Author Topic: Siapakah ALLAH dalam Yoh.1:1?  (Read 35351 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 26, 2012, 06:37:03 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Manusia betulan dong cuu, bukan manusia seengah-setengah kayak yang cucu bilang itu.

Menulut kitabnya kamu olang:
Pengantala itu dulunya ada di Bumi, tetapi sekalang katanya lagi duduk di sebelah kanan Bapa di Solga. Gitu cuuu...

Kalau kitabnya cucu enggak mau dipake lagi, kasih engkong aja cuu, bial engkong yang baca. Pelcuma kalau cucu yang baca.

Wah, jadi Pengantara di bumi? Siapa yg bilang?

Kapan sembarangan manusia bisa duduk di sebelah kanan Bapa disorga? Siapa yg bilang?

Udah..

kepinggir dulu…

(nanti ada kesempatan melawak)

Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
February 26, 2012, 06:40:52 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Jawaban?

Jawaban apa!!?

Sodara mengatakan:
1b : "Firman itu bersama-sama dengan Allah (τὸν θεόν/on theon)"
1b ==> ada kata sandang, berarti Allah Bapa?


Kemudian sodara menjelaskan lebih lanjut:
1c : "Dan Firman itu adalah Allah (θεος/theos)."
1c ==> tidak ada kata sandang, berarti sang Firman?


Dari dua penjelasan di atas sudah kelihatan kengawuran logika sodara.
Sebab sebelumnya sodara mengatakan bahwa Firman itu adalah kata sandang, tetapi pada waktu yang bersamaan sodara mengatakan juga bahwa Firman itu bukan kata sandang... yang benar yang mana?
Apakah firman itu kata sandang atau bukan? :coolsmiley:


Oleh sebab itu pula saya bertanya untuk menegaskan 'pemahaman' sodara di atas:
Siapakah ALLAH yang dimaksudkan dalam Yoh.1:1 itu?

Apakah Bapa?..... Apakah Anak?.... Apakah ROH KUDUS?...... Silahkan sodara jawab dengan TEGAS!!


Salam,

Baca lagi sana.

Dalam Yoh 1:1c, kata 'Allah" (theos) disana tidak memiliki kata sandang!!!

Bisa nangkep ngga?????

Ya ampunnnn...tololnya ngga ketulungan.

Kapan mahu maju (kayaknya ngga bisa sih)?
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
February 26, 2012, 08:15:08 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2313
  • Gender: Male
  • Denominasi: "Knowing God"
Baca lagi sana.

Dalam Yoh 1:1c, kata 'Allah" (theos) disana tidak memiliki kata sandang!!!

Bisa nangkep ngga?????

Ya ampunnnn...tololnya ngga ketulungan.

Kapan mahu maju (kayaknya ngga bisa sih)?

Udahlah bro, supir mabuk kok di ladeni... :D
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
February 26, 2012, 08:31:27 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Udahlah bro, supir mabuk kok di ladeni... :D

Kira-kira zbn ini punya temen di ekklesianya ngga..?
(yang bisa diskusi secara benar di forum ini..)
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
February 26, 2012, 09:30:47 PM
Reply #34
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 61
saya senang sekali dengan artikel ini terutama tentang "hal yang mudah kenapa dibuat susah", langsung saja.. perbedaan grade dalam ke-Allah-an. ...Yoh 1b, 1c adalah utk membedakan antara YAHWEH (Bapa) dan YESUS (Anak/Firman). Kenapa dibuat perbedaan? Sebab Peran Yesus adalah membawa kebenaran Yahweh kepada mereka yang percaya kepada-Nya, ganti dosa supaya dalam Yesus kita dibenarkan oleh Yahweh (2 Korintus 5:21).



Well take a look at this and you will never see your hand the same again!  The Name of Yeshua Jesus in our hands!
Apa bedanya?  Taurat Musa vs. Taurat Tuhan
Radio siip: click aja
February 26, 2012, 11:38:08 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Hanya ada SATU ALLAH.

Yoh.1:1 -- Itu satu-satunya Allah.

Salam.
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
February 27, 2012, 04:58:06 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Hanya ada SATU ALLAH.

Yoh.1:1 -- Itu satu-satunya Allah.

Salam.

Emangnya saya bicara dua Allah?

1b ==> Firman itu bersama-sama dengan (pros) Allah (ton theon/Allah itu). "Allah it" adalah Bapa. Berarti Firman itu identitas yang berbeda dengan Bapa.

1c ==> Namum "Firman itu adalah Allah" (theos). Tanpa kata sandang karena penulis mahu mendiskripsikan siapa Firman itu. Firman itu bukan Allah Bapa tetapi diwaktu yang sama ada dalam kualitas/natur Allah.

Bisa nangkep ngga? 
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
February 27, 2012, 06:09:01 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Emangnya saya bicara dua Allah?

1b ==> Firman itu bersama-sama dengan (pros) Allah (ton theon/Allah itu). "Allah it" adalah Bapa. Berarti Firman itu identitas yang berbeda dengan Bapa.

1c ==> Namum "Firman itu adalah Allah" (theos). Tanpa kata sandang karena penulis mahu mendiskripsikan siapa Firman itu. Firman itu bukan Allah Bapa tetapi diwaktu yang sama ada dalam kualitas/natur Allah.

