Author Topic: Makna Akhir Zaman dalam Daniel 12  (Read 4960 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 16, 2012, 07:34:29 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2349
  • Gender: Male
  • be a light!
  • Denominasi: Protestan
1. Apakah "akhir zaman" yang dimaksud di sini adalah kiamat yang sesungguhnya?
2. Pada ayat 4: apakah yang dimaksud "Kitab", mengapa orang akan menyelidikinya?
3. Jika "Kitab" pada ayat 4 tersebut adalah Kitab Kehidupan di sorga, apakah itu berarti Daniel ditugaskan Allah untuk menyimpan Kitab Kehidupan?
4. Apakah yang dimaksud "hal-hal ajaib" pada ayat 6?
5. Apakah yang dimaksud bahwa Daniel akan mendapat bagiannya pada ayat 13?
March 22, 2012, 11:29:13 PM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 10
Zaman akhir-Ungkapan yang muncul sebanyak enam kali dalam buku Daniel, yang menunjuk ke suatu periode waktu yang menandai penutup suatu sistem dan mencapai puncaknya pada kehancurannya. Nabi Daniel diberi gambaran pendahuluan tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi jauh di masa depan. Setelah itu ia diberi tahu, ”Dan engkau, hai, Daniel, rahasiakanlah perkataan ini dan meteraikanlah buku ini, sampai zaman akhir. Banyak orang akan menjelajah dan pengetahuan yang benar akan berlimpah.”—Dan 12:4.
Mengenai ayat itu, komentator bernama Thomas Scott, pada paruh pertama abad ke-19, menyatakan, ”Malaikat itu, melalui kata-kata penutupnya, memberi tahu Daniel, bahwa nubuat itu akan tetap tidak jelas, dan seperti ’buku yang termeterai’, yang hanya sedikit dimengerti, ’sampai zaman akhir’ . . . Fakta membuktikan demikianlah halnya: diakui adanya kesulitan yang sangat besar untuk memahami banyak nubuat Daniel, dan [nubuat-nubuat itu] adalah ’seperti keterangan yang tertutup’ bahkan bagi orang-orang yang percaya pada umumnya. . . . Pada abad-abad belakangan ini, banyak orang dengan susah payah meneliti sejarah, untuk menjelaskan bagian-bagian dalam nubuat-nubuat itu yang sudah tergenap; dan membandingkannya dengan ayat-ayat lain, untuk mengevaluasi apa yang masih akan digenapi: dan dengan demikian terang besar telah dipancarkan ke atas [nubuat-nubuat itu].
Seraya makin banyak nubuat yang secara bertahap tergenap, semakin jelas pula pemahaman akan nubuat-nubuat itu: dan apabila dibandingkan dengan kita, generasi-generasi di masa depan akan lebih dibuat heran dan lebih banyak diajar oleh nubuat-nubuat itu.” (Explanatory Notes karya Scott, 1832) Fakta bahwa nubuat-nubuat Daniel belum begitu dimengerti pada awal abad ke-19 menunjukkan bahwa ”zaman akhir” yang dinubuatkan itu akan tiba di masa depan, sebab orang-orang ”yang memiliki pemahaman”, yaitu hamba-hamba sejati Allah, sudah akan memahami nubuat itu pada ”zaman akhir”.—Dan 12:9, 10.
Ungkapan ”zaman akhir” juga digunakan sehubungan dengan perkembangan-perkembangan khusus yang berkaitan dengan pemerintahan manusia. Daniel 11:40 menyatakan, ”Pada zaman akhir, raja selatan akan menekan [raja utara], dan raja utara akan menggempur dia dengan kereta dan penunggang kuda dan banyak kapal.” Setelah itu, nubuat tersebut membahas tindakan ”raja utara” dan menunjukkan bahwa ia akan menemui akhirnya. (Dan 11:41-45) Maka ”zaman akhir” di ayat itu jelas harus dipahami sebagai suatu periode yang mencapai puncaknya sewaktu ”raja utara” dibinasakan. Yang meneguhkan hal itu adalah fakta bahwa ”raja utara” sebelumnya digambarkan sedang menganiaya hamba-hamba Allah, yaitu orang-orang ”yang memiliki pemahaman”, sampai ”zaman akhir”, yaitu sampai akhir eksistensinya.—Dan 11:33-35.
Corak lain yang berkaitan dengan ”zaman akhir” adalah bangkit berdirinya ”seorang raja yang berwajah garang” yang akan bertindak melawan ”Pangeran atas segala pangeran”, dan akhirnya dipatahkan atau dibinasakan. ”Raja” itu akan bangkit berdiri pada bagian akhir pemerintahan keempat kerajaan yang berasal dari Imperium Yunani yang bakal terbagi. (Dan 8:8-25) Karena ”raja utara” dan ”raja selatan” berasal dari sumber yang sama, masuk akal bahwa ”raja yang berwajah garang” itu adalah salah satu dari ’raja-raja’ itu pada ”zaman akhir”, atau akhir eksistensinya.
Ungkapan ”zaman akhir” tidak berarti ’berakhirnya waktu’ tetapi menyatakan suatu periode waktu yang mencapai puncaknya pada akhir atau pembinasaan hal-hal yang disebutkan dalam nubuat itu, bukan akhir segala sesuatu. Fakta bahwa waktu itu sendiri tidak akan berakhir dinyatakan dengan jelas dalam Tulisan-Tulisan Kudus. Misalnya, sang pemazmur mengatakan bahwa bumi ”tidak akan digoyahkan sampai waktu yang tidak tertentu, atau selama-lamanya”. (Mz 104:5) Karena bumi akan terus ada, waktu, sebagai ”dimensi” atau ukuran bumiah atau jasmani, tentu tidak akan lenyap.

