Author Topic: APA ITU BAPTISAN ROH KUDUS? KAPAN TERJADINYA?, SIAPA SAJA YG DIBAPTIS?  (Read 7219 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 11, 2012, 08:03:38 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6958
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
Tetapi bro, bukankah saat dibaptis, kita dibaptis atasnama Bapa dan Putera dan ROH KUDUS?

Bro bruce, Baptisan air yg kita terima itu hanya merupakan pengakuan kita di depan jemaat/manusia bahwa kita sudah menerima Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat, baptisan air tdk bisa menyelamatkan kita. Itu sebabnya Yohanes Pembaptis mengatakan : tetapi Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS. Ini yg melantik kita sbg anak2 Allah. Seseorg bisa saja dibaptis, akan tetapi kalau hatinya belum mengaku Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat maka tetap saja kematian kekal akan menanti di ujung kehidupannya di dunia ini.

Pertobatan/pengakuan percaya kepada Yesus bukan terjadi pada saat Baptisan Air, akan tetapi pd saat kita secara pribadi mengakui Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat. Saat itu juga kita berpindah dari maut kepada hidup yg kekal spt salah seorg penjahat di kayu salib. Kita menjadi ciptaan yg baru, dilahirkan baru spt yg dikatakan Yohanes dlm Yoh.1:12,13  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
Kalaupun kita misalnya gak sempat dibaptis air, otomatis sdh selamat spt penjahat di samping Tuhan Yesus itu.

GBU bro.
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
January 11, 2012, 08:30:17 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1769
  • Denominasi: Percaya Yesus pasti selamat masuk sorga.

Quote
1.Apa Itu Baptisan ROH KUDUS?
2.Kapan Terjadinya?
3.Siapa sajakah yg dibaptis dengan ROH KUDUS[/b]

Silakan sertakan ayat2 referensinya,
(mohon maaf yang gak tahu sebaiknya gak usah ikut menjawab dulu ya  :))
Terimakasih utk partisipasinya, GBU all

1. Baptisan ROH KUDUS adalah suatu peristiwa rohani. Dimana Allah membaptisnya seseorang di dalm ROH KUDUS. (Yoel 2:28-20).

2. Baptisan ROH KUDUS bisa terjadi kapan saja...Dan ada orang menerima baptisan ROH KUDUS sementara lagi berdoa, atau sedang didoakan dan penumpangan tangan, ada juga tanpa penumpangan tangan, dan sedang mendengarkan Firman Tuhan, atau sharing dan sebagainya. (Kis.8:17; 10:44)

3. Janji baptisan ROH KUDUS berlaku bagi semua orang, golongan, dan semua umur termasuk anak-anak.(Kis.2:1-4)
Roma. 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
January 11, 2012, 09:18:27 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6958
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
(Yoel 2:28-20).
Bro scout,
Ayat2 dm Yoel 2:28-30
28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.
30 Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.

Lebih berbicara tt pencurahan karunia ROH KUDUS pd akhir zaman. Di ayat2 itu tercantum : bernubuat, mimpi dan penglihatan.
Perlu diingat & diperhatikan, bahwa Baptisan ROH KUDUS itu hanya terjadi sekali spt Baptisan Air yg kita terima, dan tdk akan terulang.

Quote
Kis.8:17; 10:44

KPR 8:15-17
15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh ROH KUDUS.
16 Sebab ROH KUDUS belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima ROH KUDUS.

Ayat2 dlm KPR :15-17 di atas utk membuktikan bahwa karunia ROH KUDUS bukan hanya utk org Yahudi saja, tapi juga utk bangsa lain spt Samaria, dan peristiwa kpd org samaria ini hanya dicatat sekali.

KPR 10:1, 44
1 Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.
44 Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah ROH KUDUS ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.

Ayat2 dlm KPR 10:1, 44 di atas utk membuktikan bahwa karunia ROH KUDUS bukan hanya utk org Yahudi saja, tapi juga utk bangsa lain spt Italia, dan peristiwa kpd org Italia ini hanya dicatat sekali.
Pencatatan spt ini adl utk membuktikan bahwa karunia ROH KUDUS berlaku utk semua org percaya dari berbagai bangsa, bukan sbg peristiwa Baptisan ROH KUDUS., krn bisa saja mrk2 ini pd kemudian hari mendptkan karunia ROH KUDUS yg lain atau yg sama krn bkn merupakan peristiwa Baptisan ROH KUDUS.


