Author Topic: Gereja bkn soal ibadah yg indah dg musik, khotbah yg menarik, dan gedung megah  (Read 1002 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 31, 2012, 10:21:49 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3009
http://www.sarapanpagi.org/bunuh-diri-jeritan-minta-tolong-vt989.html

Bunuh diri "jeritan minta tolong"


Melihat 2 hari terakhir berita koran dan TV, sungguh mengenaskan, seorang ibu muda (Junania Mercy 37) meracuni ke-empat anak-anaknya, memandikan mereka, menyisir rambutnya, kemudian disandingkan bersama-sama dengan rapi diatas tempat tidur. Kemudian baru sang ibu mengakhiri hidupnya dengan minum racun yang sama.

Sungguh sayang, karena Allah sangat menghargai satu nyawa sekalipun. Saya yakin Allah yang adil dan pengasih menempatkan anak-anak tak berdosa itu di Surga.Tapi, bagaimanakah dengan sang ibu? Malang sekali jika ada orang yang sama-sekali tak punya seseorang yang menjadi "a shoulder to cry on", seorang yang bisa di-curhati, seorang yang bisa bersimpati ketika dia sedang kesusahan. Namun ibu Mercy merasa sendirian dalam memikirkan tentang keinginan untuk mati, tak tahu kemana harus berteriak minta tolong. Menurut para ahli psikologi bunuh diri semacam ini adalah suatu tindakan "a cry for help"

Kejadian yang cukup menyayat hati, 4 orang anak kecil itu bagaikan sedang tidur saja, sang ibu ingin anak-anaknya ditemukan dalam keadaan bersih dan rapi. Bisa dibayangkan bahwa ibu itu menyaksikan anaknya sekarat, entah muntah, entah buang-air, entah badannya kejang-kejang karena keracunan. Ia merekamnya dengan sebuah ponsel kemudian ia membersihkannya dan menata mayat anak-anaknya dengan rapi. Waktu yang mungkin cukup panjang prosesnya. Kemudian ia memilih pakaian pesta terbaiknya dan mengakhiri hidupnya. Dan tentu saja mayat sang ibu ketika ditemukan tidak sebersih anak-anaknya. Suatu nyali yang mungkin kesannya "berani" dengan tekat bulat untuk mati, namun sebenarnya apa yang dia lakukan ini adalah "the last cry for help".

Bunuh diri biasanya dari kekecewaan yang besar karena apa yang diinginkan, dicintai atau diharap-harapkan tidak didapatkan, hal ini sering menimbulkan penyesalan karena kegagalan dan akibatnya timbul keinginan bunuh diri. Ibu Mercy adalah gambaran seorang yang mempunyai tekanan berat, persoalan rumah-tangga, ekonomi dan problem kesehatan anak ke-2nya yang mempunyai penyakit kelainan darah yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Tak tahu kemana lagi harus meminta tolong, dan ia kemudian menjerit dengan jeritan yang tak terungkapkan dengan suara, ia bunuh diri.

Berita TV kembali merekam acara penghiburan di sebuah rumah persemayaman jenazah tempat mereka disemayamkan, disitu ada pendeta yang menyampaikan firman penghiburan dan sekelompok pemuji sedang menyanyikan lagu-lagu penghiburan, saya menghargai sigapnya Gereja datang pada suasana tersebut dan membantu penguburannya. Dan kemudian timbul andai-andai. "Tuhan, betapa indahnya kalau saja para pelayanMu itu datang kepada ibu Mercy sebelum ia nekat memustuskan untuk mengakhiri hidupnya". Ya, ini hanya andai-andai, namun memang pelayanan diakonia sungguh sangat penting.

Saatnya Gereja Tuhan tak hanya berfikir mengembangkan sayapnya dengan banyaknya cabang-cabang dan meraup domba-domba gemuk, ada banyak sekali orang yang malang perlu pertolongan yang bersifat rohaniah dan yang jasmaniah. Gereja bukan soal ibadah yang indah dengan musik, khotbah yang menarik, dan gedung megah. Gereja adalah juga sebagai tempat perlindungan bagi orang-orang yang susah, karena gereja dan hamba-hambaNya yang adalah juga kepanjangan tangan Allah untuk menolong orang-orang yang malang.


Blessings,
BP
March 14, 2007
Efesus 2:15-a

(TB)
sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah
membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya


(BIS)
Hukum agama Yahudi dgn perintah-perintah dan peraturan-peraturannya sudah dihapuskan oleh Kristus
April 01, 2012, 06:55:56 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 642
  • Gender: Male
  • Is our reasoning compatible with our faith?
  • Denominasi: Department of Philosophy
Tangan Kristus menjamah mereka yang sakit kusta, berjabat tangan dengan para pendosa, membelai mereka yang terluka, membangun mereka yang miskin, menguatkan mereka yang lemah

Tangan istriNYA, gereja, sibuk dengan bon bon pembelian, dekorasi dekorasi, surat menyurat, menghitung lembaran perpuluhan, berjabat tangan dengan hartawan

Saatnya gereja melupakan mimpi kecilnya dan memulai melihat kembali visi Kristus, kepala mereka.

