Author Topic: Pertanyaan Untuk Katolik: Untuk Apa Membuat Patung?  (Read 14975 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 15, 2011, 12:05:46 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1280
Vid, logikanya koq mepet banget sih, mbok ya dibuat sedikit lebih luas gitu lho.

Saya koq jadi merasa percuma memberi penjelasan yang lebih detil ya. Ya sudah, BTT aja deh, walau judul topik sudah terjawab juga. Tinggal di LOCK aja.

Ya bagaimana kalau harus ditanggapi 'gosip tentang Maria itu  :mad0261:
Namanya juga menanggapi gosip, ya tinggal have fun aja. Ya enggak  :D

Referensi yang benar ini bro :  ;D

Rom_3:23  Karena semua orang kecuali Maria versi katolik  telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
Rom_5:12  Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa..
« Last Edit: November 15, 2011, 12:14:24 PM by d4v1d lagi »
November 15, 2011, 12:43:26 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Damai bagimu dav1d.
Posting dari Bruce,
Quote
1. St. Irenaeus (180): “Hawa, dengan ketidaktaatannya [karena berdosa] mendatangkan kematian bagi dirinya dan seluruh umat manusia, … Maria dengan ketaatannya [tanpa dosa] mendatangkan keselamatan bagi dirinya dan seluruh umat manusia…. Oleh karena itu, ikatan ketidaktaatan Hawa dilepaskan oleh ketaatan Maria. Apa yang terikat oleh ketidakpercayaan Hawa dilepaskan oleh iman Maria.”
    ..dst..
Anda tanggapi dengan:
Quote
Kalau begitu, karena jasa Marialah maka seluruh umat manusia diselamatkan.
Dan karena jasa Maria pula Tuhan Semesta Alam bisa dilahirkan.

Maria versi Katolik ini benar-benar hebat, dongengan Superman ngaku kalah deh ama dongengan Maria versi katolik  :afro:
Kenapa sih?

Apakah angka tahun 180 itu terlalu nyelekit?

Atau d4v1d punya kisah Maria versi selain versi itu, misalnya versi Luther, atau lainnya? Sharing-kan saja. Kebebasan mengeluarkan pendapat secara lisan maupun tulisan sudah dijamin perundang-undangan di negeri ini kok, sepanjang tidak melecehkan pihak lain, terutama pihak mayoritas.

Damai, damai, damai.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
November 15, 2011, 03:56:24 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
kalo yang dibayangin sama seperti Patung katolik, jadi lucu juga yah sist, Patungnya dihujat, tapi "image"nya dipake.

karna tanpa Patung/gambar dari katolik/orthodox mau bayangin siapa? hehe :)



yang di bayangin itu siapa ??

hanya bayang bayang aja,

fantasi

sia sia

November 15, 2011, 04:22:34 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
yang di bayangin itu siapa ??

hanya bayang bayang aja,

fantasi

sia sia


Bro, saya jadi ingin tahu juga, jika anda membayangkan Jesus, seperti apa sih yang anda bayangkan itu? Bagaimana umat Protestan bisa berkata telah berjumpa dengan Jesus, apakah wajah wajah ini tidak anda kenali :

http://forumkristen.com/index.php?topic=30337.0

Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 16, 2011, 12:30:49 PM
Reply #34
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 16
poin saudara ini punya beberapa kelemahan.
1. bukankah ayat yang saya kutip sudah jelas, bahwa kita menyembah dengan "roh", karena Allah juga adalah roh?

2. jika saudara menerapkannya pada indera penglihatan, bagaimana penerapannya dengan indera yang lain? (seperti indera pengecap (mencicipi Allah?), indera peraba (menyentuh Allah?), indera penciuman (mencium wangi Allah?), dan indera pendengar (mendengar suara Allah?)). ingat, saudara memahaminya secara harfiah lho.

trims.

1. Apakah dengan menyembah dalam roh itu berarti semua potensi indra manusia kita yang dianugerahkan oleh Allah sendiri tidak boleh digunakan sama sekali ?