Pernyataan malaikat kepada Daniel, ”Engkau sendiri, pergilah menuju akhir; dan engkau akan beristirahat, tetapi engkau akan bangkit berdiri untuk mendapat bagianmu pada akhir masa itu”, tampaknya menyiratkan bahwa kehidupannya hampir berakhir, tetapi ia mendapat jaminan kebangkitan.—Dan 12:13.


Tentu saja, tidak semua bertekun melewati era yang bergejolak ini. Pasti itulah alasannya mengapa sang malaikat menekankan pentingnya untuk ”terus menanti”. Orang-orang yang bertekun dan terus menanti diberkati dengan limpah. Tinjauan tentang Daniel pasal 12 memperjelas hal ini. Sebagaimana dinubuatkan, kaum terurap dipulihkan, atau dibangkitkan secara rohani. Mereka diberi pemahaman yang luar biasa tentang Firman Allah, diberi kuasa untuk ”menjelajah” di dalamnya dan, di bawah bimbingan ROH KUDUS, mereka dapat membuka misteri yang terkunci selama berabad-abad.
March 24, 2012, 10:18:36 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6960
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
1. Apakah "akhir zaman" yang dimaksud di sini adalah kiamat yang sesungguhnya?
2. Pada ayat 4: apakah yang dimaksud "Kitab", mengapa orang akan menyelidikinya?
3. Jika "Kitab" pada ayat 4 tersebut adalah Kitab Kehidupan di sorga, apakah itu berarti Daniel ditugaskan Allah untuk menyimpan Kitab Kehidupan?
4. Apakah yang dimaksud "hal-hal ajaib" pada ayat 6?
5. Apakah yang dimaksud bahwa Daniel akan mendapat bagiannya pada ayat 13?
1) Kitab daniel 12 ini menubuatkan tt masa kesusahan besar pd akhir zaman, sebelum kiamat tiba, pd masa itu Tuhan akan mengirimkan Mikhael utk melindungi org2 yg percaya.
2) Kitab yg dimaksud di ayat ini adalah kitab nubuatan (Daniel 12) yg akan terjadi pd akhir zaman bkn ditujukan pd org2 pd zaman Daniel, tapi ditujukan kpd org2 percaya pd akhir zaman spt kita ini.
3) Bukan mengenai kitab kehidupan, tapi mengenai kitab nubuatan Daniel pasal 12.
4) Hal2 ajaib yg dimaksud berbicara mengenai masa kesukaran besar yg dinubuatkan akan berlangsung selama tiga setengah tahun (Satu masa dan dua masa dan setengah masa) .
5) Dlm ayat 2 :  Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.
Daniel dijanjikan akan mendptkan hidup yg kekal karena namanya tertulis dlm kitab kehidupan.
GBU
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
March 24, 2012, 11:17:41 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1752
  • Denominasi: Percaya Yesus pasti selamat masuk sorga.
1. Apakah "akhir zaman" yang dimaksud di sini adalah kiamat yang sesungguhnya?
Dan. 12:1"Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.
Dalam Dan.12:1  Mikhael diungkapan ada 3 x
Daniel 10:13,21..Mikhael adalah pemimpin dan pelindung surgawi bagi umat Israel.  Daniel bernubuat suatu masa penuh kesulitan bagi bangsa Israel (lihat Mat.24:15,21; wahyu 6:17), tetapi ada rencan Allah untuk melelpaskan umat Daniel yang namanya tertulis dalam kitab itu, yaitu kitab peringatan, yang dinubuatkan bagi orang-orang yang takut akan Tuhan dan bagi orang yang menghormati-Nya banding (Mal.3:16). Tuhan berjanji untuk memelihara mereka pada masa kesesakan yang akan menimpa di seluruh dunia. Amin.

