Author Topic: PAUS RAJA SORGA  (Read 11934 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 14, 2011, 06:07:58 PM
Reply #30
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 171
  • Denominasi: Katolik
 :) Yang saya tahu dan pelajari : PAUS adalah SERVUS SERVORUM DEI = Hamba dari segala Hamba Allah

sedangkan KING of KING = JESUS CHRIST no body.

So topik ini konspirasi dan fitnahan baru lagi.

Shalom ELOHIM Kaverim
November 14, 2011, 06:13:20 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 740
  • Denominasi: Protestan
:) Yang saya tahu dan pelajari : PAUS adalah SERVUS SERVORUM DEI = Hamba dari segala Hamba Allah

sedangkan KING of KING = JESUS CHRIST no body.

So topik ini konspirasi dan fitnahan baru lagi.

Shalom ELOHIM Kaverim

Okta, apakah ajaran dibawah ini adalah fitnahan?

"Hence the POPE is crowned with a TRIPLE CROWN, as KING OF HEAVEN and of EARTH and of HELL"


Sebaiknya Okta bertanya dulu kalau tidak tahu  :coolsmiley:
November 15, 2011, 08:17:55 AM
Reply #32
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 342
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
Okta, apakah ajaran dibawah ini adalah fitnahan?

"Hence the POPE is crowned with a TRIPLE CROWN, as KING OF HEAVEN and of EARTH and of HELL"


Sebaiknya Okta bertanya dulu kalau tidak tahu  :coolsmiley:
Shalom Bro Apples,
Sepertinya sudah cukup lah hal PAUS di bilang Raja Dunia , Sorga & Neraka ... kan seorang Bruder sudah menjawab TIDAK dan malah dia tidak tahu Ajaran itu...( Reply# 9 & 27 ) KING of Kings & LORD of Lords hanyalah JESUS CHRIST.
Jadi bisa saja itu karena semangatnya seseorang untuk membela pimpinannya jadi malah Kepleset hehehe  :mad0261:  :D
Bro kalau rekan Katolik lain mungkin defense tapi Bro Gierwan entah beliau  Bruder atupun Frater Gierwan sudah mendiclare itu TIDAK itu cukup representasi ajaran Katolik ya udahlah Bro Apples  :happy0025: malah jadi OOT jadinya  . Tapi nggak ada lah itu King Of Hell kecuali Giam Loo Ong hehehe  ;D
Demikian saran saya & Terimakasih .( jangan malah jadi kebencian kalau YBS sudah bilang TIDAK )
GBU.
November 15, 2011, 05:15:02 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
Benarkah PAUS adalah Raja Sorga, Raja Bumi dan Raja Neraka?

Heran... sudah dijawab di thread yg lain, bukannya dicoba dipahami dan didiskusikan lebih lanjut, kok malah dialihkan ke thread baru tanpa melirik sama sekali penjelasan yg telah diberikan?

Ini penjelasan yg bisa kami berikan ttg gelar "raja surga" paus:


Paus mengangkat dirinya sendiri setara Tuhan tanpa ada dukungan sedikitpun dari ajaran Alkitab.

Baca dipostingan saya sebelumnya segala jabatan dan gelar yang diberikan kepada Paus yang sudah menyamai Allah itu.

Baca ini statement pengilahian pausmu :


"The pope is of so great dignity and so exalted that he is not a mere man, but as it were God, and the vicar of God...

"The Pope alone is called most holy...

"Hence the Pope is crowned with a triple crown, as king of heaven and of earth and of hell.

"Moreover the superiority and the power of the Roman Pontiff by no means pertains only to heavenly things, but also earthly things, and to things under the earth, and even over the angels, whom he his greater than.

"So that if it were possible that the angels might err in the faith, or might think contrary to the faith, they could be judged and excommunicated by the Pope....

"...the Pope is as it were God on earth, sole sovereign of the faithful of CHRIST, chief of kings, having plenitude of power."

Lucius Ferraris, in "Prompta Bibliotheca Canonica, Juridica, Moralis, Theologica, Ascetica, Polemica, Rubristica, Historica", Volume V, article on "Papa, Article II", titled "Concerning the extent of Papal dignity, authority, or dominion and infallibility", #1, 5, 13-15, 18, published in Petit-Montrouge (Paris) by J. P. Migne, 1858 edition.