Quote
Kis.2:1-4
KPR 4:1-4
1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
4 Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Peristiwa di loteng Yerusalem di atas merupakan proklamasi bahwa mulai saat itu ROH KUDUS berdiam di dlm setiap org percaya, bukan lagi berada di luar spt sebelumnya.
Proklamasi ini ditandai dgn karunia ROH KUDUS, disini karunia berbahasa lain sbg kesaksian bagi bangsa2 lain KPR 2:7-11
7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:
9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,
11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."

GBU






Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
January 11, 2012, 10:02:52 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Bro bruce, Baptisan air yg kita terima itu hanya merupakan pengakuan kita di depan jemaat/manusia bahwa kita sudah menerima YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat, baptisan air tdk bisa menyelamatkan kita. Itu sebabnya Yohanes Pembaptis mengatakan : tetapi Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS. Ini yg melantik kita sbg anak2 Allah. Seseorg bisa saja dibaptis, akan tetapi kalau hatinya belum mengaku YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat maka tetap saja kematian kekal akan menanti di ujung kehidupannya di dunia ini.

Pertobatan/pengakuan percaya kepada YESUS bukan terjadi pada saat Baptisan Air, akan tetapi pd saat kita secara pribadi mengakui YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat. Saat itu juga kita berpindah dari maut kepada hidup yg kekal spt salah seorg penjahat di kayu salib. Kita menjadi ciptaan yg baru, dilahirkan baru spt yg dikatakan Yohanes dlm Yoh.1:12,13  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
Kalaupun kita misalnya gak sempat dibaptis air, otomatis sdh selamat spt penjahat di samping Tuhan YESUS itu.

GBU bro.

Mungkin memang sedikit beda antara doktrin yang dianut oleh Gereja Katolik bro. Lengkapnya seperti ini :

Gereja Katolik mengenal adanya Sakramen Baptis (Baptisan Air), Baptis Rindu, dan Baptis darah. Baptisan secara sakramental (Baptisan air) adalah cara yang umum untuk menerima rahmat Tuhan, karena Baptisan secara sakramental menjamin rahmat Kristus mengalir, selama form (bentuk) dan matter (materi) dan intensi dari baptisan sah. Sedangkan pada Baptisan rindu dan Baptisan darah, hanya Tuhan yang tahu secara persis apakah seseorang menerimanya ataukah tidak. Dalam hubungannya dengan keselamatan, Tuhan telah mengikat keselamatan pada Sakramen Pembaptisan, namun Dia sendiri tidak terikat pada Sakramen-sakramen-Nya, seperti yang diungkapkan di dalam Katekismus Gereja Katolik, 1257:

“Tuhan sendiri mengatakan bahwa Pembaptisan itu perlu untuk keselamatan (Bdk. Yoh 3:5.). Karena itu, Ia memberi perintah kepada para murid-Nya, untuk mewartakan Injil dan membaptis semua bangsa (Bdk. Mat 28:19-20; DS 1618; LG 14; AG 5.). Pembaptisan itu perlu untuk keselamatan orang-orang, kepada siapa Injil telah diwartakan dan yang mempunyai kemungkinan untuk memohon Sakramen ini (Bdk. Mrk 16:16.). Gereja tidak mengenal sarana lain dari Pembaptisan, untuk menjamin langkah masuk ke dalam kebahagiaan abadi. Karena itu, dengan rela hati ia mematuhi perintah yang diterimanya dari Tuhan, supaya membantu semua orang yang dapat dibaptis, untuk memperoleh “kelahiran kembali dari air dan Roh”. Tuhan telah mengikatkan keselamatan pada Sakramen Pembaptisan, tetapi Ia sendiri tidak terikat pada Sakramen-sakramen-Nya.“

