Author Topic: Yesus dan Pengampunan dosa  (Read 7053 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 26, 2019, 04:51:43 PM
Reply #210
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2439
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Sependapat.
Wewenang Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni disalah gunakan.
Ttg "wenang', pendapatku tiga:
1. Jika alat bukti cukup pengakuan diri, betapa cemen wewenang mengampuni
2. Jika [Mat 28:16-20] adalah kewenangan yg diberi, betapa duniawi
3. Menurut KBBI, kata dasarnya "wenang", kali

1. Bukti:"

pertanyaan Yohanes Pembaptis kepada Yesus Kristus bukan didorong oleh ketidaktahuan,
melainkan didorong oleh keinginan segera bebas.
Bukan begitu!
YP tahu, bw Dia Yesus yg dia baptis kemarinan
Mungkin ada nalar jiwa yg haus hal percaya
Utk percaya, “Seeing is believing”
Utk itu minimal dua alat bukti

Itu nalar jiwa, demi kepastian hukum mininimal ada dua alat bukti, spt KPK
Maria bergegas ke rumah Elizabeth, itu naluri mendengar perkataan Gabriel

Perhatikan juga siapa,
Saat mengendarai sepeda mendengar, "Pesshh ...Gru-duk2", tanda bannya kempes
Ia turun spt wajib memencet ban tsb, kadang sampai 2x utk kepastian kempesnya "se-mana"

Yohanes Pembaptis sudah tahu, bw Dia adalah Tuhan
Utk kepastian, maka dia cari tahu apa saja perbuatan
Jadi YP bertanya bukan meragukan Yesus sbg Mesias

Dia konsisten mendahului, menyiapkan jln bagi Tuhan
Dia tak me-rengek2 berharap dibebaskan segala rupa
Dia perlu tahu pasti, memang tugasnya telah selesai
[/quote]

2. Kewenangan:
Kalo mencermati Mat 28:16-20 kutangkap bahwa Tuhan Yesus Kristus memberikan kewenangan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan-Nya kepada rasul  yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman.
Aku melihat itu bukan suatu kewenangan atau hak
Melainkan seruan atau himbauan kpd org2 percaya
Perhatikan penggunaan artikel –lah pd [Ay. 18-19]

[Ay.18-19]
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan
baptislah mereka dlm nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,

dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yg telah Kuperintahkan kpd-mu.
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kpd akhir zaman."


Kali dulu itu kewenangan, suatu kuasa, sebab yg lain tak bisa baca
Maka dr kata kewenangan kadang bisa timbul istilah se-wenang2
Artinya, mentang2 bisa baca Kitab Suci yg lain hrs manut saja

Sekarang kitatau apa arti kata seru:
pergilah, jadikanlah, baptislah, ajarlah
ketahuilah Allah senantiasa beserta kita

Nasihat atau ajakan yg sama mereka lakukan juga kpd penatua2:
Gembalakanlah kawanan domba Allah yg ada pd-mu, jangan dgn paksa,
Tapi dgn sukarela sesuai dgn kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan,
Tetapi dengan pengabdian diri. [1Pet 5:2]

Himbauan atau ajakan itu berantai
Hingga berefek spt Multi Level Marketing
Sehingga domba2-Nya mememenuhi bumi

Kewenangan kita ada pd PL penyertaan-Nya pd PB
PL: "Penuhilah bumi, taklukkanlah, berkuasalah"
PB: "Jadilah kehendak-Mu di bumi spt di sorga"


Tapi ada kata "jangan" , itu lebih pd jenis kata peritah
Mungkin saat itu sudah mulai ada bisnis karunia Allah
Sehingga Petrus dua kali hrs mengatakan "jangan"
Mungkin itu pengalamannya di Samaria [Kis 8:16-20]


3. KBBI:
wenang/n, berwenang/v
mempunyai (mendapat) hak dan kekuasaan untuk melakukan sesuatu)
wewenang/n
1 hak dan kekuasaan untuk bertindak; kewenangan;
2 kekuasaan membuat keputusan, memerintah, dan melimpahkan tanggung jawab kpd org lain;
3 Huk fungsi yang boleh tidak dilaksanakan;

kewenangan/n
1 hal berwenang;
2 hak dan kekuasaan yang dipunyai untuk melakukan sesuatu

sewenang-wenang/adv
1 dengan tidak mengindahkan hak orang lain; dengan semau-maunya;
2 dengan kuasa sendiri; semaunya

kesewenang-wenangan/n
perbuatan sewenang-wenang; kelaliman dan sebagainya

Salam Damai!

« Last Edit: September 27, 2019, 09:18:53 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 06, 2019, 08:38:05 AM
Reply #211
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1093
  • Denominasi: Protestan
Perkataan Yesus kepada rasul yang dicatat di Yoh 20:23 ini: Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada, belum dianulir dari Injil.

