Author Topic: Pertanyaan Untuk Katolik: Untuk Apa Membuat Patung?  (Read 15589 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 29, 2011, 04:57:10 PM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3694
mungkin manusia itu masih duniawi yah..
manusia mau melihat, meraba merasakan melalui indra nya..
kalo mau jujur, secara tidak langsung patung2 atau foto2 YESUS lebih membuat saya fokus dalam berdoa...
bagi saya lho... tapi saya sih ga punya patung, punyanya foto..

Gbu
November 29, 2011, 05:53:24 PM
Reply #81
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
mungkin manusia itu masih duniawi yah..
manusia mau melihat, meraba merasakan melalui indra nya..
kalo mau jujur, secara tidak langsung patung2 atau foto2 YESUS lebih membuat saya fokus dalam berdoa...
bagi saya lho... tapi saya sih ga punya patung, punyanya foto..

Gbu

Betul, karena manusia mahluk yang masih mementingkan visual. Bahkan saat tidak tahu wujud Allah pun kita menggambarkan sebagai seorang pria, pasti kekar, sudah setengah tua, berjanggut dan berambut putih, berjubah putih.

Mengapa berjanggut berambut dan berjubah putih? Entah, tetapi itu mungkin yang disebut visualisasi. Karena lebih enak berbicara kepada yang bia dibayangkan/berwujud. Padahal kita semua tahu bahwa Allah itu Roh, dan Roh tidak berwujud.

Syalom
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 30, 2011, 10:43:20 AM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
Betul, karena manusia mahluk yang masih mementingkan visual. Bahkan saat tidak tahu wujud Allah pun kita menggambarkan sebagai seorang pria, pasti kekar, sudah setengah tua, berjanggut dan berambut putih, berjubah putih.

Mengapa berjanggut berambut dan berjubah putih? Entah, tetapi itu mungkin yang disebut visualisasi. Karena lebih enak berbicara kepada yang bia dibayangkan/berwujud. Padahal kita semua tahu bahwa Allah itu Roh, dan Roh tidak berwujud.

Syalom

lagi lagi

nalar manusia . . . . .

November 30, 2011, 10:56:08 AM
Reply #83
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
lagi lagi

nalar manusia . . . . .

So pasti.
Nalar adalah pemberian terbesar dari Tuhan, dan itu harus dipergunakan secara maksimal dan sesuai kehendakNya
.
Bagaimana dengan anda, bro?

 :tongue:
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 30, 2011, 11:18:33 AM
Reply #84
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 10
  • Denominasi: kebenaran
bukankah YESUS pernah mengatakan:
Joh 4:21  Kata YESUS kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
Joh 4:23  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
Joh 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

jika ayat 23 dikaitkan dengan ayat 21, maka YESUS menyampaikan bahwa penyembah Allah yang benar tidak lagi menyembah dengan sesuatu yang kelihatan, yang dianggap suci. karena Allah adalah roh, maka kita juga menyembah dengan roh, dengan sesatu yang tidak kelihatan.

jadi untuk apa lagi membuat patung?
Memprihatinkan masih ada aja yang berusaha menjadi "hakim palsu", merasa lebih tau dari yang mengimaninya. Apakah ini ajaran Kristen yang mendatangkan damai sejahtera. Banyak tobat dan istifar! GBU
November 30, 2011, 11:20:22 AM
Reply #85
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Memprihatinkan masih ada aja yang berusaha menjadi "hakim palsu", merasa lebih tau dari yang mengimaninya. Apakah ini ajaran Kristen yang mendatangkan damai sejahtera. Banyak tobat dan istifar! GBU

Bro, si sanctuary itu bukan penganut Kriten ataupun Islam, tetapi pengikut saksi-saksi yehuwa.
Yah, memang diantaranya sih.

 :cheesy:
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 30, 2011, 11:40:14 AM
Reply #86
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
So pasti.
Nalar adalah pemberian terbesar dari Tuhan, dan itu harus dipergunakan secara maksimal dan sesuai kehendakNya
.
Bagaimana dengan anda, bro?

 :tongue:

nalar manusia yang tidak sesuai dengan alkitab -- patung --
November 30, 2011, 11:49:21 AM
Reply #87
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
nalar manusia yang tidak sesuai dengan alkitab -- patung --

Tergantung bagaimana anda memaknai patung itu bro, sebagai apa anda fungsikan patung itu. Itu yang tertulis di Alkitab.
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 30, 2011, 11:51:12 AM
Reply #88
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 252
  • Gender: Male
    • gets money
1. St. Irenaeus (180): “Hawa, dengan ketidaktaatannya [karena berdosa] mendatangkan kematian bagi dirinya dan seluruh umat manusia, … Maria dengan ketaatannya [tanpa dosa] mendatangkan keselamatan bagi dirinya dan seluruh umat manusia…. Oleh karena itu, ikatan ketidaktaatan Hawa dilepaskan oleh ketaatan Maria. Apa yang terikat oleh ketidakpercayaan Hawa dilepaskan oleh iman Maria.”