Bisa nangkep ngga? 
Saya hanya ingin mengatakan bahwa hanya orang yang sudah terbius oleh doktrin Tritunggal yang bisa nangkep logika tersebut!! :D

Oleh sebab itu saya bertanya dalam thread ini tentang siapa yang dimaksudkan ALLAH dalam Yoh.1:1

Sebab, logika Tritunggal --buat saya dan bahkan buat banyak orang hanya sebagai sandungan pemberitaan Injil yaitu mengenai pengenalan akan ALLAH (Bapa) secara benar--; Sebab ia --logika Tritunggal-- disatu sisi mengatakan: "..Firman itu identitas yang berbeda dengan Bapa (berbeda dalam hal apanya?); Firman itu bukan ALLAH Bapa.... Dan disisi yang lain, --logika Tritunggal--  mengatakan: "Firman itu adalah ALLAH" (theos)...yang sama ada dalam kualitas/natur ALLAH (apakah ALLAH ber-natur?  :coolsmiley:).


Salam,
February 27, 2012, 06:30:01 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Saya hanya ingin mengatakan bahwa hanya orang yang sudah terbius oleh doktrin Tritunggal yang bisa nangkep logika tersebut!! :D

Oleh sebab itu saya bertanya dalam thread ini tentang siapa yang dimaksudkan ALLAH dalam Yoh.1:1

Sebab, logika Tritunggal --buat saya dan bahkan buat banyak orang hanya sebagai sandungan pemberitaan Injil yaitu mengenai pengenalan akan ALLAH (Bapa) secara benar--; Sebab ia --logika Tritunggal-- disatu sisi mengatakan: "..Firman itu identitas yang berbeda dengan Bapa (berbeda dalam hal apanya?); Firman itu bukan ALLAH Bapa.... Dan disisi yang lain, --logika Tritunggal--  mengatakan: "Firman itu adalah ALLAH" (theos)...yang sama ada dalam kualitas/natur ALLAH (apakah ALLAH ber-natur?  :coolsmiley:).


Salam,

Makanya belajar lagi sana bahasa Yunani koine dan cari arti anarthrous.

Dr. Kenneth Wuest:

Quote
The Word was God. Here the word "God" is without the article in the original. When it is used in this way, it refers to the divine essence. Emphasis is upon the quality or character. Thus, John teaches us here that our Lord is essentially Deity. He possesses the same essence as God the Father, is one with Him in nature and attributes. JESUS of Nazareth, the carpenter, the teacher, is Very God (Wuest, Word Studies, vol. 4, p. 209).

Prof. Dr F. F. Bruce:

Quote
The structure of the third clause in verse 1, theos en ho logos, demands the translation "The Word was God." Since logos has the article preceding it, it is marked out as the subject. The fact that theos is the first word after the conjunction kai (and) shows that the main emphasis of the clause lies on it. Had theos as well as logos been preceded by the article the meaning would have been that the Word was completely identical with God, which is impossible if the Word was also "with God". What is meant is that the Word shared the nature and being of God, or (to use a piece of modern jargon) was an extension of the personality of God. The NEB paraphrase "what God was, the Word was", brings out the meaning of the clause as successfully as a paraphrase can...So, when heaven and earth were created, there was the Word of God, already existing in the closest association with God and partaking of the essence of God. No matter how far back we may try to push our imagination, we can never reach a point at which we could say of the Divine Word, as Arius did, "There was once when he was not (F. F. Bruce, The Gospel of John, (Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans, 1983), p. 31)."

Dr W. Robertson Nicoll:

Quote
The Word is distinguishable from God and yet Theos en ho logos, the Word was God, of Divine nature; not "a God," which to a Jewish ear would have been abominable; nor yet identical with all that can be called God, for then the article would have been inserted...(W. Robertson Nicoll, ed., The Expositor's Greek Testament, 5 vols, (Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans Publishing Company, 1983), 1:684).

Dr Philip B. Harner:

Quote
In all of these cases the English reader might not understand exactly what John was trying to express. Perhaps the clause could be translated, "the Word had the same nature as God." This would be one way of representing John's thought, which is, as I understand it, that ho logos, no less than ho theos, had the nature of theos (Philip B. Harner, "Qualitative Anarthrous Predicate Nouns Mark 15:39 and John 1:1" (Journal of Biblical Literature, March 1973), 92:87)."

Kittel's Theological Dictionary of the New Testament:

Quote
A similar ascription is more common in the Johannine writings, and for the most part incontestable. Jn. 1:1 says of the Pre-existent: kai theos en ho logos...The lack of the article, which is grammatically necessary in 1:1, is striking here, and reminds us of Philonic usage. The Logos who became flesh and revealed the invisible God was a divine being, God by nature (Gerhard Kittel, and Gerhard Friedrich, Theological Dictionary of the New Testament, 10 vols. Translated by Geoffrey W. Bromiley (Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans Publishing Company, 1964) vol 3:105-106)."

Kamu menulis:

Quote
(apakah ALLAH ber-natur?

Lha, bagaimana bisa memahami kalu tidak percaya Allah Ada!!!

"Natur Allah" berarti "what God as God is" (Apa yg membuat Allah itu Allah!) sedangkan Bapa dan Firman adalah identitas dari Natur-Nya, paham (kayaknya ngga pernah sih)?
« Last Edit: February 27, 2012, 06:36:25 AM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
February 27, 2012, 06:48:43 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Baca lagi sana.

Dalam Yoh 1:1c, kata 'Allah" (theos) disana tidak memiliki kata sandang!!!

Bisa nangkep ngga?????

Ya ampunnnn...tololnya ngga ketulungan.

Kapan mahu maju (kayaknya ngga bisa sih)?

Lah? apakah kata Yunani "Logos" menunjukkan kata sandang? :coolsmiley:

Yang tololnya gak ketulungan itu ya sodara!!


Salam,
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)