Author Topic: Bunda Maria dan Saudaranya Maria Kleopas  (Read 1035 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 31, 2012, 07:02:07 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2472
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Sudah sangat sering di forum ini topik mengenai "adik-adik" YESUS dibahas, padahal sudah sangat jelas sejak Gereja berdiri tidak pernah ada satupun sumber yang mengatakan bahwa YESUS memiliki adik2 atau Bunda Maria melahirkan anak-anak lain setelah kelahiran YESUS.


Mrk. 6:3   Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

Yang dimaksud maria diatas tentu maria ibu YESUS.

Apa betul demikian bro Clay?

Lalu dalam ayat itu ada kata: saudara Yakubus, Yosed, Yudas dan Simon.

Tentu ini berarti Yakubus, Yosed, Yudas dan Simon itu saudara YESUS apa betul demikian bro?

Saya ingin tanya yang dimaksud saudara ini apakah sepupu atau saudara kandung?



Mereka adalah sepupu YESUS, karena saudara sepupu jg dipanggil sebagai saudara. Mereka yg namanya saya bold merah  diatas adalah anak dari Maria Kleopas saudara dari Maria Ibu YESUS.

Mrk. 6:3   Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

Apakah Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon anak Maria dan Yusuf? Mari kita liat ayat dibawah ini?

Yoh. 19:25   Dan dekat salib YESUS berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.

Jadi jawabannya adalah BUKAN!!! Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon bukan anak Maria Ibu YESUS  tetapi anak dari Maria istri Kleopas atau yg dikenal dengan Maria Kleopas.:

Sekali lagi injil menuliskan ada 3 orang Maria yg berdiri dibawah salib YESUS:


1. Bunda Maria Ibu YESUS
2. Maria Kleopas saudara Bunda Maria, ibu dari Yakobus, Yoses, salome, Yudas dan simon
3. Maria Magdalena.

Injil menuliskan bahwa Maria Kleopas adalah saudara dari Bunda Maria (Ibu YESUS) dengan demikian anak2 dari Maria Kleopas yaitu Yakobus, Yoses, salome, Yudas dan simon adalah saudara YESUS juga, tetapi bukan saudara kandung melainkan saudara sepupu.

Mrk. 15:40   Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome.

Mrk. 15:47   Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses melihat di mana YESUS dibaringkan.


Luk. 24:10   Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.

Siapakah yang dimaksud Maria Ibu Yakobus Muda dan Yoses?


Ayat diatas jelas menunjukkan Yakobus dan Yoses seperti yg dimaksud dalam Mrk. 6:3   Bukanlah adik kandung YESUS tetapi mungkin saja sepupu, sebab Ibu mereka   tidak sama dengan Ibu YESUS.

Yudas Thadeus sendiri hanya menyebut Yakobus saja sebagai saudaranya bukan YESUS.

Yud. 1:1   Dari Yudas, hamba YESUS KRISTUS dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk YESUS KRISTUS.

Salam


« Last Edit: April 12, 2012, 10:27:47 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
March 31, 2012, 07:19:51 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2472
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
March 31, 2012, 07:23:38 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1362
  • Denominasi: Catholic
Bro Clay (dan Bro Jackson), saya punya file MP3 tentang siapa saudara-saudara Yesus. Di file ini sifatnya netral tidak memihak kepada salah satu denom, tapi menyertakan data-data ilmiah dari Alkitab dan sejarah. Ada juga kritik bahwa tafsiran katolik (dari St. Jermome) tentang saudara sepupu juga tidak sepenuhnya benar. Tapi semua dikembalikan kepada audience.

Silakan kalau berminat :

http://www.4shared.com/mp3/fb-moYtB/Saudara-saudara_Kristus.html?
atau
http://www.4shared.com/embed/569864969/1a36d3c

Bisa didengar langsung dari web atau didownload.

Shalom


March 31, 2012, 08:19:22 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2472
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Thx sumber saya tetap Alkitab dan ajaran yang kami terima dari para rasul  (2 Petrus 1:16; I Yohanes 1:1) dan penerusnya yaitu Bapa Gereja. Tidak satupun sumber dari mereka yang mengatakan bahwa Maria telah melahirkan anak-anak lain selain YESUS atau apa yang disangkakan sebagai "adik-adik" TUHAN. Sebaliknya Injil menjelaskan siapakah Ibu dari Yoses, Yakobus dll ( yang disangkakan sebagai adik-adik YESUS) bukanlah Bunda Maria melainkan Maria Kleopas seperti penjelasan saya diatas.