"[Pope] PIUS XI, Pontifex Maximus." Pope Pius XI, Mortalium Animos (The Promotion of True Religious Unity), Encyclical promulgated on January 6, 1928.

Pertama:
Silakan kembali dilihat apakah ajaran Lucius Ferraris dan Pius IX itu bersifat dogmatis (infallible) ataukah doctrinal (fallible)??
AFAIK, ajaran ini (sekalipun memiliki imprimatur / nihil obstat) tidak bersifat infallible, so.. kalo Anda bilang ajarannya tidak masuk akal, apa gunanya Anda permasalahkan? Wong katolikers aja TIDAK DIWAJIBKAN menerima ajaran tersebut dengan tanpa syarat kok... :D

Kedua:
Sudahkah Anda memahami ajaran Lucius Ferraris dan Pius IX itu dalam kerangka teologi katolik?
Kalo Anda hanya memotong2 pernyataan mereka utk diinterpretasikan sendiri, hal ini IMO tidak ada bedanya dgn mendakwa pujangga yg menulis "bulan bersinar dengan indahnya" karena kenyataannya (yg juga diketahui dan diimani oleh pujangga tersebut) bahwa bulan tidak bersinar melainkan hanya memantulkan sinar matahari.

Tidak heran Anda mengutip ajaran2 teolog katolik dan mengatakan bahwa Paus menjadi setara dengan Tuhan, padahal katolikers mengimani, bahwa paus sekalipun (sama seperti manusia2 lainnya) tidak layak utk menerima Tubuh dan Darah KRISTUS dalam rupa roti dan anggur**.
So.. bagaimana mungkin katolikers bisa menyamakan paus dengan Tuhan???



**Paus tidak layak menerima Tubuh dan Darah KRISTUS, terbukti dari doa yg juga diucapkan oleh paus ketika hendak menyambut hosti dan anggur:
Lord, I am not worthy to receive you, but only say the word and I shall be healed.
:) :) :)
November 15, 2011, 05:36:03 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1045
@jenova
Artinya ajaran atau pemahaman itu "digantung", gt ya? Diikuti boleh, tidak, juga boleh.
Ya ok lah. Jadi entar kalau ada yang mengikuti itu dan dihukum, maka pemimpin akan bisa mengatakan, " salah sendiri ngikutin yang itu, kan ada yang lain..... Bukan salah gereja atau pemimpin atau pengajar, tapi salah yang milih". Gt ya?
Maaf, tapi ini seperti anak kecil yang dihadapannya diberikan air baygon sama air syrup manis. Kalau milih baygon ya salah "anak itu sendiri", gak urusan sama usia dan seberapa jauh anak itu bisa membedakan. Yang pentingkan sudah diberi pilihan. Jadi salah sendiri...

Kasian banget tuh anak. Moga2 aja gak ada anak anak yang diperlakukan seperti itu sama orangtua atau kakaknya ya... Semoga aja...
Tuhan Yahshua, aku hanya pendosa, masih melakukan dosa, belum ada kebenaran didalamku, aku hanya bisa mencoba dalam jatuh bangun usahaku. Selanjutnya aku hanya bisa katakan, "biarlah semua Engkau yang tentukan, arahkan dan tujukan".
November 15, 2011, 06:45:10 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
@jenova
Artinya ajaran atau pemahaman itu "digantung", gt ya? Diikuti boleh, tidak, juga boleh.
Ya ok lah. Jadi entar kalau ada yang mengikuti itu dan dihukum, maka pemimpin akan bisa mengatakan, " salah sendiri ngikutin yang itu, kan ada yang lain..... Bukan salah gereja atau pemimpin atau pengajar, tapi salah yang milih". Gt ya?

Ajaran pokoknya adalah definitif, jelas, mutlak, dan tidak digantung2, yaitu:

CoCC 881
The Lord made Simon alone, whom he named Peter, the "rock" of his Church. He gave him the keys of his Church and instituted him shepherd of the whole flock. "The office of binding and loosing which was given to Peter was also assigned to the college of apostles united to its head." This pastoral office of Peter and the other apostles belongs to the Church's very foundation and is continued by the bishops under the primacy of the Pope.