Quote
2. Pada ayat 4: apakah yang dimaksud "Kitab", mengapa orang akan menyelidikinya?
3. Jika "Kitab" pada ayat 4 tersebut adalah Kitab Kehidupan di sorga, apakah itu berarti Daniel ditugaskan Allah untuk menyimpan Kitab Kehidupan?

Dan. 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Dan.12:9 Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman

Ayat 4 dan 9 ini masih terkait dengan ayat 1, yaitu tentang “kitab” yang akan dinubuatkan diakhir zaman...tentang hari-hari “kesesakan besar” yang menimpa diseluruh dunia.

Arti “sembunyikan segala firman itu”....Banding Dan.8:26, dan “meteraikanlah kitab itu” artinya selama masa Daniel kitab itu masih trersembunyi,  sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya...artinya Nubuat-nubuat yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu."( Yesaya 42:9)

Rahasia firman akhir zaman yang tersembunyi dan termeterai di dalam sorga telah di muliakan Kristus di ........................?
banyak orang akan menyelidikinya.......Artinya akan ada penyelidikan tentang kebenaran nubuat janji akhir zaman di........?
Amin.


Quote
4. Apakah yang dimaksud "hal-hal ajaib" pada ayat 6?

Hal-hal yang ajaib ini; yaitu tentang kegiatan antikristus yang terutama melakukan keajaiaban dan penganiaaannya (banding Dan.8:24 dimana kata ibrani yang sama terdapat dalam ungkapan yang diterjemahkan sebagai “kebinasaan  yang mengerikan”; Dan 11:36,... Amin..

Quote
5. Apakah yang dimaksud bahwa Daniel akan mendapat bagiannya pada ayat 13?
Artinya kitab Daniel berakhir dengan suasana tenang, sama seperti semua orang lain, Daniel meninggal dunia dan beristirahat dalam kubur. Tetapi melalui kebangkitannya pada akhir zaman dia akan mendapatkan bagian dalam kerajaan Kekal yang akan didirikan Allah. Amin.

Roma. 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
March 25, 2012, 10:35:18 AM
Reply #4
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 64
  • Denominasi: Selamat dalam pelukan-Nya
Dan. 12:1"Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.
Dalam Dan.12:1  Mikhael diungkapan ada 3 x
Daniel 10:13,21..Mikhael adalah pemimpin dan pelindung surgawi bagi umat Israel.  Daniel bernubuat suatu masa penuh kesulitan bagi bangsa Israel (lihat Mat.24:15,21; wahyu 6:17), tetapi ada rencan Allah untuk melelpaskan umat Daniel yang namanya tertulis dalam kitab itu, yaitu kitab peringatan, yang dinubuatkan bagi orang-orang yang takut akan Tuhan dan bagi orang yang menghormati-Nya banding (Mal.3:16). Tuhan berjanji untuk memelihara mereka pada masa kesesakan yang akan menimpa di seluruh dunia. Amin.