 Begitu pentingnya Baptisan untuk keselamatan manusia, sehingga Yesus memberikan amanat agung kepada para muridnya sebelum Dia diangkat ke Sorga. Sekali lagi, kita perlu merenungkan, mengapa perintah Yesus yang terakhir tidak menyebutkan untuk “percaya”, “mengaku”, atau “iman”? Karena semuanya itu terangkum dalam Baptisan. Baptisan mensyaratkan seseorang untuk percaya, karena untuk percaya seseorang harus mengetahui apa yang terjadi dalam Baptisan, dan percaya akan Tuhan yang memberikan perintah. “Mengaku” juga terjadi di dalam upacara Baptisan (dalam baptisan bayi, pengakuan diwakili oleh orang tua. Namun, seseorang yang mengikuti perayaan Ekaristi, selalu mengakukan dosa dan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan). Iman yang benar juga diwujudkan dalam bentuk Baptisan. Iman yang benar tidak hanya berhenti begitu saja, namun diwujudkan dalam tindakan, terutama untuk melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Kristus, yang salah satunya adalah memberikan diri untuk dibaptis.

Syalom
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
January 11, 2012, 10:04:42 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2494
  • Gender: Male
Menurut saya sihhh.............:

1. Diberikannya ROH KUDUS untuk berdiam dihati kita, pemberian ini adalah anugerah dari TUHAN YESUS dan hanya TUHAN YESUSlah yang bisa memberikannya..............

2. Terjadinya hanya satu kejadian pertama kali dimana kita menerima TUHAN YESUS dengan segenap hati, jiwa, dan akal................

3. Siapa saja sebab TUHAN tidak akan pernah membedakan orang, berarti tidak berdasarkan agama, ras, adat, suku............
"Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
January 12, 2012, 07:28:59 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6958
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
Mungkin memang sedikit beda antara doktrin yang dianut oleh Gereja Katolik bro. Lengkapnya seperti ini :
Tks bro bruce utk penjelasannya,
oleh sebab itu saya mencoba utk tdk menggunakan doktrin denominasi manapun (doktrin yg membuat kita spt tersekat2), hanya penelaahan dari Alkitab.

Quote
Bdk. Yoh 3:5.
Mungkin sebaiknya kita melihat ayat di atas dgn lebih lengkap dalam rangkaiannya:
Yohanes 3:5-8
5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Dari ayat2 di atas Tuhan Yesus menyinggung tt kelahiran dari air dan Roh (Roh : ditulis dlm R besar).
Kelahiran dari Air ini menunjuk pada kelahiran secara natural, kelahiran dari hubungan orang tua kita, sebab itu dikatakan oleh ayat di atas: apa yg dilahirkan dr daging (air) adalah daging (ingat tubuh kita lebih dari 80% terdiri dr air).
Kelahiran dari Roh menunjuk pada kelahiran baru, kelahiran secara Roh, ini yg dilakukan oleh Roh Allah (ini yg disebut sbg Baptisan ROH KUDUS, yg hanya dpt dilakukan oleh Tuhan Yesus, yg mengubahkan roh kita dari yg akan binasa menjadi kekal), ini yg dimaksudkan oleh Yoh.1:12-13 (12Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 13orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah).
Kita semua sdh mengalami kelahiran dari air, tetapi kelahiran dari Roh hanya dpt dilakukan oleh Allah ( oleh Yesus : lih. mark. 1:8  . . . . tetapi Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS), ini hanya dpt terjadi jika kita mau menerima Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat, tdk ada cara lain.
GBU bro bruce

 
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
January 12, 2012, 08:22:48 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6958
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
Begitu pentingnya Baptisan untuk keselamatan manusia, sehingga YESUS memberikan amanat agung kepada para muridnya sebelum Dia diangkat ke Sorga. Sekali lagi, kita perlu merenungkan, mengapa perintah YESUS yang terakhir tidak menyebutkan untuk “percaya”, “mengaku”, atau “iman”? Karena semuanya itu terangkum dalam Baptisan. Baptisan mensyaratkan seseorang untuk percaya, karena untuk percaya seseorang harus mengetahui apa yang terjadi dalam Baptisan, dan percaya akan Tuhan yang memberikan perintah. “Mengaku” juga terjadi di dalam upacara Baptisan (dalam baptisan bayi, pengakuan diwakili oleh orang tua. Namun, seseorang yang mengikuti perayaan Ekaristi, selalu mengakukan dosa dan mengaku bahwa YESUS adalah Tuhan). Iman yang benar juga diwujudkan dalam bentuk Baptisan. Iman yang benar tidak hanya berhenti begitu saja, namun diwujudkan dalam tindakan, terutama untuk melaksanakan apa yang diperintahkan oleh KRISTUS, yang salah satunya adalah memberikan diri untuk dibaptis.