CoCC 882
The Pope, Bishop of Rome and Peter's successor, "is the perpetual and visible source and foundation of the unity both of the bishops and of the whole company of the faithful." "For the Roman Pontiff, by reason of his office as Vicar of CHRIST, and as pastor of the entire Church has full, supreme, and universal power over the whole Church, a power which he can always exercise unhindered."


Dogma GK adalah mutlak, bahwa paus = vicar = wakil KRISTUS.
TIDAK ADA Dogma yg mengajarkan bahwa paus = raja surga/bumi/neraka.

Yang ada adalah doktrin yg mengatakan Paus (sebagai wakil KRISTUS yg adalah raja surga/bumi/neraka) adalah raja surga/bumi/neraka.
Sama seperti analogi orang yg mengatakan Dubes UK di Indonesia (sebagai wakil ratu UK) adalah ratu UK.

Doktrin ini (paus=raja) harus dipahami dalam kerangka teologi GK, i.e. mengacu pada Dogma seperti yg ditulis di KGK. Kalo doktrin ini menjadi batu sandungan dalam memahami Dogma GK, silakan saja doktrin ini dikritisi atau bahkan ditolak.

Quote from: jonathan love Yahshua link=topic=40418.msg550665#msg550665

Maaf, tapi ini seperti anak kecil yang dihadapannya diberikan air baygon sama air syrup manis. Kalau milih baygon ya salah "anak itu sendiri", gak urusan sama usia dan seberapa jauh anak itu bisa membedakan. Yang pentingkan sudah diberi pilihan. Jadi salah sendiri...

Kasian banget tuh anak. Moga2 aja gak ada anak anak yang diperlakukan seperti itu sama orangtua atau kakaknya ya... Semoga aja...

Analogi yg tidak sebanding.
Air dan syrup TIDAK memiliki fungsi yg sama.

Perbandingan yg tepat:

Kasus Baygon:
  • Dogma: Baygon dapat mengusir nyamuk --> harus diterima
  • Doktrin1: Untuk mengusir nyamuk, baygon harus dibakar --> boleh diterima/dikritisi/ditolak
  • Doktrin2 : Untuk  mengusir nyamuk, baygon harus disemprot --> boleh diterima/dikritisi/ditolak

Kalo si anak memilih baygon bakar, ya tentu saja dia boleh menorak doktrin baygon semprot.

Kasus syrup:
  • Dogma: syrup itu manis rasanya --> harus diterima
  • Doktrin1: syrup itu seperti gula --> boleh diterima/dikritisi/ditolak
  • Doktrin2 : syrup itu enak rasanya --> boleh diterima/dikritisi/ditolak

Kalo si anak tidak suka minum syrup, ya tentu saja si anak boleh menolak doktrin2.
« Last Edit: November 15, 2011, 06:51:49 PM by Jenova »
November 16, 2011, 12:11:42 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 740
  • Denominasi: Protestan
@ bro Jen,

Ingat percakapan Arjuna dengan Cakil.
Suatu saat Cakil komplen karena Arjuna selalu bersikap kasar kepadanya.
Jawab Arjuna, "Nek ngomong karo satriyo kuwi yo nganggo tata carane satriyo. Nek ngomong karo buto yo nganggo tata carane buto. Ra mungkin ngomong karo buto koq nganggo tata carane satriyo. Lha situ buto koq njaluk dialusi?"
;D

Roderick, bro Jenova adalah salah seorang katolik yang paling jujur dan teguh dalam iman katolik di FK. Bro Jenova sampai saat ini terlihat punya niatan baik untuk menjelaskan Imannya kepada orang yang bertanya dibanding rekan2 katolik dan orthodox lain yg justru sering menipu dgn menyangkal Paus/ Patriakh dan menyangkal ajaran gerejanya.

Apa bro Roderick ingin agar Forum ini melakukan diskusi sesuai cara2 yang kamu agendakan bro?

Atau ingin agar umat awam baik katolik maupun orthodox TIDAK TAHU apa2 mengenai ajaran gerejanya sehingga bisa dituntun seperti kerbau?