Quote
Dan. 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Dan.12:9 Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman

Ayat 4 dan 9 ini masih terkait dengan ayat 1, yaitu tentang “kitab” yang akan dinubuatkan diakhir zaman...tentang hari-hari “kesesakan besar” yang menimpa diseluruh dunia.

Arti “
Quote
sembunyikan segala firman itu
”....Banding Dan.8:26, dan “meteraikanlah kitab itu” artinya selama masa Daniel kitab itu masih trersembunyi,  sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya...artinya Nubuat-nubuat yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu."( Yesaya 42:9)

Rahasia firman akhir zaman yang tersembunyi dan termeterai di dalam sorga telah di muliakan KRISTUS di ........................?
banyak orang akan menyelidikinya.......Artinya akan ada penyelidikan tentang kebenaran nubuat janji akhir zaman di........?
Amin.


Hal-hal yang ajaib ini; yaitu tentang kegiatan antikristus yang terutama melakukan keajaiaban dan penganiaaannya (banding Dan.8:24 dimana kata ibrani yang sama terdapat dalam ungkapan yang diterjemahkan sebagai “kebinasaan  yang mengerikan”; Dan 11:36,... Amin..
Artinya kitab Daniel berakhir dengan suasana tenang, sama seperti semua orang lain, Daniel meninggal dunia dan beristirahat dalam kubur. Tetapi melalui kebangkitannya pada akhir zaman dia akan mendapatkan bagian dalam kerajaan Kekal yang akan didirikan Allah. Amin.

Broo scout,

1. Apa yang di maksud dengan kitab itu masih tersembunyi?

2. Dan apa yang dimaksud dengan  sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya?
 3. Dan yang ketiga pertanyaan aku, apa ada tanda bukti kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya oleh Tuhan sendiri, pada akhir zaman ini? 
 tolong dijelasin bukti-nya?
tentu buktinya berdasarkan firman Allah?
March 25, 2012, 09:18:41 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1752
  • Denominasi: Percaya Yesus pasti selamat masuk sorga.
Broo scout,

1. Apa yang di maksud dengan kitab itu masih tersembunyi?
Danile 12:4Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."
Daniel 12:9Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman.
Jadi yang dimaksud dengan kitab itu masih tersembunyi? Kalau diteliti lagi ayat 4 mengatakan: sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman (ay 4) dilanjut dengan pesan yang lebih jelas lagi dalam ayat 9, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman...
Berarti berita tentang nubuat kitab ini, meterai kitab ini akan dibukan oleh Allah sendiri pada saat akhir zaman yaitu pada masa sekarang ini.   

Quote
2. Dan apa yang dimaksud dengan  sampai pada masa akhir zaman yang ditentukan oleh Allah sendiri maka kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya?
Wahyu 22:10Lalu ia berkata kepadaku: "Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat.
Kita dapat membedakan kitab yang dimeteraikan  Allah dengan kitab yang tidak dimeteraikan oleh Allah. Kitab Wahyu ayat 10 diatas misalnya berbeda pesan dengan pesan Daniel 12:4,9.
Sedangkan pesan dalam kitab Wahyu ini mengatakan tentang nubuat kitab Wahyu ini mengatakan: Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini ketika Yohanes mendapatkan penglihatan “apa yang engkau lihat tuliskanlah di dalam sebuah kitab ...(Wahyu 1:11).
Jadi kesimpulannya dalam Daniel 12:4,9 ini merupakan  janji  Allah akan kitab yang tersembunyi itu akan dibukakan materai kitabnya dan akan dinubuatkan kitab tentang rahasia akhir zaman pada akhir zaman yaitu saat-saat  sekarang ini dan banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah." Amin.

 
Quote
3. Dan yang ketiga pertanyaan aku, apa ada tanda bukti kitab yang termeterai disorga itu akan dibukakan meterainya oleh Tuhan sendiri, pada akhir zaman ini? 
 tolong dijelasin bukti-nya?
tentu buktinya berdasarkan firman Allah?