2. Semua indera manusia dipakai oleh orang Katolik dan orang Ortodoks untuk menyembah Allah :
Dengan mata, kita melihat ikon / patung Allah yang menjadi daging.
Dengan lidah, kita mengecap tubuh dan darah Allah dalam rupa roti dan anggur.
Dengan tangan, kita meraba ikon / patung Allah yang menjadi daging.
Dengan hidung, kita mencium wangi asap dupa / kemenyan yang naik melambangkan doa kita yang naik ke hadirat Allah.
Dan dengan telinga, kita mendengar Sabda Allah yang dibacakan / dinyanyikan dalam Perayaan Ekaristi / ibadat lain.

BTW OTW busway, thread ini teh membahas mengenai patung atau Maria ya ?  :azn:
« Last Edit: November 16, 2011, 12:36:40 PM by Benedetto »
November 16, 2011, 04:31:24 PM
Reply #35
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 171
  • Denominasi: Katolik


Injil KRISTUS sudah dirubah berdasarkan Infallible Pope menjadi sbb :

Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dengan menggunakan patung; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian agar doanya lebih mantap.

Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barang siapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya didalam imajinasi pakai patung."

Sayangnya bukannya menghadap patung YESUS malah Maria yang disembah ???

Kasihan Tuhan YESUS diabaikan ???

Tidaklah heran lagi darimana asalnya ajaran demikian !



ADALAH BIJAKSANA Bila Bertanya Mengapa kepada orang yang mengerti ataupun sedikit mengerti
biar cakrawala dan wawasan lebih dalam sehingga menjadi orang bijaksana...

YESUS sendiri pernah berkata "Bertolaklah lebih kedalam..." bagi kami Jemaat Katolik selalu diajarkan
terbuka dengan setiap keyakinan lain namun belajar sesuatu juga harus lebih mendalam sekaligus
menjelaskan sesuatu kepada orang lain lebih mendalam tidak hanya sekedar kulitnya saja biar
orang lain dapat memahami meski (barangkali) tidak dapat menerima....

Jawaban atas pendapatan Saudaraku diatas, barangkali sebagai berikut:
Bagi Orang Katolik ada saatnya didunia ini karena kerapuhan dan dosa yang begitu mendalam
merasa tidak sanggup dan layak lagi menyapa langsung kepada Tuhan Yesus.
Bagi setiap orang Katolik meyakini bahwa ketika menerima Sakramen Baptis setiap orang Kristen telah mendapat materai tak pernah terhapuskan dan Tuhan Yesus berkenan memberi seorang Malaikat Pelindung termasuk menjadikan BUNDA ALLAH sebagai BUNDA KITA (pengangkatan Bunda Allah sebagai
Bunda Kita dlm Injil Yohanes 19:26-27 Ketika Yesus melihat ibuNya dan murid yang dikasihiNya disampingnya, berkatalah Ia kepada ibuNya: "Ibu, inilah, anakmu" Kemudian kataNya kepada murid-muridNya: "Inilah ibumu!" dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.
Nah, ketika kita merasa tak layak berdoa langsung ke Yesus, ada seorang Ibu yang sanggup membawa
keluh kesah kita kepada Anaknya dan sejarah telah mencatat jelas pengaruh Bunda Maria dihadapan
Tuhan Yesus, dimana Bunda Maria bisa merubah Rancangan/Saat Tuhan yaitu ketika peristiwa Mujizat
Pernikahan di Kana (Injil Yohanes 2:3-11), saat Bunda Maria berkeluh kepada Yesus bahwa mereka kehabisan anggur, Yesus berkata mau apakah engkau dari padaKU, ibu Saat KU belum tiba, namun karena IbuNya yang meminta Mujizat terjadi dan Yesus sanggup mendengar keluh kesah ibuNya.
Sehingga orang Katolik selalu berkeyakinan bahwa belum pernah orang yang memohon (dengan penuh iman) pengaruh Bunda Maria untuk mendoakannya kepada Yesus satu satunya Tuhan akan dibiarkan/dikecewakan.

Jadi bukannya orang Katolik ketika berdoa tidak menghadap Yesus, berarti mengabaikanNya, YESUS tahu hati kita (sebagaiman bunyi Amsal Allah melihat hati manusia) saat berdoa bukan menyembah BundaNya karna hanya Yesuslah Tuhan dan patut disembah, namun mereka berdoa bersama Bunda Maria untuk meneruskan Syafaat ataupun keluh kesah kita manusia kehadirat PuteraNya.