Setidaknya kamu bisa belajar pada Jenova agar tidak pengecut dan plin-plan seperti teman anda Bruce dkk, daripada mengajak Jenova menjadi sama dengan kamu bro.
November 16, 2011, 07:50:04 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4430
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
Well selamat FK sekali lagi membiarkan thread fitnahan dan provokasi....

si Appless dan kloning2nya pernah menyaatakan dia tidak memandang golongan karena semua satu tubuh Kristus ...ternyata memang orang ini tidak bisa dipegang kata2nya...

Karena hati dan pikirannya sudah ANTI KATOLIK.

sungguh kasihan hati dan pikiran yang penuh dengan kebencian dan provokasi dan mau ikut2an memperkeruh forum diskusi antar denom ini.

Harap rekan2 yang lain tidak usah menaggapi orang2 seperti T/S ini.

Lebih baik waktu dan pikiran dipergunakan untuk membahas hal2 lain dibanding fitnah , kebencian dan hujatan.

shalom :)
November 16, 2011, 08:46:26 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1045
@jenova
Bro, ilustrasi anda tentang "dubes" itu sebenarnya tepat "menggambarkan" posisi pemimpin gereja dan Kristus. Tetapi menurut saya menjadi tidak tepat karena "anda atau GK menempatkan posisi dubes memiliki kekuasaan seorang raja", memiliki otoritas raja. Itu salah. Karena dubes tidak memiliki kekuasaan itu. Dubes adalah perwakilan, tetapi kekuasaan dia tidak mutlak karena "dia hanya melakukan perintah dari raja dan hanya memiliki otoritas sebatas tugas yang diberikan, bahkan untuk banyak pengambilan keputusan pun dia banya yang tidak memiliki otoritas". Dia menunggu perintah dari atasan dan dia punya standard jelas dalam setiap tugasnya. Nah kalau anda nyatakan bahwa vicar of christ atau perwakilan Kristus dibumi tidak memiliki otoritas "raja", hanya otoritas "perwakilan". Menurut saya itulah yang disampaikan Yesus didalam injil. Ingat petrus ditunjuk menjadi pemegang kunci surga tetapi bukan pemilik kunci itu. Dia ditunjuk menjadi batu karang tetapi dia batu karan yang ditanamkan didalam "Batu karang kekal yaitu Yesus sendiri". Bukan dia memiliki otoritas untuk menjadi batu karang secara mutlak. Dia ditempatkan dan hanya menerima tugas, bukan pemberi tugas. Hal hal ini saya kira harus dipahami dengan baik.

Suatu logika otomatis itu menurut saya kesalahan karena wakil raja tidak otomatis menjadi raja atau memiliki otoritas raja, tetapi memiliki otoritas yang diberikan raja. Dan Yesus gak pernah menempatkan rasul Nya untuk memiliki otoritas seperti yang Dia miliki sepenuhnya. Rasul tidak menebus, rasul tidak menjadi pengantara kepada Bapa, rasul tidak menjadi Tuhan, rasul tidak memiliki ROH KUDUS sebagai miliknya, rasul tidak menentukan ajaran Kristus, rasul tidak melanggar apa yang Yesus sudah tetapkan, dst. Bukankah begitu? Nah itulah yang saya tidak bisa pahami kenapa anda dan GK memiliki pemikiran diatas.... Otomatis sebagai raja karena paus adalah perwakilan Kristus, padahal rasul pun tidak berada diposisi itu.

Tentang syrup dan baygon maksudnya tidak semua orang mau atau diperkenankan mempelajari secara dalam, bukankah ini berbahaya bagi umat atau jemaat?? Makanya saya nyatakan demikian.

Shalom.
Tuhan Yahshua, aku hanya pendosa, masih melakukan dosa, belum ada kebenaran didalamku, aku hanya bisa mencoba dalam jatuh bangun usahaku. Selanjutnya aku hanya bisa katakan, "biarlah semua Engkau yang tentukan, arahkan dan tujukan".
November 16, 2011, 08:50:04 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4430
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
Tidak semua Paus adalah santo dan tidak semua perkataan Paus adalah infallibel ini saja sudah menjelaskan bahwa thread ini rancu dan ambigu maksudnya...

Apakah Paulus adalah Raja diatas segala raja karena umat Kristen memasukkan surat2 paulus yang paling banyak diantara rasul2 lainnya dan apakah dia juga disebut Raja diatas segala raja karena umat Kristen tunduk pada perkataan2 Paulus dalam kitab suci????
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)