender: Male
  • Kasihilah sesama akan yang lain
Salam damai sejahtera untuk semua.

Sebagai tubuh Kristus, jemaat seharusnya sudah mulai menyadari bahwa mereka yang di bawah hukum Taurat, tidak berhak menggunakan kuasa manusia atas manusia yang diterima setiap orang dalam Dua Kasih Terutama.

Saya ada ketidaktahuan, semoga Sarapan Pagi dan saudara-saudara yang lain berkenan memberikan pengetahuan.
Apakah Isa dalam Islam dikenal mereka nabi Isa Al Masih?
Apalah Isa dalam Islam mengenal nabi Isa Al Masih adalah samadengan nabi Yesus Penebus Dosa?

Terpujilah Tuhan.
Sebab Kristus datang untuk yang terakhir kalinya maka hiduplah dalam Dua Kasih Terutama.
November 04, 2011, 09:48:52 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5328
  • Gender: Male
mungkin kalo negara2 pembenci yahudui tidak ikut2an....
kalo diselesaikan berdua pasti ada jalan damai... masalahnya adalah negara dengan ajaran garis keras seperti iran yang selalu mengambil keuntungan...
November 04, 2011, 09:57:28 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3219
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

mungkin kalo negara2 pembenci yahudui tidak ikut2an....
kalo diselesaikan berdua pasti ada jalan damai... masalahnya adalah negara dengan ajaran garis keras seperti iran yang selalu mengambil keuntungan...

Pandangan Ahmadinejad tidak selalu buruk, dia kritis terhadap negara2 barat memang karena barat terlalu banyak campur-tangan di negara2 orang. Btw saya suka komentar dia soa Lybia.

Itu negara2 barat kan bekas penjajah, sifat ini nggak akan pernah ilang, penjajah ya penjajah.
Apalagi mereka sudah mulai bangkut dan banyak utang. Pikiran mereka nggak bakal jauh dari gimana cara ngerampok minyak negara orang, entah dibungkus dengan isyu demokrasi dan human right.

Jangan kebanyakan nonton BBC n CNN lah, bule menangin bule :)
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
November 04, 2011, 10:09:21 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5328
  • Gender: Male
Pandangan Ahmadinejad tidak selalu buruk, dia kritis terhadap negara2 barat memang karena barat terlalu banyak campur-tangan di negara2 orang. Btw saya suka komentar dia soa Lybia.

Itu negara2 barat kan bekas penjajah, sifat ini nggak akan pernah ilang, penjajah ya penjajah.
Apalagi mereka sudah mulai bangkut dan banyak utang. Pikiran mereka nggak bakal jauh dari gimana cara ngerampok minyak negara orang, entah dibungkus dengan isyu demokrasi dan human right.

Jangan kebanyakan nonton BBC n CNN lah, bule menangin bule :)

shallom bro sarapan pagi
kalo pendapat bahwa negara israel tidak boleh ada di muka bumi tu gimana?????
sebagai info dulu semua negara timur tengah pun saling menjajah..nah apa bedanya????
ingat babilonia, ayur, persia, mesir......
setahu saya Amerika belum menjajah secara "langsung"
November 04, 2011, 10:28:44 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3219
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

kalo pendapat bahwa negara israel tidak boleh ada di muka bumi tu gimana?????

Saya bilang Ahmadinejad "tidak selalu buruk" sebaliknya  memang tidak selalu dapat dibenarkan.

Tetapi kalau berdasarkan "de-facto" sejarah, pembentukan negara Israel memang "merebut" sebagian tanah Palestina. Dikatakan "merebut" karena memang negara Israel itu "absen" dari tanah Palestina sejak lama (hampir 2 millenium). Pembentukan negara Israel Baru tahun 1949, memang dengan cara merebut daerah2 di daratan Palestina tersebut.

Jadi Ahmadinejad berdasarkan fakta itu, tidak salah2 amat.
Mungkin berbeda dengan rekan Kristen lain disini. Saya tidak mau melihat hal tersebut dalam bungkusan "sentimen ataupun simpaty pada Yahudi (zionis)".

sebagai info dulu semua negara timur tengah pun saling menjajah..nah apa bedanya????
ingat babilonia, ayur, persia, mesir......

Setelah orang Eropa Masuk ke Afrika, Asia dimulai dari Alexander Agung, kemudian bangsa Romawi, terus berlanjut negara2 Barat kemudian yang menguasai dunia, sebagai koloni, terus berlangsung sampai Milenium ke-2 Masehi.
Saya bicara tentang hal-hal yang lebih aktual ketimbang zaman ancient Perjanjian Lama.

setahu saya Amerika belum menjajah secara "langsung"

Astaga.....

gini aja deh....

Ngapain mereka ngga' pergi2 dari Iraq?

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)