Dibawah ini ada sisi lain lagi orang Katolik berdoa memohon belas kasih Kerahiman Ilahi sebagaimana
Yesus ajarkan melalui penampakan kepada St. Faustina, barangkali teman2 sudah pernah melihat gambar ini:

Sekedar Saran, bila gambar ini dipasang dengan penuh iman dalam ruangan, Iblis atau Kuasa Jahat
akan Gemetar, rumah dalam keadaan Damai selalu

Shalom ELOHIM,

Okta
Sang Pembelajar




November 16, 2011, 04:34:57 PM
Reply #36
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 171
  • Denominasi: Katolik
ADALAH BIJAKSANA Bila Bertanya Mengapa kepada orang yang mengerti ataupun sedikit mengerti
biar cakrawala dan wawasan lebih dalam sehingga menjadi orang bijaksana...

YESUS sendiri pernah berkata "Bertolaklah lebih kedalam..." bagi kami Jemaat Katolik selalu diajarkan
terbuka dengan setiap keyakinan lain namun belajar sesuatu juga harus lebih mendalam sekaligus
menjelaskan sesuatu kepada orang lain lebih mendalam tidak hanya sekedar kulitnya saja biar
orang lain dapat memahami meski (barangkali) tidak dapat menerima....

Jawaban atas pendapatan Saudaraku diatas, barangkali sebagai berikut:
Bagi Orang Katolik ada saatnya didunia ini karena kerapuhan dan dosa yang begitu mendalam
merasa tidak sanggup dan layak lagi menyapa langsung kepada Tuhan YESUS.
Bagi setiap orang Katolik meyakini bahwa ketika menerima Sakramen Baptis setiap orang Kristen telah mendapat materai tak pernah terhapuskan dan Tuhan YESUS berkenan memberi seorang Malaikat Pelindung termasuk menjadikan BUNDA ALLAH sebagai BUNDA KITA (pengangkatan Bunda Allah sebagai
Bunda Kita dlm Injil Yohanes 19:26-27 Ketika YESUS melihat ibuNya dan murid yang dikasihiNya disampingnya, berkatalah Ia kepada ibuNya: "Ibu, inilah, anakmu" Kemudian kataNya kepada murid-muridNya: "Inilah ibumu!" dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.
Nah, ketika kita merasa tak layak berdoa langsung ke YESUS, ada seorang Ibu yang sanggup membawa
keluh kesah kita kepada Anaknya dan sejarah telah mencatat jelas pengaruh Bunda Maria dihadapan
Tuhan YESUS, dimana Bunda Maria bisa merubah Rancangan/Saat Tuhan yaitu ketika peristiwa Mujizat
Pernikahan di Kana (Injil Yohanes 2:3-11), saat Bunda Maria berkeluh kepada YESUS bahwa mereka kehabisan anggur, YESUS berkata mau apakah engkau dari padaKU, ibu Saat KU belum tiba, namun karena IbuNya yang meminta Mujizat terjadi dan YESUS sanggup mendengar keluh kesah ibuNya.
Sehingga orang Katolik selalu berkeyakinan bahwa belum pernah orang yang memohon (dengan penuh iman) pengaruh Bunda Maria untuk mendoakannya kepada YESUS satu satunya Tuhan akan dibiarkan/dikecewakan.

Jadi bukannya orang Katolik ketika berdoa tidak menghadap YESUS, berarti mengabaikanNya, YESUS tahu hati kita (sebagaiman bunyi Amsal Allah melihat hati manusia) saat berdoa bukan menyembah BundaNya karna hanya Yesuslah Tuhan dan patut disembah, namun mereka berdoa bersama Bunda Maria untuk meneruskan Syafaat ataupun keluh kesah kita manusia kehadirat PuteraNya.

