Author Topic: Yesus dan Pengampunan dosa  (Read 3949 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 13, 2012, 12:34:50 AM
Reply #30
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 48
IMO - YA ! :)

Nah, kalo begitu selanjutnya adalah bertanya ayat ini:
sebagai org yg tua atau org yg mulai berpikir tentang kematian, aku menemukan ayat yang menghibur adalah:
yoh 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

apa maksud ayat diatas?
apakah ayat diatas juga berlaku untuk orang jaman sekarang yang percaya Yesus ataukah hanya berlaku di jaman dulu aja untuk murid2Nya?
apa benar Dia akan jemput kita kalo nanti kita mau mati?
Menurutku ini penting krn di agama lain nggak ada yg kaya begini.
March 13, 2012, 06:37:35 AM
Reply #31
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 54
  • Denominasi: Yesus
Terima kasih atas ayatnya....tp itu tetap bukan merujuk kuasa MUTLAK YESUS....... YESUS diberi kuasa oleh Bapa yg mana menurut sy tujuannya adalah supaya org percaya bhwa YESUS mmg dtg dr Bapa, kedua spy mrk percaya bhwa kuasa2 yg dilakukan itu adalah kuasa dr Bapa...

Yoh. 17: (7) Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu.

Maafkan ana yg terus mengatakannya... :)

Salam damai sejahtera,

Pertanyaan nya adalah apakah saudari Maryam mengakui bahwa siapapun dapat mengampuni dosa untuk menunjukkan kuasa Tuhan?

(Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?" – Mrk 2:6-7)

Siapakah saya siapakah manusia tidak ada berharga bagai angka 00000000000 yang tidak berharga tanpa nilai di depannya. Tuhanlah yang memberi nilai.
March 13, 2012, 12:36:39 PM
Reply #32
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
Kalau menulut yang oe baca,
Allah adalah Maha Kudus. Tidak ada satu titik dosa di mana Ia bisa komplomi.
Tidak bakalan Allah pula-pula tutup mata telhadap kejahatan. Semua dosa pasti ada hukumnya dan hukum itu tetap tidak belubah.

Satu-satunya jalan untuk pengampunan adalah melalui ditebus.
Kalau seumpama dosa=hutang, menghilangkan hutang begitu saja sama dengan kolupsi jabatan. Kecuali si pejabat mau menebus hutang telsebut dengan uangnya sendili cuu..
March 13, 2012, 01:51:43 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9250
Kristen bukan agama, Kristen adalah pengikut Kristus.

Sehingga Kristen berbeda dengan agama agama lain.

Pengikut Kristus adalah orang orang yang di pisahkan dari dunia yang berdosa ini, di peruntukkan bagi Allah dan di satukan kedalam Tubuh Kristus, dimana Tuhan Yesus Kristus adalah KEPALA.

Manusia untuk dapat mendapat pengampunan dosa dari Allah, memerlukan pendamai dan pengantara, yaitu Anak Allah, Tuhan Yesus Kristus.

Ibr 9
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.


9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.

9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

Pengampunan dosa kita hanya melalui Anak Allah, Tuhan Yesus Kristus yang menanggung dosa kita di atas kayu salib, menjadi pendamai dan pengantara bagi kita.

Dosa kita di sucikan karena darah yang mahal yaitu darah Kristus, sehingga kita mendapat pengampunan dosa.

Yoh 14 : 1- 3 di tujukan kepada orang yang telah mendapat ANUGERAH ALLAH, mendapat panggilan kudus melalui Firman Tuhan untuk bertobat yaitu berbalik kepada Allah, meninggalkan hidup yang lama, dan hidup menurut kehendak Allah.

Itu merupakan janji Allah, bahwa Tuhan Yesus kembali ke surga , menyediakan tempat bagi orang orang pilihan Nya.

Dan kepastian keselamatan, bahwa telah tersedia tempat  bagi kita ,  dan Tuhan Yesus akan kembali membawa kita kesana.