Pengampunan dosa oleh penerus rasul tidak ada kaitan dengan kertas.
Penerus rasul Petrus memberikan kewenangannya menggembalakan domba Kristus kepada banyak penggiat Gereja yang tunduk kepada Kepausan Roma. Pengampunan dosa oleh penerus rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, memiliki dasar Injili, dan kewenangan mengampuni dosa itu didelegasikan kepada para imam yang setia, tidak diberikan kepada imam yang membelot.

Salam damai.

Jadi beli indulgensi kok dosa hapus ?
October 07, 2019, 10:27:16 AM
Reply #212
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3980
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Quote from: Sotardugur Parreva on September 24, 2019, 11:01:08 AM
Perkataan Yesus kepada rasul yang dicatat di Yoh 20:23 ini: Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada, belum dianulir dari Injil.

Pengampunan dosa oleh penerus rasul tidak ada kaitan dengan kertas.
Penerus rasul Petrus memberikan kewenangannya menggembalakan domba Kristus kepada banyak penggiat Gereja yang tunduk kepada Kepausan Roma. Pengampunan dosa oleh penerus rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, memiliki dasar Injili, dan kewenangan mengampuni dosa itu didelegasikan kepada para imam yang setia, tidak diberikan kepada imam yang membelot.
Jadi beli indulgensi kok dosa hapus ?
Agar tulisan @alacarte bernilai benar, dan tidak menjadi fitnah, silahkan didukung dengan informasi pendukung yang bukan hoaks. Pengampunan dosa oleh penerus rasul yang mewarisi kompetensi pengampunan dosa dari rasul, di mana rasul menerima kompetensi dari Yesus Kristus secara langsung, tidak terkait dengan surat-suratan, atau kertas, atau tulisan. Jika @alacarte menemukan ajaran Gereja yang menyatakan bahwa dengan membeli Surat Indulgensi (bukan indulgensi) maka dosa jemat pembeli Surat Indulgensi tersebut diampuni, kemukakan.

Damaikan hatimu, jangan menggunakan hoaks sebgai referensi.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
October 07, 2019, 08:44:33 PM
Reply #213
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Ttg "wenang', pendapatku tiga:
1. Jika alat bukti cukup pengakuan diri, betapa cemen wewenang mengampuni
dongo atuh jangan dipiara, maren.

Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni
Kalimat diatas adalah pemberian kewenangan, maren.
Gak sembarang orang.

Quote
2. Jika [Mat 28:16-20] adalah kewenangan yg diberi, betapa duniawi
Jangan komplain disini, komplain sana ke Yesus ---> "Sus, betapa duniawinya diriMU.... memberi orang untuk mengampuni dosa orang"

Aku akan memberimu kunci-kunci Kerajaan Surga. Dan, apa saja yang kamu ikat di bumi akan terikat di surga. Dan, apa saja yang kamu lepaskan di bumi akan terlepas di surga

Tuh... sana komplain ke Yesus :
"Sus, betapa duniawinya diriMU.... memberi orang untuk mengikat apa saja di bumi"
« Last Edit: October 07, 2019, 08:46:58 PM by odading »
October 09, 2019, 05:47:34 AM
Reply #214
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1093
  • Denominasi: Protestan
Jadi beli indulgensi kok dosa hapus ?Agar tulisan @alacarte bernilai benar, dan tidak menjadi fitnah, silahkan didukung dengan informasi pendukung yang bukan hoaks. Pengampunan dosa oleh penerus rasul yang mewarisi kompetensi pengampunan dosa dari rasul, di mana rasul menerima kompetensi dari Yesus Kristus secara langsung, tidak terkait dengan surat-suratan, atau kertas, atau tulisan. Jika @alacarte menemukan ajaran Gereja yang menyatakan bahwa dengan membeli Surat Indulgensi (bukan indulgensi) maka dosa jemat pembeli Surat Indulgensi tersebut diampuni, kemukakan.

Damaikan hatimu, jangan menggunakan hoaks sebgai referensi.


Buat apa membuat kertas indulgensi dengan harus membayar pakai uang yg gemerincing agar dosa hapus ?

October 09, 2019, 09:25:55 AM
Reply #215
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3980
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Quote from: Sotardugur Parreva on October 07, 2019, 10:27:16 AM
Agar tulisan @alacarte bernilai benar, dan tidak menjadi fitnah, silahkan didukung dengan informasi pendukung yang bukan hoaks. Pengampunan dosa oleh penerus rasul yang mewarisi kompetensi pengampunan dosa dari rasul, di mana rasul menerima kompetensi dari Yesus Kristus secara langsung, tidak terkait dengan surat-suratan, atau kertas, atau tulisan. Jika @alacarte menemukan ajaran Gereja yang menyatakan bahwa dengan membeli Surat Indulgensi (bukan indulgensi) maka dosa jemat pembeli Surat Indulgensi tersebut diampuni, kemukakan.