Sumber lain yang bukan injil yaitu visi yang diterima oleh Suster Anna Katharina Emmerick oleh TUHAN yang memperlihatkan kisah hidupNya mulai kelahiran, kematian, kebangkitan hingga kenaikan-Nya ke Surga. Di dalam pengelihatan suster Anna Katharina Emmerick TUHAN kita menyingkapkan banyak hal yang tidak sempat tertulis dalam injil. Dan berkaitan dengan siapakah Maria Kleopas? berikut pengelihatan yang diterima oleh Suster Anna Katharina Emmerick

Bunda Maria memiliki seorang kakak yang bernama Maria usianya 20 tahun lebih tua daripadanya. Kakak Bunda Maria ini disebut sebagai Maria Heli,

Quote from: ]
* [i
Maria Heli seringkali disebut dalam kisah ini. Menurut Sr. Emmerick, ia adalah puteri St. Yoakim dan St. Anna, yang dilahirkan hampir duapuluh tahun sebelum kelahiran Santa Perawan. Ia bukanlah anak terjanji, dan disebut Maria Heli, untuk membedakannya dari mereka dengan nama yang sama, sebab ia puteri Yoakim, yang disebut juga Heliachim. Suaminya bernama Kleopas, dan puterinya bernama Maria Kleopas. Tetapi, puterinya ini, lebih tua usianya dari bibinya, yaitu Santa Perawan. Maria Kleopas menikah pertama dengan Alfeus, dengan siapa ia beroleh tiga orang putera, yang kelak menjadi para rasul, yaitu Simon, Yakobus Muda dan Tadeus. Dari suaminya yang kedua, ia beroleh seorang putera, Sabat, dan seorang putera lain bernama Simon, dari suaminya yang ketiga, Yonas. Simon kelak menjadi Uskup Yerusalem.
[/i]

Sumber: http://www.indocell.net/yesaya/pustaka3/id51.htm


Quote from: ]
...[i
Santa Perawan dan Maria Kleopas datang kepada YESUS di pagi hari. YESUS merentangkan kedua tangan-Nya menyambut BundaNya. Sikap YESUS terhadap BundaNya amat penuh kasih sayang, meski amat serius dan hormat. Maria sangat khawatir mengenai sang Putra. Ia memohon pada YESUS untuk tidak pergi ke Nazaret, mengingat perlawanan terhadap-Nya di sana amat sengit. Kaum Farisi Nazaret, yang mendengar-Nya di sinagoga di Chimki, membangkitkan lagi pertentangan melawan-Nya. YESUS menjawab permohonan mendesak dari BundaNya dengan mengatakan bahwa Ia akan menanti di mana Ia bersama orang banyak akan pergi bersama ke baptisan Yohanes, dan kemudian melewati Nazaret. YESUS berbicara banyak dengan BundaNya pada hari itu, sebab Santa Perawan datang kepada-Nya dua atau tiga kali. YESUS mengatakan kepadanya bahwa Ia akan naik ke Yerusalem tiga kali untuk merayakan Paskah, tetapi yang terakhir akan mendatangkan dukacita hebat atasnya. YESUS menyingkapkan banyak misteri lain kepada BundaNya, ...

Maria Kleopas adalah seorang perempuan yang cantik menawan. Ia berbicara kepada YESUS pagi itu mengenai kelima puteranya dan meminta-Nya untuk membawa mereka dalam pelayanan-Nya. Yang seorang adalah pegawai kantor, atau semacam hakim, bernama Simon; yang dua orang adalah nelayan: Yakobus Muda dan Yudas Tadeus; ketiganya adalah anak dari perkawinannya yang pertama. Alfeus, suami pertamanya adalah seorang duda beranak satu ketika Maria Kleopas menikahinya. Anak tiri ini bernama Matius(pemungut cukai). Ia menangis getir ketika berbicara mengenai Matius, sebab ia adalah seorang pemungut cukai. Yoses Barsabas, yang juga ada di perikanan, adalah puteranya dengan suami kedua - Sabas - dan, dari pernikahan ketiga dengan nelayan bernama Yonas, ia memperoleh seorang putera lain, Simeon muda yang masih seorang kanak-kanak. YESUS menghiburnya, menjanjikan bahwa semua puteranya di kemudian hari akan mengikuti-Nya. Mengenai Matius, yang telah dilihat-Nya dalam perjalanan-Nya ke Sidon, YESUS mengucapkan kata-kata penghiburan, menubuatkan bahwa suatu hari kelak, Matius akan menjadi salah seorang murid terbaik-Nya.[/i]

Sumber: http://www.indocell.net/yesaya/pustaka3/id73.htm



Visi yang diterima oleh suster Anna Katharina Emmerick akhirnya bagai menyatukan kepingan-kepingan puzzle hingga saya paham siapakah yang dimaksud oleh injil sebagai saudara-saudara Yesus.

Salam
« Last Edit: March 31, 2012, 08:26:04 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
April 01, 2012, 05:58:50 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1362
  • Denominasi: Catholic
Sama kok, audio di atas sumbernya juga Alkitab dan catatan Bapa Gereja Hagesipus. Cuma yang agak beda dengan tafsiran mainstream adalah adanya pembedaan antara Yakobus dan Yakobus Muda (James dan James the Less).