March 13, 2012, 02:33:58 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12795
    • fossil coral cantik
apa maksud ayat diatas?
woaduh.... sebenernya saya bukan dalam kapasitas untuk menjawab pertanyaan rodamas, karena saya nonK....  :char11:, tapi kalo memang boleh nge-jawab - maka saya jawab dalam kapasitas sbg nonK - dan ITU belon tentu bener sesuai dgn Kekristenan.... :)

maksud ayat itu --IMO, terfokus pada kalimat "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup".
---> "jalan" = "alur" yg dilalui dalam kehidupan sso
---> Kebenaran = teladan yg Yesus ajarkan
---> Hidup = hidup kekal

Quote
apa benar Dia akan jemput kita kalo nanti kita mau mati?

(3) Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

(3) And when I go and make ready a place for you, I will come back again and will take you to Myself, that where I am you may be also.


IMO, ada beda pengertian antara yg bhs indo dgn yg orange bhs inggris.
Yang coklat dan orange bisa dimengertikan :
stlh sso mati, dijemput Yesus - lalu dibawa Yesus ketempatNYA.

sedangkan yg orange saja, saya mengertikan

(dalam konteks para murid saat itu) :
stlh Yesus mati dan bangkit, Dia "menjadikan" murid2NYA satu didalam Dia - shg kalimat "where I am you may be also" IMO, merujuk ke pengertian bhw Yesus akan selalu menuntun para murid .... (jadi BUKAN dimana para murid berada - Yesus yg "ngikutin" mereka).

(dalam konteks universal) :
stlh Yesus NAIK, Dia "kembali" sbg RK , dan "menjadikan" OP (orang2 percaya) satu didalam Dia - shg kalimat "where I am you may be also" IMO, merujuk ke pengertian bhw Yesus akan selalu menuntun para OP.... (jadi BUKAN dimana para OP berada - Yesus yg "ngikutin" mereka).

(4) Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
(4) And [to the place] where I am going, you know the way.


Entah juga, aplikasi ayat diatas IMO bisa 2 jenis penerapannya.
1. saat orang masih hidup - "alur" kehidupan OP ini selalu dituntun Yesus. (Jadi sekali lagi BUKAN dimana OP berada - Yesus yg ngekor mereka).
2. saat orang mati - rohNYA dituntun Yesus agar sampai kepada Bapa.

Kalo saya cenderung mengertikan ayat2 tsb aplikasinya pada saat orang masih hidup.

saya perhatikan ini :
(5) Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

--->Disitu kondisi pertanyaan Thomas adalah : saat masih hidup "bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

maka jawab Yesus :
(6) Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Disini (maap) saya sendiri kembali rancu... ( :ashamed0002:).... karena aplikasi ayat diatas juga IMO bisa 2 jenis penerapan :

1. Sso yg semasa hidupnya mengikuti "alur" yg Yesus pimpin - sehingga nanti stlh mati bisa dtg kepada Bapa
2. Sso yang telah mati sebagai nonK - dihakimi Yesus di Akherat - dan hanya keputusan Yesus sendirilah yg bisa menentukan apakah nonK tsb berhak datang kepada Bapa ato tidak.

Quote
apakah ayat diatas juga berlaku untuk orang jaman sekarang yang percaya YESUS ataukah hanya berlaku di jaman dulu aja untuk murid2Nya?
IMO, universal - segala jaman, segala bangsa, segala macem manusia.

Saya kembali ke pertanyaan utama rodamas :
Quote
apa benar Dia akan jemput kita kalo nanti kita mau mati?
Apabila aplikasi saya yg penerapannya semasa hidup terlaksana (seperti yg saya kasih warna merah diatas) --- maka IMO, (entah dijemput - entah kagak) otomatis PASTI orang tsb akan sampai kepada Bapa stlh dia mati.

mudah2an gak puyeng mengertikan ulasan saya....hehehe.

advice :
adalah lebih baik kamu submit thread kamu di board Kristen, sehingga mendapat jawaban yg lebih benar, tepat dan lebih sesuai dgn harapanmu ... :)

salam.
March 13, 2012, 03:20:51 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9250
Quote
stlh YESUS NAIK, Dia "kembali" sbg RK ,

Bro Odadin,

Yoh 14
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

14:26 tetapi Penghibur, yaitu ROH KUDUS, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

.Sorry bro, dari ayat ayat itu , jelas bahwa

Allah Bapa bukan Allah Anak dan Bukan Allah ROH KUDUS.