Damaikan hatimu, jangan menggunakan hoaks sebgai referensi.
Buat apa membuat kertas indulgensi dengan harus membayar pakai uang yg gemerincing agar dosa hapus ?
@alacarte jeblok.
Yang kuminta, silahkan @alacarte berikan referensi relevan dan bukan hoaks untuk mendukung pernyataanmu dalam tulisanmu itu.
Kenapa @alacarte ngedumel?

Damaikan hatimu, jangan menggunakan informasi hoaks sebagai referensi.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
October 09, 2019, 11:20:31 AM
Reply #216
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12948
    • fossil coral cantik
Buat apa membuat kertas indulgensi dengan harus membayar pakai uang yg gemerincing agar dosa hapus
Sepanjang pengetahuan saya, indulgensi kayak gini :
1. dosa telah dihapus
2. hukuman tetep ada, sebut aja 100%
3. hukuman bisa dikurangi dgn indulgensi
4. hukuman tetep ada, sebut aja 99,9 %



IMO, indulgensi gak beda dengan perihal kayak gini :
"ikut Yesus (ikut Yesus = masuk agama Kristen), maka otomatis pasti masuk sorga"

dengan kata lain :
Hanya orang beragama Kristen yang masuk sorga.



however, blakangan ditiban kayak gini :
"ikut Yesus (ikut Yesus = masuk agama Kristen),

tapi

kalo bukan yang dipilih SBJ
maka pasti tidak masuk sorga
kalo yang dipilih SBJ
maka otomatis pasti masuk sorga"


Dengan kata lain :
Yang dipilih so pasti otomatis pada akhirnya masuk agama Kristen.
Yang tidak dipilih itu pura2 masuk agama Kristen, palsu.



Bedanya....

Kristen Katolik
indulgensi ---> bayar ---> mengurangi hukuman

Kristen non Katolik
masuk Kristen ---> gratis ---> hukuman dihapus

Reformed
dipilih SBJ ---> sudah duluan tidak ada hukuman.

Gitu sih kesimpulan saya.

 :D
« Last Edit: October 09, 2019, 11:25:48 AM by odading »
October 11, 2019, 01:13:16 AM
Reply #217
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1093
  • Denominasi: Protestan
Buat apa membuat kertas indulgensi dengan harus membayar pakai uang yg gemerincing agar dosa hapus ?@alacarte jeblok.
Yang kuminta, silahkan @alacarte berikan referensi relevan dan bukan hoaks untuk mendukung pernyataanmu dalam tulisanmu itu.
Kenapa @alacarte ngedumel?

Damaikan hatimu, jangan menggunakan informasi hoaks sebagai referensi.

Rupanya kamu tidak paham metode canggih menghapus dosa pakai duit ya ?
October 11, 2019, 01:17:09 AM
Reply #218
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1093
  • Denominasi: Protestan
Sepanjang pengetahuan saya, indulgensi kayak gini :
1. dosa telah dihapus
2. hukuman tetep ada, sebut aja 100%
3. hukuman bisa dikurangi dgn indulgensi
4. hukuman tetep ada, sebut aja 99,9 %



IMO, indulgensi gak beda dengan perihal kayak gini :
"ikut Yesus (ikut Yesus = masuk agama Kristen), maka otomatis pasti masuk sorga"

dengan kata lain :
Hanya orang beragama Kristen yang masuk sorga.



however, blakangan ditiban kayak gini :
"ikut Yesus (ikut Yesus = masuk agama Kristen),

tapi

kalo bukan yang dipilih SBJ
maka pasti tidak masuk sorga
kalo yang dipilih SBJ
maka otomatis pasti masuk sorga"


Dengan kata lain :
Yang dipilih so pasti otomatis pada akhirnya masuk agama Kristen.
Yang tidak dipilih itu pura2 masuk agama Kristen, palsu.



Bedanya....

Kristen Katolik
indulgensi ---> bayar ---> mengurangi hukuman

Kristen non Katolik
masuk Kristen ---> gratis ---> hukuman dihapus

Reformed
dipilih SBJ ---> sudah duluan tidak ada hukuman.

Gitu sih kesimpulan saya.

 :D

Kesimpulan saya :

1.Semua manusia berdosa

2.Lalu membayar indulgensi utk hapus dosa bukannya beriman kepada Kristus

2.Makanya dosanya bukannya hapus malah semakin berat

4.Berakhirnya kelak di Neraka krn sudah melanggar kebenaran Scriptura.

October 11, 2019, 10:10:38 AM
Reply #219
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3980
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Rupanya kamu tidak paham metode canggih menghapus dosa pakai duit ya ?
Kelihatannya, @alacarte suka dengan hoaks. @alacarte suka menulis hal yang tidak @alacarte ketahui.
@alacarte suka menudingkan sesuatu yang belum @alacarte uji.

Usulku, hentikan penggunaan hoaks sebagai referensi diskusi.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)