Ingin bukti ayat Daniel 12:4,9 ini agak sulit, karena memerlukan keterangan-keterangan atau para saksi-saksi mengenai kesaksian tentang kitab yang masih termeterai itu apakah kitab itu masih termeterai ataukah meterainya sudah dibukakan oleh Tuhan. Perhatikan Wahyu 6 :1  dst, Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dst....
Untuk itu walaupun kitab rahasia akhir zaman dalam Daniel 12:4,9 itu telah dimuliakan dan telah diterima oleh hambanya yang dipilih, namun firman itu masih dimeteraikan oleh Allah..belum dibuka Tuhan, kalau dibuka Tuhan berarti pembukaan meterai yang pertama itu dimulai sebagai permulaan tujuh tahun kesengsaraan, masa depan yang penuh penderitaan dan hukuman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Amin.

Dalam penjelasan sy mengenai kitab Wahyu adalah meterai kitab yang terbuka, kitab yang dapat dibaca setiap orang, karena meterai kitabnya terbuka (Wahyu 22:10).

Berbeda dengan apa yang dimaksud dengan Daniel 12:4,9 ini tentang kitab yang termeterai ini, walaupun nubuat kitab rahasia akhir zaman itu telah  dimuliakan. tetapi belum bisa dibaca , karena meterainya masih termeterai. Amin.
Roma. 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
March 26, 2012, 10:11:44 AM
Reply #6
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 64
  • Denominasi: Selamat dalam pelukan-Nya
Danile 12:4Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."
Daniel 12:9Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman.
Jadi yang dimaksud dengan kitab itu masih tersembunyi? Kalau diteliti lagi ayat 4 mengatakan: sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman (ay 4) dilanjut dengan pesan yang lebih jelas lagi dalam ayat 9, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman...
Berarti berita tentang nubuat kitab ini, meterai kitab ini akan dibukan oleh Allah sendiri pada saat akhir zaman yaitu pada masa sekarang ini.   
Wahyu 22:10Lalu ia berkata kepadaku: "Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat.
Kita dapat membedakan kitab yang dimeteraikan  Allah dengan kitab yang tidak dimeteraikan oleh Allah. Kitab Wahyu ayat 10 diatas misalnya berbeda pesan dengan pesan Daniel 12:4,9.
Sedangkan pesan dalam kitab Wahyu ini mengatakan tentang nubuat kitab Wahyu ini mengatakan: Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini ketika Yohanes mendapatkan penglihatan “apa yang engkau lihat tuliskanlah di dalam sebuah kitab ...(Wahyu 1:11).
Jadi kesimpulannya dalam Daniel 12:4,9 ini merupakan  janji  Allah akan kitab yang tersembunyi itu akan dibukakan materai kitabnya dan akan dinubuatkan kitab tentang rahasia akhir zaman pada akhir zaman yaitu saat-saat  sekarang ini dan banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah." Amin.

 
Ingin bukti ayat Daniel 12:4,9 ini agak sulit, karena memerlukan keterangan-keterangan atau para saksi-saksi mengenai kesaksian tentang kitab yang masih termeterai itu apakah kitab itu masih termeterai ataukah meterainya sudah dibukakan oleh Tuhan. Perhatikan Wahyu 6 :1  dst, Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dst....
Untuk itu walaupun kitab rahasia akhir zaman dalam Daniel 12:4,9 itu telah dimuliakan dan telah diterima oleh hambanya yang dipilih, namun firman itu masih dimeteraikan oleh Allah..belum dibuka Tuhan, kalau dibuka Tuhan berarti pembukaan meterai yang pertama itu dimulai sebagai permulaan tujuh tahun kesengsaraan, masa depan yang penuh penderitaan dan hukuman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Amin.

Dalam penjelasan sy mengenai kitab Wahyu adalah meterai kitab yang terbuka, kitab yang dapat dibaca setiap orang, karena meterai kitabnya terbuka (Wahyu 22:10).

Berbeda dengan apa yang dimaksud dengan Daniel 12:4,9 ini tentang kitab yang termeterai ini, walaupun nubuat kitab rahasia akhir zaman itu telah  dimuliakan. tetapi belum bisa dibaca , karena meterainya masih termeterai. Amin.

Ok. Bro Scout,

Menurut penjelasan Broo dalam Daniel 12:4, 9 adalah kitab yang masih tersembunyi yang belum dibukakan meterainya, kira-kira kapan waktu meterai ini dibukakan ?