Syalom

Bro bruce (maaf ada yg terlewat) mari kita lihat lagi sama2 Mat.28:19-20 (Amanat Agung):
19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,
20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Dlm ayat 19-20 ada perintah :
1. Jadikan semua bangsa murid-Ku
2. Baptislah mereka dlm nama bapa dan Anak dan ROH KUDUS.
3. Ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.

1. Jadikan semua bangsa murid-Ku
    Artinya memberitakan Injil supaya org2 percaya kpd Tuhan Yesus.
    Jadi ada kesalahan besar bila kita hanya membaptis oragng tanpa memberitakan Injil terlebih dulu.
    Dari pemberitaan Injil ini akan timbul iman kpd Yesus ( Roma  10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan   
    pendengaran oleh firman Kristus.)
2.Baptislah mereka dlm nama bapa dan Anak dan ROH KUDUS.
     Artinya setelah mereka percaya Yesus, barulah mereka dibaptiskan dlm nama bapa dan Anak dan Roh
     Kudus.
     Ada baiknya kita melihat lagi kisah Filipus membaptis sida2 Etiopia dalam KPR 8:35-38
    35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya.
    36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu:
         "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?" 
    37 [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus
         Kristus adalah Anak Allah."]

    38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus
         maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
Kisah Filipus ini adalah kisah setelah turunnya Amanat Agung (Mat. 28:19-20)
3.Ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
  Artinya setelah mereka dibaptis, mereka juga harus dibimbing agar dpt melakukan segala sesuatu sesuai dgn 
  Firman Tuhan.

demikian bro bruce, GBU
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
January 12, 2012, 08:25:09 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Tks bro bruce utk penjelasannya,
oleh sebab itu saya mencoba utk tdk menggunakan doktrin denominasi manapun (doktrin yg membuat kita spt tersekat2), hanya penelaahan dari Alkitab.
Mungkin sebaiknya kita melihat ayat di atas dgn lebih lengkap dalam rangkaiannya:
Yohanes 3:5-8
5 Jawab YESUS: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Dari ayat2 di atas Tuhan YESUS menyinggung tt kelahiran dari air dan Roh (Roh : ditulis dlm R besar).
Kelahiran dari Air ini menunjuk pada kelahiran secara natural, kelahiran dari hubungan orang tua kita, sebab itu dikatakan oleh ayat di atas: apa yg dilahirkan dr daging (air) adalah daging (ingat tubuh kita lebih dari 80% terdiri dr air).
Kelahiran dari Roh menunjuk pada kelahiran baru, kelahiran secara Roh, ini yg dilakukan oleh Roh Allah (ini yg disebut sbg Baptisan ROH KUDUS, yg hanya dpt dilakukan oleh Tuhan YESUS, yg mengubahkan roh kita dari yg akan binasa menjadi kekal), ini yg dimaksudkan oleh Yoh.1:12-13 (12Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 13orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah).
Kita semua sdh mengalami kelahiran dari air, tetapi kelahiran dari Roh hanya dpt dilakukan oleh Allah ( oleh YESUS : lih. mark. 1:8  . . . . tetapi Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS), ini hanya dpt terjadi jika kita mau menerima YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat, tdk ada cara lain.
GBU bro bruce

Pastilah anda pernah membaca ayat berikut ini bro :

Ef 4:5    satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,

Sedikit penjelasan tentang baptis dalam Katolik.

Sebelum dibaptis, seorang calon baptis harus mengikuti katekisasi, setidaknya selama 1 tahun. Untuk mendapat pengajaran tentang Kristen. Jadi, bukan baptis dulu baru belajar, tetapi belajar dulu baru di baptis.