Shalom

April 11, 2012, 10:25:20 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9779
Sudah sangat sering di forum ini topik mengenai "adik-adik" YESUS dibahas, padahal sudah sangat jelas sejak Gereja berdiri tidak pernah ada satupun sumber yang mengatakan bahwa YESUS memiliki adik2 atau Bunda Maria melahirkan anak-anak lain setelah kelahiran YESUS.

Mereka adalah sepupu YESUS, karena saudara sepupu jg dipanggil sebagai saudara. Mereka yg namanya saya bold merah  adalah anak dari Maria Kleopas saudara dari Maria Ibu YESUS.

Mrk. 6:3   Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

Apakah Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon anak Maria dan Yusuf? Mari kita liat ayat dibawah ini? Jawabannya adalah BUKAN!!! Tetapi anak dari Maria istri Kleopas atau yg dikenal dengan Maria Kleopas. Mari kita lihat ayat dibawah ini:

Yoh. 19:25   Dan dekat salib YESUS berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.

Jackson.
Maaf baru saya beri respon sekarang.

Dari ayat mana bro tahu bahwa Maria ibu Yakobus itu adalah maria istri cleopas?

Dari ayat yang bro berikan itu saya kok tidak baca ada kata2 yang menjelaskan bahwa Maria istri Cleopas itu punya anak bernama yakobus.

Sekali lagi injil menuliskan ada 3 orang Maria yg berdiri dibawah salib YESUS:


1. Bunda Maria Ibu YESUS
2. Maria Kleopas saudara Bunda Maria, ibu dari Yakobus, Yoses, salome, Yudas dan simon
3. Maria Magdalena.

Injil menuliskan bahwa Maria Kleopas adalah saudara dari Bunda Maria (Ibu YESUS) dengan demikian anak2 dari Maria Kleopas yaitu Yakobus, Yoses, salome, Yudas dan simon adalah saudara YESUS juga, tetapi bukan saudara kandung melainkan saudara sepupu.

Mrk. 15:40   Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome.

Jackson:

Dari Mrk 15 ini saya kok tidak melihat ada kata2 yang mengatakan bahwa Maria ibu Yakobus adalah istri dari cleopas. Bahkan saya berpendapat kalau hanya disebut dua maria saja maka maria ini malah lebih cocok ibu Yesus juga, karena seorang ibu mestinya akan lebih ingin melihat bagaimana keadaan anaknya terutama waktu kritis. Kalau Maria ibu Yakobus ini bukan ibu Yesus, lalu maria ibu Yesus kemana?

Mrk. 15:47   Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses melihat di mana YESUS dibaringkan.

Jackson:
Dengan argumen diatas saya juga berpendapat Maria Ibu Yoses ini juga ibu Yesus.


Luk. 24:10   Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.

Siapakah yang dimaksud Maria Ibu Yakobus Muda dan Yoses?


Ayat diatas jelas menunjukkan Yakobus dan Yoses seperti yg dimaksud dalam Mrk. 6:3   Bukanlah adik kandung YESUS tetapi mungkin saja sepupu, sebab Ibu mereka   tidak sama dengan Ibu YESUS karena Maria yang dimaksud adalah:

Yudas sendiri hanya menyebut Yakobus saja sebagai saudaranya bukan YESUS.

Yud. 1:1   Dari Yudas, hamba YESUS KRISTUS dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk YESUS KRISTUS.

Salam

Jack

Dapatkah bro menunjukan adanya ayat dalam alkitab yang dengan terperinci mengindikasikan bahwa Maria Istri Cleopas ini adalah maria ibu Yakobus?

Misal:
Diantara mereka ada maria ibu Yesus, Maria Ibu Yakobus dan maria magdalena.

Kalimat saya ini yang saya maksudkan benar2 menujukan bahwa maria ibu Yakobus lain dengan maria ibu Yesus.

Sedang ayat2 yang bro berikan itu tidak menunjukan bahwa maria ibu Yakobus itu istri cleopas.

April 11, 2012, 10:26:09 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9779
Bro Clay (dan Bro Jackson), saya punya file MP3 tentang siapa saudara-saudara YESUS. Di file ini sifatnya netral tidak memihak kepada salah satu denom, tapi menyertakan data-data ilmiah dari Alkitab dan sejarah. Ada juga kritik bahwa tafsiran katolik (dari St. Jermome) tentang saudara sepupu juga tidak sepenuhnya benar. Tapi semua dikembalikan kepada audience.

Silakan kalau berminat :

http://www.4shared.com/mp3/fb-moYtB/Saudara-saudara_Kristus.html?
atau
http://www.4shared.com/embed/569864969/1a36d3c

Bisa didengar langsung dari web atau didownload.

Shalom





Terimakasih buat linknya sayang saya tidak bisa buka.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)