Dan menurut para penafsir bahwa kitab Wahyu adalah kitab yang terakhir, dan menurut broo sendiri masih ada kitab lain lagi.

Sejauh mana tanggapan Broo terhadap kitab wahyu yang katanya yang terakhir?   
March 26, 2012, 09:28:27 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1752
  • Denominasi: Percaya Yesus pasti selamat masuk sorga.
Ok. Bro Scout,

Menurut penjelasan Broo dalam Daniel 12:4, 9 adalah kitab yang masih tersembunyi yang belum dibukakan meterainya, kira-kira kapan waktu meterai ini dibukakan ?

Dan menurut para penafsir bahwa kitab Wahyu adalah kitab yang terakhir, dan menurut broo sendiri masih ada kitab lain lagi.

Sejauh mana tanggapan Broo terhadap kitab wahyu yang katanya yang terakhir?

Benar sekali kitab wahyu adalah kitab yang terakhir untuk masa gereja-gereja yaitu dialamatkan kepada ke 7 jemaat di Asia. Dan masa gereja akan berakhir ketika gereja sudah diangkat. Dan mulai Wahyu pasal 4 Istilah “Jemaat” atau “gereja ” tidak muncul lagi, sampai wahyu 22:16....Oleh karena itu kitab Wahyu ini disebut kitab nubuat meterai yang terbuka yang dinubuatkan kepada Gereja-gereja.
Berbeda dengan kitab Dan.12:4,9 kitab nubuat meterai yang tertutup ini akan dibukakan meterainya pada akhir zaman. Jadi kitab yang tersembunyi ini akan di nubuatkan bukan untuk gereja, namun kepada umat Daniel yaitu bangsa Israel yang mengalami suatu masa kesesakan  (Dan.12:1) Banyak orang akan menyelidikinya, berlari ke sana kemari mencari tahu tentang kitab yang termeterai  ini tentang rahasia janji akhir zaman, sehingga pengetahuan mereka tentang Allah serta akhir zaman akan bertambah. (ay 4).

Berbahagialah orang yang berkata kebenaran itu benar, tetapi celakalah bagi mereka yang berkata benar itu DUSTA dan DUSTA itu benar.Amin.
Roma. 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
March 26, 2012, 09:50:45 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3317
  • Denominasi: protestan
[quote author=Snoper link
Ok. Bro Scout,

1. Menurut penjelasan Broo dalam Daniel 12:4, 9 adalah kitab yang masih tersembunyi yang belum dibukakan meterainya, kira-kira kapan waktu meterai ini dibukakan ?

KOMEN:

4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada:
*)  akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan

*) pengetahuan akan bertambah."

Dalam ayat diatas ada 2 Tanda kapan Kitab tentang Achir Zaman itu akan dibuka !

1. Pada Achir Zaman ! Tahukah anda kapan dimulainya Achir Zaman itu menurut Alkitab. Perhatikan apa yg Tuhan YESUS katakan ini :

Matius 24 :
32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.

Ayat 32 itu menubuatkan bahwa Bangsa Israel yg terbuang dari negerinya sejak tahun 71 M, dan Peta Negara ini Hilang dari Peta Dunia. Sejak tahun 1948 Israel berdiri kembali setelah hampir 19 Abad Lenyap dari Peta Dunia.
Nah Pohon Ara itu adalah Lambang dan Symbol Negara Israel. Sejak saat itulah mulai meng gebu2 orang banyak mempelajari seluruh Kitab Apostologi dari Alkitab

Tanda yang kedua :
*)  pengetahuan akan bertambah."

Sejak berdirinya Negara Israel Pengetahuan manusia makin bertambah sehingga ayat2 dalam Kitab Daniel bagi orang2 sezamannya "membingungkan" tetapi tidak bagi kita yg hidup di Masa Achir Zaman ini.

Perhatikan ayat2 ini :
Daniel 9 :

24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.