Setelah melalui masa katekumen, sang calon baptis akan dihadapkan pada romo yang akan menanyainya, mengenai kemantapannya, bapa dan atau ibu baptis (Godfather/Godmother) ditanyai juga tentang kesiapannya membimbing sang calon baptis.

Pada saat baptis, sang calon baptis menerima baju putih, lilin bernyala, diurapi minyak dengan semua simbolisasinya.

Sesaat sebelum baptis, si calon baptis menolak setan, mengucapkan janji, mengucapkan pengakuan iman.

Kemudian dibaptis dalam nama Bapa dan Putera dan ROH KUDUS.

Setelah itu sang baptis baru itu sudah berhak menerima Komuni suci dalam perayaan Ekaristi.

Kira kira itulah sekilas tentang Sakramen Baptis dalam Gereja Katolik. Suatu ritus yang telah berusia sangat lama.

Syalom
GBU
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
January 12, 2012, 08:45:53 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6958
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
Pastilah anda pernah membaca ayat berikut ini bro :

Ef 4:5    satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,

Sedikit penjelasan tentang baptis dalam Katolik.

Sebelum dibaptis, seorang calon baptis harus mengikuti katekisasi, setidaknya selama 1 tahun. Untuk mendapat pengajaran tentang Kristen. Jadi, bukan baptis dulu baru belajar, tetapi belajar dulu baru di baptis.

Setelah melalui masa katekumen, sang calon baptis akan dihadapkan pada romo yang akan menanyainya, mengenai kemantapannya, bapa dan atau ibu baptis (Godfather/Godmother) ditanyai juga tentang kesiapannya membimbing sang calon baptis.

Pada saat baptis, sang calon baptis menerima baju putih, lilin bernyala, diurapi minyak dengan semua simbolisasinya.

Sesaat sebelum baptis, si calon baptis menolak setan, mengucapkan janji, mengucapkan pengakuan iman.

Kemudian dibaptis dalam nama Bapa dan Putera dan ROH KUDUS.

Setelah itu sang baptis baru itu sudah berhak menerima Komuni suci dalam perayaan Ekaristi.

Kira kira itulah sekilas tentang Sakramen Baptis dalam Gereja Katolik. Suatu ritus yang telah berusia sangat lama.

Syalom
GBU
Sekali lagi tks bro bruce utk penjelasan mengenai doktrinnya,
saya tdk bermaksud mengoreksi, akan tetapi spt yg sdh saya sampaikan,
saya tdk mengacu pd doktrin apapun, dan hanya menelaahnya dari Alkitab
Jadi urutan yg saya buat itu spt yg terlihat dlm Mat.28:19-20, bukan urutan menurut suatu doktrin ttt.

Yang dimaksud point 3.Ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
itu bkn sekedar menjelang baptisan air akan tetapi pengajaran yg berkesinambungan, itulah sebabnya kita selalu berkumpul dlm suatu denominasi utk mendptkan pelajaran2 yg berkelanjutan sampai tiba akhir hidup kita.
Demikian bro bruce, GBU
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
January 12, 2012, 08:49:20 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9054
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Sekali lagi tks bro bruce utk penjelasan mengenai doktrinnya,
saya tdk bermaksud mengoreksi, akan tetapi spt yg sdh saya sampaikan,
saya tdk mengacu pd doktrin apapun, dan hanya menelaahnya dari Alkitab
Jadi urutan yg saya buat itu spt yg terlihat dlm Mat.28:19-20, bukan urutan menurut suatu doktrin ttt.

Yang dimaksud point 3.Ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
itu bkn sekedar menjelang baptisan air akan tetapi pengajaran yg berkesinambungan, itulah sebabnya kita selalu berkumpul dlm suatu denominasi utk mendptkan pelajaran2 yg berkelanjutan sampai tiba akhir hidup kita.
Demikian bro bruce, GBU

Betul seperti yang anda katakan. Itulah mengapa kita perlu bersekutu dan berhimpun seminggu sekali, mengikuti misa lingkungan, dsb. Karena memang menjaga iman ibaratnya adalah memelihara lampu dian, yang harus terus menerus diberi minyak, sambil menunggu saat Mempelai Pria tiba.

Syalom
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)