Allah  Anak juga bukan Allah Bapa dna bukan Allah ROH KUDUS.

Allah ROH KUDUS bukan Allah Bapa dan Allah Anak.


Satu Allah 3 pribadi. dimana mereka berbeda.

Jadi Tuhan YESUS , Anak Allah bukan menjadi ROH KUDUS.

Jadi yang datang itu bukan Tuhan YESUS menjadi ROH KUDUS.

Nanti kedatangan Tuhan YESUS yang kedua kali, akan merupakan the end of the world, dan penghakiman terachir, sabar bro .  :cheesy:



March 13, 2012, 04:29:47 PM
Reply #36
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
Sesuai yang engkong baca-baca di sini
Menulut kitab kamu olang, Loh Kudus adalah Loh Klistus.

Loh yang sama yang mengulapi Yesus, juga mengulapi anak-anak Allah.
Sehingga semuanya didiami oleh Loh yang sama menjadi satu tubuh, di mana Yesus adalah kepalanya cuuu...
March 13, 2012, 04:48:04 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 722
  • Gender: Male
  • Denominasi: there is always only one truth
Sesuai yang engkong baca-baca di sini
Menulut kitab kamu olang, Loh Kudus adalah Loh Klistus.

Loh yang sama yang mengulapi YESUS, juga mengulapi anak-anak Allah.
Sehingga semuanya didiami oleh Loh yang sama menjadi satu tubuh, di mana YESUS adalah kepalanya cuuu...
syalom...


nggak nyangka omongan king engkong bisa nyambung,kirain udah pikun

tapi "kepala" yg engkong maksudkan cuma kiasan/bukan kepala yg sebenarnya kan, kan?
soalnya yg saya liat di forum ini, ada yg nggak tau konsep trinitas tapi sotoy dgn mennyebut yesus anak(biaologis) allah, bener2 very sotoy tu orang..
muda2han king engkong nggak berpikir yesus adalah kepala beneran(bagian dari tubuh)
March 13, 2012, 05:12:44 PM
Reply #38
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
syalom...


nggak nyangka omongan king engkong bisa nyambung,kirain udah pikun

tapi "kepala" yg engkong maksudkan cuma kiasan/bukan kepala yg sebenarnya kan, kan?
soalnya yg saya liat di forum ini, ada yg nggak tau konsep trinitas tapi sotoy dgn mennyebut YESUS anak(biaologis) allah, bener2 very sotoy tu orang..
muda2han king engkong nggak berpikir YESUS adalah kepala beneran(bagian dari tubuh)

Kepala dalam alti:
- Pemimpin
- Yang peltama dan telutama

Gitu cuuu..
March 14, 2012, 01:16:44 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12795
    • fossil coral cantik
.Sorry bro,
Kok.... sorry ? wong saya yg salah ngertikan ... :)

Quote
Jadi yang datang itu bukan Tuhan YESUS menjadi ROH KUDUS.
iyah maap rita.

Soalnya saya juga masi bingung siii sebenernya ama ayat yang rodamas tanyakan. (masi bingung, sok berani jawab lageee....hahaha.... gpp yaa... namanya juga sekalian belajar ... :)).

Quote
Nanti kedatangan Tuhan YESUS yang kedua kali, akan merupakan the end of the world, dan penghakiman terachir, sabar bro .  :cheesy:

jadi... penjabaran : "Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku" itu.... maksudnya adalah acara penjemputan pada saat kedatanganNYA yg kedua kali ya ?

tadinya juga saya udah sempet "nyampe" kepikir begitu... namun "nilik-nilik" lagi ke ayat selanjutnya jadi berobah pikiran dee.... hehehe ... :cheesy:

Nah.... mudah2an rodamas baca koreksi rita ini dan maklum adanya atas kesalahan interpretasi saya....  :ashamed0002:

makasi rita atas masukannya.

salam.




 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)