Didalam Masa 70 X 7 Tahun itu  ada kejadian2 :
*) untuk melenyapkan kefasikan,
*)  untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan,
*)  untuk mendatangkan keadilan yang kekal,
*) untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan
*) untuk mengurapi yang maha kudus.
Lenyapnya Kefasikan, Kutuk Dosa, Kesalahan tergenapi saat YESUS disalibkan.
Keadilan Kekal dan Nubuyat para nabi tergenapi berlaku sejak Tuhan YESUS berkata "sudah Genap" diatas kayu salib
Yang Maha Kudus (Allah YHWH yg datang dalam Ujud Allah Putra) yg diurapi Nabi Yahya Pembaptis sudah terjadi !

25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali,
Setelah Nabi Daniel, Yerusalem dan Bait Allah yg dihancurkan Raja Nebukadnezar didirikan kembali

.....sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
Ini berbicara tentang Tuhan YESUS yg adalah Raja diatas segala raja setelah melampaui masa 7 X 7 Masa dan 62 X 7 Masa
26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa.
Ayat ini menubuatkan tentang Tuhan YESUS yg disalibkan yg tidak ada dosa dan kesalahan pada Diri-Nya
Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.
Ayat ini bercerita tentang Kaisar Titus yg menghancurkan Yerusalem dan menyerakkan Bangsa Israel keseluruh dunia
27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Ayat 27 ini berbicara tentang Masa Anti KRISTUS yg 7 tahun lamanya, dimana pada pertengahan Masa 7 tahun itu Bait Allah yg ke 3 didirikan kembali di Yerusalem dan saat itu si Anti KRISTUS berkata :"Akulah Allah"

2 Tesalonika 2 :
 3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Matius 24 :
15 Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya--

Dan masih banyak lagi yg bisa dikupas tentang Nubuatan Achir Zaman ini
-----------------------------------------------------------------------------------------
« Last Edit: March 26, 2012, 09:53:51 PM by liliput124 »
March 27, 2012, 08:55:00 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1752
  • Denominasi: Percaya Yesus pasti selamat masuk sorga.
[quote author=Snoper link
Ok. Bro Scout,

1. Menurut penjelasan Broo dalam Daniel 12:4, 9 adalah kitab yang masih tersembunyi yang belum dibukakan meterainya, kira-kira kapan waktu meterai ini dibukakan ?

KOMEN:

4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada:
*)  akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan

*) pengetahuan akan bertambah."

Dalam ayat diatas ada 2 Tanda kapan Kitab tentang Achir Zaman itu akan dibuka !

1. Pada Achir Zaman ! Tahukah anda kapan dimulainya Achir Zaman itu menurut Alkitab. Perhatikan apa yg Tuhan YESUS katakan ini :

Matius 24 :
32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.

Ayat 32 itu menubuatkan bahwa Bangsa Israel yg terbuang dari negerinya sejak tahun 71 M, dan Peta Negara ini Hilang dari Peta Dunia. Sejak tahun 1948 Israel berdiri kembali setelah hampir 19 Abad Lenyap dari Peta Dunia.
Nah Pohon Ara itu adalah Lambang dan Symbol Negara Israel. Sejak saat itulah mulai meng gebu2 orang banyak mempelajari seluruh Kitab Apostologi dari Alkitab

Sy mau tanggapi komen anda yang ini saja?

Adalah benar bahwa bangsa Israel dilambangkan dengan pohon ara (Hos 9:10), tetapi ini tidak berarti bahwa setiap kali pohon ara disebutkan di dalam Alkitab selalu berarti Israel. Misalnya :

Luk 17:6 - Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Apakah ini berarti bahwa iman sebesar biji sesawi dapat menenggelamkan bangsa Israel ke dalam laut?

Luk 19:4 - Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

Apakah ini berarti bahwa Zakheus memanjat bangsa Israel?

Jadi sekalipun Israel dilambangkan dengan pohon ara tidak selamanya pohon ara selalu menunjuk pada Israel. Kita harus bisa membedakan makna kata yang bersifat hurufiah, simbolik dan kiasan/figuratif.  Selain itu jika kata itu memang bermakna kiasan, harus diteliti kata itu mengkiaskan apa?

Dengan demikian arti kemerdekaan Israel tidak dapat menjadi patokan dan mulai meng gebu2 orang banyak mempelajari seluruh Kitab Apostologi dari Alkitab. Sebab mereka sampai saat ini menolak Kristus.
Roma. 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)