Salam
fides quaerens intellectum
April 01, 2012, 01:24:22 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7979
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
    Kitab Suci Perjanjian Baru, yang ditulis dalam bahasa Yunani, menyebutnya ekklesia -- Gereja. Dalam kehidupan sosial politik Yunani-Romawi kata ini bermakna kumpulan dari warga negara sipil dengan kekuasaan legislatif, yang dipanggil bersama untuk menentukan masalah-masalah umum dan menyatakan kehendak mereka yang berkuasa. Tetapi dalam Septuaginta, yang ditulis di Alexandria selama beberapa abad sebelum era Kekristenan -- istilah ini memiliki suatu makna agamawi, yang berarti kumpulan dari umat Allah, umat yang terpilih yang telah dipanggil oleh Allah sendiri untuk pelayanan bagi Dia. Jadi penerapan dari kata ini untuk Jemaat Kristen dalam Perjanjian Baru menandakan bahwa, bahkan dari permulaannya jemaat ini mengetahui dirinya sebagai suatu lembaga yang dipanggil untuk suatu pelayanan khusus. Ini bukan hanya sekedar suatu masyarakat persaudaraan atau masyarakat rohani, tetapi Gereja, kumpulan dari mereka yang nampak yang telah dipanggil untuk menyatakan kehendak Allah dan menjalankan karyaNya. "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. " (IPet. 2:9-10 dst). Disinilah definisi tentang Gereja kita temukan di dalam surat Petrus yang pertama.

- Alexander Schememann
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.


7ED3C742
April 11, 2012, 11:59:35 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6427
  • Gender: Male
  • Dia mengikatku pd Tiang Penopang & Dasar Kebenaran
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
Gereja bkn soal ibadah yg indah dg musik, khotbah yg menarik, dan gedung megah.

Setuju Gan. :D
April 11, 2012, 05:46:30 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5082
Broo@repento..

SO...??LANTAS apakah setelah membaca tulisan bro0@repento..tsb ..?? kita lantas digiring supaya kita mempunyai opini yang sama yaitu kita punya alasan menghakimi pihak gereja yang mana dombanya mati bunuh diri...?? Kalu demikian kan, kita menjadi under estimate terhadap gereja bukan..?? dan kita menghakimi para gembala gereja itu juga bukan..??
Bagi saya sih...saya mengangap itu suatu tragedi rumah tangga / keluarga Kristen saja..kenapa bisa terjadi prahara seperti itu...?? yA KITA PUN TIDAK BISA MEREKA-REKA  ( berasumsi saja ) bukan..??. Pasti ada sebab akibtanya. kenapa kenekatan seperti itu terjadi juga pada keluaraga Kristen. DAN KELUARGA YANG BUKAN Kristen JUGA.
Apakah itu suatu kebetulan saja..??atau Yang dikarenakan gerejanya gereja Gembalanya megah..?? Khotbahnya yang menarik dan ditambah cara beribadahnya dng musik yang indah juga...?? Sehingga dianggap teledor dalam pelayannan sampai ketingkat rumah jemaatnya ( sbg domba pelayannan gereja tsb )....???

Ya..may be yes and may be not..bukan..??

Salam.GBU
April 11, 2012, 06:28:58 PM
Reply #5
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 442
  • Gender: Male
Yupz..setuju dng @Purba seharusnya kt tidak terburu-buru menyalahkan Gereja..
April 11, 2012, 06:35:53 PM
Reply #6
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 247
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Kalau sampai anak yang saya kasihi minta sesuatu kepada saya melalui ibu saya.... Saya tempeleng bolak-balik tuch anak...!!! Nggak nganggap saya bapaknya apa...?!

Kalau sampai apa2 di rumah tangga saya diminta melalui ibu saya... Mendingan ibu saya saja yg jadi kepala Rumah Tangga saya....!!!
April 11, 2012, 07:42:01 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5082
pasti ini nanti buntut2nya tentang perpuluhan....

:D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

LHOO...apakah bisa dikorelasikan juga ..kesitu juga ya broo..??
Coba kalau menurut anda konteksnya seperti apa begitu...??

Hehee..jangan dong kalao itu hanya anda yang mereka-reka..saja..?? Hayyooo dong coba di jelaskan jika anda punya ide disitu...PASTI LANGSUNG DI SERGEP DEH...SAMA YANG HAUS AKAN MASALAH perpuluhan...!!

Salam.
April 12, 2012, 08:28:13 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2301
  • Gender: Male
  • Denominasi: "Knowing God"
Si repento cocok tuch sama sizxcvbn, gereja salah terus, tidak boleh minta perpuluhan, gereja tak boleh bergedung, tak boleh bernyanyi di ibadah dengan musik, terakhir ajaran pendeta gereja banyak nga benernya...cocok banget sama sizxcvbn  :D ;D :cheesy:
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
April 12, 2012, 08:31:50 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1131
  • Gender: Male
  • Denominasi: Katolik



gereja = juga seharusnya bermakna komunitas pelayan dan pelayanan.

Pelayanan = membantu umat lain yg sedang dalam kesusahan.

Kalau di lihat-lihat yang ada sekarang kebanyakan bukan seperti itu.

Yah.. namanya manusia.. masih susah melepas cinta diri.

Mungkin pengajaran paling berharga dari YESUS adalah PENGORBANAN.

Dengan berkorban (mulai dari hal kecil)  mata hati sedikit demi sedikit dibuka menjadi lebih peka terhadap suara TUHAN.  Semakin besar pengorbanan semakin bisa melihat kerajaan TUHAN secara real.

Saat ini mata hati manusia tertutup oleh cinta diri.  Bagai orang terkena penyakit catarak.
Hanya bisa sembuh jika lapisan catarak diangkat.
Mata hati kita juga terselimuti lapisan bernama cinta diri. Dan obat untuk menghilangkan selaput tsb. cuma satu : berkorban untuk orang lain.
"Deus Lux Mea Est"
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)