2. St. Hippolytus (235): “Ia adalah tabut yang dibentuk dari kayu yang tidak dapat rusak. Sebab dengan ini ditandai bahwa Tabernakel-Nya dibebaskan dari kebusukan dan kerusakan.”

3. Origen (244): “Bunda Perawan dari Putera Tunggal Allah ini disebut sebagai Maria, yang layak bagi Tuhan, yang tidak bernoda dari yang tidak bernoda, hanya satu satunya”

4. Ephraim (361): ”Engkau sendiri dan Bunda-Mu adalah yang terindah daripada semua yang lain, sebab tidak ada cacat cela di dalam-Mu ataupun noda pada Bunda-Mu…

5. St. Athanasius (373), “O, Perawan yang terberkati, sungguh engkau lebih besar daripada semua kebesaran yang lain. Sebab siapakah yang sama dengan kebesaranmu, O tempat kediaman Sang Sabda Allah? Kepada ciptaan mana, harus kubandingkan dengan engkau, O Perawan? Engkau lebih besar daripada semua ciptaan, O Tabut Perjanjian, yang dilapis dengan kemurnian, bukannya dengan emas! Engkau adalah Tabut Perjanjian yang didalamnya terdapat bejana emas yang berisi manna yang sejati, yaitu: daging di mana Ke-Allahan tinggal.”

6. Ambrose (387): “Angkatlah tubuhku, yang telah jatuh di dalam Adam. Angkatlah aku, tidak dari Sarah, tetapi dari Maria, seorang Perawan, yang tidak saja tidak bernoda, tetapi Perawan yang oleh rahmat Allah telah dibuat tidak bersentuh dosa, dan bebas dari setiap noda dosa.”

7. St. Gregorius Nazianza (390): Ia [YESUS] dikandung oleh seorang perawan, yang terlebih dahulu telah dimurnikan oleh ROH KUDUS di dalam jiwa dan tubuh, sebab seperti ia yang mengandung layak untuk menerima penghormatan, maka pentinglah bahwa ia yang perawan layak menerima penghormatan yang lebih besar.

8. St. Augustine (415): Kita harus menerima bahwa Perawan Maria yang suci, yang tentangnya saya tidak akan mempertanyakan sesuatupun ketika ia kita membicarakan tentang dosa, demi hormat kita kepada Tuhan; sebab dari Dia kita mengetahui betapa berlimpahnya rahmat untuk mengalahkan dosa di dalam segala hal telah diberikan kepadanya, yang telah berjasa untuk mengandung dan melahirkan Dia yang sudah pasti tidak berdosa

9. Theodotus (446): “Seorang perawan, yang tak berdosa, tak benoda, bebas dari cacat cela, tidak tersentuh, tidak tercemar, kudus dalam jiwa dan tubuh, seperti setangkai lili yang berkembang di antara semak duri.”

10. Proclus dari Konstantinopel (446): “Seperti Ia [YESUS] membentuknya [Maria] tanpa noda dari dirinya sendiri, maka Ia dilahirkan daripadanya tanpa meninggalkan noda.

11. St. Severus (538): “Ia [Maria] …sama seperti kita, meskipun ia murni dari segala noda, dan ia tanpa noda.”

12. St. Germanus dari Konstantinopel (733), mengajarkan tentang Maria sebagai yang “benar- benar terpilih, dan di atas semua, … melampaui di atas semua dalam hal kebesaran dan kemurnian kebajikan ilahi, tidak tercemar dengan dosa apapun.”

ternyata smua perkataan diatas bukan pake alkitab toh...
sudah gak pake alkitab lagi yah
pake injil santo santa  :angel:
add YM : shu_5u
November 30, 2011, 11:56:29 AM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
ternyata smua perkataan diatas bukan pake alkitab toh...
sudah gak pake alkitab lagi yah
pake injil santo santa  :angel:

Maria masih hidup ketika para Rasul menyampaikan ajaran Tuhan, sis. Tidak mungkin dalam adat Yahudi menyampaikan pujian ke pada manusia yang masih hidup. Coba pahami itu.

Para tokoh Bapa Gereja yang anda 'abaikan' itu adalah para peletak doktrin Kristen yang anda imani sekarang ini sis. Itu kalau anda bisa menghargai doktrin Kristen.

Syalom
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)