Dibawah ini ada sisi lain lagi orang Katolik berdoa memohon belas kasih Kerahiman Ilahi sebagaimana
YESUS ajarkan melalui penampakan kepada St. Faustina, barangkali teman2 sudah pernah melihat gambar ini:

Sekedar Saran, bila gambar ini dipasang dengan penuh iman dalam ruangan, Iblis atau Kuasa Jahat
akan Gemetar, rumah dalam keadaan Damai selalu

Shalom ELOHIM,

Okta
Sang Pembelajar

Lukislah sebuah gambar tepat seperti yang engkau lihat ini dan
di bawahnya cantumkan tulisan: YESUS, ENGKAU ANDALANKU.
Aku berjanji bahwa jiwa yang menghormati gambar itu tidak akan binasa."
(pesan Yesus kepada St. Faustina)
November 16, 2011, 05:10:19 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1280
Damai bagimu dav1d.
Posting dari Bruce,Anda tanggapi dengan:Kenapa sih?

Apakah angka tahun 180 itu terlalu nyelekit?

Atau d4v1d punya kisah Maria versi selain versi itu, misalnya versi Luther, atau lainnya? Sharing-kan saja. Kebebasan mengeluarkan pendapat secara lisan maupun tulisan sudah dijamin perundang-undangan di negeri ini kok, sepanjang tidak melecehkan pihak lain, terutama pihak mayoritas.

Damai, damai, damai.

Bukan angka 180 tahunnya bro, tetapi : pernyataan 'Maria tidak berdosa' adalah gosip. Mengapa saya sebut gosip ? karena pernyataan tersebut tidak dikutip dari sumber yang bisa dipercaya.

Sedangkan sumber yang dipercaya mengatakan sebaliknya :

Rom_3:23  Karena semua orang kecuali Maria versi katolik telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
Rom_5:12  Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa..


Damai juga bro . Tidak ada yang melecehkan koq..   :happy0025:
November 16, 2011, 06:15:41 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148
Bukan angka 180 tahunnya bro, tetapi : pernyataan 'Maria tidak berdosa' adalah gosip. Mengapa saya sebut gosip ? karena pernyataan tersebut tidak dikutip dari sumber yang bisa dipercaya.

Sedangkan sumber yang dipercaya mengatakan sebaliknya :

Rom_3:23  Karena semua orang kecuali Maria versi katolik telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
Rom_5:12  Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa..


Damai juga bro . Tidak ada yang melecehkan koq..   :happy0025:

Karena Rahmat dari Allah, dia terbebas dari dosa asal. Itu sebabnya malaikat utusan Allah menyebut dia 'PENUH RAHMAT'.

Jika Bunda Maria adalah berdosa... maka berdosa jugalah DIA yang dilahirkan olehnya.

Think!

Untuk tetap bisa bertahan dengan pemahaman Rom 3:23 [versi d4v1d]..... maka Ibrani 4:15 harus dihapus dari Kitab Suci Anda.

===

Salam,
November 16, 2011, 07:08:04 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1148


Dolo saya merasa heran kenapa bangsa israel selalu menyembah berhala , padahal mereka tahu Allah merakalah yang paling benar

Tapi setelah melihat foto-foto di atas , saya semakin tahu jawabannya

Dahulu bangsa israel menyembah ratu sorga

Sekarangpun umat Kristen kembali menyembah ratu sorga  ;D

Melihat foto di atas betul-betul lucu , apa mereka semua baca alkitab ?

Yohanes 4 :24

4:24   Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Tuhan YESUS capek-capek di salib agar umatNya bisa menyembah dalam roh dan kebenaran , tapi mereka itu malah membangun kembali tembok pemisah yang sudah di hancurkan Tuhan YESUS  ;D

Memang sejarah selalu terulang


Sebenarnya yang dimaksud 'menyembah dalam roh dan kebenaran' tidak ada hubungannya dengan persoalan patung, image, tata liturgis, musik, nyanyian dan berbagai materi yang digunakan dalam peribadatan.  Tetapi lebih kepada makna dari peribadatan itu sendiri.


Utk memahami apa yang dimaksud Yesus di Yoh 4 tersebut. [yang sebenarnya jika dibaca secara komplit (disana menyingung juga soal: sumur Yakub, air kehidupan, Mesias)  akan ketemu arahnya kemana.

Perbandingan yang digunakan Yesus [Gunung & Yerusalem Vs Roh dan Kebenaran] sesederhana perbandingan

Maleaki 1:11 Vs Kolose 2:17

Korban Bakaran Vs Ekaristi

Taurat Vs Kristus

===

Salam,
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)